cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 6 (2022)" : 10 Documents clear
PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, STRUKTUR MODAL DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI putu winda sri astiti; Ni Putu Ayu Darmayanti
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p05

Abstract

Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, struktur modal, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada sub sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Metode pengumpulan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini dari jumlah populasi sebanyak 34 perusahaan hanya 19 perusahaan yang dipilih sebagai sampel penelitian telah memenuhi persyaratan. Data dikumpulkan melalui data sekunder, kemudian hipotesis diuji dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat bantu program SSPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan keputusan investasi, struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial keputusan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap strukur modal. Kata kunci: keputusan investasi, struktur modal, kebijakan dividen, nilai perusahaan
PERAN ASPEK KOMUNIKASI PADA PROGRAM CORPORATE VOLUNTEERING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS Maliana Puspa Arum; Irwan Susanto
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p10

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis peran dari aspek komunikasi pada program corporate volunteering terhadap citra perusahaan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan di bank BTPN Purwokerto dengan sampel 120 responden. Alat analisis penelitian ini adalah model persamaan structural (Structural Equation Modelling) dengan memanfaatkan program AMOS 16.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa aspek komunikasi memiliki peran sebagai pemicu rasa familiar nasabah terhadap program corporate volunteering dan dapat menimbulkan citra positif nasabah serta memunculkan loyalitas nasabah bank BTPN. Kata kunci: Aspek Komunikasi; Citra Perusahaan; Loyalitas Nasabah; dan Rasa Familiar
KEMAMPUAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PRODUK (Studi Pada UKM Ukiran Kayu Lapis di Kabupaten Badung) I PUTU OKA WIDHIANTARA; Ni Made Wulandari Kusumadewi
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p01

Abstract

Persaingan dalam bisnis membuat pelaku bisnis harus memiliki kemampuan untuk memahami situasi ekonomi dengan cepat dan mengetahui apa yang dibutuhkan pembeli. Penurunan kinerja pada UKM ukiran kayu lapis terjadi karena kesulitan yang dialami para pengrajin untuk mendapatkan bahan baku dan harga bahan baku terbilang cukup mahal serta munculnya produk ukiran cetakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran variabel kemampuan inovasi memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja produk usaha ukiran kayu lapis di Kabupaten Badung. Penelitian ini diujikan terhadap usaha ukiran kayu lapis di Kabupaten Badung. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 usaha ukiran kayu lapis dengan metode accidental sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pelaku usaha kerajinan ukiran kayu lapis di Kabupaten Badung mampu lebih mengembangkan orientasi kewirausahaan dan kemampuan inovasi dengan melakukan riset pasar dan berusaha memahami kebutuhan pelanggan untuk dapat meningkatkan kinerja produk dari usaha tersebut. Kata Kunci: orientasi kewirausahaan, kemampuan inovasi, kinerja produk
PENGARUH KEPUASAN KERJA, DAN KEADILAN ORGANISASIONALTERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DI PT. POS INDONESIA (persero) DENPASAR yabes manullang; I Komang Ardana
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p06

Abstract

Komitmen Organiasaional merupakan sikap yang mencerminkan sejauh mana seorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya, yang dimana lebih berkomitmen terhadap organisasi dan juga memiliki kebiasaan- kebiasaan yang bisa diandalkan, berencana untuk tinggal lebih lama dalam organisasi, dan mencurahkan lebih banyak upaya dalam pekerjaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kepuasan kerja dan keadilan organisasi terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Pos Indonesia, Denpasar dengan populasi sebanyak 81 orang dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan jika kepuasan kerja dan keadilan organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, PT. Pos Indonesia (Persero) Denpasar dapat lebih memperhatikan prosedur kerja dalam perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero), Denpasar agar terciptanya rasa puas dan adil pada karyawan sehingga menimbulkan rasa komitmen pada diri karyawan itu sendiri. Kata Kunci: kepuasan kerja, keadilan organisasi, komitmen organisasional
PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN I Putu Gede Hendra Wiryawan; Ni Ketut Seminari
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02

Abstract

Tujuan penyelidikan ini guna: (1) guna memahami dampak orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM (2) guna memahami dampak orientasi pasar kepada inovasi produk UMKM (3) guna memahami dampak inovasi produk kepada kinerja pemasaran UMKM, (4) guna memahamidampak pengaruh inovasi produk memediasi orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM. Lokasi penyelidikandilakukan pada Kerajinan patung Desa Batubulan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sampel UMKM Kerajinan Patung Batu di Desa Batubulan berjumlah 71 orang dengan teknik probability sampling. Data tentang orientasi pasar, strategi inovasi produk, dan kinerja pemasaran diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan pada sampel penelitian. Data dianalisis secara statistik inferensial dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk (sig. 0,005 < 0,05), (3) Inovasi produk berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (4) Inovasi produk secara substansialmenengahidampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (zhitung 4,075 < ztabel 1,995). Kata kunci : Inovasi Produk; Orientasi Pasar; Kinerja Pemasaran
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA Ni Made Kiki Kamayuli; Luh Gede Sri Artini
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p07

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dewan direksi, dewan komisaris, proporsi dewan komisaris dan komite audit terhadap return on asset sebagai salah satu elemen kinerja perusahaan. Kontrol utama baik buruknya corporate governance tergantung kinerja dewan komisaris. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 25 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel jumlah dewan direksi, Jumlah dewan komisaris dan Proporsi dewan komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap return on asset. Jumlah komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadap return on asset. Kata kunci: return on asset, dewan direksi, dewan komisaris, proporsi dewan komisaris, komite audit
PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG I Made Dandy Adi Pradana; Ni Made Asti Aksari
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap dan niat beli ulang dan menjelaskan sikap dalam memediasi pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap niat beli ulang produk fashion melalui Instagram. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali dengan menggunakan sampel sebanyak 140 responden yang pernah membeli produk fashion melalui Instagram. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dan diukur menggunakan skala likert. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli ulang. Selain itu, kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli ulang, dan sikap mampu memediasi persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap niat pembelian ulang produk fashion melalui Instagram. Kata kunci: persepsi manfaat, persepsi kemudahan, sikap, niat pembelian ulang
PERAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP (Studi Pada Konsumen Pengguna Iphone di Kabupaten Gianyar) I Gede Agung Adi Swatama; I Gde Kt Warmika
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v11.i06.p09

Abstract

Perkembangan media teknologi komunikasi di Indonesia saat ini semakin canggih dalam kehidupan masyarakat dan tidak dapat dihindarkan. Seperti bertambah banyak masyarakat yang menggunakan media komunikasi berupa handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian, sikap terhadap keputusan pembelian, dan peran sikap dalam memediasi pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone di Kota Gianyar. Penelitian ini menggunakan kuisioner dalam pengumpulan data, sampel yang digunakan sebanyak 190 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Iphone di Kabupaten Gianyar. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pengguna Iphone Iphone di Kabupaten Gianyar. Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Iphone di Kabupaten Gianyar. Sikap secara signifikan memediasi hubungan antara gaya hidup terhadap keputusan pembelian Iphone di Kabupaten Gianyar. Kata kunci: Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Sikap
Pengaruh Leverage, Likuiditas, Modal Kerja Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Barang Konsumsi Di BEI I G A Komang Trisnayanti; Ni Luh Putu Wiagustini
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p04

Abstract

Tata kelola keuangan harus bisa diolah dengan baik oleh perusahaan agar dapat menjamin keberlangsungan usaha perusahaan dengan cara memaksimalkan keuntungan yang diperoleh melalui peningkatan profitabilitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, liquidity, modal kerja dan pertumbuhan terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode tahun 2015-2017, Penengambilan sampel dilakukan dengan sensus. sebanyak 24 perusahaan, yang diobservasi selama periode penelitian. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage, liquidity, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh secara positif terhadap profitabilitas. Sedangkan modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sehingga disarankan bagi manajemen perusahaan untuk memperhatikan faktor modal kerja perusahaan dan memperhatikan tingginya biaya operasional dan beban–beban yaitu (beban penjualan dan beban administrasi umum) yang harus dibayar oleh perusahaan agar tidak mengurangi profitabilitas yang diperoleh perusahaan. Kata kunci : Leverage, Liquidity, Modal Kerja, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA KARYAWAN JUMPING STONE COFFEE AND GRILL DENPASAR Wiranda Malau Malau; Made Surya Putra
E-Jurnal Manajemen Vol 11 No 6 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p08

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap dukungan organisasional pada karyawan Jumping Stone Coffee and Grill. Penelitian ini dilakukan di Jumping Stone Coffee and Grill. Jumlah sampel sebanyak 50 orang, dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui google form. Teknik analisis yang dilakukan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kepemipinan transformasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap dukungan organisasional. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar kepemimpinan transformasional yang dirasakan oleh karyawan maka akan semakin besar dukungan organisasional yang dirasakan oleh karyawan Jumping Stone Coffee and Grill Denpasar. Kepemimpinan transformasional dari pihak manajemen diperlukan untuk mengajarkan karyawan agar semakin berkembang guna untuk meningkatkan dukungan organisasional yang dirasakan karyawan Kata kunci: kepemimpinan transformasional, dukungan organisasional

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue