cover
Contact Name
Edy Karno
Contact Email
pekon@uho.ac.id
Phone
+6281341805999
Journal Mail Official
edy.karno@uho.ac.id
Editorial Address
Ruangan Jurusan Pendidikan Ekonomi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggar. Kode Pos 93132.
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 2502275X     DOI : https://doi.org/10.36709/jopspe
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan, Ekonomi, Ekonomi Koperasi, Geografi Ekonomi, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Pariwisata, Ekonomi Sumber Daya Manusia, Manajemen, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Media Pembelajaran dan Kewirausahaan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi" : 6 Documents clear
PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW di SMA 1 TANGGETADA Rusman, Rusman; Ahiri, Jafar; Igo B.D, Abdullah
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22879

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Tujuan diadakanya penelitian ini adala untuk menguji dan mengetahui serta menjelaskan perbedaan keterampilan belajar siswa yang di ajar dengan model pembelajaran koperatif tipe blended learning dengan keterampilan berfikir kritis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran tipe jigsaw.  Teknik analisis data yaitu dengan pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes bentuk obyektif pilihan ganda .                Hasil uji homogenitas data dengan menggunakan uji Levene's Test for Equality of Variances menunjukan bahwa sig = 0,045 < 0,05 yang berarti variansi data hasil belajar siswa yang nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga data tidak homogen. Karena itu, untuk pengujian hipotesis penelitian di gunakan Equal variances not assumed. Berdasarkan hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t antara rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Blended learning  dan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari a 0,05 ( p = 0,209 > a 0,05).  Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar blended learning  dengan model pembelajaran Jigsaw
PENGEMBANGAN MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI PASAR MODAL DI SMA NEGERI 1 WANGI-WANGI Hedi, Hedi; Rizal, Rizal; Ilham, Muhammad
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembanggkan modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modal, 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul menggunakan aplikasi sigil pada materi pasar modul. Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan 4D.Instrumen yang di gunakan dalam pengambilan data dalam peneltian ini adalah wawancara dan angket.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Hasil penilaian dari ahli materi 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 84,00% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 2 mendapatkan rerata skor sebesar 81,58% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli materi 3 mendapatkan rerata skor sebesar 77,63% dalam kategori baik. Hasil penilaian dari ahli media 1 untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 77,28% dalam kategori baik, hasil penilaian dari ahli media 2 mendapatkan rerata skor 80,56% dalam kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli media 3 mendapatkan rerata skor sebesar 84,72% dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian dari uji coba kelompok pertama untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor 87,21% dalam kategori sangat baik.  Hasil penilaian dari uji coba Kelompok kedua untuk modul pembelajaran menggunakan aplikasi Sigil tersebut mendapatkan rerata skor sebesar 88,71% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul menggunakan aplikasi Sigil dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran
STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI HOMPIMPAA.ID DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL Dian W, Oryz Agnu; Arfina, Fiby Nur; Bratakusuma, Trias; Rifa'i, Zanuar
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22880

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemasaran digital yang digunakan oleh hompimaa.id serta bagaimana peran dari digital marketing dalam meningkatkan promosi program pembelajaran serta kreativitas yang dilakukan oleh hompimpaa.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian dengan melihat kekuatan deskripsi analitik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hompimpaa.id menerapkan digital strategi pemasaran  (online marketing) melalui media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, youtube dan jaringan internet lainnya yang dapat saling terhubung dengan konsumen yang lebih luas. Penerapan digital marketing oleh hompimpaa.id mengalami peningkatan hal tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya  follower pada media sosial hompimpaa serta  adanya permintaan kelas baru untuk usia 6-10 tahun. Hal tersebut dikarenakan, digital marketing dapat dijangkau oleh lapisan masyarakat secara luas serta dalam pelaksanaan digital marketing dilakukan secara efektif dan efisien
EFEKTIVITAS PROSEDUR PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA CV. BOMBANA RAYA DIKELURAHAN LAMPOPALA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN BOMBANA Ningsih, Wilda; Murniati, Murniati; Nia, Murni
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22881

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prosedur penggajian dan  pengupahan yang diterapkan di CV. Bombana Raya sudah efektif Untuk menunjang ke lancaran pembuatan tepung pada perusahaan ini adalah prosedur penggajian dan pengupahan. Hal ini dikarenakan prosedur penggajian dan pengupahan sangat erat kaitannya dengan karyawan. Selain itu dalam prosedur penggajian dan pengupahan terdapat banyak dokumen-dokumen yang digunakan untuk menentukan besarnya gaji dan upah yang diterima karyawan dan juga dokumen-dokumen tentang produktivitas karyawan. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan prosedur penggajian dan pengupahan menjadi sangat penting dalam menunjang kelancaran oprasional perusahaan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang setiap datanya diperoleh secara langsung pada objek penelitian. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penggajian pada CV. Bombana Raya adalah analisis PIECES dan uji kepatuhan atau compliance test dengan model attribute sampling untuk mengetahui efektifitas sistem akuntansi penggajian pada CV. Bombana Raya.Berdasarkan Evaluasi hasil pemeriksaan terhadap sampel dilakukan dengan cara membandingkan antara tingkat kesalahan yang dicapai (AUPL) dengan tingkat kesalahan maksimum yang diterima (DUPL). Karena hasil pemeriksaan terhadap sampel menunjukkan bahwa AUPL=DUPL yaitu sebesar 5% pada tingkat kesalahan sama dengan nol, maka dapat disimpulkan bahwa pengendalian di CV. Bombana Raya sudah efektif
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS VIDEO ANIMASI BERGERAK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KULISUSU tamala, ovin; Igo B.D, Abdullah; Rizal, Rizal
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerak dengan menggunakan adobe after effect kelas XI di SMA Negeri 2 Kulisusu. Jenis penelitian (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model desain pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu proses definisikan, proses desain dan proses pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran ekonomi dan sasaran subjek uji coba yakni siswa kelas XI IPS, jumlah uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang siswa. Instrument pengumpulan data yaitu berupa wawancara, angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerak, yaitu materi permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi menggunakan model pengembangan 4D. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 96,87% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 94,16% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian kelayakan oleh guru mata pelajaran ekonomi mendapatkan jumlah rata-rata skor keseluruhan 97,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian uji coba kelompok kecil mendapat skor keseluruhan 98,69% termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian uji coba kelompok beasr mendapat skor keseluruhan 95,36% termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa media pembelajaran ekonomi berbasis video animasi bergerk dengan menggunakan adobe after effect kelas XI di SMA Negeri 2 Kulisusu sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran
Analisis Faktor Sosio Demografi dan Ambisi Kemandiran Terhadap Niat Berwirausaha Untuk Mengatasi Pengangguran (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Halu Oleo) Syaiful, Muhammad; Safarudin, La Ode; Hariono, Hariono; Karim, Rahmat
Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 4 (2021): Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jopspe.v6i4.22883

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian dengan pendekatan explanatory research yang bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor sosio demografi dan faktor-faktor ambisi kemandirian terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.254 orang yang merupakan mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Halu Oleo. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dengan total sampel sejumlah 62 orang. Analisis SEM yang berbabasis PLS (Partial Least Square) adalah teknik analisis yang digunakan dalam menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menginformasikan bahwa  niat berwirausaha mahasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Halu Oleo secara spesifik dipengaruhi oleh Pekerjaan orang tua yang merupakan variabel dominan dalam faktor-faktor sosio demografi, dan Aktivitas lebih bebas yang merupakan variabel dominan dalam faktor-faktor ambisisi kemandirian. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa faktor sosio demografi yang baik, mampu meningkatakan niat berwirausaha, dan faktor ambisi kemandirian yang baik mampu meningkatkan perilaku manajerial, kemudian perilaku manajerial yang baik mampu meningkatkan niat berwirausaha

Page 1 of 1 | Total Record : 6