cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 24427063     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 15 Documents clear
Analisis Kecerdasan Intelektual Kepala Sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah Ari Arfiah Hardian; Amini Amini; Elfrianto Elfrianto
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan  intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kecerdasan intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah , berdasarkan indicator adalah sebagai berikut: pertama, Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah dalam menangani kecerdasan angka dapat di katakan baik karna terbukti dengan membagi jam mengajar pada dewan guru serta memberikan sangsi apabila ada yang menyalahi aturan, serta mengatur waktu dalam hal rapat dan pembahasan belajar mengajar. Kedua, Dalam kepemimpinan kepala sekolah menangani pemahaman komunikasi verbal di SMA Tarbiyah Islamiyah dapat di kategorikan baik karna dapat dilihat dari hasil yang di berikan, seperti pemahaman oleh dewan guru dan peserta didik dengan baik. Dan ketiga, Kepemimpinan kepala sekolah dalam menangani kecepatan persepsi memeberikan dampak yang positif, seperti salah satunya memberikan metode belajar yang baru melalui pembelajaran during atau online dan melakukan tatap muka secara berkala dan bergelombang.
Analisis Kehidupan Santri Pondok Pesantren Fadillah Pada Masa Pandemi Virus COVID-19 Moch Firmansyah
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.5039

Abstract

Pondok Pesantren Fadlillah merupakan salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang terletak di desa Tambak Sumur, Waru Sidoarjo yang ikut merasakan dampak akibat dari pandemic virus covid-19 di Indonesia. Dampak dari pendemi ini dapat terlihat dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh santri di dalam pondok, mengingat pondok pesantren Fadlillah juga merupakan asrama yang ditinggali oleh santri selama menuntut ilmu, maka terdapat aturan-aturan sendiri yang mengatur tentang segala kebijakan, baik dalam proses belajar maupun mengajar di dalam pondok. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kehidupan santri pondok pesantren Fadlillah selama masa pandemic covid-19 saat ini, dengan menggunakan metode kualitatif yang mana metode ini lebih berfokus kepada data-data deskriptif yang menjelaskan tentang fenomena yang terjadi dalam kehidupan santri di dalam pondok pesantren Fadlillah. Hasil dari kajian ini meliputi: 1.) Biografi Pondok Pesantren Fadlillah, 2.) Pengertian Covid-19, 3.) Pengaruh Covid-19 terhadap Kehidupan Santri di Pondok Pesantren Fadlillah, 4.) Strategi Bertahan Santri Fadlillah pada Masa Pandemi Covid-19, 5.) Makna Motto dan Panca Jiwa Pondok Pesantren Bagi Kehidupan Santri. Dari kajian ini dapat disimpulkan bahwa pandemic Covid-19 telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan santri di pondok pesantren Fadlillah. Perubahan yang dilakukan adalah langkah yang dilakukan pimpinan pondok untuk menjaga seluruh santrinya pada masa pandemi.
Analisis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat Kabupaten Langkat Sahrijal Akino; Syaiful Bahri; Sulhati Sulhati
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjabarkan: 1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat, 2) bagaimana kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat, dan 3) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, naturalistik dan teknik triangulasi. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan, dimulai dari bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Subjek dan informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan beberapa Guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat memiliki kemampuan untuk mempengaruhi para guru dan staf dalam mengarahkan, memotivasi, dan kerjasama untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi madrasah. Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat tergolong menerapkan 2 tipe kepemimpinan, Pertama kepemimpinan situasional,  yakni fleksibel dan toleransi dalam memimpin para guru dan staf. Kedua kepemimpinan demokrasi (Democratic Leadership) kepala madrasah memperhitungkan aspirasi dan kepentingan para guru dan staf dan mengusahakan agar para guru dan staf ikut berperan aktif dalam mengambil keputusan dan dalam menjalankan kepemimpinannya. Kepemimpinan kepala madrasah juga mengunakan pendekatan dengan norma-norma ajaran Islam yakni kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinan dengan menanamkan prinsip tanggung jawab (bahwa apa yang telah diperbuat di dunia pasti akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat oleh Allah Swt). 2) Kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat tergolong baik, ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. 3) Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan beberapa metode pendekatan yang mencakup pelatihan yakni berupa bimbingan teknis, keteladanan, kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian dan ketulusan.
Pengaruh Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Berbasis Komputer Terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Sorong Stefany Margareta Martono; Menik Wijayanti
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.5388

Abstract

State Senior High School 3 (SMA N 3) Sorong is one of the schools in the city of Sorong which since 2016 has been implementing Computer-Based Semester Final Examinations. However, since the implementation of the computer-based UAS was based on the results of the achievement survey, in this case, the test scores obtained by students were not so good during the last few years. Samples were taken from a population of 310 students and based on the Harry King Nomogram with a 95% confidence interval, the number of samples taken was 143 students. The method used in this research is quantitative descriptive method. The purpose of this research was to find the effect of the implementation of computer-based final semester exams on the motivation and learning discipline of students of class XII IPA SMA Negeri 3 Sorong. The results showed: 1) There was no significant effect of the implementation of computer-based UAS with the learning motivation of students of class XII IPA SMA Negeri 3 Sorong, 2) There was a significant effect of the implementation of computer-based UAS with the learning discipline of students of class XII IPA SMA Negeri 3 Sorong.
Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong Semasa Penanganan Covid-19: Evaluasi Model CIPP Vina N Van Harling; Markus Dwiyanto Tobi Sogen
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.5090

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kimia semasa penanganan COVID-19 dengan menggunakan model CIPP pada Siswa Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif sederhana dan pendekatan kualitiatif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian Efektivitas Pembelajaran Kimia Secara Online Semasa Penanganan Covid-19: Evaluasi Model CIPP Pada Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia semasa penanganan Covid-19 dinilai baik dan efektif.
Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Yashafa Kabupaten Aceh Singkil Nurhasanah Munthe; Amini Amini; Elfrianto Elfrianto
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang Perencanaan Strategik Program Studi Agroteknologi dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di kampus STIP Yashafa Kabupaten Aceh Singkil, disamping itu untuk mengetahui peningkatan mutu pendidikan di kampuis STIP Yashafa. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Naturalistik dan tekhnik Triangulasi, Pengambilan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan mulai dari bulan Mei 2020 sampai dengan bulan Agustus 2020, Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Ketua Yayasan kampus, Dosen, Ketua Prodi Staf Dan Mahasiswa. Sementara yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan Perancanaan Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Perencanaan Strategik di Program Studi Agroteknologi sudah tergolong bagus tapi pelaksanaannya yang belum efektif sehingga pencapaian Akreditasi Program Studi masih dibawah Standar atau mendapat Akreditasi C, ini menunjukkan bahwa program Studi Agroteknologi masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan Program Studi Agribisnis yang sudah mendapatkan Akreditasi B.dan Perlunya perencanaan yang lebih matang lagi sehingga kedepannya Program Studi Agroteknologi bisa mendapatkan Akreditasi yang memuaskan minimal mendapatkan Akreditasi B, serta membangun sarana dan prasarana yang lebih memadai seperti gedung Laboratorium sehingga memudahkan mahasiswa untuk praktek. Implementasi  mutu  pendidikan di kampus STIP Yashafa sudah tergolong bagus dibuktikan dengan Qualiatas lulusan yang sudah banyak berkiprah atau yang bekerja sebagai ASN(Aparatur Sipil Negara), dan telah banyak Alumni yang bekerja di bidang pertanian ke kancah daerah, Nasional bahkan ada yang bekerja di perusahaan Internasional.
The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19 Irfan Dahnial
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6517

Abstract

This study aims to see the results of how much the effectiveness of students in the online-based learning process based on the results of the data above, the independence of online-based learning in learning the Indonesian democracy system is strong response with a percentage of 63%, while some other students respond strongly to the percentage of 31%, responding quite 5% and respond weakly 1%. The average result of student response questionnaire is 99%. Thus it can be concluded that the response of students to learning independence in learning the Indonesian democratic system is strong. This type of research uses quantitative research in which researchers decide to determine what will be studied, ask narrow specific questions, collect quantitative data (can be calculated) from participants, analysis using statistical figures and conducting investigations in an impartial or objective way Creswell, (2008: 46). That is, research using a quantitative approach has advantages in a measurable research process with more objective results. Based on the above explanation it can be concluded that the quasi experimental design is a type of research design that has a control group and the experimental group is not randomly selected. Researchers use quasi experimental design because in this study there are variables from outside that cannot be controlled by the researcher.
Analisis Manajemen Kurikulum Dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan Pada Program Studi Sastra Inggris di Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara Amna Apriany Delima Batubara; Suhati Suhati; Syaiful Bahri
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.5226

Abstract

This research aims to obtain and determine the concept of English Literature at The Faculty Literature Islamic University of North Sumatera. This study uses a qualitative approach, naturalistic and triangulation techniques. The data collection techniques are using observation, interviews and documentation. The purpose of this research is to know and understand the concepts of the English Literature study program curriculum at the Faculty of Letters, Islamic University of North Sumatra. The results of the study showed that in the planning section it was seen from the readiness of the lecturer in providing a special time to make lectures by achieving the number of semester credits. In addition lecturers have the ability to predict the readiness of students in completing courses per semester. The planning of making English literature curriculum is in line with the output that will be produced by English literature study programs. In implementing the curriculum that is realized in the lecture process, the lecturers will adjust the face-to-face hours to what will be achieved by students at the end of the lecture, making Semester learning plans, giving their own space to lecturers in providing appropriate media selection courses to help students quickly understand material precisely. In addition, lecturers are able to realize the total number of Semester Credit System by adjusting the number of student attendance. Meanwhile the Evaluation section is also to give freedom to lecturers. To work more wisely and in applying and implementing policies during the lecture process.
Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Zainal Aziz; Indra Prasetia
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model creative problem solving efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertempat di SMP Al- Hidayah Medan. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP Al-Hidayah Medan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan penerapan model creative problem solving tercapai setelah diterapkannya tiga siklus. Penyebab kurangnya cara berpikir siswa pada tahap awal sebelum diterapkannya model creative problem solving adalah siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga hanya ada beberapa orang yang mengerjakan soal yang diberikan guru. Hasil tindakan pada siklus pertama diperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif siswa secara umum mencapai rata –rata 57,91% dengan kategori cukup. Pada siklus kedua, kemampuan siswa meningkat mencapai rata-rata 67,66% dan pada siklus ketiga telah menunjukkan hasil peningkatan yang memuaskan dengan rata-rata 81,41% dengan kategori baik
The Role Of Educational Management In Managing Citizenship Learning In Technology Based Primary Schools In The Era New Normal Bahdin Nur Tanjung
EDUTECH Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i1.6708

Abstract

For the education sector, we must first prepare the existing prerequisites, including school preparation, teachers, students and parents. Therefore, the open sector plan will follow the government's agreement, and the department that will be opened must already have an agreement to deal with Covid and must be implemented in stages. If the school cannot meet the agreed standards and the location of the school is in an unsafe area, then the government will not gradually open the education office. In other words, the education office must be fully prepared in the process of implementing learning and fully prepared. studying time. This research method uses literature study to collect articles that are considered relevant in the data import process. These articles have been adapted into several important fields so that they can convey data as thoughts and ideas as a whole

Page 1 of 2 | Total Record : 15