cover
Contact Name
Aswi
Contact Email
aswi@unm.ac.id
Phone
+6285241426969
Journal Mail Official
aswi@unm.ac.id
Editorial Address
Menara FMIPA UNM, Kampus UNM Parangtambung. Jln. Mallengkeri Raya. Kecamatan Tamalate. Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan. Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28089812     DOI : https://doi.org/ 10.35580/smart
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat bidang pendidikan, sosial, pengembangan sumberdaya manusia,dan teknologi tepat guna
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): April" : 7 Documents clear
Penerapan Bahan Ajar Angka dan Huruf Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Maros Rusdianto Rusdianto; Andi Annisa Sulolipu; Andi Taskirah; Syamsinar Syamsinar; Agusalim Juhari
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.36817

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kalangan guru-guru Sekolah Dasar khususnya di kabupaten Maros adalah penggunaan angka dan huruf tingkat dasar yang masih kurang. Hal ini mengakibatkan bahan ajar yang dikembangkan oleh guruguru tersebut bisa dikatakan tidak layak untuk digunakan. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah; 1) memberikan motivasi kepada siswa agar tertarik untuk belajar materi dasar yakni angka dan huruf, 2) meningkatkan pengetahuan guru dalam menentukan jenis bahan ajar yang cocok untuk diterapkan, 3) memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan keterampilan yang dapat membuat anak tertarik dengan materi yang disajikan. Kegiatan pengabdian di laksanakan di SMPN 10 Bantimurung, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros dengan melibatkan guru-guru SMP yang berada di sekitar sekolah tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) menunjukkan semangat para guru untuk menanggapi materi penerapan bahan ajar untuk pengenalan huruf dan angka tingkat dasar, hal ini di tandai dengan adanya guru yang mengajukan pertanyaan, saran dan kritik, 2) Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang konsep pengenalan angka dan huruf bagi guru-guru SMP, 3) Adanya respon positif dari para peserta yang ditandai dengan pengerjaan tugas mandiri.Kata Kunci: Bahan Ajar, Angka, Huruf, Guru-Guru SD. 
Peningkatan Kualitas Proposal melalui Pelatihan Sitasi menggunakan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Pengusul Proposal PKM 2022 Kelas Parepare Prodi Pendidikan Matematika Sukarna Sukarna; Aswi Aswi; Nurhilaliyah Nurhilaliyah
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.32826

Abstract

Pelatihan ini diilhami oleh keluhan mahasiswa mengenai format penulisan daftar pustaka Harvard Style pedoman PKM 2022. Sebagai penulis pemula, mereka merasa membutuhkan penjelasan lebih detail, walaupun dalam panduan telah ada contoh penulisannya. Mereka masih membutuhkan metode yang lebih sederhana, mudah, efektif dan efisien dalam mensitasi terkhusus Harvard Style. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi sitasi (Mendeley) dalam menuliskan sitasi dan daftar sitasinya; (2) meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya pemanfaatan aplikasi sitasi Mendeley; (3) meningkatkan wawasan, kemampuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi yang lebih sederhana, mudah, lengkap, informatif dan inovatif dalam mendesain sitasi; dan (4) mengurangi jumlah mahasiswa yang membuat sitasi dan daftar sitasi manual. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah interaktif visualitatif melalui media online Zoom. Peserta yang terlibat sebanyak 20 orang yang sedang membutuhkan pendampingan dalam penyusunan Proposal PKM 2022. Hasil survey menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang diberikan oleh mahasiswa melalui angket yang disebarkan. Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi Mendeley meningkat; mahasiswa menyadari pentingnya metode praktis, mudah, efektif, dan efisien dalam membuat sitasi dan daftar sitasi
Penguatan Lesson Study dalam mendukung Digitalisasi Learning bagi sekolah Penggerak di SMA Negeri 9 Makassar Saparuddin Saparuddin; Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.33764

Abstract

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat terkait digitalisasi learning melalui penguatan lesson study bagi sekolah penggerak. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMK Negeri 9 Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pedagogik dan keterampilan pembelajaran berbasis digital bagi guru-guru pada sekolah mitra. Lesson study dinilai menjadi salah satu upaya yang dapat silakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru-guru melalui kegiatan bersifat kolaboratif dan kerjasama. Metode kegiatan meliputi workshop Lesson study dan Implementasi Lesson study yang terdiri atas tahapan Plan, Do, See dan Redesign. Output dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan pedagogik dan keterampilan dalam digitalisasi pembelajaran yang ditandai dengan dihasilkannya beberapa produk seperti perangkat pembelajaran, e-modul dan video pembelajaran dan lain-lain. Hasil evaluasi program menunjukkan keterlaksanaan program secara maksimal dan respon positif dari guru mitra.
PKM Workshop Pengembangan Soal Uji Komprehensif Ruslan Ruslan; Muhammad Husnul Khuluq; Iwan Setiawan HR
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.33436

Abstract

Tes Komprehensif adalah pemberian pertanyaan untuk mengukur suatu aspek perilaku atau memperoleh informasi tentang sifat-sifat orang yang diuji (secara individual). Tujuannya adalah untuk menghasilkan beberapa paket soal komprehensif/uji kompetensi sesuai program studi, banyak variasi soal (bank soal), sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri, dan juga untuk memberikan ujian sebelum ujian komprehensif lisan (proposal) untuk ketentuan tes komprehensif tertulis. Salah satu kampus percetakan guru adalah kampus UINAM. Sehingga dalam kegiatan pengabdian ini perlu dikembangkan soal-soal Tes Komprehensif di Fakultas Tarbiyah UINAM agar menghasilkan soal-soal yang berkualitas dan terstandardisasi, sehingga nantinya output calon guru dari pihak kampus dapat berkompeten dan berkualitas. Metode yang digunakan adalah pemberian materi tentang teori dan praktek Sebanyak 25 orang mengikuti kegiatan yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing Prodi di Fakultas Tarbiyah UINAM. Setiap tim atau kelompok program studi atau bidang rata-rata terdiri dari 2 orang perwakilan. Bidang yang dimaksud adalah bidang PAUD, bidang pendidikan guru madrasah Ibtidaiyah, bidang pendidikan bahasa Arab, bidang pendidikan bahasa Inggris, bidang manajemen pendidikan Islam, bidang pendidikan fisika, bidang matematika. bidang pendidikan, bidang pendidikan biologi, bidang pendidikan Islam, bidang sejarah budaya Islam, bidang aqidah akhlak, bidang hadits, bidang Al-Qur'an, dan bidang Fiqih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menghasilkan soal-soal ujian komprehensif yang berkualitas, valid dan reliabel serta arsip (dokumen) untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAM yang dapat digunakan untuk pemetaan bekal awal calon guru atau pendidik. Untuk mendeskripsikan hasil tes komprehensif di 9 Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Dan juga dapat dijadikan sebagai gambaran hasil komprehensif mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAM.
Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Ilham Minggi; Muhammad Darwis M; Syahrullah Asyari; Ikhbariaty Kautsar Qadry
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.33148

Abstract

Artikel ini bermaksud mengemukakan solusi atas masalah guru SD di Kec. Tinggi Moncong, Kab. Gowa terkait desain pembelajaran dan penelitian tindakan kelas (PTK). Realisasi metode yang ditawarkan atas masalah tersebut adalah pelatihan dengan mengadaptasi direct instruction model oleh Richard I. Arends. Aktivitas inti dalam pelatihan ini adalah penyajian konsep desain pembelajaran dan PTK, PTK sebagai basis desain pembelajaran, dan implementasi desain pembelajaran berbasis PTK, serta mendampingi peserta secara intensif untuk melakukan praktik desain pembelajaran berbasis PTK dan membuka ruang diskusi bagi peserta yang mengalami kesulitan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konseptual guru tentang desain pembelajaran berbasis PTK, serta meningkatkan kemampuan praksis guru dalam desain pembelajaran berbasis PTK. Oleh karena itu, direkomendasikan perlunya kegiatan serupa dengan cakupan peserta yang lebih luas yang berasal dari komponen guru-guru yang berasal dari Kabupaten/Kota lainnya. Dengan demikian, peserta akan mengalami recharging solusi alternatif terhadap masalah pembelajaran yang mereka hadapi di kelas.
Tata Kelola Administrasi Sekolah Berbasis Internet Alfiah Nurfadhilah AM Hindi; Iwan Setiawan HR; Khadijah Khadijah; Husain As; Suci Wulandhani; Hasisa Haruna; Sutamrin Sutamrin
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.33450

Abstract

Tata kelola administrasi sekolah telah mengalami kemajuan dan mengikuti perkembangan zaman. Namun masih terdapat beberapa sekolah yang masih menggunakan sistem manual atau konvensional. Permasalahan yang dialami mitra SMPN 10 Bantimurung yaitu belum adanya tata kelola administrasi sekolah yang berbasis internet. Padahal mereka membutuhkan tata kelola administrasi digital dan memiliki potensi dengan adanya akses internet yang cukup baik, ketersedian computer dan laptop. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Keberhasilan kegiatan ini dilihat dari respon peserta selama pelatihan yang diikuti dengan pendampingan, apakah respon mereka positif atau mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan berpartisipasi dalam tiap tahapan kegiatan serta antusias dalam praktek tata kelola dan diskusi. Hasil PKM menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam tata Kelola administrasi sekolah berbasis internet. Peserta lebih banyak memberikan komentar tentang manfaat aplikasi google drive yang baru mereka ketahui. Ini menunjukkan keefektifan pelatihan dan antusias peserta pelatihan.
Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri Sitti Rahma Yunus; Ramlawati Ramlawati; Arie Arma Arsyad; Sitti Saenab
SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/smart.v2i1.32928

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di yaysaan yatama mandiri adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan IT dalam pembelajaran, khususnya pada pembuatan media pembelajaran. Oleh karena itu perlu pemilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dengan hail yang maksimal. Salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran ynag berkualitas adalah canva.com. Kelebihan dari Canva juga adalah dapat digunakan meskipun orang tersebut memiliki keterbatasan IT dan desain. Dengan alasan inilah kami tim pengabdian memandang pelatihan aplikasi ini penting untuk dilakukan untuk membantu guru di Yayasan Yatama Mandiri untuk dapat membuat sendiri media pembelajaran yang menarik. Penyelesaian masalah pada mitra PKM dilakukan melalui kegiatan workshop media pembelajaran berbasis Canva untuk menunjang penerapan pendekatan TPACK. Metode pelaksaan kegiatan meliputi seminar, metode diskusi, dan pendampingan pembuatan media pembelajaran.  Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) dilakukan pada tanggal 2-3 Juli 2021 dihadiri oleh guru-guru di Pesantren Tahfizul Quran Ar Rahmah Yayasan Yatama Mandiri. Hasil pelaksanaan kemitraan masyarakat dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan workshop dapat memberikan pengetahuan baru dan keterampilan bagi guru-guru di yayan Yatam Mandiri dalam membuat media pembelajaran berbasis Canva. Respons peserta sangat positif terhadap materi dan cara pelaksanaan workshop dan keduanya berada dikategori sangat tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7