cover
Contact Name
Saeful Bahri
Contact Email
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Phone
+622666251992
Journal Mail Official
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jln cemerlang no 8 sukakarya kota sukabumi jawabarat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
ISSN : 2355990X     EISSN : 25495178     DOI : 10.31294/swabumi
SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan, Manajemen dan Humaniora
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022" : 14 Documents clear
Analisis Potensi Sektor Unggulan Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Kota Yogyakarta Sugiyah Sugiyah; Kartika Yuliantari; Nurhidayati Nurhidayati
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.13920

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi disuatu daerah dapat diihat pada sektor-sektor yang menjadi unggulan di wilayah tersebut. Agar suatu daerah dapat memiliki sektor unggulan tersebut harus dapat memaksimalkan potensi di daerahnya dengan baik. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang teretak di tengah Puau Jawa. Karena letaknya yang berada di Pusat Jawa, maka Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi pusat perekonomian, terutama pusat Pulau Jawa. Menurut BPS DIY (2017) Daerah Istiewa Yogyakarta secara geografis yang letaknya strategis, namun tingkat ekonominya relative tertinggal dari Jawa bagian utara. Berdasarkan data BPS (2018), Provinsi DIY memiliki persentase penduduk miskin tertinggi di antara provinsi-provinsi di Pulau Jawa.  Serta dipengaruh dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda di Indonesia sejak Maret 2019. Untuk meningkatkan pembangunan Provinsi DIY perlu diketahui sektor unggulan khususnya Kota Yogyakarta. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Alat anaisis yang digunakan yaitu Location Quotient (LQ) dan Shift Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis LQ dan SS terdapat tiga belas sektor yang tergolong basis. Selain itu sektor Industri Pengolahan merupakan salah satu sektor yang memiliki pertumbuhan paling cepat diantara sektor lainnya.
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasaan Karyawan Pada PT Ekspressindo Jakarta Rosento - RST; Resti Yulistria; Eka Putri Handayani
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.12370

Abstract

Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan harus dilakukan dengan sebaik mungkin dalam menunjang kinerja perusahaan yang baik sehingga perusahaan perlu meningkatkan sebuah kualitas sumber daya manusia tersebut, salah satunya adalah lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Dexter Ekspressindo Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data meliputi metode observasi, metode kuesioner dan metode dokumentasi. Kuesioner disebar kepada 34 responden dengan menggunakan skala likert. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,761, menunjukan hubungan variabel tersebut kuat antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,579 artinya variabel kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja sebesar 57,9% dan sisanya 42,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil persamaan uji regresi diperoleh nilai Y = 11,833 + 0,732X, menunjukkan bahwa tanpa ada lingkungan kerja maka kepuasan kerja sebesar 11,833 dan setiap penambahan 1 (satu) lingkungan kerja maka nilai kepuasan kerja akan meningkat sebesar 0,732 atau sebaliknya, jika ada penurunan untuk lingkungan kerja maka akan menurunkan nilai kepuasan kerja sebesar 0,732.
Sistem Manajemen Komplain Menggunakan Metode Rapid Aplikasi Development PT. Binajasa Abadikarya Widia Ningsih; Achmad Rifai; Ridan Nurfalah
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.13812

Abstract

Sistem kompalin masih mengguanakan cara manual mempersulit admin dalam peroses pencarian data kompalin yang sudah pernah di ajukan dan sulitnya memonitoring progres pekerjaan teknisi.  Sebuah sistem yang dapat menghubungkan antara pelanggan, admin dan teknisi yang dapat memonitoring kompalin masuk dan pekerjaan tekinisi. Untuk memperbaiki pelayanan sistem komplain yang berjalan di PT. Binajasa Abadi  Karya serta memperbaiki kekurangan sistem kompalin saat ini yang sedang berjalan disana. Sehingga perlu dibangun sistem komplain yang terkomputerisasi guna untuk mening katkan pelayanan komplain karena Kepuasan dan loyalitas pelanggan salah satu bentuk fasilitas pelayanan yang harus terus diperbaiki. Pemodelan UML (Unified Modeling Language) digunakan dalam pendekatan perancangan sistem informasi, kemudian dipraktikkan dengan memanfaatkan PHP, bahasa pemrograman berbasis web dengan integrasi aplikasi database MySQL. Setelah itu, data diolah dengan menggunakan pendekatan sistem Rapid Application Development (RAD), yang dimulai dengan langkah-langkah perencanaan kebutuhan, perancangan sistem, dan implementasi. Anda dapat membuat situs web yang menawarkan informasi objektif dengan mengikuti tahapan proses RAD.
Sistem Informasi Managemen Customer Service Pada Bengkel Selamat Motor Honda Menggunakan Metode MVC Renny Oktapiani; Dicki Prayudi; Ramdhan Saepul Rohman; Ruccy Manggala Putra
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.12626

