cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
BIOMA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma" : 16 Documents clear
REKAYASA PAKAN MELALUI BIOFERMENTASI LIMBAH IKAN TERHADAP PRESENTASE KARKAS DAN PANJANG USUS PADA AYAM BROILER -, Reni Rakhmawati; -, Mei Sulistyoningsih
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ENGINEERING FEED THROUGH BIOFERMENTATION AGAINST WASTE FISH CARCAS PRECENTAGE AND LENGTH OF INTESTINE IN BROILER CHICKENS   ABSTRACT The fulfillment of the purposes of the ration is currently experiencing difficult times due to high raw material prices, thereby impacting on the price of feed, particularly poultry rations. Utilization of fishery waste into feed material can give importance to livestock production, one of which allows to be used as an alternative feed ingredient is fish waste as silage. This study aims to determine the effect of fish waste silage on the growth of broiler chickens. DOC broiler study subjects unsex tail number 96. The study treatment consisted of P0 (commercial ration / control), P1 (commercial ration + 2.5% fish waste silage), P2 (commercial ration + 5% fish waste silage), P3 (commercial ration + 7.5% silage waste fish), with four replications. Experimental design is completely randomized design (CRD), the experimental results were analyzed by ANOVA followed by Duncan test. Results of this study was no effect of fish waste silage to the percentage of carcasses and gut length (P> 0.05).   Keywords: Carcass, Guts, Broiler. ABSTRAK Pemenuhan keperluan ransum saat ini mengalami masa yang sulit akibat mahalnya harga bahan baku, sehingga berdampak terhadap harga ransum, khususnya ransum unggas. Pemanfaatan limbah perikanan menjadi bahan pakan dapat memberikan arti penting bagi produksi peternakan, salah satu diantaranya yang memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif adalah limbah ikan sebagai silase. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian silase limbah ikan terhadap pertumbuhan ayam broiler. Subyek penelitian DOC broiler sejumlah 96 ekor unsex. Perlakuan penelitian ini terdiri dari P0 (Ransum komersial/kontrol), P1 (Ransum komersial + 2,5 % silase limbah ikan), P2 (Ransum komersial + 5 % silase limbah ikan), P3 (Ransum komersial + 7,5 % silase limbah ikan), dengan 4 ulangan. Desain percobaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), hasil percobaan dianalisis dengan ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh pemberian silase limbah ikan terhadap presentase karkas dan panjang usus (P > 0,05).   Kata kunci : Karkas, Usus, Broiler.
OPTIMALISASI FEED ADDITIVE HERBAL TERHADAP BOBOT BADAN, LEMAK ABDOMINAL DAN GLUKOSA DARAH AYAM BROILER -, Mei Sulistyoningsih; Dzakiy, M. Anas; -, Atip Nurwahyunani
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

OPTIMIZATION OF FEED ADDITIVE ON BODY WEIGHT, ABDOMINAL FAT, AND BLOOD GLUCOSE LEVELS BROILER CHICKEN ABSTRACT   Culture to consume a healthy food as the factor that is very important to produce high-quality human resources.  Broiler chicken is one of food consumed widely, as a source of proteins and fats in large numbers in indonesia for all age (kids and adults). This research aims to  assess the optimization of the feed additive on body weight and blood glucose. The independent variable is giving a variant of feed additive herbs (Aloe vera sp, Morinda citrifolia sp, and Zingiber officinale sp). Dependent variable is body weight, abdominal fat, and blood glucose levels. Variable control of this research is the number of feed, health management, the type of chicken, the age of chicken, and  the system of cage. Some preliminary research has been done by researchers at various variant feed additive herbs to produce broiler chicken with the status of the physiology and performans ideal optimally. The results of this research shows the influence of treatment variant feed additive on increased body weight (P<0,05), There is the influence of treatment against the low blood glucose levels (P<0,05), and no influence treatment of abdominal fat (P>0,05).   Keyword: body weight, abdominal fat, blood glucose, feed additive, broiler   ABSTRAK   Budaya mengkonsumsi pangan yang sehat menjadi faktor yang sangat penting untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Ayam broiler merupakan salah satu pangan yang dikonsumsi secara luas, sebagai sumber protein dan lemak dalam jumlah besar di Indonesia untuk semua usia (anak-anak maupun dewasa). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi feed additive terhadap performans terhadap bobot badan dan penstabilan glukosa darah. Variabel independen adalah pemberian varian feed additive herbal (lidah buaya, buah mengkudu, jahe). Variabel dependen terdiri dari bobot badan, lemak abdominal, dan kadar glukosa darah ayam. Variabel kendali penelitian ini adalah jumlah ransum, manajemen kesehatan, jenis ayam, umur ayam, dan sistem perkandangan. Beberapa penelitian pendahuluan telah dilakukan oleh peneliti pada berbagai varian feed additive herbal untuk menghasilkan ayam broiler dengan status fisiologi ideal dan performans yang optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh perlakuan varian feed additive terhadap peningkatan bobot badan (P<0,05), ada pengaruh perlakuan terhadap rendahnya kadar glukosa darah (P<0,05), dan tidak ada pengaruh perlakuan terhadap lemak abdominal (P>0,05).   Kata kunci: Bobot badan, lemak abdominal, glukosa darah, feed additive, Broiler
PENURUNAN KONSENTRASI LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) DAN PERTUMBUHAN MIKROALGA Chlorella vulgaris PADA MEDIA KULTUR -, Puput Widiyani; Sulistya Dewi, Endah Rita
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

DECREASE IN THE CONCENTRATION OF HEAVY METAL CADMIUM (Cd) AND MICROALGAE chlorella vulgaris GROWTH ON CULTURE MEDIA ABSTRACT The objectives of this study is to determine the decrease in heavy metal concentrations of Cd in the culture media and to determine the effect of Cd concentration on the growth of Chlorella vulgaris. This study used a completely randomized design with four treatments and three repititions. This treatment includes, K treatment (control), treatment Cd 1 (cadmium concentration addition 1 mg / L), treatment Cd 3 (cadmium concentration addition 3 mg / L) and treatment Cd 5 (cadmium concentration addition 5 mg / L). Each sample was analyzed by AAS. Data were analyzed by using analysis of variance that was continued by Duncans test. The results of the analysis of metal concentrations decrease of Cd in the culture medium is Cd 5 (0.4494 mg / l), Cd 3 (0.4008 mg / l), Cd 1 (0.2658 mg / l), and K (0.1162 mg / l). The analysis result of F value of variance showed that Chlorella vulgaris gave highly significant effect in decreasing the concentration of Cd. Whereas the result of the growth of Chlorella vulgaris during culture is Cd 3 (1015.97 cells / ml), Cd 1 (769.70 cells / ml), Cd 5 (719.55 cells / ml), and K (668.21 cells / ml ). The result of analysis variance showed that the various concentrations of Cd gave significant effect on the growth of Chlorella vulgaris. The conclusion is that Chlorella vulgaris have ability as bioremediator cadmium with different concentrations, this is indicated by the reduced content of Cd in the culture medium. The ability of metal Cd can substitute Zn function in synthesizing enzyme carbonic anhydrase that causes maximal growing.   Keywords: Decreased concentration, cell growth, cadmium (Cd), Chlorella vulgaris ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan konsentrasi logam berat Cd pada media kultur dan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Cd terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali pengulangan. Perlakuan ini meliputi, perlakuan K (kontrol), perlakuan Cd 1 (penambahan konsentrasi kadmium 1 mg/L), perlakuan Cd 3 (penambahan konsentrasi kadmium 3 mg/L) dan perlakuan Cd 5 (penambahan konsentrasi kadmium 5 mg/L). Masing-masing sampel dianalisa dengan AAS. Analisa data menggunakan analisis variansi yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil analisis penurunan konsentrasi logam Cd pada media kultur adalah Cd 5 (0,4494 mg/l), Cd 3 (0,4008 mg/l), Cd 1 (0,2658 mg/l), dan K (0,1162 mg/l). Hasil analisis varians F hitung menunjukkan bahwa Chlorella vulgaris memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap penurunan konsentrasi logam Cd. Sedangkan hasil pertumbuhan Chlorella vulgaris selama kultur adalah Cd 3 (1015,97 sel/ml), Cd 1 (769,70 sel/ml), Cd 5 (719,55 sel/ml), dan K (668,21 sel/ml). Hasil analisis varians menunjukkan bahwa berbagai konsentrasi logam Cd memberikan pengaruh berbeda nyata (signifikan) terhadap pertumbuhan Chlorella vulgaris. Kesimpulannya ialah Chlorella vulgaris memiliki kemampuan sebagai bioremediator kadmium dengan konsentrasi yang berbeda, hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya kandungan Cd dalam media kultur. Kemampuan logam Cd dapat menggantikan fungsi Zn dalam mensintesis enzim karbonik anhidrase yang menyebabkan pertumbuhan semakin maksimal.   Kata  kunci : Penurunan konsentrasi, pertumbuhan sel, kadmium (Cd), Chlorella vulgaris
EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERVISI ”REST” (RELIGION, ENVIRONMENT, SCIENCE, AND TECHNOLOGY) DAN BERPENDEKATAN BIOENTREPRENEURSHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI Mulyaningrum, Eko Retno
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

THE EFFECTIVENESS OF DEVELOPING REST (RELIGION, ENVIRONMENT, SOCIETY, TECHNOLOGY) LESSON PLAN AND BIOENTREPRENEURSHIP APPROACH TO THE BIOLOGY STUDENTS’ LEARNING OUTCOME ABSTRACT The aim of this study was to develop an instructional instrument for Biology based on Religion, Environment, Society, and Technology (REST). It employed a bioentrepreneurship approach, discribed students’ learning outcome while they attending in the subject of enviromental pollutions, which was a part of the enviromental science. The subjects for this research were the second semester students at PGRI Semarang University, Biology Education Department. This research used a Research & Development method. The learning outcomes of the subjects in the experimental group on the materials given were higher than those in the control group. The REST-based instructional instrument, helped by the bioentrepreneurship approach, consisted of lesson plan, lectured contracts, modules,  students’ work sheets, and instrument evaluation could be applied for pollution material, subject of environmental knowledge.   Keywords: Instructional instrument, REST (Religion, Environment, Science and Technology), Bioentrepreneurship, Environmental Knowledge.   ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektivitas produk perangkat pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui pembelajaran bervisi REST (Religion, Environment, Science, and Technology). Penelitian ini menggunakan pendekatan Bioentrepreneurship untuk mengetahui hasil pembelajaran mahasiswa dalam materi pencemaran lingkungan pada perkuliahan Pengetahuan Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Metode penelitiannya menggunakan Research & Development. Hasil pembelajaran di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulannya adalah bahwa perangkat pembelajaran berbasis REST dan berpendekatan bioentrepreneurship, terdiri dari rencana pembelajaran, bahan ajar, lembar kegiatan mahasiswa, dan soal evaluasi efektif untuk digunakan pada perkuliahan Pengetahuan Lingkungan materi Pencemaran Lingkungan.   Kata kunci: Perangkat pembelajaran, REST (Religion, Environment, Science and Technology), Bioentrepreneurship, Pengetahuan Lingkungan
KUALITAS ARGUMENTASI TERTULIS MAHASISWA PADA KONSEP FISIOLOGI MANUSIA BERDASARKAN AASSC (Argumentative Assessment by Standpoint Scaffolding and Coding) ., Fenny Roshayanti
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

QUALITY OF STUDENT WRITTEN ARGUMENTATION ON THE CONCEPT OF HUMAN PHYSIOLOGY BASED ON AASSC (Argumentative Assessment by Standpoint Scaffolding and Coding) ABSTRACT This mix method research seeks to explore the written argumentative quality based on argumentative assessment model on the concept of human physiology. The model of assessment called Argumentative Assessment by Standpoint, Scaffolding and Coding (AASSC). This research involves 121 students of the sixth semester at the biology department attending the human anatomy and physiology course. The argumentative discourses are analyzed using TAP (Toulmin Argumentation Pattern), which involves claim, warrant, backing and rebuttal components. The group’s written argumentative quality (KuArTKp), and the individual written argumentative quality (KuArTInd) are measured qualitatively and quantitatively based on argumentative writing worksheet (LTKTA). The AASSC instrument model is implemented through scaffolding (initiating, developing, and reinforcing stages) using certain assessment strategy and standpoint and is analyzed using a coding system. The research results reveal that the students’ written argumentation quality assessed using the AASSC model still need to develop.   Keywords: Student Written Argumentation, The Concept Of The Human  Physiology, AASSC ABSTRAK Penelitian dengan mix method ini berusaha untuk mengeksplorasi kualitas argumentatif yang ditulis berdasarkan model penilaian argumentatif pada konsep fisiologi manusia. Model asesmen yang digunakan disebut Argumentative Assessment by Standpoint, Scaffolding and Coding (AASSC). Penelitian ini melibatkan 121 siswa dari semester keenam di jurusan biologi yang mengambil matakuliah Anatomi dan fisiologi manusia. Wacana argumentatif dianalisis menggunakan TAP (Toulmin Argumentasi Pattern), yang terdiri komponen claim, warrant, backing dan rebutal. Kualitas argumentasi tertulis kelompok (KuArTKp), dan kualitas argumentatif individu tertulis (KuArTInd) diukur secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan lembar kerja argumentatif tertulis (LTKTA). Model instrumen AASSC diimplementasikan melalui scaffolding (inisiasi, pengembangan, penguatan) dengan menggunakan strategi penilaian pada standpoint tertentu dan dianalisis dengan menggunakan sistem coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas argumentasi tertulis mahasiswa yang dinilai dengan menggunakan model AASSC masih perlu mengembangkan.   Kata Kunci: Argumentasi tertulis mahasiswa, Konsep fisiologi manusia, AASSC.
MAKE A MATCH IN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PROTISTA PADA SISWA SMA ., Ririn Masrikhah
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MAKE A MATCH IN COOPERATIVE LEARNING TO ENCHANCE THE PROTISTA CONCEPT UNDERSTANDING OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ABSTRACT Learning process in Biology High School has been improve, but there’s still obstacles in the concept of understanding. It looks phenomenon, because object in biology are living things, while not all objects can be presented in class. These conditions make teachers use Teacher Centered Learning method. This method was meaningful learning for students, when students complete the process, none of the concept to be understand by student. Class X’s learning outcomes in subject Kingdom Protista is 65% from average student did not reached the KKM, its made students followed the remedial program. Make a Match is the examples method to solve it. Make A Match is a cooperative learning model which the implementation was the students found the right partner to make a  fun concept. This model enhance d student’s learning motivation and curiosity about the differents in Protista Kingdom, its also improve the evaluation and learner activities. It can be seen from the results, Make A Match learning methods improved the written evaluation’s result 102% and 84% KKM. This method also improve the skills and creativity of the students  5%. Keywords: Cooperative, Make A Match, Concept Understanding, Protista ABSTRAK Proses pembelajaran Biologi SMA telah mengalami berbagai penyempurnaan, tetapi masih ada kendala dalam memperoleh pemahaman suatu konsep. Tampak fenomena, karena objek yang dipelajari dalam biologi seluruhnya adalah mahluk hidup, sementara itu tidak semua objek dapat dihadirkan di kelas. Kondisi demikian menyebabkan sebagian besar guru  mengajar dengan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning). Pembelajaran yang demikian kurang bermakna bagi siswa, sehingga ketika siswa selesai mempelajarinya, tak satupun konsep tertinggal dalam pemahaman mereka. Hal ini tampak pada rendahnya hasil pembelajaran Kingdom Protista di kelas X, yaitu 65% siswa dari rata-rata kelas X  di sekolah masih belum mencapai KKM sehingga siswa-siswa tersebut harus mengikuti program remidial. Make a Match adalah salah satu metode untuk mengatasinya. Metode pembelajaran Make A Match adalah metode dari model pembelajaran kooperatif yang dalam pelaksanaannya para siswa mencari pasangan yang tepat mengenai suatu konsep secara menyenangkan (fun). Dengan cara pembelajaran yang menyenangkan ini, dapat meningkatkan motivasi belajar dan keingintahuan siswa tentang berbagai macam organisme dalam kingdom protista, sehingga dapat meningkatkan hasil evaluasi dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa metode pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil evaluasi tertulis sebesar 102%, disertai meningkatnya KKM mencapai 84%. Selain itu metode ini juga dapat meningkatkan ketrampilan dan kreativitas siswa sebesar 5%.   Kata Kunci: Cooperative, Make A Match, Pemahaman Konsep, Protista
PEMBELAJARAN BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN ., Atip Nurwahyunani; Artharina, Filia Prima
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ENVIRONMENTAL SCIENCE COURSES BASED ON BIOEDUTAINMENT   ABSTRACT The environment science courses at Biology Education Department used for graduation purposes.  Meanwhile, affective and psychomotor aspects still lacking on the learning outcomes of environment science. Bioedutainment as innovative learning strategies solution needed  for it. This research used One-Shot Case Study design. The results were obtained from the average value of the activities students sheets and post test. Classical outcomes percentage got 93% in E class, 95% at B class, and 100% for A class. The number of students which did not complete were 5 students. Learning activity percentage got medium and high categories at first and second meeting, consist of 87.5% and 92.5% for E class, 82.5% and 85% at B class, and 94.8% and 92.3% in A class. In addition, the lecturer performance percentage got 80% at the first meeting and 100% at the second meeting. The appreciate of students for this learning got 85.7%. The patner lecturer interested in bioedutainment strategies. In conclusion, the learning outcomes of bioedutainment strategies for environtment science had the success criteria.   Keywords : bioedutainment, environment science courses.   ABSTRAK Pembelajaran pengetahuan lingkungan saat ini masih dianggap mahasiswa sebagai pemenuhan tuntutan dalam sistem kredit semester yang harus ditempuh di prodi pendidikan biologi untuk tujuan kelulusan. Sedangkan segi afektif dan psikomotor masih sangat kurang dicapai pada hasil pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan inovasi strategi pembelajaran. Salah satunya dengan strategi pembelajaran berbasis bioedutainment. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan The One-Shot Case Study. Hasil penelitian diperoleh dari rata-rata nilai LKM dan post test dengan menerapkan strategi bioedutainment, pada kelas II E ketuntasan klasikal sebesar 93%, pada kelas II B dengan ketuntasan klasikal sebesar 95% sedangkan pada kelas II A dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Jumlah mahasiswa yang tidak tuntas sebanyak 5 mahasiswa. Prosentase keaktifan mahasiswa memperoleh hasil pada kategori sedang dan tinggi pada pertemuan pertama dan kedua yakni; kelas II E sebesar 87,5% dan 92,5%, pada kelas II B sebesar 82,5% dan 85%, dan pada kelas II A sebesar 94,8% dan 92,3%. Prosentas indikator kineja dosen mencapai 80% pada pertemuan pertama dan mencapai 100% pada pertemuan kedua. Mahasiswa yang menyatakan senang dan tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan pada ketiga kelas mencapai 85,7%. Dosen mitra menyatakan terkesan dan tertarik dengan pembelajaran menggunakan strategi bioedutainment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan pembelajaran dan mahasiswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran materi pengelolaan lingkungan yang diterapkan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis bioedutainment.   Kata Kunci: bioedutainment, pengelolaan lingkungan.
PEMANFAATAN CD INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM SYARAF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GRINGSING BATANG Rachmawati, Rivanna Citraning
BIOMA Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : BIOMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

THE UTILIZATION OF MACROMEDIA FLASH INTERATIVE’S CD ON NERVE SYSTEM TO INCREASE STUDENT’S LEARNING OUTCOMES IN SMAN 1 GRINGSING BATANG   ABSTRACT Based on the results of preliminary observations in SMAN 1 Gringsing Batang, it indicate that  the learning outcomes did not maximized. It showed in average value of daily tests was 5.20. The teaching strategies used the system of learning lectures, and did not optimized using computers in schools media. It affected the improvement of learning outcome especially nerve material. The aims to this research was to determine students learning outcomes in SMAN 1 Gringsing Batang, class XI 2nd semester, using macromedia flash interactive’s CD in Nerve System. This research used true experiment, the subjects were students of SMAN 1 Gringsing Batang, class XI 2nd semester. It used two classes, one class as kontrol and one class as experiment. The collection techniques performed through observation and tests using instrument and sheet to measure student learning outcomes. The result indicates that the outcomes in experiment’s class much better than kontrol’s class. It  showed in the experimental class has average result 0,75 (high rate) and kontrol class has 0,48 (low rate). N-Gain’s presentation in experiment class was 71,4% and kontrol class was 33,3%. The research’s conclusion, prove that using macromedia flash interactive‘s CD in class experimental group increase the learning outcomes. Keywords: CD Interactive macromedia flash, nerve system, learning outcome   ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Gringsing Batang, memiliki indikasi hasil belajar yang belum maksimal. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian adalah 5,20. Selama ini strategi pengajaran masih menerapkan sistem belajar ceramah, dan belum dioptimalkan pemanfaatan media komputer di sekolah tersebut. Hal ini berdampak pada rendahnya peningkatan hasi belajar terutama materi sistem saraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI semester II SMAN 1 Gringsing Batang dengan menggunakan CD Interaktif Makromedia flash pada materi Sistem Saraf. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen dengan pretest-postest kontrol group design. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa SMA 1 Batang kelas XI semester II, sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X1 IPA 2 kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes dengan instrumen lembar observasi dan soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Fakta tersebut dibuktikan dengan hasil penghitungan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,75 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain 0,48 (kategori rendah). Presentasi nilai N-Gain paling tinggi pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu 71,4%, sedangkan pada kelas kontrol nilai N- Gain paling tinggi berada pada kategori rendah yaitu 33,3%. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif Macromedia Flash pada kelas kelas eksperimen terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan CD Interaktif Macromedia Flash. Kata kunci: CD interaktif macromedia flash,   system syaraf, hasil belajar
PEMANFAATAN CD INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SISTEM SYARAF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GRINGSING BATANG Rivanna Citraning Rachmawati
Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/bioma.v3i2, Oktober.645

Abstract

THE UTILIZATION OF MACROMEDIA FLASH INTERATIVE?óÔé¼ÔäóS CD ON NERVE SYSTEM TO INCREASE STUDENT?óÔé¼ÔäóS LEARNING OUTCOMES IN SMAN 1 GRINGSING BATANG ?é?á ABSTRACT Based on the results of preliminary observations in SMAN 1 Gringsing Batang, it indicate that ?é?áthe learning outcomes did not maximized. It showed in average value of daily tests was 5.20. The teaching strategies used the system of learning lectures, and did not optimized using computers in school's media. It affected the improvement of learning outcome especially nerve material. The aims to this research was to determine student's learning outcomes in SMAN 1 Gringsing Batang, class XI 2nd semester, using macromedia flash interactive?óÔé¼Ôäós CD in Nerve System. This research used true experiment, the subjects were students of SMAN 1 Gringsing Batang, class XI 2nd semester. It used two classes, one class as kontrol and one class as experiment. The collection techniques performed through observation and tests using instrument and sheet to measure student learning outcomes. The result indicates that the outcomes in experiment?óÔé¼Ôäós class much better than kontrol?óÔé¼Ôäós class. It ?é?áshowed in the experimental class has average result 0,75 (high rate) and kontrol class has 0,48 (low rate). N-Gain?óÔé¼Ôäós presentation in experiment class was 71,4% and kontrol class was 33,3%. The research?óÔé¼Ôäós conclusion, prove that using macromedia flash interactive?óÔé¼?£s CD in class experimental group increase the learning outcomes. Keywords: CD Interactive macromedia flash, nerve system, learning outcome ?é?á ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 1 Gringsing Batang, memiliki indikasi hasil belajar yang belum maksimal. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian adalah 5,20. Selama ini strategi pengajaran masih menerapkan sistem belajar ceramah, dan belum dioptimalkan pemanfaatan media komputer di sekolah tersebut. Hal ini berdampak pada rendahnya peningkatan hasi belajar terutama materi sistem saraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI semester II SMAN 1 Gringsing Batang dengan menggunakan CD Interaktif Makromedia flash pada materi Sistem Saraf. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen dengan pretest-postest kontrol group design. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa SMA 1 Batang kelas XI semester II, sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X1 IPA 2 kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tes dengan instrumen lembar observasi dan soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Fakta tersebut dibuktikan dengan hasil penghitungan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,75 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain 0,48 (kategori rendah). Presentasi nilai N-Gain paling tinggi pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu 71,4%, sedangkan pada kelas kontrol nilai N- Gain paling tinggi berada pada kategori rendah yaitu 33,3%. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif Macromedia Flash pada kelas kelas eksperimen terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan CD Interaktif Macromedia Flash. Kata kunci: CD interaktif macromedia flash,?é?á?é?á system syaraf, hasil belajar
REKAYASA PAKAN MELALUI BIOFERMENTASI LIMBAH IKAN TERHADAP PRESENTASE KARKAS DAN PANJANG USUS PADA AYAM BROILER Reni Rakhmawati -; Mei Sulistyoningsih -
Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi Vol 3, No 2, Oktober (2014): Bioma
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/bioma.v3i2, Oktober.638

Abstract

ENGINEERING FEED THROUGH BIOFERMENTATION AGAINST WASTE FISH CARCAS PRECENTAGE AND LENGTH OF INTESTINE IN BROILER CHICKENS ?é?á ABSTRACT The fulfillment of the purposes of the ration is currently experiencing difficult times due to high raw material prices, thereby impacting on the price of feed, particularly poultry rations. Utilization of fishery waste into feed material can give importance to livestock production, one of which allows to be used as an alternative feed ingredient is fish waste as silage. This study aims to determine the effect of fish waste silage on the growth of broiler chickens. DOC broiler study subjects unsex tail number 96. The study treatment consisted of P0 (commercial ration / control), P1 (commercial ration + 2.5% fish waste silage), P2 (commercial ration + 5% fish waste silage), P3 (commercial ration + 7.5% silage waste fish), with four replications. Experimental design is completely randomized design (CRD), the experimental results were analyzed by ANOVA followed by Duncan test. Results of this study was no effect of fish waste silage to the percentage of carcasses and gut length (P> 0.05). ?é?á Keywords: Carcass, Guts, Broiler. ABSTRAK Pemenuhan keperluan ransum saat ini mengalami masa yang sulit akibat mahalnya harga bahan baku, sehingga berdampak terhadap harga ransum, khususnya ransum unggas. Pemanfaatan limbah perikanan menjadi bahan pakan dapat memberikan arti penting bagi produksi peternakan, salah satu diantaranya yang memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif adalah limbah ikan sebagai silase. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian silase limbah ikan terhadap pertumbuhan ayam broiler. Subyek penelitian DOC broiler sejumlah 96 ekor unsex. Perlakuan penelitian ini terdiri dari P0 (Ransum komersial/kontrol), P1 (Ransum komersial + 2,5 % silase limbah ikan), P2 (Ransum komersial + 5 % silase limbah ikan), P3 (Ransum komersial + 7,5 % silase limbah ikan), dengan 4 ulangan. Desain percobaan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), hasil percobaan dianalisis dengan ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh pemberian silase limbah ikan terhadap presentase karkas dan panjang usus (P > 0,05). ?é?á Kata kunci : Karkas, Usus, Broiler.

Page 1 of 2 | Total Record : 16