cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMITMEN MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA A. Dirwan
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.522 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2382

Abstract

Abstrak: Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komitmen mahasiswa terhadap motivasi berprestasi di PTS Jakarta. Subjek penelitian sebanyak 80 mahasiswa. Kerangka penelitian mengacu pada apakah kualitas pelayanan dan komitmen memunyai pengaruh terhadap motivasi berprestasi yang diukur lewat angket. Instrumen penelitian terdiri atas 25 butir pertanyaan untuk kualitas pelayanan, 26 butir komitmen, dan 29 butir motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan teknik korelasi, analisis regresi ganda, dan koefisien jalur dengan bantuan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa: (1) terdapat pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap motivasi berprestasi; (2) terdapat pengaruh dari komitmen terhadap motivasi berprestasi; (3) terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan komitmen secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi mahasiswa PTS Jakarta. Kata Kunci: kualitas pelayanan, komitmen, motivasi berprestasi THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND STUDENT COMMITMENT ON ACHIEVEMENT MOTIVATION AT PRIVATE UNIVERSITY Abstract: The purpose of this study was to determine the influence of service quality and commitment on achievement motivation at Private University in Jakarta. The subject of this research were 80 students, by using 5 Likert Scale. The framework of this research was based on that service quality (X 1 ) and commitment (X ) had influence of achievement motivation (Y). The service quality was measured with 25 items question, commitment was measured with 26 items question, and achievement motivation was measured with 29 items question/statement. Data analysis used in this research was a multiple regression and path analysis. Obtained data then were examined with SPSS 17.0 version. From the research it can concluded that: (1) there was influence of service quality toward achievement motivation; (2) there was influence of commitment toward achievement motivation; (3) there was influence of service quality and commitment simultaneously toward achievement motivation students in Private University Jakarta. 2 Keywords : service quality, commitment, achievement motivation
KOMPETENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SMP DIY Sukidjo Sukidjo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.594 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2381

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru SMP dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah para guru peserta kegiatan sosialisasi kurikulum 2013 oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud di Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 55 orang guru SMP dari Kabupaten Gunung Kidul dan Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedang analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa narasi, sedang analisis kuantitatif digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMP di DIY: (1) memiliki tingkat kompetensi PTK dalam kategori sedang khususnya tingkat penguasaan teoretik, kemampuan kognitif, dan kemampuan teknis: (2) tidak ada perbedaan tingkat kompetensi PTK antara guru golongan III dengan golongan IV: (3) guru yang pernah melakukan PTK memiliki kemampuan kognitif dan pengalaman yang berbeda dibandingkan guru yang belum pernah melakukan PTK; (4) tidak ada perbedaan penguasaan teoretis, kemampuan kognitif, kemampuan teknis yang disebabkan oleh masa kerja. Kata Kunci : kompetensi, penelitian tindakan kelas, guru SMP JUNIOR HIGH SCHOOL TEACHERS’ COMPETENCE IN CONDUCTING CLASSROOMACTIONRESEARCH Abstract: This study was aimed to describe the competence of junior high school teachers in conducting Classroom Action Research (CAR). The subjects were participants in the socialization of Curriculum2013 run by the Directorate of Primary and Secondary Education, Department of Education in Yogyakarta. The subjects were 55 junior high school teachers from Sleman and Gunung Kidul regencies. This study used the survey approach. The data were colllected using questionnaires and documentation. The data were analyzed using the qualitative and quantitative anlayses. The qualitative analysis was in the form of narrative, while the quantitative analysis used the t-test. The findings showed that: (1) the teachers’ competence in conducting classroom action research belonged to the fair category, especially their theoretical mastery level, their cognitive ability, and their technical ability; (2) there was no significant difference in the competence in conducting classroom action research between the third rank teachers and the fourth rank teachers; (3) teachers who had conducted classroom action research had different cognitive competences and experience from those who had not conducted classroom action research; (4) there was no significant difference in the theoretical mastery, cognitive competence, and technical ability due to working experience. Keywords: competence,Classroom Action Research
PENINGKATAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF La Moma
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.067 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2387

Abstract

Abstrak: Self-efficacy matematis siswa penting, maka perlu ada upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran generatif (MPG) sebagai alternatif pembelajaran yang diperkirakan akan memicu peningkatan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar kontribusi penerapan MPG terhadap peningkatan self-efficacy baik level sekolah (tinggi, sedang dan rendah), KAM (atas, sedang rendah). Penelitian menerapkan desain kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri atas 191 orang siswa kelas VIII pada tiga SMP Negeri di Kota Yogyakarta masing-masing mewakili sekolah level tinggi, sedang, dan rendah. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikansi 5%, analisis data yang digunakan uji Mann Whitney dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan pencapaian, peningkatan selfefficacy matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas control; dan (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan level sekolah terhadap peningkatan self-efficacy matematis siswa. Kata Kunci: self-efficacy matematis, pembelajaran generatif THE ENHANCEMENT OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ SELF-EFFICACY THROUGH GENERATIVE LEARNING Abstract: The students’ mathematics self-efficacy is important. So, there must be an effort to enhance it. This study implemented the generative learning model as an instructional alternative expected to be able to enhance students’ self-efficacy. This study was aimed to find out the contribution on the enhancement of the students’ self-efficacy. This study employed the quasi experiment design. The sample consisted of 191 grade eight students from three state junior high schools in Yogyakarta Municipality, each representing high-level schools, medium-level schools, and low-level schools. The hypothesis was tested at the significance level of 5%. The data were analyzed using the Mann Whitney and two-way ANOVA analyses. The findings showed that (1) there was a significant difference in the students’ self-efficacy between the experimental group and the control group; (2) there was no interaction between instruction and school levels on the enhancement of the students’ self-efficacy. Keywords: mathematics self-efficacy, generative learning
MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KETERAMPILAN LOKALBAGI ANAK PUTUS SEKOLAH PADA MASYARAKAT MARGINAL Sukardi Sukardi; M. Ismail; Ni Made Novi Suryanti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.153 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2384

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pendidikan kewirausahaan berbasis keterampilan khas lokal untuk membentuk kecakapan vokasional anak usia pendidikan dasar dan menengah yang putus sekolah/tidak melanjutkan studi pada masyarakat marginal. Kajian ini menggunakan prosedur research and development, dengan tahapan utama: studi pendahuluan, penyusunan design dan produk model, uji analitis ahli, pengujian operasional, uji validasi melalui pre eksperimen, dan desiminasi hasil. Data dianalisis menggunakan teknik dekriptif kuantitatif dan uji t (pairedsamples t test). Model yang dihasilkan terdiri lima komponen, yaitu tujuan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Hasil uji operasional dan pre eksperimen menunjukkan bahwa model ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan kecakapan vokasional anak yang putus sekolah/tidak melanjutkan studi pada masyarakat marginal. . Kata Kunci: model pendidikan kewirausahaan, keterampilan lokal, masyarakat marginal A LOCAL-SKILL-BASED ENTREPRENEURSHIP EDUCATION MODEL FOR DROP-OUTS IN MARGINAL COMMUNITIES Abstract: This study was aimed to develop a local-skill-based entrepreneurship education model to establish vocational skills of primary and secondary education drop-outs in marginal communities. This study used the research and development procedure. The main stages were: a preliminary study, development of the design and the product model, expert analysis judgment, operational testing, validation testing through pre-experiment, and product dissemination. The data were analyzed by using the quantitative descriptive technique and the t-test. The model developed consisted of five components, i.e.: goals, planning, organization, implementation, and assessment. The results of the operational test and the pre-experimentshowed that this model had a significant influence on the development of vocational skills of drop-outs in marginal communities. Keywords: entrepreneurship education model, local skills, marginal communities
PERAN PENDIDIKAN, PELATIHAN BAHASA INGGRIS, DAN TEKNIK KEPEMANDUAN DALAM PENGEMBANGAN MINA WISATA Ida Bagus Jelantik Swasta
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.328 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2391

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pendidikan dan pelatihan bahasa Inggris dan teknik kepemanduan dalam meningkatkan kemampuan karyawan CV Dewata Laut dalam melayani wisatawan yang berkunjung ke perusahaan itu. Metode yang digunakan adalah metode praeksperimental dengan perlakuan berupa pendidikan dan pelatihan bahasa Inggris dan teknik kepemanduan. Data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi, wawancara, dan kuesioner. Tes yang dipakai adalah tes pemahaman dan tes keterampilan yang dilakukan sebelum kegiatan (pretes) dan setelah kegiatan (postes). Data dianalisis melalui teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan berbahasa Inggris para karyawan CV. Dewata Laut meningkat sebanyak 53,69 persen; (2) kemampuan teknik kepemanduan meningkat sebanyak 49,53 persen; dan (3) kemampuan melayani wisatawan karyawan juga meningkat. Kata Kunci: pendidikan, pelatihan, bahasa Inggris, keknik kepemanduanTHE ROLE OF EDUCATION, TRAINING IN ENGLISH, AND THE GUIDING TECHNIQUE ON FISHERIES TOURISM DEVELOPMENT Abstract: The purpose of this research was to describe the role of education, training in English and the guiding technique on improving the ability of CV. Dewata Laut workers in serving tourists who visited this company. This study used the pre-experiment design with education, training in English, and the guiding technique as the treatments. The data were collected by administering a test, conducting observations and interviews and distributing questionnaires. The test was a comprehension test administered before and after the treatments. The data were analyzed through descriptive qualitative and quantitative analyses. The findings showed that (1) the ability of C.V. Dewata Laut workers improved by 53.69%; (2) the ability in guiding also improved by 49.53%; (3) the ability to serve the tourists also improved. Keywords: education, training in English, guiding technique
TEACHERS’ EXPERIENCES IN INCORPORATING STUDENTS’ FUNDS OF KNOWLEDGE TO PROMOTE THE LEARNING OF SCIENCE Rohandi Rohandi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.389 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2386

Abstract

Abstrak: Salah satu bidang kajian menarik bagi pendidik bidang sains di negara berkembang dan dalam budaya timur (non-Western) adalah hakikat interaksi antara praktik tradisi dan keyakinan yang ada di masyarakat tempat siswa tinggal dan sains yang diajarkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mempertimbangkan isu-isu budaya dalam konteks pembelajaran sains di Indonesia. Keterkaitan antara budaya siswa, pengalaman siswa di rumah, dan pengalaman pengetahuan siswa yang diidentifikasi sebagai funds of knowledge, telah diintegrasikan ke dalam pembelajaran sains. Penelitian ini berlangsung di dua SMP di Indonesia. Dua guru dan 173 siswa (94 laki-laki dan 79 perempuan) berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecocokan antara pengalaman hidup siswa, tingkat pengetahuan, dan konsep ilmu pengetahuan dapat menjadi faktor utama dalam menjaga keberlanjutan pembelajaran ilmiah pada kelas sains. Hal ini penting untuk mengembangkan pengajaran dan pembelajaran sains yang menekankan pada penggabungan pengetahuan siswa, terutama dalam menyajikan ilmu yang relevan dengan siswa kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: funds of knowledge, sekolah menengah, pembelajaran sains PENGALAMAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN PENGALAMAN BUDAYA SISWA UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SAIN Abstract: One area of interest for science educators in developing countries and in non-Western settings is the nature of interaction between traditional practices and beliefs existing in the communities in which students live and the science taught in schools. The purpose of this study is to consider cultural issues in the context of the teaching of science in Indonesia. The connection between students’ culture, home experiences and experiential knowledge of students which is identified as funds of knowledge have been incorporated into learning science. This study took place within two sub-urban Junior High Schools in Indonesia. Two teachers and 173 students (94 males and 79 females) participated in this study. This study findings reveals that “compatibility” between students’ real-life experiences, their funds of knowledge, and science concepts can be the major factor in sustaining science learning in science classes. It is important worthwhile to develop the teaching and learning of science which put emphasis on incorporating students’ funds of knowledge especially in presenting science that is relevant to students’ everyday life. Keywords: funds of knowledge, secondary school, teaching science
KEMAJUAN BELAJAR SISWA PADA GEOMETRI TRANSFORMASI MENGGUNAKAN AKTIVITAS REFLEKSI GEOMETRI Irkham Ulil Albab; Yusuf Hartono; Darmawijoyo Darmawijoyo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.404 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2378

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemajuan belajar siswa pada materi geometri transformasi yang didukung dengan serangkaian aktivitas belajar berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penelitian didesain melalui tiga tahap, yaitu tahapan perancangan desain awal, pengujian desain melalui pembelajaran awal dan pembelajaran eksperimental, dan tahap analisis retrospektif. Dalam penelitian ini, Hypothetical Learning Trajectory, HLT (HLT) berperan penting sebagai desain pembelajaran sekaligus instrumen penelitian. HLT diujikan terhadap 26 siswa kelas VII. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran ini mampu menstimulasi siswa untuk memberikan karakteristik refleksi dan transformasi geometri lainnya secara informal, mengklasifikasikannya dalam transformasi isometri pada level kedua, dan menemukan garis bantuan refleksi pada level yang lebih formal. Selain itu, garis bantuan refleksi digunakan oleh siswa untuk menggambar bayangan refleksi dan pola pencerminan serta memahami bentuk rotasi dan translasi sebagai kombinasi refleksi adalah level tertinggi. Keyword: transformasi geometri, kombinasi refleksi, rotasi, translasi, design research,HLT STUDENTS’ LEARNING PROGRESS ON TRANSFORMATION GEOMETRY USING THE GEOMETRY REFLECTION ACTIVITIES Abstract: This study was aimed at describing the students’ learning progress on transformation geometry supported by a set of learning activities based on Indonesian Realistic Mathematics Education. The study was designed into three stages, that is, the preliminary design stage, the design testing through initial instruction and experiment, and the restrospective analysis stage. In this study, Hypothetical Learning Trajectory (HLT) played an important role as an instructional design and a research instrument. HLT was tested to 26 seventh grade students. The data were collected through interviews, observations, and field notes. The findings of the study showed that this instructional design could stimulate students to provide reflection characteristics and other transformation geometry informally, to classify them in the transformation isometry in the second level, and to find the reflection supporting line in the more formal level. In addition, the reflection supporting line was used by the students to draw the reflection image and the mirroring pattern and to understand the rotation and translation shapes as a combination of reflection at the highest level. Keyword: geometric transformation, rotation, translation, and HLT
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN WAWASAN GLOBAL WARGA NEGARA MUDA Mukhamad Murdiono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.48 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2379

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai dasar yang perlu dikembangkan dalam pendidikan kewarganegaraan untuk membangun wawasan global warga negara muda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory. Sumber data terdiri atas sumber kepustakaan dan responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dasar yang perlu dikembangkan dalam pendidikan kewarganegaraan untuk membangun wawasan global warga negara muda dalam konteks Indonesia antara lain adalah ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan sosial, kompetisi, menghormati orang lain, kemerdekaan, dan perdamaian. Kata Kunci: pendidikan kewarganegaraan, wawasan global, warga negara muda CIVIC EDUCATION TO BUILD YOUNG CITIZENS’ GLOBAL INSIGHT Abstract: This study was aimedtofind thebasic valueswhich needed tobe developedin civic education to build young citizens’ global insight. This study utilized the qualitative apporach with the grounded theory method. The data source consisted of literature and respondents selected using the purposive sampling method. The data were collected using the documentation, interviews, and observations. The data were analyzed using the inductive analysis. The findings showed that the basic values which needed tobe developed in civic education to build a global insight of young citizens in the context of Indonesia include: divinity, humanity, unity, democracy, social justice, competition, respect for others, freedom, and peace. Keywords: civic education, global insight, young citizens
ANALISIS PERAN POLA ASUHAN DAN PROSES SOSIALISASI OLAHRAGA BELADIRI DITINJAU DARI PERSPEKTIF KESETARAAN GENDER Berliana Berliana
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.24 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2389

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa peluang yang diberikan pada anak perem- puan untuk melakukan aktivitas publik belum sepenuhnya. Keengganan orang tua memberikan izin kepada anak perempuan menggeluti cabang olahraga berat, masih dipengaruhi oleh konteks masyarakat dan budaya. Masalah pokok dan fokus kajian berkaitan dengan pola pengasuhan anak pada keluarga, klub, dan sekolah dalam menggiring mereka mengambil keputusan sebagai atlet dalam olahraga kompetitif. Sekaitan dengan itu, situs penelitian lapangan dilakukan pada atlet, keluarga, pelatih, dan sekolah, selain ditambah data yang digali dari suami, rekan tempat bekerja, dan lingkungan masyarakat. Observasi partisipasi sebagai upaya memotret data dilakukan peneliti selama enam bulan lama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan pada anak perempuan akan menggiring mereka untuk menggeluti olahraga prestasi sejak kecil dan menumbuhkan kemandirian yang memperkokoh konteks pandangan perempuan terhadap dirinya sebagai sumberdaya manusia yang berkualitas. Kata Kunci: pola asuh, atlit perempuan, perspektif gender AN ANALYSIS OF THE CHILD REARING PRACTICE AND THE MARTIAL ARTS SOCIALIZATION PROCESS VIEWED FROM THE GENDER EQUALITY PERSPECTIVE Abstract: This study started from the idea that girls were not given sufficient opportunities to do public activities. The parents’ reluctance to give permission to their daughters to do heavy sports was influenced by the community’s contexts and culture. The core problem and the focus of this study was related to the child rearing practice in the family, in the club, and in schools by encouraging the girls to make a decision as competitive sports athletes. Accordingly, the field study was focused on the athletes, the family, the coach, and schools. The data were also obtained from husbands, colleagues, and community environment. The researcher conducted participant observation for six months. The findings showed that the child rearing to girls led them to join competitive sports and this had developed their independence which strengthened their own perception on themselves as quality human resources. Keywords: child rearing practice, female athletes, gender perspective
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Utami Murwaningsih; Erika Laras Astutiningtyas; Nuryani Tri Rahayu
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.336 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.2390

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran matematika realistik di SMP yang telah tervalidasikan. Metode penelitian dilakukan lewat pengembangan model 4-D (four D model). Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Aljabar di kelas VII SMP. Buku tersebut telah divalidasikan secara teoretis yang dilakukan oleh ahli di bidangnya; rencana pelaksanaan pembelajaran tertentu telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, matematika realistik DEVELOPING REALISTIC MATHEMATICS INSTRUCTION KITS IN JUNIOR HIGH SCHOOLS Abstract: This study was aimed to develop validated realistic mathematics instruction kits in junior high schools. The study was carried out using the four-D model. The subjects for the limited try out were the seventh grade students of SMPN 2 Sukoharjo in the academic year of 2012/2013. The product of the study was in the form of instruction kits of Algebra materials for the seventh grade students. The book had been validated theoretically by an expert; the lesson plan had been tried out and simulated; the instruction kits and the research instrument had been tried out. Keyword: instruction kits, realistic mathematics

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue