cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi_guru@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldwijacendekia@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Kampus PGSD Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang No. 67A Kebumen Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
ISSN : 25811843     EISSN : 25811835     DOI : -
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu sosial dan humaniora, dan pendidikan matematika dan ilmu alam. Pengajuan artikel, serta proses peninjauan, tidak dikenakan biaya (gratis). Jurnal ini juga telah menjadi anggota CrossRef. Oleh karena itu, Semua artikel yang diterbitkan oleh jurnal ini akan memiliki nomor DOI.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik" : 18 Documents clear
Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang Mia Zultrianti Sari; Agus Gunawan; Yani Fitriyani; Nurul Hilaliyah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.095 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.42137

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 1 ciporang, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 197 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di SDN 1 Ciporang Kabupaten Kuningan. Hasil pengolahan data bahwa minat baca siswa menurut persepsi responden mencapai 43,66% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 62,95% termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analsis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,734) > sig (0,000) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji adalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukan bahwa minat baca memiliki kesinambungan dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa bahasa Indonesia siswa kelas tinggi  SDN 1 Ciporang.
Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis HOTS untuk Kelas VII Harisna Hikmah; Edy Wahyu Wibowo
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.103 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.46198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS bagi siswa kelas VII MTs. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dan kuantitif.  Data kuantitatif diperoleh dengan menggunakan angket dan data kualitatif diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi, analisis buku, dan komentar dari validator ahli. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas VII MTs Al Falaah Pandak yang berisi tentang materi dan aktifitas – aktifitas pembelajaran yang berbasis pada pembiasaan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) yang mencakup pada menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta atau memproduksi. Hasil dari nilai rerata validitas ahli sebesar 3.48 dan hasil angket siswa sebesar 3,23 yang menyatakan bahawa modul ini layak digunakan.
Aplikasi Pilihan Pendukung Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Prabawati Nurhabibah; Hanikah Hanikah; Hema Widiawati
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.725 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pilihan pendukung pembelajaran daring pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan WhatsApp Group dinilai lebih efektif untuk mendukung pembelajaran daring. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah WhatsApp lebih diminati oleh mahasiswa PGSD karena dianggap paling murah dan mudah dibandingkan dengan aplikasi pendukung lainnya karena tidak membutuhkan kuota internet dalam jumlah besar. WhatsApp Group dapat dioperasikan secara sederhana, personal, dan aman. Berdasarkan aspek general usability aplikasi ini mampu dengan mudah untuk mengirim pesan teks maupun suara secara instan, sederhana dan pribadi. Selain itu dapat mengirim foto dan video secara instan, membuat panggilan secara gratis, serta mengirim lokasi pada pengguna lain dengan mudah.
Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Berbasis E-Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Riyanti Riyanti
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.625 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa  . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, design pre-experimental dengan the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Plered tahun pelajaran 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Terpilih dua kelas sampel IVA dan IVB SDN 3 Panembahan sebagai kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata dan N-gain. Diperoleh hasil peningkatan n-gain skor 0,37 dengan kategori sedang. Hasil nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis e-learning.
Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V di SDN 1 Karanganyar Ahmad Arifin Zain; Widya Pratiwi
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.091 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.44714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran Tematik kelas V Tema peristiwa dalam kehidupan sub tema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan dan (2) Mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif dari aspek materi, tampilan dan kemenarikan untuk pembelajaran. Dilaksanakan melalui beberapa tahapan, tahapan pertama adalah pendahuluan studi Pustaka dan studi lapangan, tahap kedua pengembangan meliputi perencanaan dan pengembangan produk awal. Tahap ketiga uji coba meliputi uji coba skala kecil dan uji coba besar. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukan bahwa kelayakan multimedia pembelajaran pada aspek media sebesar 90 % (sangat baik) dan kelayakan pada aspek materi sebesar 87,5 % (sangat baik). Hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa respon siswa terhadap kelayakan multimedia dengan rerata skor 89,2 % (sangat baik). Hasil tersebut menunjukan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran.
Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Realisasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Aliet Noorhayati Sutisno; Dewi Nurdiyanti
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.311 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45286

Abstract

Penelitian kualitiatif dengan teknik survey ini merupakan tindakan pengukuran untuk memperoleh informasi tentang ketahanan daring dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam situasi pandemi covid-19. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif, data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan. Sample dalam penelitian ini berjumlah 5 dosen. Instrumen yang digunakan adalah angket yang bertujuan untuk menjaring data ketahanan daring dosen PGSD. Seluruh sampel penelitian menunjukkan ketahanan daring yang baik dengan indicator meliputi 3 aspek standar ketahanan daring seorang dosen, yakni: keberlangsungan pembelajaran di 85% kewajibannya dalam kegiatan belajra mengajar (KBM) tatap muka, keragaman/variasi pembelajaran sebagai representasi keterampilan mengelola kelas virtual dan aspek enjoyment menjadi standar actual mengcover tuntutan perubahan pola pembelajaran di tengah situasi pandemic seperti sekarang ini. Data ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang merupakan epistemology manusia dalam mewadahi tumbuh dan mengembangkan dirinya, mampu dijalankan pihak civitas akademik di lingkungan Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Cirebon meski di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini sebagai realisasi merdeka belajar.
Penerapan Model Supervisi SUKSES-ME untuk Membangun Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Yudhi Saparudin
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.572 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45277

Abstract

Hasil deskripsi pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah binaan sebelum implementasi model Supervisi Klinis-Kolaborasi, Penilaian Sendiri-Sejawat, Monitoring, dan Evaluasi (SUKSES-ME) menunjukkan bahwa, pengembangan PPK berbasis kelas pada Silabus dan RPP, PPK berbasis budaya pada kegiatan non kurikuler; membersihkan lingkungan sekolah, upacara bendera, menyanyikan lagu nasional/daerah, membaca buku bersama baru, dan bakti sosial serta pengembangan PPK pada proses pembelajaran masih belum optimum. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model supervisi kreatif yaitu model SUKSES-ME untuk meningkatkan PPK di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan uji t, untuk melihat PPK sebelum dan sesudah implementasi model SUKSES-ME di SMAS Nugraha Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SUKSES-ME dapat meningkatkan PPK di SMAS Nugraha Bandung, baik pada struktur kurikulum (silabus dan RPP), pengembangan PPK berbasis budaya sekolah, dan pengembangan PPK pada proses pembelajaran. Peningkatan tersebut signifikan dengan nilai p < 0.05.  Kesimpulan dari penelitian, supaya penerapan model SUKSES-ME ini optimal, maka harus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan mulai siswa masuk sampai lulus sekolah
Peningkatan Perilaku Prososial Mahasiswa PGSD Melalui Strategi Ecopedagogy Berbasis Community Learning Noer Intan Novitasari; Zafar Sodik Alatas
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.953 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.44417

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan kepada  mahasiswa STKIP Majenang menunjukkan bahwa perilaku prososial mahasiswa cenderung berada pada tingkatan normatif sebesar 54%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial mahasiswa STKIP Majenang melalui penerapan pembelajaran ecopedagogy berbasis learning community. Jenis penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan khas Kemmis-Taggart. Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa PGSD tahun angkatan 2019 sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga instrument yakni wawancara, observasi, dan angket untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perilaku prososial mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dua aspek yang diteliti, antara lain: 1) keterlaksanaan pembelajaran ecopedagogy berbasis learning community pada siklus 1 sebesar 51% dan siklus 2 sebesar 79%; 2) perilaku prososial mahasiswa pada siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 76%.
Penggunaan Perangkat Lunak ATP untuk Mahasiswa Calon Guru SD Memahami Profil Perkembangan Siswa Arie Rakhmat Riyadi; Tatang Syaripudin; Kurniasih Kurniasih; N. D. Shiera; Ari A. Magistra
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.913 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45287

Abstract

Memahami perkembangan anak merupakan hal penting bagi seorang calon guru. Tujuan penelitian ini mengetahui dampak penggunaan perangkat lunak ATP (Analisis Tugas Perkembangan) terhadap pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru SD dalam mendeskripsikan profil capaian tugas perkembangan siswa. Metode penelitian ini ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru SD berjumlah 288 orang di sebuah universitas negeri pendidikan terkemuka di Indonesia. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner memanfaatkan google form. Analisis data berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan ATP meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa mendeskripsikan profil capaian tingkatan dan aspek perkembangan siswa. Simpulan penelitian menegaskan bahwa ATP memfasilitasi pencapaian tujuan perkuliahan Perkembangan Peserta Didik di SD, sehingga melibatkan ATP direkomendasikan pada mata kuliah sejenis.
Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe Junaedi Nugraha; Zulela M.S; Nurhattati Fuad
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 4, No 2 (2020): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.041 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v4i2.45278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui metode problem based learning pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan  menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan,Tindakan, Observasidan Refleksi. Pengumpulan data dilakukankan menggunakan instrumen tes menulis deskripsi, lembar pemantau tindakan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan melalui metode problem based learning. Peningkatan ini dilihat dari nilai rata-rata produk dan ketuntasan belajar yang sebelumnya sebesar 61,4 dengan persentase ketuntasan hanya 36%. Peningkatan pada siklus I sebesar 69,6 dengan persentase ketuntasan belajar 60% meningkat 24%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,6 dengan persentase ketuntasan mencapai 88% meningkat sebesar 28%. Dengan demikian pembelajaran melalui metode problem based learning dapat meningkatkan keterempilan menulis deskripsi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan.

Page 1 of 2 | Total Record : 18