Abstract

Penelitian ini menganalisis kiprah customer service dalam meningkatkan customer service di Bengkel Honda PT Selamat Lestari Mandiri (Selamat Motor Honda). Customer service bekerjasama langsung dengan customer (pelanggan), kiprah customer service bertanggung jawab atas pelayanan serta kelancaran operasional bengkel Honda, mengetahui pekerjaan yg akan dilakukan terutama pekerjaan yang bekerjasama dengan pelayanan pada pelanggan. pada proses melayani pelanggan, perlu memiliki sikap pelayanan pelanggan yang bisa menaikkan minat pelanggan serta berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan, pada hal ini manajemen customer service Bengkel Selamat Motor Honda belum mempunyai sistem yg dapat membantu setiap layanan dan masih memiliki beberapa permasalahan seperti belum dapat mengecek data customer dengan cepat harus melihat satu persatu dari data manual, data masih tercecer dengan menggunakan arsip-arsip, belum dapat membuat laporan data customer sehingga dalam penelitian ini dibangun sistem customer service berbasis web menerapkan metode MVC (Model, View, Controller) agar pembuatan web dapat berjalan lebih baik, penelitian ini bertujuan mengambarkan peran customer service dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan khususnya memberikan informasi mengenai pengelolaan data customer service mulai dari proses pendataan data pelanggan, melihat data customer yang belum diproses sedang proses dan selesai diproses, dan juga data laporan customer, dengan diterapkannya Aplikasi manajemen customer service berbasis web yg digunakan dalam menyampaikan informasi sudah lebih baik dan memberikan nilai tambah untuk Bengkel Selamat Motor Honda.
Cover Swabumi Vol. 10 No. 2 September 2022 cover cover
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.14266

Abstract

Sistem Informasi Penjadwalan Maintenance Peralatan Menggunakan Model Waterfall Agung Baitul Hikmah; Husni Faqih; Jamal Maulana Hudin; Lis Saumi Ramdhani; Yani Sri Mulyani
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.13015

Abstract

Penjadwalan maintenance peralatan dan mesin pada suatu perusahaan secara konvensional menjadi permasalahan utama dalam sebuah perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan pekerja melakukan kesalahan dan tidak meratanya perawatan dan pemeliharaan sistem yang ada. Pengembangan sistem informasi yang digunakan menggunakan model waterfall dengan 3 tahapan yaitu Requirements Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing. Sistem informasi penjadwalan maintenance menjadi sebuah solusi untuk penyelesaian permasalahan mulai dari penjadwalan maintenance, pengolahan data, persetujuan pengajuan bantuan service, pengadaan barang, sampai dengan pembuatan laporan maintenance. Sistem informasi maintenance dapat memberikan penghematan biaya tambahan, waktu pakai mesin, pembuatan laporan dapat tertata lebih baik dan tidak berulang.
Pelatihan dan Motivasi Kerja Berkelanjutan: Impak Terhadap Kinerja Karyawan Industri Manufaktur Rusli Nugraha; Eva Marsusanti; Andi Riyanto
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.13437

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan impak pelatihan dan motivasi secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. Daehan Global Sukabumi.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan korelasional. Teknik Non Probability Sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi berjumlah 320 yang merupakan karyawan PT. Daehan Global Sukabumi, dengan menggunakan metode Slovin maka ditentukan sampel berjumlah 178 responden. Analisis data menggunakan uji statistik, terutama menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan mempunyai impak yang positif terhadap kinerja karyawan, motivasi tidak mempunyai impak yang positif terhadap kinerja karyawan serta pelatihan dan motivasi secara simultan mempunyai impak yang positif terhadap kinerja karyawan.
Daftar Isi Vol. 10 No. 2 September 2022 Daftar Isi
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.14268

Abstract

Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Kerusakan Mesin Mobil Toyota Innova Berbasis Web Haryanto Haryanto; Eka Wulansari Fridayanthie; Jazmi Adlan Nadhir; Azis Sukma Dhiana; Mochamad Nandi Susila
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.12253

Abstract

The growing development of the automotive industry in Indonesia has an impact on increased car sales. More and more people are buying cars because they have become daily transportation. Damage experienced in the car is handled by experts or expert technicians. Diagnosis of damage is carried out by a technician based on signs of initial damage to the car. This encourages experts to develop new computer systems to support human work. The development of computers today has undergone many very rapid changes, along with the increasing and complex human needs. then we need a method or system that can diagnose damage to the car. One of them is by utilizing artificial intelligence technology. One sub-field of artificial intelligence is an expert system. By utilizing expert system technology can be produced a system to diagnose car engine damage. This expert system discusses the diagnosis of web-based Toyota Innova damage using the forward chaining method. With the aim of helping the community to diagnose the damage to the Toyota Innova car engine.
Efektifitas Penggunaan Google Workspace Untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Model Delone-Mclean Dan PLS-SEM Indzaldi Gianjas Saputra; Ersi Destiani; Eni Heni Hermaliani; Riyan Latifahul Hasanah
Swabumi Vol 10, No 2 (2022): Volume 10 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v10i2.13408

Abstract

The learning system at Tri Arga 2 Jakarta Vocational School has implemented online learning by using Google workspace, especially Google classroom as a learning medium. The problems that occur are obstacles during the learning process, such as the lack of students' understanding of the learning material provided and inadequate signals. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of the use of google workspace using the Delone-Mclean and PLS-SEM methods as well as distributing questionnaires to a sample of Tri Arga 2 Vocational High School students in Jakarta. While the research method by applying quantitative methods with a case study approach. The results of the analysis conclude that the use of the Delone-Mclean model in an online learning system with google workspace, has a success percentage value of 37.67%. While the results of the analysis using the PLS-SEM model which was tested using SmartPLS 3.0 software, which has a significant influence with a success rate of 95% and a failure rate of 5%. The software used to analyze the questionnaire data is SPSS 25 and SmartPLS 3.0. It can be said that the results of the analysis of system success using the two methods of Delone-Mclean and PLS-SEM have quite a large difference.

Page 1 of 2 | Total Record : 14