cover
Contact Name
Engelbertus Kukuh W
Contact Email
jppi@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jppi@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148) Telp. (0341) 801488 (ext 230) e-mail: jppi@unikama.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
ISSN : 18584985     EISSN : 27218821     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali dalam setahun, setiap artikel yang terbit akan melalui tahapan peer-review. JPPI diterbitkan oleh Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang. JPPI menerima manuskrip hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang mencakup: School and Education Management, School Leadership, Social Studies Learning, Teaching Students with Special Education, Culture and Multicultural Society, Civic Education, Character Building Education, IPS Education Curriculum, serta bidang terkait lainnya.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL" : 15 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Otrin Nabang; Vitus No; Laurens Kaluge; Endah Andayani
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5488

Abstract

The purpose of this research is to explain early learning capabilities, characteristics, learning models whether peer-driven motivation affects learning outcomes. The approach used in this study is quantitative, the data obtained during the study of trainee value analyses prior to treatment and trainee value analyses after treatment. Based on the results of dummy data analysis of the significant value of the motivation to learn from pre test is 0.051 and post test is 0.067 indicates that 0.051 would indicate that any impulse effect of learning from an experiment class as well asa class of control to test the original pre test abilities and class control. For the test of the t- test the motivation effect on study results is 0,000< 05, then it is estimated that there is a significant amount of motivation for learning results.
Pengaruh Penyediaan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Martha M
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5489

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya pengaruh penyediaan fasilitas dan miat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa SMA Negeri 2 Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dan bersifat eksplanasi dan dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Taniwel,Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun Pelajaran 2016/2017, sebanyak 167 siswa dengan sampel 47 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data menggunakan rumus regresi ganda dengan bantuan computer program SPSS. Sebelum dilakukan penelitian, istrumen diuji dulu tingkat validitas dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alfa. Uji regresi dilakukan dengan persyaratan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis parsial, angka adjusted R Square sebesar .583 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa sebesar 58,3%. Hasil analisis parsial, angka adjusted R Square sebesar .505 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 2 Taniwel Seram Barat sebesar 50,5%. Berdasarkan analisis simultan, angka adjusted R Square sebesar .578, yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penyediaan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 2 Taniwel Seram Barat sebesar 57,8 %.
Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter pada Siswa SMA Negeri 1 Pamekasan Agung Suprianto; Syaiful Syaiful
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5490

Abstract

Abstract The problem of diversity requires a special strategy to solve, one of which is through education. In this regard, multicultural education offers an alternative through the application of educational strategies and concepts based on the utilization of diversity in society. The purpose of this study is to describe the implementation of multicultural-based education as an effort to strengthen the character values ​​of SMA Negeri 1 Pamekasan students. Describe the supporting and inhibiting factors for the implementation of multicultural-based education in SMA Negeri 1 Pamekasan students. The results showed that the implementation of multicultural education at SMA Negeri 1 Pamekasan was carried out by integrating multicultural values ​​into the subjects of Religious Education, Citizenship Education, and Social Sciences as well as the inculcation of values ​​in their learning activities. Second, integration into programmed self-development activities, namely through extracurricular activities, habituation, spontaneous activities and exemplary activities. The supporting factors for the implementation of multicultural-based education at SMA Negeri 1 Pamekasan are school climate, school curriculum, facilities and infrastructure, the role of teachers, school programs and activities. Meanwhile, the inhibiting factor is the adherence to the principles of the Madurese community, namely "lēbbi bhēghus pote tolang katembhâng pote matah" which means "it is better to die than to be ashamed". With this principle, a tough character will be shown by not considering right or wrong, but by considering who is strong and who is weak. Keywords: implementation, multicultural based education, strengthening student character values
Implementasi Vidio Pembelajaran, Motivasi Belajar dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Hendrika Dwiukap; Ema Wuarela
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Ambon. Sampel penelitian berjumlah 74 siswa dengan populasi berjumlah 249 siswa. Metode pengumpulan data untuk variable independent menggunakan angket, sedangkan untuk variable hasil belajar mengunakan dokumen nilai ujian. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan uji analisis regresi, digunakan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Berdasarkan serangkaian uji instrument, uji hipotesis dan uji analisis, maka instrumen dan data penelitian ini telah memenuhi syarat uji statistik regresi yang dipersyaratkan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui ada pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan pengaruh implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 2 Ambon. (2) ada pengaruh yang signifikan implementasi vidio pembelajaran terhadap hasil belajar PPKn siswa di SMA Negeri 2 Ambon. Sumbangan variabel independen terhadap hasil belajar siswa sebesar 94 %. Atau variabel bebas yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 94% variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X SMA Negeri 2 Ambon, dapat dipengaruhi oleh implementasi vidio pembelajaran, motivasi belajar dan kemandirian secara bersama-sama, hal ini dapat dinyatakan dengan hasil yang signifikan.
Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha Di Kelas 6 Sekolah Dasar Sofia Agustin Adhaningrum; Sa’dun Akbar; Lasim Muzammil
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5492

Abstract

The results of observations conducted on the students of Class VI SDN 2 Kalirejo on 7-9 December 2019, showed the lack of learning activities caused by the limited textbooks, the lack of material on textbooks related to student life and teacher-centered learning. So, based on needs analysis, adequate textbooks are needed in line with the number of students whose material is derived from the daily life of students and the application of relevant learning strategies is a must. Efforts made to overcome this is conducting research and development that aims to produce the contextual-based, valid, interesting, practical and effective textbooks of Social Science (IPS). The model used in this research and development was 4D model. The 4D model (Thiagarajan, S., Semmel, DS, & Semmel, MI: 1974)) consists of Define, Design, Develop and Disseminate. Teaching-learning process used contextual approach or Contextual Teaching and Learning (CTL). The data were analyzed qualitatively and quantitatively. The data was based on the assessment of material and linguists experts were considered valid. The results of product attractiveness test from the questionnaire given to students and teachers showed very interesting criteria. This material was very practical. This was based on the result of observing teacher activities and student learning activities. The product was also considered to fulfill the effective criteria. Based on the results of the analysis, the contextual textbook for Class VI on social science of Primary School was eligible and could be used in the learning process because it had reached the valid, attractive, practical and effective criteria.
Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Pembelajaran Dan Motivasi Belajar: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ips Nila Restu Wardani; Heru Santosa
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5493

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama ataupun terpisah antara variabel independen (kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (hasil belajar IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, semua informasi atau data yang diperoleh diwujudkan dengan angka dan analisis yang digunakan adalah analisis statistik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara empat variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 407 orang yang berasal dari siswa kelas IX di SMPN 2 Pandaan, sedangkan penulis mengambil sampel hanya sejumlah 140 siswa saja. Dari hasil pengujian, didapatkan variable bebas yakni kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan secara simultan terhadap hasil belajar IPS di SMPN 2 Pandaan. Variabel kompetensi profesional guru memiliki kontribusi terbesar terhadap hasil belajar IPS yakin sebesar 0,101. Variabel kompetensi profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel hasil belajar IPS sebesar 34,6%,
Prestasi Belar : Ditinjau Dari Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Siswa Nila Restu Wardani; Akhmad Poniali
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5494

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sehingga diperoleh 88 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan karakter (X1), dan motivasi belajar (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel prestasi belajar IPS (Y). Variabel motivasi belajar memiliki kontribusi terbesar terhadap prestasi belajar IPS yakni sebesar 0,194. Variabel pendidikan karakter dan motivasi belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar IPS sebesar 57,8%.
Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Baubau Hendrika Dwiukap; Ernawati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5495

Abstract

Kemandirian belajar siswa diperlukan agar mereka mempunyai tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya, serta mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Sikap-sikap tersebut perlu dimiliki oleh siswa sebagai peserta didik karena hal tersebut merupakan ciri dari kedewasaan orang terpelajar. Tujuan dalam penelitian ini: (1) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau, dan (3) Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau yang berjumlah 31 siswa pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penjelasan secara detail lingkungan belajar dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar: (1) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat kontribusi positif lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji t dengan probabilitas sebesar 0,000 kurang dari alpha 0,05. Artinya, lingkungan belajar mempunyai kontribusi yang signifikasi terhadap prestasi belajar. Data responden, variabel ini menunjukkan sebanyak 58,06 % responden menyatakan bahwa lingkungan belajar menyatakan baik, (2) Terdapat kontribusi positif lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar secara simultan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,009 < 0,05. Jadi, keberhasilan prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan kemandirian belajar. Perhitungan dengan bantuan sofware SPPS 22 diperoleh nilai koefisien determinasi simultan (R2) adjusted R square sebesar 0,697, dengan demikian menunjukkan bahwa lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Baubau sebesar 69,7 % dan sisasnya 30,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Pengaruh Motivasi Siswa, Fasilitas Belajar, dan Kedisiplinan Belajar Siswa terhadap Hasil Bela-jar (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pamekasan) Agung Suprianto; Rihana Rihana
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5496

Abstract

Abstract Student learning outcomes are a manifestation of the success of the teaching and learning process in educational institutions. The objectives of this study are 1) to analyze the influence of learning motivation on learning outcomes with control facilities and student discipline 2) to analyze the influence of facilities, learning motivation, and discipline together on student learning outcomes. 3) Analyzing the differences in achievement based on the background of the science and social studies majors of Class X students in the Science subject at SMA Negeri 5 Pamekasan. The form of research design is descriptive quantitative in the form of explanation. The population in the study was students of Class X Science Subject SMA Negeri 5 Pamekasan with a total sample of 39 students with a random sampling technique. The data collection method is a questionnaire and documentation method. The data analysis technique used partial and multiple regression with ANOVA model assisted by the computer program SPSS version 18.00. The results illustrate the effect of learning motivation on learning outcomes by showing that learning motivation has a significant effect on learning outcomes. Analyze the influence of facilities, learning motivation, and discipline together on student learning outcomes. The hypothesis that says there is a significant effect of Learning Facilities on Learning Outcomes is accepted. This means that learning facilities have a significant relationship with learning outcomes. Analyzing the difference in achievement based on the background of the science and social studies majors, the calculation obtained the t-count between the science learning outcomes and the social studies learning outcomes, which shows that t count = 118.625. While the t table (α = 0.05; db residual = 37) is 77.006. because t count> t table, namely 77.006> 2.857, the science class students are higher than the social studies at 81.289. Keywords: motivasi, fasilitas, kedisiplinan belajar, prestasi belajar
Pengaruh Keterampilan Profesional, Interaksi Sosial Dan Motivasi Kerja: Pengaruh Terhadap Kinerja Guru Nila Restu Wardani; Muafiah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 15 No. 1 (2021): APRIL
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jppi.v15i1.5497

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama antara keterampilan profesional, interaksi sosial dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Sub Rayon 07 Kabupaten Pasuruan. populasi dalam penelitian ini sebanyak 142 guru yang berasal dari SMP Negeri di Sub Rayon 7 Kabupaten Pasuruan. Metode pengambilan sampel dengan teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterampilan profesional guru (X1), interaksi sosial X2), dan motivasi kerja (X3) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel kinerja guru (Y). Variabel interaksi sosial memiliki kontribusi terbesar terhadap kinerja guru yakni sebesar 0,028. Variabel keterampilan profesional, interaksi sosial, dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru sebesar 69,2%.

Page 1 of 2 | Total Record : 15