cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENERAPAN METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PUKULAN FOREHAND DAN MOTIVASI DALAM OLAHRAGA TENIS MEJA Supriyono Supriyono; Syadeli Hanafi; Robinson Situmorang
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7483

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah cara guru menyampaikan dengan metode driil pada Forehand tenis meja pelajaran PJOK terhadap peserta didik kelas X SMA N 1 Cilegon sedangkan identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah guru dalam menyampaikan pembelajaran PJOK tidak menggunakan metode  pembelajaran yang tepat?, Apakah peserta didik kurang dapat terampil Forehand dan bermain tenis meja?, Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya nilai hasil belajar PJOK  tentang Forehand tenis meja pada peserta didik kelas X SMA N 1Cilegon  Kota Cilegon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pukulan Forehand dan motivasi siswa dengan metode drill pada peserta didik kelas X SMA N 1 Cilegon  Kota Cilegon.Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah motode Drill kolaboratif experimen, yang terbagi dalam beberapa siklus. Diawali dengan kegiatan pra siklus yang terdiri dari kegiatan obsevasi dan refleksi.Dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus I sampai siklus III yang terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Instrument penelitian yang digunakan adalah: observasi, dan tes melalui observasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka hasil belajar yang diperoleh sangat berarti karena terdapat beberapa peningkatan sesuai dengan yang diharapkan sebelumnya.Dari hasil observasi setiap siklus mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata yang dimulai dari pra siklus belum memperoleh hasil yang memuaskan siswa belum terampil  dalam melaksanakan pukulan Forehand.  Siklus I: ada sedikit perkembangan dalam pembelajaran, siklus II: mengalami perkembangan cukup memuaskan, hingga siklus  III siswa hampir semua mempunyai nilai diatas KKM .Kata kunci: metode drill,  motivasi, forehand tenis meja
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER DITINJAU DARI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR Erniyanti Erniyanti; Suherman Suherman; Aan Hendrayana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7479

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN Bumi Waras yang bertujuan untuk: 1) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Bumiwaras Kota Cilegon, 2) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang penerapan Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras Kota Cilegon, 3) memperoleh informasi yang jelas, mendalam, dan komprehensif tentang sarana dan prasarana pendukung penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras Kota Cilegon. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Data dianalisis melalui reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Bumiwaras dilakukan melalui integrasi dalam proses pembelajaran, seperti kegiatan membaca nyaring atau membaca dalam hati, menempatkan ruang kelas sebagai ruang literasi dengan menempel gambar pahlawan, slogan-slogan, dan sebagainya (2) implementasi Pendidikan Karakter di SDN Bumiwaras dilakukan melalui integrasi dalam proses pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengondisian dan kegiatan ekstrakurikuler seperti BTA dan  pramuka, (3) sarana dan prasarana pendukung kegiatan Gerakan literasi Sekolah dan Pendidikan Karakter sudah ada meskipun masih perlu ditingkatkan lagi untuk memaksimalkan Gerakan Literasi Sekolah dan Pendidikan Karakterdi SDN Bumiwaras Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon.Kata kunci : gerakan literasi sekolah, pendidikan karakter
HUBUNGAN MINAT DAN AKTIVITAS DALAM TUTORIAL ONLINE DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Susy Puspitasari; Syadeli Hanafi; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat mahasiswa terhadap tutorial online dengan hasil belajar pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran (2) hubungan antara aktivitas mahasiswa dalam tutorial online dengan hasil belajar pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran, (3) hubungan secara bersama-sama antara minat dan aktivitas mahasiswa dalam tutorial online dengan hasil belajar pada mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Jumlah responden sebanyak 117 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat mahasiswa terhadap tutorial online memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. (2) aktivitas mahasiswa dalam tutorial online memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. (3). minat dan aktivitas mahasiswa dalam tutorial online secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) minat mahasiswa terhadap tutorial online dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. (2) aktivitas mahasiswa dalam tutorial online dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. (3) minat mahasiswa terhadap tutorial online dan aktivitas mahasiswa dalam tutorial online secara bersama-sama dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Teori Belajar dan PembelajaranKata kunci: minat, aktivitas, tutorial online, hasil belajar mahasiswa
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Mutmainah Mutmainah; Chusaery Rusdi Syarif; Yuyu Yuhana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7480

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu  rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS di kelas IV SDN Cibeber II Kota Cilegon. Dari 30 siswa, hanya 9 siswa yang mampu mencapai KKM nilai 70. Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam melalui penggunaan media power point. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, sebagai bentuk penelitian kolaboratif dan reflektif.Metode Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media power point , motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi kenampakan alam meningkat, yaitu  perbaikan kualitas pembelajaran diperoleh data pada siklus I 56,92%, siklus II 63,08%, siklus III 80%. Peningkatan motivasi belajar pada prasiklus 56,70, siklus I 62,52, siklus II 65,19 dan siklus III 74,34. Serta pada ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus 56,00 dengan ketuntasan 30%, siklus I 68,00 dengan ketuntasan 47%, siklus II 75,33 dengan ketuntasan 67%, siklus III 83,33 dengan ketuntasan 93%. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa juga meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran dengan penggunaan media power point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, karena siswa dapat memahami dan menguasai materi penampakan alam. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dalam pembelajaran IPS menggunakan media power point dalam proses pembelajaran. Dilakukan penilaian setiap aktivitas belajar yang dilakukan siswa untuk meningkatkan motivasi siswa, sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas guru harus memberi motivasi kepada seluruh siswa.Kata kunci : power point, motivasi, hasil belajar IPS.
PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN MAGISTER TEKNOLOGI PEMBELAJARAN RELEVANSI DALAM DUNIA KERJA MELALUI TRACER STUDY ANGKATAN 2012.1 SAMPAI DENGAN ANGKATAN 2016.2 Luluk Asmawati; Sholeh Hidayat
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7485

Abstract

Tujuan jangka panjang meliputi: (1) untuk mendapatkan pengakuan kualitas pembelajaran di masyarakat, (2) untuk memacu program studi agar senantiasa mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan program studi, (3) untuk mempermudah mendapatkan bantuan penelitian, grant, atau bentuk lain dari pemerintah atau swasta. Target khusus yaitu: (1) meningkatkan kualitas akademik, (2) menunjukkan akuntabilitas, (3) mendorong perubahan yang diperlukan untuk perbaikan, (4) terus-menerus melakukan penilaian dalam praktik pembelajaran untuk memperoleh akreditasi yang terbaik. Metode penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel dengan snowball sampling. Pengambilan data dengan teknik kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan tabulasi dan visualisasi dalam bentuk gambar dan grafik. Temuan hasil penelitian meliputi: (1) program studi mampu mengetahui lokasi bekerja alumni segabai guru PNS, pengelola sekolah atau yayasan, pegawai pemerintahan, dan pegawai swasta, (2) pengguna lulusan berdasarkan hasil kuesioner menyatakan mayoritas puas dengan kinerja lulusan Magister Teknologi Pembelajaran, (3) berdasarkan saran dan masukan program studi harus menambah materi pembelajaran TIK/ICT dan program magang di lembaga diklat. Kesimpulan hasil tracer study dan stake holder memberikan data untuk program studi Teknologi Pembelajaran untuk menyempurnakan isi materi perkuuliahan yang telah ada.Kata kunci: Tracer Study, Magister Teknologi Pembelajaran
PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA LEMBAGA PAUD UNTUK MENCIPTAKAN BUDAYA SEKOLAH BERKARAKTER DI KOTA SERANG Suparno Suparno; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7476

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah menyiapkan pemimpin Lembaga PAUD harus memiliki visi yang mampu PAUD yang berkarakter. Pelaksanaan pendidikan karakter di satuan pendidikan LPAUD diharapkan mengalami berbagai perubahan. Perubahan yang diperlukan adalah sikap, penguasaan keterampilan yang dipersyaratkan untuk dikembangkan melalui implementasi kegiatan-kegiatan di LPAUD. Target khusus penelitian ini: (1) untuk mengetahui visi kepemimpinan visioner Kepala LPAUD, (2) untuk mengetahui karakteristik kepemimpinan visioner, (3) untuk mengetahui tahapan model dan penciri kepemimpinan visioner yang berkarakter, (4) untuk mengetahui kendala yang dihadapi untuk mewujudkan kepemimpinan visioner Kepala LPAUD berkarakter di kota Serang. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan model Borg dan Gall. Peneliti mendesain pengembangan kepemimpinan visioner kepala Lembaga PAUD Berkarakter melalui 4 tahapan pengembangan model yaitu: (1) model awal yaitu mengidentifikasi akreditasi LPAUD, visi LPAUD, profil kepala LPAUD, (2) model draft 1 jenis pelatihan yang telah diikuti dan pelatihan yang diperlukan oleh Kepala LPAUD untuk mewujudkan internalisasi kegiatan pendikar menjadi budaya di sekolah atau Lembaga PAUD, (2) model draft 2 temuan-temuan hasil penelitian pada instrument kepemimpinan Kepala PAUD visioner yaitu: (a) mampu merumuskan visi LPAUD dengan kriteria sangat baik, (b) mampu menjelaskan program-program kegiatan untuk mewujudkan visi sekolah yang berkarakter, (c) mampu menunjukkan kejelasan perencanaan yang proaktif dan mengembangkan perubahan, (d) mampu mentransformasi visi atau memvisualisasikan dan mengembangkan kerjasama, (e) mampu mengambil risiko, belajar secara berkesinambungan, dan proaktif terhadap perubahan. Temuan-temuan penelitian pada instrument budaya karakter sekolah yaitu: (a) religius, (b) gotong royong, (c) mandiri, (d) integritas, (e) nasionalis; (4) model final bahan ajar pelatihan kepemimpinan visioner kepala LPAUD dan budaya sekolah karakter. Kesimpulan karakter merupakan kualitas diri yang mampu membuat anak berbeda dengan lainnya. Karakter bersumber kepada nilai-nilai yang berasal dari budaya bangsa, filosofi negara yaitu Pancasila, dan agama. Karakter bangsa Indonesia adalah karakter yang dimiliki warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap dan tindakan-tindakan yang melahirkan suatu kebajikan berdasarkan nilai yang berlaku di masyarakat dan bangsa Indonesia. Penekanan pendidikan karakter pada penumbuhan sikap dan keterampilan seluruh komponen LPAUD yang diintegrasikan ke dalam seluruh kegiatan di LPAUD. Harapan hasil penelitian ini dapat menjadi LPAUD rujukan dengan penciri karakter yang bervariasi yang terjalin utuh melalui perencanaan pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan indikator sekolah dan kelas.Kata kunci: Model Kepemimpinan Visioner, Karakter Budaya Sekolah
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEMANFAATKAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Bahrudin Bahrudin; Sholeh Hidayat; Aan Hendrayana
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) cara mendesain pembelajaran model pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA, (2) cara menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) cara mengevaluasi pembelajaran tberbasis proyek di kelas V, (4) peningkatan kreativitas setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, (5) Peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, bertempat di SDN Tegalwangi Kota Cilegon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2018. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kreativitas siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota Cilegon berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada tema lingkungan sahabat kita pada materi siklus air pada siswa kelas V SDN Tegalwangi Kota CilegonKata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar IPA, Kreativitas 
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT DI SEKOLAH DASAR Sarinten Sarinten; Chusaery Rusdi Syarif; Hadi Sutopo
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7477

Abstract

Dari hasil kajian pendahuluan dan temuan awal tentang pelaksanaan proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN Tegal Wangi di peroleh gambaran bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang pecahan masih rendah, karena kenyataan di lapangan guru jarang sekali menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan pola pikir anak SD yang berada pada tahap operasional kongkrit. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai (1). Meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika di SD dengan menggunakan alat peraga benda kogkrit ; (2)  Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika koncep pecahan dengan menggunakan alat peraga benda kongkrit, (3)peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Tegal Wangi kecamatan Grogol setelah menggunakan media pembelajaran kongkret?. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tegal Wangi kecamatan Grogol Kota Cilegon. Jumlah siswa 32 siswa yang terdiri dari  16  laki-laki dan 16   perempuan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian bahwa  aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode media pembelajaran kongkrit  menjadi semakin meningkat, sehingga kreativitas pembelajaran dapat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga benda kongkrit pada pembelajaran konsep pecahan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci : kreativitas, hasil belajar, media pembelajaran kongkrit
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATIONAND INTELLECTUALY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA Suciati Purwaningsih; Syadeli Hanafi; Hadi Sutopo
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7482

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan atas permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas V SDN Kependilan Kota Cilegon.Dari 35 siswa, hanya 10 siswa yang mampu mencapai KKM nilai 70.Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kegunaan tumbuhan hijau melalui penerapan model pembelajaran SAVI. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bentuk penelitian kolaboratif dan reflektif.Metode PTK dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran SAVI, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi kegunaan tumbuhan hijau meningkat, yaitu dari 50.86 pada siklus I menjadi 66.14 pada siklus II, dan menjadi 75.57 pada siklus III. Ranah kognitif siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 59.71 pada siklus I menjadi 65.43 pada siklus II, dan menjadi 75.71 pada siklus III. Ranah afektif siswa juga mengalami peningkatan, yaitu dari 56.00 pada siklus I menjadi 66.14 pada siklus II, dan menjadi    76.29 pada siklus III. Begitu juga pada ranah psikomotor siswapun mengalami peningkatan, yaitu dari 53.86 pada siklus I menjadi 63.14 pada siklus II, dan menjadi 75.86 pada siklus III.Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Yunus Yunus; Romli Ardie; Anwar Mutaqin
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v5i2.7478

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon berjumlah 44 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon yaitu peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 53,4 kategori cukup meningkat secara positif pada siklus II sebesar 74,7 dengan kategori baik dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar mulai dari temuan awal sebesar 47,05, siklus I sebesar 64,09,  dan siklus II sebesar 87,04.Kata kunci : jigsaw, hasil belajar matematika, minat belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue