cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENGARUH MEDIA PERMAINAN BERGAMBAR DIRECTOR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB Euis Hidayati; Chusaery Rusdy Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media permainan bergambar director dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Objek pada penelitian adalah siswa MTsN Banjarsari Kabupaten Lebak tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Sampel terdiri dari 60 siswa (kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Teknik analisis data menggunakan Uji Anova Dua Jalur. Dari penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan media permainan bergambar director dan penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Banjarsari. Penelitian ini mencoba untuk meningkatkan kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Kata kunci: Media Permainan Bergambar Director, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN, DISIPLIN DAN KERJA KERAS SISWA TAMAN KANAK-KANAK Sutinah Sutinah; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pembentukan karakter anak TK untuk membentuk kemandirian, disiplin dan kerja keras anak di sekolah. Penelitian ini dilator belakangi, anak TK kelompok A masuk sekolah dengan kondisi: 1) kemandirian dan disiplinnya belum terbentuk; 2) ketika mengikuti pembelajaran di sekolah masih sangat tergantung oleh orang tua maupun guru; 3) Keberanian belum terbentuk; 4) guru kurang mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter anak.; 5) Pembelajaran yang dilakukan guru masih terlihat konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development), yang secara garis besar memiliki tahapan: 1) studi pendahuluan, untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran pembentukan karakter di TK; 2) Pengembangan model pemebelajaran pembentukan karakter untuk membentuk kemandiria, disiplin dan kerja keras. Upaya ini dilakukan melalui uji coba draf I (TK. Arta Kencanan) dan uji coba II (TK. PGRI II). Uji coba dilakukan untuk memperoleh model pembelajaran pembentukan karakter untuk membentuk kemandirian, disiplin dan kerja keras pada anak TK yang dianggap sudah stabil/ajeg. Uji validitas model dilakukan dengan cara expert judgement baik untuk ahli bidang pengembangan model pembelajaran maupun ahli yang menguasi konten/materi pembentukan karakter untuk anak TK. Sedangkan uji pengembangan model (draf final) dilakukan din TK. Wijaya Serang. Kata kunci :  Model Pembelajaran, Pembentukan Karakter, Anak TK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR Khuzaemah Khuzaemah; Rahman Abdullah; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia. Penelitian dilaksanakan pada sejumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tirtayasa dengan dua kelas sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan disain faktorial 2x2. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar kimia. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; 2) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif,  NHT, TPS, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Diny Hendrawati; Luluk Asmawati; Chussaery Rusdi Syarif
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pokok bahasan pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang tahun pelajaran 2013-2014. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan desain faktorial 2x2. Analisis data hasil penelitian menggunakan ANAVA 2x2, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berasis masalah dan siswa yang belajar dengan model Think Pair and Share dengan nilai Fhitung = 7,16; 2) terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar Biologi siswa antara berpikir kreatif tinggi dan rendah nilai Fhitung = 4,24; dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar nilai Fhitung = 89,62, dengan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Biologi siswa tentang pencemaran air di kelas X SMAN 2 Pandeglang. Kata-kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, berpikir kreatif, Biologi, pencemaran air
PENGARUH PEMANFAATAN INTERAKTIF WHITEBOARD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Tugimin Tugimin; Yeyen Maryani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7909

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar dengan media interaktif whiteboard dan siswa yang belajar dengan  media visual, (2) apakah terdapat pengaruh  interaksi pemanfaatan media interaktif whiteboard dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia, (3) apakan terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang belajar dengan media interaktif whiteboard dan media visual, (4) apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan media interaktif whiteboard dan media visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Hasil uji normalitas menunjukan nilai Asym Sig untuk A1 = 0494; A2 = 0,740; B1 = 0,781; B2 = 0,938; A1B1 = 0,406; A1B2 = 0,738=6; A2B1 = 0,849 dan A2B2 = 0,849  (lebih besar dari padaα = 0,05). Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa bahwa Fhitung=0,676 sedangkan taraf signifikan α = 0,05; df1 = 3 dan df2 = 36, sehingga dieroleh Ftabel= Ft(3,36)= 2,80. Jelas terlihat bahwa Fhitung ≤ Ftabel ,maka homogen. Selain itu nilai signifikan = 0,061 (lebih besar dari pada α = 0,05). Berdasarkan tabel Test of between-subjects effects Fhitunguntuk interaksi motivasi dan media (motivasi*media) adalah 4,204 dengan nilai signifikansi sebesar 0,048 adalah lebih kecil dari 0,05 maka dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar untuk interaksi motivasi belajar dan media interaktif whiteboard adalah berbeda. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada keterkaitan atau interaksi antara motivasi belajar dan penggunaan media interaktif whiteboard dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar kimia siswa. Adapun saran penelitian adalah guru senantiasa meggunakan media belajar yang lebih bervariatif dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kreativitas siswa Kata kunci: Interaktif whiteboard, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kimia
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR Baehaki Baehaki; Aceng Hasani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran power point dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn di Kelas 8 SMPN 1 Pagedangan Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menjelaskan tentang perlunya memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar serta memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang menggunakan media power point  dengan menggunakan media gambar foto; 2) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang bergaya belajar visual dengan gaya belajar auditori; 3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran power point dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn; 4) perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media power point dengan gaya belajar visual menggunakan media gambar foto; 5) perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar auditori menggunakan media power point dengan gaya belajar auditori menggunakan media gambar foto;  6)  perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media power point dengan gaya belajar auditori  menggunakan media power point,  7)  perbedaan hasil belajar PKn antara gaya belajar visual menggunakan media gambar foto dengan gaya belajar auditori menggunakan media gambar foto. Kata kunci : Media Power Point, Gaya Belajar, Hasil Belajar Pendidikan PKn
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN E – CLIPSE PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN Badri Munawar
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7910

Abstract

Mobile Learning dapat menciptakan variasi belajar sehingga tidak menimbulkan kebosanan terhadap mahasiswa. Manfaat Mobile learning ini diharapkan akan memotivasi mahasiswa untuk belajar mandiri, kreatif, efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah membuat sebuah media pembalajaran yaitu mobile learning berbasis android. Setelah dilakukan uji coba terhadap produk pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android terdapat perbedaan skor rata – rata test kelompok yang menggunakan buku teks adalah 77,15 dan skor rata – rata test kelompok yang menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis android adalah 85,95. Hasil uji coba menggunakan uji t juga menunjukan  = 15,502  dengan tingkat signifikansi (P - Value) = 0,00. Sehingga diputuskan tolak  atau terima . Karena P - Value < α = 0,05 maka dapat diartikan bahwa nilai efektifitas pengunaan media mobile learning dengan buku teks secara signifikan berbeda. Sehingga media pembelajaran mobile learning ini efektif apabila digunakan sebagai pengayaan dalam pembelajaran. Kata kunci: Mobile Learning, E-Clipse, Efektifitas
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENJADI TUTOR SEBAYA Neneng Nuraeni; Sholeh Hidayat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7901

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) pengaruh perbedaan penggunaan metode bermain peran dan metode pembelajaran STAD dalam pembelajaran materi TRIAD KRR ( seksualitas, NAPZA, HIV dan AIDS ) untuk meningkatkan kemampuan menjadi tutor sebaya (2) pengaruh  perbedaan konsep diri anggota kelompok PIK-Remaja dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dan metode STAD terhadap kemampuan menjadi tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain treatmen by level 2x2. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang merupakan siswa kelas XI  yang diambil secara purposive sampling.  Analisa hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur yang diketahui bahwa (1) Adanya perbedaan kemampuan menjadi tutor sebaya antara siswa yang belajar dengan metode bermain peran dengan siswa yang menggunakan metode STAD ( A1dan A2), dilihat dari  nilai Fhitung = 13.017, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11 dan taraf signifikansi α = 0,01 adalah 7,40. Jadi nilai Fhitung > Ftabel dengan demikian berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor kemampuan menjadi tutor sebaya siswa yang diberikan pembelajaran bermain peran dengan pembelajaran kooperatif STAD.(2) Adanya pengaruh perbedaan konsep diri terhadap kemampuan menjadi tutor sebaya (B1B2)dilihat dari nilai Fhitung = 7.4081, sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 4,11. Jadi nilai Fhitung > Ftabel. Kata kunci: Metode Bermain Peran, Konsep Diri, Kemampuan Menjadi Tutor Sebaya
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Budi Purwanti; Aceng Hasani; Purwanto Purwanto
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7906

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik tentang pengaruh pembelajaran kooperatif dan sikap sosial terhadap hasil belajar membaca teks narasi Bahasa Inggris Kelas VIII di SMPN 204 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar dan kuisioner utnuk mengukur sikap sosial. Sampel yang dipilih adalah 40 siswa. Analisis data menggunakan analisa varian dua arah.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, kesimpulan penelitian ini dapat dituliskan sebagai berikut: 1) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajran make a match lebih tinggi daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share; 2) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap sosial rendah; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara Model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa; 4) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share dan memiliki sikap sosial tinggi; 5) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa  yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial rendah lebih rendah daripada siswa yang diberikan Model think pair share dan memiliki sikap sosial rendah; 6) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada  daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran make a match dan memiliki sikap sosial rendah; 7) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share dan memiliki sikap sosial tinggi lebih rendah daripada  daripada siswa yang diberikan Model think pair share  dan memiliki sikap sosial rendah. Keywords: hasil belajar, teks narasi, sosial siswa, model mencari pasangan, pembelajaran kooperatif
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ratu Farichah Sururi; Aceng Hasani
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v1i2.7902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di  SMA Negeri 4 Pandeglang pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 52 orang siswa yang dipilih secara acak, dengan 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel, tes perlakuan atau perbuatan, dan tes tertulis berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran komik dan audio terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 6,089 >Ftabel 4,08. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar field independent dan field depedent terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 19,465 >Ftabel 4,08. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan interaks iantara media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 5,374 > Ftabel 4,08. Kata kunci: Media Komik, Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pemahaman Makna Bacaan Teks Naratif Bahasa Inggris.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue