cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN" : 15 Documents clear
Meningkatkan Pengetahuan, Minat dan Bakat Peserta Didik terhadap Seni Tari dengan Model Pembelajaran Explicit Intruction di SMK Negeri 7 Kota Bandung Hermawati, Yuniar Farita
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22339

Abstract

Perkembangan pendidikan tentunya berpengaruh terhadap kehidupan global yang dapat melatih sumber daya manusia agar lebih kompetitif dan inovatif. Untuk memiliki sumber daya tersebut, maka komponen-komponen pembelajaran yang bekerja didalamnya pun harus lebih ditingkatkan. Seni Budaya merupakan salah satu materi pembelajaran yang terdapat di sekolah, dalam pembelajaran Seni Budaya salah satunya terdapat kompetensi dasar mengenai Seni Tari. Dalam proses pembelajaran ini perlu adanya pendekatan mengenai minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik dengan metode pembelajaran explicit instruction. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan keterampilan dalam mengekspresikan Seni Tari melalui model pembelajaran yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas X-F1 SMK Negeri 7 Kota Bandung tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran explicit instruction, hasil prestasi belajar siswa kelas X-F1SMK Negeri 7 Kota Bandung tahun ajaran 2017/2018 dalam tari kreasi baik individu maupun kelompok terdapat peningkatan. Secara individu dan kelompok, siswa memperoleh rata-rata kriteria baik dan sangat baik. Disarankan bagi guru dapat meningkatkan kinerjanya sebagai guru seni budaya dalam pembelajaran seni tari, dengan mengoptimalkan peran guru sebagai mediator, fasilitator, narasumber dan pembimbing bagi siswa. Diharapkan dengan adanya metode pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebagai upaya mengembangkan seni budaya, khususnya tarian nusantara.
FLOW DI DALAM KELAS PEMBELAJARAN BERBASIS-GIM Sanjadireja, Roki Ranjani; Suherdi, Didi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Vidio gim memiliki sejumlah nilai untuk pengajaran di kelas seperti menyediakan lingkungan multimodal dan lingkungan dengan permasalahan yang dapat dieksplorasi. Sekitar 183 juta pemain bermain gim di AS, dan sekitar 17 % dari populasi dunia terlibat dalam aktivitas bermain gim. Para peneliti telah mencoba memanfaatkan permainan untuk pendidikan saat ini. Namun, penggunaan pembelajaran berbasis-gim masih baru dan perlu diuji. Pemanfaatan gim untuk pengajaran di kelas dipertanyakan karena karakteristik permainan yang lebih bersifat menghibur daripada belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa mempersepsikan pengalaman belajar dalam pembelajaran berbasis gim. Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi dengan 24 peserta. Mereka belajar menulis narasi melalui pembelajaran berbasis-gim. Pada penelitian ini, gim dibangun khusus dalam platform HTML5. Para siswa harus terhubung daring untuk mengakses permainan. Setelah melaksanakan pembelajaran, kuesioner dan wawancara disebarkan. Kuesioner mengadaptasi teori flow untuk mengukur pengalaman belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dalam keadaan flow ketika belajar dengan menggunakan metode berbasis-gim. Mereka tidak memiliki pengalaman berbasis-gim sebelumnya, dan mereka merasa belajar menulis melalui GBL itu menyenangkan, menantang, serius dan mudah diikuti.
ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: SEBUAH UPAYA PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN EKONOMI BAGI PENYANDANG DISABILITAS Aprilia, Imas Diana; Permana, Johar; Syarifah, Liah Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 pemerintah berupaya mengakomodasi pemenuhan hak penyandang disabilitas di antaranya dalam hal pekerjaan. Dari hasil survey, wirausaha menjadi pilihanbidang usahabagi sebagian besar responden dari penyandang disabilitas yang sudah bekerja maupun belum bekerja. Mengingat akan transisi kebutuhan penyandang disabilitas saat dewasa, dengan akses pendidikan dan pekerjaan yang masih sangat terbatas, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitati-kuantitatif dengan metode deskriptif ex-post-facto. Populasi terdiri dari anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Subang dan sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling yaitu anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Subang pada usia kerja (15-64 tahun). Data penelitian didapat melalui angket yang dibagikan kepada responden, wawancara dengan ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Subang dan wawancara langsung dengan beberapa responden, serta beberapa dokumen yang relevan. Kemudian data dianalisis secara induktif, dan untuk membantu mendapatkan keakurasian kebutuhan pelatihan digunakan skema proses atau langkah analisis kebutuhan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidang dan jenis pelatihan yang dibutuhkan responden adalah keilmuan dasar wirausaha dan pemasaran digital (digital marketing). Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemandirian penyandang disabilitas bisa diupayakan dengan pengembangan karir di antaranya melalui kegiatan pelatihan dalampembekalansoft skill dan hard skillyang dibutuhkan.Kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir penyandang disabilitas baik yang baru mulai bisnis atau sedang mengembangkannya.
MENCARI IDENTITAS INDONESIA: PERSPEKTIF GURU BAHASA INGGRIS ANAK Anisarahma, Sarah; Safrina, Rd.
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses konstruksi identitas bergantung pada hubungan antara individu dan lingkungan sosial terkait. Mengenai hal ini, lingkungan kelas dapat menjadi sumber utama dalam mengidenttifkasi identitas Indonesia, khususnya pada konteks pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak. Pada prinsipnya, identitas di dalam kelas Bahasa Inggris dikonstruksi ketika guru dan siswa secara kogntif, emosional dan fisik sedang terlibat dalam proses pembelajaran. Meski demikian, konstruksi identitas sering diabaikan oleh guru Bahasa Inggris yang merupakan salah satu kunci utama dalam proses pembentukan identitas yang dibangun dari kesadaran tentang identitas dan pengetahuan sosiolinguistik. Kedua hal ini dapat membantu guru dan pembelajar mengatasi masalah komunikasi. Oleh karena itu, studi kasus kualitatif ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana guru Bahasa Inggris anak mengkonstruksi identitas ke-Indonesia-an di dalam kelas Bahasa Inggris. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa identitas Indonesia diidentifikasi melalui beberapa faktor, diantaranya melalui norma, aturan kelas, kelas inventoris, serta dikonstruksi melalui strategi linguistik yang digunakan dalam berinteraksi di dalam kelas. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa guru tersebut memisahkan pembelajaran Bahasa Inggris dengan pemahaman mengenai identitas Indonesia. Persepsi ini mungkin menguatkan pandangan mengenai diabaikannya konstruksi identias Indonesia di dalam kelas. Lebih jauh lagi, guru tersebut juga meyakini bahwa identitas Indonesia seharusnya dikonstruksi didalam lingkungan keluarga dan di luar kelas. Oleh karena itu, guru seharusnya dilatih unuk memahami strategi-strategi linguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris
FLIPPED LEARNING MODEL: SATU CARA ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA Julinar, Julinar; Yusuf, Fazri Nur
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengurangan jam mengajar bahasa Inggris dalam penerapan kurikulum 2013 menimbulkan beberapa masalah karena guru tidak memiliki cukup waktu untuk menyampaikan semua konten pelajaran dan memfasilitasi kegiatan siswa. Pembelajaran terbalik adalah salah satu pendekatan pengajaran yang bisa menjadi alternatif dalam menghadapi kekurangan jam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan flipped learning model/pembelajaran terbalik dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan bagaimana respon siswa terhadap penerapan flipped learning model. Speaking test, observasi dan semi structured interview digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipped learning model dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan siswa merespon positif penerapan flipped learning model sebagai salah satu cara belajar yang efektif. Penerapan flipped learning model membuat siswa menjadi lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris dan meningkatkan prestasi belajar mereka.
Pembelajaran Bercerita bagi Peningkatan Apresiasi Imajinasi Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Hasanah, Ani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22325

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI AP 1 SMKN 1 Bandung pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kondisi ini diduga karena metode pembelajaran yang diterapkan monoton dan berpotensi membuat siswa jenuh. Oleh karena itu diadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan penerapan pembelajaran bercerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI AP 1 SMKN 1 Bandung pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan datanya dan analisisnya melalui kajian reflektif dan kolaboratif. Adapun pelaksanaan tindakannya terdiri dari dua siklus dengan menerapkan pembelajaran bercerita. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari 41% pada siklus I, menjadi 65% pada siklus II dan 94% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun saran peneliti adalah semua pihak baik kepala sekolah, guru dan siswa seharusnya bekerjasama dalam mengoptimalkan pembelajaran khususnya dengan menerapkan pembelajaran bercerita agar aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa dapat terus ditingkatkan.
Analisis Umpan Balik Tertulis Guru pada Tulisan Siswa dalam Teks Recount Widarsih, Sri; Suherdi, Didi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti jenis feedback tertulis yang diberikan oleh guru pada tulisan siswa sekolah menengah atas kelas sepuluh di SMAN 1 Sukatani tahun pelajaran 2019/2020. Instrument yang digunakan adalah dokumen analisis untuk meneliti jenis feedback tertulis yang diberikan oleh guru bahasa Inggris pada hasil tulisan siswa kelas sepuluh jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Temuan mengungkapkan bahwa kedua guru menggunakan feedback tertulis yang berbeda pada tulisan siswa. Guru yang mengajar di jurusan IPA cenderung menggunakan feedback tertulis langsung dan guru yang mengajar di jurusan IPS menggunakan jenis feedback tidak langsung. Dapat disimpulkan alasan perbedaan jenis feedback tertulis yang digunakan karena guru yang mengajar di jurusan IPA berpendapat bahwa feedback langsung lebih rinci dan lebih cepat dipahami siswa. Sedangkan guru yang mengajar di jurusan IPS berpendapa bahwa dengan memberikan feedback tertulis tidak langsung dapat mendorong siswa untuk berfikir dan membuat siswa memiliki keingintahuan yang lebih tentang kesalahan yang mereka tulis dan siswa bisa menanyakannya ke guru.
Representasi Makna Demokrasi dalam Pidato Kampanye Presiden Jokowi Silmi, Muh. Rajib; Junining, Esti; Chojimah, Nurul
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22331

Abstract

Bahasa adalah senjata paling tajam dan paling kuat dalam mempengaruhi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi Demokrasi Pancasila dalam pidato Presiden Jokowi dan juga untuk memahami kontribusi wacana dan faktor sosial makna leksikal demokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Presiden Jokowi menggambarkan demokrasi dalam tiga tahap yakni denotasi (5 data) dan konotasi (3 data) dalam pidato kampanyenya. Ada beberapa topik yang mewakili demokrasi seperti tentang ekonomi, kesehatan, pendidikan. Data-data tersebut disampaikan secara denotatif dan konotatif. Penelitian ini membuktikan bahwa makna leksikal adalah aspek linguistik yang tepat untuk menemukan ideologi kandidat dalam wacana terutama dalam pidato kampanye politik. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi peneliti selanjutnya yang bermaksud mengambil topik penelitiannya ini. Semoga peneliti selanjutnya melanjutkan penelitian topik ini dengan fokus pada bidang yang lebih luas daripada demokrasi karena dapat memberikan lebih banyak informasi kepada masyarakat.
Program Membaca Ekstensif: Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Putra, Dondian; Musthafa, Bachrudin; Wirza, Yanty
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memverifikasi apakah program membaca ekstensif (extensive reading program) mampu mempromosikan motivasi membaca bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas. Kegiatan extensive reading program (ERP) diadakan selama 10 minggu dengan 30 peserta kelas XI yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dari sekolah menengah atas di Riau. Kuisioner individu fokus kemudian dilakukan untuk semua 30 peserta yang dipilih, sampel penelitian ini dipilih melalui metode purposive sampling. Kriteria sampel adalah siswa yang memilih klub bahasa Inggris untuk kegiatan ekstrakurikuler. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket motivasi membaca sebelum dan sesudah implementasi program membaca ekstensif. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji T berpasangan (Uji T berpasangan) program SPSS 16.0. Temuan mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kuesioner pertama dan kuesioner kedua dari motivasi membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang signifikan tersebut disebabkan oleh implementasi program membaca ekstensif yang telah dilakukan selama 10 minggu.
Pengaruh Program Latihan terhadap Peningkatan Kekuatan, Power, Daya Tahan Lengan dan Performa Renang 50 Meter Gaya Bebas Evenetus, Yediya; Mulyana, R. Boyke; Ma’mun, Amung
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v19i3.22337

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh program latihan dengan alat vasa trainer terhadap peningkatan kekuatan lengan, power lengan, daya tahan lengan dan performa renang 50 meter gaya bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua belas orang atlet renang Aquarius Bandung KU dua berusia 13-14 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelititan ini adalah Quasi Eksperimental dengan Desain Non-Equvalent Control Group Design. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu enam orang kelompok eksperimen dengan program latihan vasa trainer dan enam orang kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program latihan dengan alat vasa trainer memiliki hasil dan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan power lengan, daya tahan lengan dan performa renang 50 meter gaya bebas namun tidak terhadap kekuatan lengan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue