cover
Contact Name
Zulfah
Contact Email
zulfahasni670@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zulfahasni670@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26143038     EISSN : 25799258     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2579-9258 and P-ISSN: 2614-3038. JC is published twice a year in May and November. JC receives 40 articles per year The journal publishes articles in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 96 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022" : 96 Documents clear
Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Geometri Kelas VII SMP Kota Pekanbaru Widya Shintya Dewi; Maimunah Maimunah; Yenita Roza
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.624

Abstract

Penerapan pembelajaran daring membuat siswa mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran matematika terutama pada materi geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa selama pembelajaran daring berlangsung pada materi geometri kelas VII siswa SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengisi angket yang telah disediakan menggunakan aplikasi google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu didapatkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika pada materi geometri saat pembelajaran daring berlangsung dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dapat ditawarkan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa ini dapat berupa, (a) guru dapat memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menambah minat siswa dalam belajar, (b) memperbanyak latihan soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, dan lain sebagainya.
Mengkonstruk Berpikir Reflektif dengan Metode Inquiry Based Learning Setting Group Investigation Evvy Lusyana; Tri Rahma Silviani
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.645

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa untuk mengkonstruk kemampuan berpikir reflektif dengan menerapkan pembelajaran berbasis Inquiry Based Learning (IBL) seting Group Investigation (GI) sehingga tersusun tahapan belajar antara lain: 1) menganalisis permasalahan yang mendorong siswa mengingat dan mencari hubungan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan permasalahan yang dihadapi; 2) membuat hipotesis dan berpikir tentang solusi pemecahan masalah; 3) menyelidiki; 4) melakukan percobaan penyelesaian masalah; 5) evaluasi dan refleksi. Penyusunan perangkat pengembangan menggunakan model Plomp dengan tahapan: 1) studi pendahuluan mencakup analisis kebutuhan dan situasi; 2) tahap perancangan dan pengembangan prototype; 3) tahap penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan dinyatakan layak dan mampu untuk memfasilitasi kemampuan berpikir reflektif. Hasil penilaian siswa menunjukkan rata-rata skor 58,69 di kelas VII.G dan 59,44 di kelas VII.BL 2. Kemudian hasil tes kemampuan berpikir reflektif menunjukkan 86% siswa mampu berpikir reflektif dengan baik. Selain itu, LKS yang disusun menerapkan metode pembelajaran IBL setting GI ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir reflektif.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Terhadap Pembelajaran Trigonometri Secara Online Berbantuan Android Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Yunita Permata Sari; Kamid Kamid; Muhammad Rusdi
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.715

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Mendiskipsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran trigonomtri secara online berbantuan Android pada siswa kemandirian rendah di SMK N 2 Tanjung Jabung Timur. (2) Mendiskipsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran trigonomtri secara online berbantuan Android pada siswa kemandirian sedang di SMK N 2 Tanjung Jabung Timur. (3) Mendiskipsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran trigonomtri secara online berbantuan Android pada siswa kemandirian Tinggi di SMK N 2 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) siswa SMK N 2 Tanjung Jabung Timur dengan proses pembelajaran melalui daring menggunakan aplikasi Whatshapp kurangnya kondusif dikarnakan berbangai factor yang tidak mendukung salah satunya adalah anak tersebut bekerja dan sekolah (2) pada saat pembelajaran trigonometri dengan menggunakan model polya pada prosses pemecahan masalah dapat dilihat bahwa kebanyakakan siswa tidak dapat menarik informasi yang ada yang dibeikan didalam soal yang diberikan. (3) saat pembelajaran online kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilihat bahwa kebanyakan siswa kurang aktif dan guru tidak dapat melihat siswa mengerti atau paham pembelajaran yang diberikan dikarnakan banyak terkendala dari sinyal, kuota internet.
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP Teti Trisnawati
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.739

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut guru untuk megikuti perkembangan teknologi dalam proses belajar dan mengajar. Pendekatan etnomatematika yang digunakan dalam bahan ajar ini digunakan untuk mengenalkan potensi budaya lokal di Banten. tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dengan pedekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten pada pokok bahasan barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developmen. Bahan ajar pada pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten divalidasi oleh para ahli yang terdiri dari ahli pendidikan matematika, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli budaya. Selanjutnya, bahan ajar diujicobakan pada siswa kelompok kecil. Subjek uji coba adalah 18 siswa kelas VIII SMP IT Darussalam. Hasil validasi penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli pendidikan matematika berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,12%, validasi ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik dengan 87,5%, validasi ahli bahasa berada pada kualifikasi sangat baik dengan 94,23%, validasi ahli budaya berada dikualifikasi sangat baik dengan 93,75%, dan uji coba kelompok kecil berada kualifikasi sangat baik dengan 82,23%. Dengan demikian, bahan ajar dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal di Banten dapat digunakan sebagai alternatif pilihan pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas VIII SMP.
Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Learning Management System Selama Pandemi Witri Melfawani; Yenita Roza; Maimunah Maimunah
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.802

Abstract

Pandemi yang dihadapi oleh dunia menyebabkan banyak perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah pembelajaran yang dulunya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini mengharuskan guru dan siswa mulai menggunakan Learning Management System (LMS) yang terintegrasi secara online. Suasana pembelajaran yang baru dan harus melakukan penyesuaian mengalami beberapa kendala. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dirasakan oleh siswa selama pembelajaran matematika menggunakan LMS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket melalui google form dan wawancara dengan beberapa siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMPN 1 Gunung Sahilan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa selama pembelajaran matematika dengan menggunakan LMS yaitu kesulitan teknis, kesulitan adaptasi, keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan LMS selama pandemi masih memiliki banyak kekurangan.
Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta Uswatun Khasanah; Esti Ambar Nugraheni
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.813

Abstract

Sarana pembelajaran yang kurang menyenangkan mengakibatkan minat belajar siswa menjadi berkurang, untuk itu perlu adanya inovasi baru yang perlu dilakukan pendidik di sekolah. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan penggunaan software geogebra terutama dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat belajar matematika siswa kelas Vll pada materi segiempat berbantuan software geogebra di masa pandemi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 239 Jakarta dengan jumlah subjek sebanyak 30 siswa kelas Vll tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Angket berisi 30 pernyataan negatif serta positif. Tujuan diberikan angket yaitu untuk mengetahui bagaimana respon siswa akan minat belajar matematika menggunakan software Geogebra. Hasil dari penelitian ini adalah adanya dampak positif penggunaan software Geogebra dalam studi matematika khususnya pada materi segiempat. Hal ini tercermin dari rata-rata keseluruhan sebesar 73%. Hasil angket juga dikuatkan dengan adanya wawancara yang dilakukan peneliti bersama dengan pendidik atau guru matematika.
Swafoto Kelompok Sebagai Task Design Permutasi pada Pembelajaran Jarak Jauh Refayafis Naibaho; Kimura Patar Tamba; Yanuar Rahmat Ndraha
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.962

Abstract

Task design atau desain tugas merupakan komponen penting dalam mendorong terjadinya proses belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun task design pembelajaran topik permutasi. Penelitian ini melibatkan 80 siswa Sekolah Menengah Atas di Ngabang, Kalimantan Barat pada tanggal 1 Januari sampai 5 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan metodologi didactic engineering yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) preliminary analysis, (2) design and a priori analysis, (3) implementation, observation, and data collection, dan (4) a posteriori analysis. Task design disusun dengan menggunakan kerangka Teori Situasi Didaktis. Pada setiap tahap, khususnya tahap keempat, data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk materi permutasi dapat dibuat task design berupa swafoto kelompok. Swafoto kelompok merupakan fundamental situation dalam task design yang dikonstruksi dengan kerangka Teori Situasi Didaktis dan sesuai dengan konteks siswa. Task design ini juga mampu mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuannya melalui permasalahan swafoto kelompok. Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, pada masa pandemi ini, swafoto kelompok merupakan bentuk task design yang kontekstual dan mendorong siswa terlibat aktif karena sifatnya personal. Hasil penelitian ini juga menunjukkan potensi dan penggunaan Teori Situasi Didaktis sebagai kerangka task design pada topik permutasi di Sekolah Menengah Atas.
Pengembangan Media Pembelajaran GeoGebra Classroom Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Materi Translasi Siswa SMP Kelas IX Naomi Angelita Sutopo; Novisita Ratu
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra Classroom sebagai penguatkan pemahaman konsep siswa pada materi translasi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan media GeoGebra Classroom. Subjek pada penelitian ini adalah 15 siswa SMP kelas IX. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan angket pendapat siswa. Penelitian ini menunjukkan hasil yang validasi media dengan nilai validitas rata-rata 4,35 serta memiliki nilai rata-rata hasil kepraktisan media sebesar 4,35 yang termasuk dalam kategori praktis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes siswa setelah menggunakan media GeoGebra Classroom sebagai media pembelajaran pada materi translasi, berdasarkan uji t-test dari pretest dan posttest menunjukkan nilai p=0,000 (p< 0,05) atau rata-rata pretest dan posttest adalah berbeda. Nilai p< 0,05 dengan hasil belajar pada posttest (95,93) lebih baik dari pretest (63,33), sehingga media ini temasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan analisis data kepraktisan diperoleh rerata skor 43,5 dengan rerata skor semua aspek 4,4 dan termasuk dalam kategori praktis. Dari hasil analisis angket pendapat siswa mendapatkan skor 3,3 yang menyatakan siswa setuju bahwa media pembelajaran GeoGebra Classroom mendukung dan mempermudah proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif dan praktis jika digunakan untuk menjadi media pembelajaran materi translasi untuk siswa tingkat SMP
Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV Nur Indah; Nita Hidayati
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.981

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 3 orang siswa dengaan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis terendah. Hasil yang diperoleh dari penelitian menyatakan bahwa terdapat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan pada kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal ini dapat kita lihat dari hasil skor rata-rata yaitu sebesar 58% dan termasuk kedalam kategori kurang. Adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu: belum memahami apa yang ditanyakan dalam soal, kesulitan dalam mengubah suatu permasalahan menjadi kalimat matematika atau model matematika, siswa kurang mampu dalam mengelompokkan objek yang diketahui dalam soal, kesulitan dalam menerapkan konsep penyelesaian secara algoritma dan memilih operasi dalam menyelesaikan bentuk aljabar.
Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK Yesi Lusiana Septia; Novi Andri Nurcahyono; Pujia Siti Balkist
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/cendekia.v6i1.986

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) validitas, (2) kepraktisan dan , (3) efektivitas pada media mobile learning berbasis android. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah guru, 25 siswa kelas X Akuntansi SMK Hassina dan para validator. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media untuk memperoleh hasil uji validitas media serta angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan dari media dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa untuk memperoleh hasil efektif dari media. Hasil penilaian kelayakan oleh validator menunjukkan bahwa media mendapat penilaian sebesar 88,33 % dari ahli media dan 84,61 % dari ahli materi, sehingga sangat valid dan layak untuk diuji cobakan. Hasil uji coba diperoleh respon yaitu 84,615% dari guru dan 86,363% dari siswa, sehingga produk termasuk kedalam kategori sangat praktis. Kemudian hasil analisis tes siswa berdasarkan pedoman penskoran pemahaman konsep matematis diperoleh skor total awal sebesar 253 dan skor total akhir sebesar 574. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh hasil rata-rata sebesar 72,55% dengan kategori tinggi.

Page 1 of 10 | Total Record : 96


Filter by Year

2022 2022