cover
Contact Name
Rahmat Aziz
Contact Email
azira@uin-malang.ac.id
Phone
+62362-22928
Journal Mail Official
jppundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 42 No 3 Okt (2009)" : 10 Documents clear
Peningkatan Kebugaran Jasmani Dengan Permainan Belka dan Permainan Tradisional Bali (Studi Eksperimen Pada Siswa Putera Kelas V SD LAB. UNDIKSHA) Made Agus Wijaya
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.455 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1752

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas permainan Belka dan permainan tradi-sional Bali dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa SD dengan memperhatikan faktor kemam-puan gerak umum siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi adalah siswa putera kelas V SD Lab. Undiksha sebanyak 45 orang, sampel menggunakan tabel Kretjie, berjumlah 40 orang. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalur dengan taraf signifikansi  = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan (1) ada per-bedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan model permainan Belka dan permainan tradisional Bali terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa. Model permainan tradisional Bali memberikan pengaruh lebih baik daripada permainan Belka; (2) ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang kemampuan gerak umum tinggi dan rendah. Untuk siswa yang memiliki kemampuan gerak umum tinggi dan rendah, permainan tra-disional Bali lebih baik dari permainan Belka; (3) tidak ada pengartuh interaktif antara model per-mainan dan kemampuan gerak umum terhadap kebugaran jasmani siswa.Kata kunci:  kebugaran jasmani, permainan Belka, permainan tradisional
Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI Ida Bagus Putu Arnyana; I Wayan Sukra Warpala; Made Hery Santosa
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.046 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1754

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bilingual yang dapat diterapkan di sekolah R SMA BI. Prosedur pengembangan mengacu model Dick and Cary (1990) secara garis besar dibagi menjadi: (1) mengidentifikasi kurikulum, (2) analisis keadaan R SMA BI di Bali saat ini, (3) menyusun draf model, dan (4) uji model berupa uji ahli. Hasilnya ada-lah model pembelajaran bilingual preview-review dengan seting kooperatif GI untuk meningkat-kan kompetensi, kemampuan berpikir kritis, dan Bahasa Inggris pada mata pelajaran Biologi siswa SMA. Sesuai hasil penilaian oleh tim ahli, model pembelajaran yang dikembangkan ini dapat diterapkan di R SMA BI yang kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru masih lemah.Kata Kunci: model pembelajaran bilingual preview-review, seting kooperatif GI
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran PKN di SMPN 4 Pupuan I Ketut Gede Arsa
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.923 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn dan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan kelompok siswa yang belajar dengan model konvensional, (2)  mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD  dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model  konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan kelompok siswa yang belajar mengguna-kan model konvensional. Eksperimen menggunakan pengukuran non-equivalent posttest control group design. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) secara bersama-sama terdapat perbedaan hasil belajar PKn dan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan model konvensional (F=27,237;p<0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara model  kooperatif STAD dan model  konvensional (F=52,526; p<0,05) , (3) terdapat perbedaan sikap sosial yang signifikan antara model  kooperatif STAD dan model  konvensional (F = 7,445; p<0,05).Kata kunci : model pembelajaran, hasil belajar, dan sikap sosial.
Analisis Kebutuhan Dalam Pengembangan Buklet Edukatif Tematik (BET) Untuk Pendidikan Kesehatan di SD Desak Made Citrawathi; Putu Budi Adnyana; Siti Maryam
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.563 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1756

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah melaksanakan analisis kebutuhan dalam mengem-bangkan buklet edukatif tematik (BET) untuk memberikan pendidikan kesehatan di SD. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui profil siswa SD berkaitan dengan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS), tema yang dikembangkan guru dalam pembelajaran tematik di kelas II SD, fasilitas dan lingkungan sekolah untuk mendukung PHBS siswa,  kendala instruksional yang dihadapi guru dalam  pembelajaran tematik, masalah-masalah kesehatan yang dapat dikembangkan sebagai tema, kondisi di lingkungan siswa yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan tema kesehatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas II SD, guru SD, kepala sekolah, dan orang tua siswa di kota Singaraja. Teknik pengumpulan data adalah: wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Dari analisis data diperoleh bahwa PHBS siswa untuk indikator kebersihan diri dan ke-bersihan lingkungan untuk aspek tertentu sudah cukup baik (seperti mencuci tangan, mandi, mem-buang sampah), tetapi pada aspek lain perlu ditingkatkan. Kepala sekolah, guru kelas II, dan orang tua siswa sangat setuju dikembangkan buklet sebagai media pendidikan kesehatan di SD.Kata kunci: buklet edukatif tematik, pendidikan kesehatan.
Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran Pkn Sd Sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme Sukadi .; Dewa Bagus Sanjaya; I Wayan Kertih
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.11 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1757

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model inovasi belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya dengan menggunakan pendekatan budaya spiritual Hindu dan me-ngembangkan suplemen materi PKn SD bermuatan kearifan lokal berbasis ajaran Hindu tentang pelaksanaan dharma agama dan dharma negara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research and development yang bersifat multiyear. Untuk tahun pertama ini penelitian dilakukan dengan mensinergikan studi etnografi dan studi need assessment. Data yang diperlukan adalah tentang model belajar dan pembelajaran PKn sebagi yadnya dan pengembangan suplemen materi PKn kelas VI SD tentang hubungan antara dharma agama dan dharma negara. Data diperoleh dari subjek tokoh masyarakat, ilmuwan, dan praktisi guru-guru PKn dan guru-guru  SD serta dokumen tertulis yang dipilih secara purpossive dan menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, pencatatan dokumen, diskusi kelompok terarah, penilaian ahli, dan penilaian praktisi. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode verbatim dan model prosedur analisis data menurut Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini berhasil mengembangkan prototipe model belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya. Model belajar dan pembelajaran PKn ini berbasis pada pandangan konstruktivisme budaya spiritual dan relevan dengan pandangan filosofis masyarakat Hindu tentang hakikat pengetahuan yang berperspektif kritis dan multidimensi. Kedua, penelitian ini juga berhasil mengembangkan prototipe suplemen materi PKn SD kelas VI berorientasi kearifan lokal tentang pelaksanaan dharma negara berbasis dharma agama.Kata kunci: belajar dan pembelajaran PKn sebagai yadnya, dharma agama dan dharma negara, dan konstruktivisme
Model Konseptual Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Budaya Untuk Sekolah Dasar di Bali Ni Nyoman Padmawati; Putu Kerti Nitiasih; Luh Putu Artini
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.393 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1758

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menciptakan suatu model pembelajaran Bahasa Inggris yang berbasis budaya di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian yang lebih besar yang menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) yang di tahun pertama bertujuan untuk menciptakan model konseptual tentang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis budaya. Penelitian  ini menggunakan populasi sekolah dasar yang ada di Bali dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik multi-stage sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, analisis dokumen dan dilengkapi dengan wawancara dan ditriangulasi dengan menggunakan ex-pert judgement. Hasil analisis data adalah  dihasilkannya model konseptual pembelajaran Bahasa Inggris yang berisi tentang standar kompetensi Bahasa Inggris sekolah dasar, kompetensi dasar, tema/materi yang harus diajarkan untuk mencapai kompetensi, pendekatan, metode/strategi, dan assessmen yang digunakan untuk menilai kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Model konseptual ini akan menjadi dasar pengembangkan modul dan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar yang akan dikerjakan di tahun kedua sebagai tahap lanjutan penelitian ini.Kata kunci: model pembelajaran bahasa Inggris, kompetensi
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP I Wayan Redhana; A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika; I Ketut Artawan
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.123 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Socratik agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Untuk itu, dilakukan studi pustaka dan lapangan. Studi pustaka yang dilakukan meliputi analisis konsep, indikator keterampilan berpikir kritis, perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru IPA, serta teori dan temuan penelitian tentang pembelajaran keterampilan berpikir kritis. Semen-tara itu, studi lapangan yang dilakukan meliputi analisis sumber daya pendukung pembelajaran, konteks-konteks IPA, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru IPA, dan karak-teristik siswa. Hasil-hasil yang diperoleh dari studi pustaka dan lapangan, selanjutnya, digunakan untuk merancang draft perangkat pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Socratik. Karak-teristik dari draft perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah: (1) pembelajaran dimulai dengan masalah; (2) pertanyaan konseptual berfungsi untuk menggali ide-ide awal siswa; (3) pertanyaan Socratik berfungsi untuk mengembangkan ide-ide siswa; (4) masalah merupakan alat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa; (5) pembelajaran mengintegrasikan beberapa topik IPA; dan (6) pembelajaran berlangsung secara kolaboratif.Kata kunci:pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan Socratik, dan keterampilan berpikir kritis
Penilaian Kemampuan Individu Melaksanakan Tupoksi dalam Organisasi Masyarakat Tradisional Bali Ditinjau dari Konsep ”Tri Kaya Parisudha” I Wayan Subagia; I Gusti Lanang Wiratma
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.568 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megidentifikasi dan mendeskripsikan indikator-indikator penilaian kemampuan individu melaksanakan tupoksi dalam organisasi masyarakat tradisional. Dalam penelitian ini dilibatkan lima pimpinan organisasi masyarakat tradisional yang terdiri atas seorang pedanda, dua orang kelian desa adat, satu orang kelian dadia, dan satu orang kelian sekeha gong yang tersebar di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Dalam penelitian ini, semua data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejumlah indikator penilaian kemampuan individu dalam melaksanakan tupoksi dapat dikelompokkan dalam tiga ranah kemampuan berdasarkan konsep ”Tri Kaya Parisuda” sebagai berikut. Pertama, ranah berpikir (manacika) dengan indikator: pe-ngetahuan relevan dengan tugas-tugas, keterampilan yang dimiliki, kemauan/kesediaan bertugas, dan perhatian terhadap tugas (kepedulian). Kedua, ranah berbicara (wacika) dengan indikator kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis, yang dimiliki. Ketiga, ranah berbuat (kayika) dengan indikator: disiplin kerja, komitmen kerja, pengalaman kerja, dan kinerja yang dimiliki.Kata kunci: penilaian kemampuan, masyarakat tradisional Bali, dan Tri Kaya Parisudha.
Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum Dan Mengajar Kimia Pada Jurusan Pendidikan Kimia Ida Bagus Nyoman Sudria; Manimpan Siregar
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.643 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1761

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik asesmen keterampilan dasar praktikum Kimia yang telah dikembangkan oleh Sudria (2007) dan membuat rubrik baru untuk ketrampilan dasar mengajar mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian tahun ini hanya melibatkan asesmen kebutuhan, pengembangan produk, dan melalukan uji la-pangan terbatas terhadap penggunaan produk. Masukan dari stakeholders pada tingkat identifikasi kebutuhan yang akan dikembangkan dalam rubrik penilaian dan penilaian produk, serta meminta masukan pakar dan melakukan ujicoba lapangan terbatas dalam validasi telah menghasilkan pro-duk yang diinginkan dengan validitas yang cukup memadai. Produk yang dihasilkan berupa rubrik penilaian keterampilan dasar praktikum Kimia, dan masing-masing sebuah rubrik spesific dan umum untuk penilaian keterampilan dasar mengajar.Kata kunci : keterampilan dasar, praktikum Kimia, keterampilan mengajar
Pengembangan Perangkat dan Model Kontekstual Pembelajaran Sains Bilingual Berbasis ICT Pada Siswa SMPN 1 Singaraja Putu Yasa; Putu Suarcaya
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42 No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.185 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1762

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu perangkat dan model kontekstual pembelajaran Sains Bilingual berbasis ICT, yang mampu memberikan peluang siswa untuk me-ngembangkan kompetensi mereka pada aspek-aspek: konseptual dan keterampilan komunikasi Sains dalam Bahasa Inggris. Data penelitian terdiri dari data tentang perangkat pembelajaran yang berhasil dikembangkan, model kontekstual pembelajaran sain bilingual, data validitas, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Masing-masing data dikumpulkan dengan: lembar validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, kuesioner dan catatan-catatan yang dikumpulkan oleh peneliti. Semua data pene-litian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data selanjutkan dibandingkan dengan indicator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dapat dikembangkan sebuah model pembelajaran kontekstual dengan perangkat pembelajaran yang berbasis ICT yang valid, dan efek-tif dalam meningkatkan hasil kualitas pembelajaran Sains bilingual.Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pembelajaran kontekstual, dan Pembelajaran Sains bilingual.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol 56 No 2 (2023): July Vol 56 No 1 (2023): APRIL Vol 55 No 3 (2022): OCTOBER 2022 Vol 55 No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 55 No 2 (2022): JULY Vol 55, No 1 (2022) Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue