cover
Contact Name
Ari Septian
Contact Email
ariseptian@unsur.ac.id
Phone
+628121428312
Journal Mail Official
ariseptian@unsur.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Suryakancana Jalan Dr. Muwardi Komplek Pasir Gede Raya Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
PRISMA
ISSN : 20893604     EISSN : 26144611     DOI : https://doi.org/10.35194/jp.v9i2
Core Subject : Education, Social,
This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, Ethnomatics in Mathematics Learning, Design Didactical in Mathematics Learning, Lesson Study in Mathematics Learning
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021" : 12 Documents clear
Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Giyarti Giyarti
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1836

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis artinya materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hapalan, namun lebih dari itu dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep materi pelajaran itu sendiri. Dalam kenyataannya kemampuan pemahaman matematis ini kurang mampu dimaksimalkan dalam pencapaiannya di sekolah, termasuk di SMP Negeri 2 Mande. Salah satu pendekatan yang mampu mengoptimalkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah pendekatan open ended. Pendekatan open ended menyajikan problem yang diformulasikan memiliki multijawaban yang benar disebut juga problem tak lengkap atau soal terbuka. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: terdapat pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang lebih baik dari siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended  daripada siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, hampir seluruhnya siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan open ended, terdapat korelasi positif antara sikap sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan open ended dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran open ended berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis.
Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Wina Anjarsari; Suchie Suchie; Dudin Komaludin
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1639

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menelaah kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan pembelajaran online berbasis proyek atau Project Based Learning dengan berbantuan aplikasi zoom meeting dan google classroom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Model Kab. Sukabumi pada tahun pelajaran 2020/2021.  Peneliti mengambil sampel dari siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki – laki.   Data  dalam penelitian ini diperoleh  melalui instrumen yaitu kuisioner serta wawancara terhadap orang tua siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh yakni dari rumah masing - masing. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran online dengan berbasis proyek atau Project Based Learning dengan berbatuan aplikasi zoom meeting dan google classroom ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Pola Komunikasi dan Interaksi dalam E-learning Statistika Matematika Selama Covid-19 Istiqomah Istiqomah; Fitria Sulistyowati
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1336

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif mahasiswa pada aspek pola komunikasi dan interaksi dalam pembelajaran e-learning Statistika Matematika. Tahap penelitian kualitatif yaitu: (1) identifikasi masalah; (2) penelusuran kepustakaan; (3) maksud dan tujuan penelitian; (4) pengumpulan data; (5) analisa dan pelaporan data; (6) pelaporan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiwa yang mengambil mata kuliah Statitika Matematika di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis secara statistik deskriptif. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) 50% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam berinteraksi; (2) 47,02% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam menjalin keakraban; (3) 61,94% mahasiswa mengalami kesalahan komunikasi dalam e-learning Statistika Matematika; (4) 50,75% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam mengutarakan pendapat. Temuan tersebut selanjutnya akan dijadikan acuan untuk memperbaiki pembelajaran yang akan dilakukan.
Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring Yuliana Yuliana; Hanifah Alifiananta Anindita; Muhammad Wahid Syaifuddin
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1732

Abstract

Melalui penelitian ini, peneliti menganalisis pengaruh konsentrasi belajar siswa maupun kondisi lingkungan belajar siswa atas hasil belajar matematika pada pembelajaran daring, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama. Dalam mendukung tercapainya tujuan penelitian ini, sampel dipilih secara cluster random sampling. Dari sampel tersebut terkumpullah data menggunakan angket secara online serta tes menggunakan Quizizz. Melalui angket terhimpun data konsentrasi belajar siswa serta data lingkungan belajar siswa, sedangkan melalui tes terhimpun data hasil belajar matematika. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa konsentrasi belajar siswa serta kondisi lingkungan belajar siswa memberikan dampak positif yang signifikan secara terpisah maupun bersamaan atas hasil belajar matematika dalam pembelajaran daring.
Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Erwan Setiawan; Nia Jusniani; Andi Sutandi
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1596

Abstract

Interpolasi merupakan salah satu metode numerik yang digunakan untuk memprediksi suatu nilai data yang tidak diketahui. Materi interpolasi sangat penting dikuasai dengan baik oleh mahasiswa, terutama untuk menunjang kegiatan penelitian dalam pengerjaan tugas akhir. Untuk mengetahui efektifitas dalam pembelajaran interpolasi di masa pandemi ini maka salah satu caranya perlu dilakukan analisis kesalahan. Melalui analisis kesalahan, dosen mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan mahasiswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menerapkan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui analisis hasil jawaban mahasiswa terhadap soal Ujian Tengah Semester. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Suryakancana yang mengampu mata kuliah metode numerik tahun akademik 2020 - 2021. Jumlah mahasiswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 20 orang. Hasil dari penelitian ini adalah kesalahan keterampilan proses merupakan bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan mencapai 71% berdasarkan tahap analisis kesalahan Newman. Pada kelompok yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah bentuk kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan memahami permasalahan, pada kelompok sedang adalah kesalahan keterampilan proses, dan pada kelompok tinggi adalah kesalahan penulisan jawaban.
Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Iyam Maryati; Fitri Suryaningsih
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1308

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemandirian bealjar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIA 1, dan X MIA 3 di MAN 2 Garut tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Adapun Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data, instrument yang digunakan yaitu soal tes kemampuan representasi matematis dan lembar angket kemandirian siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis, dan pengujian hipotesis, maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri; (2) Tidak terdapat perbedaan representasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar antara siswa  yang mendapatkan model model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri; (3) Kemandirian belajar siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah berinterpretasi baik; (4) Kemandirian belajar siswa terhadap model pembelajaran inkuiri berinterpretasi baik.
Modul Komunikatif Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Eka Firmansyah; Nenden Mutiara Sari; Melinda Putri Mubarika
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika yang komunikatif  melalui pendekatan kontekstual pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Borg and Gall yang dimodifikasi  oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil 90,00%, ahli bahasa diperoleh 80,00%, dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk ke dosen ahli kemudian produk diuji cobakan dengan pendidik bidang studi matematika dan siswa. Respon guru matematika Diperoleh persentase 85,33% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan dilakukan uji coba luas ke siswa, dengan hasil respon siswa menunjukkan persentase 80,67% dengan kriteria “Menarik”. Hasil penilaian dari respon pengguna menyatakan modul yang dikembangkan menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1813

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan Mengkaji pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X TKJ SMK Cokroaminoto Warungkondang yang berjumlah 20 siswa. Proses pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang di gunakan berupa 4 butir soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo  lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan menunjukan Berdasarkan dari hasil penelitian secara keseluruhan pencapaian indikator , diperoleh nilai rata-rata kemampuan Pemecahan masalah matematis yang di analisa sesuai dengan kemampuan siswa yaitu : 76% berada Pada kriteria baik. Dengan ketercapaian tertinggi pada indikator Mengidentifikasi unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan (melaksanakan rencana). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa.Pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo baik
Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence Elsa Widya Asri; Achi Rinaldi; Rizki Wahyu Yunian Putra; Nurhasanah Leni; Ahmad Sodiq
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Krui. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII dan sampel penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick dan kelas VIII A yang jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematika dan angket self confidence. Analisis data menggunkan uji Manova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan representasi matematika dan self confidence menggunakan model reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick. Efektivias penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick lebih efektif terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence, ditunjukkan dari effect size yang diperoleh termasuk dalam kategori tinggi.
Respon Mahasiswa terhadap Perkuliahan Berbasis Projek dalam Upaya Penguatan Program Kewirausahaan Aan Hasanah; Dadang Juandi; Cece Kustiawan
PRISMA Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v10i2.1841

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek. Metode deskriptif kuantitatif digunakan pada data hasil survey  terhadap mahasiswa yang pernah mengikuti perkuliahan kewirausahaan  di FPMIPA UPI  pada tahun 2021 yang terdiri dari 35 responden laki-laki dan perempuan, diambil dengan cara penyampelaan bertahap (multi-stage sampling). Instrumen berupa angket terdiri dari 50 pernyataan, 19 pernyataan digunakan untuk mengungkap respon yang berkaitan dengan aspek proses perkuliahan dan 31 pernyataan digunakan untuk mengungap respon terkait aspek sikap mahasiswa. Hasil studi menunjukkan bahwa secara umum respon mahasiswa dalam aspek proses dan aspek sikap terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek berada dalam kategori memuaskan. Mahasiswa laki-laki dan perempuan memberikan respon dalam kategori yang tidak berbeda. Respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan proses perkuliahan berbasis projek adalah sangat memuaskan, dan lebih baik daripada respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan sikap yang berada dalam kategori memuaskan. Respon paling buruk diberikan terhadap pernyataan yang berkaitan dengan keberlanjutan projek kewirausahaan. Respon terbaik diberikan pada pernyataan bahwa pengembangan kewirausahaan dalam dunia pendidikan memiliki banyak tantangan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12