cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2022): April" : 20 Documents clear
Dampak Permainan Tradisional Ngadu Kaleci terhadap Sosial Emosional Anak Usia Dini Ai Siti Nuriyah; Heri Yusuf Muslihin; Sumardi
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.34057

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta yang peneliti temukan di lapangan mengenai kondisi pencapaian perkembangan sikap sosial dan emosional anak usia dini yang belum optimal serta permainan tradisonal yang mulai ditinggalkan seiring perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat permainan tradisional ngadu kaleci terhadap perkembangan aspek sikap sosial emosional anak usia dini dan juga agar permainan tradisional ngadu kaleci tidak mengalami kepunahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dilibatkan adalah anak usia lima sampai enam tahun sebanyak lima orang anak. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Adapun tahapan model interaktif yang dimaksud, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap sosial emosional anak muncul atau berkembang saat melakukan permainan tradisional ngadu kaleci, seluruh indikator sosial emosional anak berkembang dengan optimal.
Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini Khaerunnisa Khaerunnisa; I Made Tegeh; Nice Maylani Asril
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.40335

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan media pembelajran kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris). Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan desain model ADDIE.  Subjek penelitian ini yaitu 4 orang ahli yang meliputi 2 ahli materi pembelajaran, dan 2 ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi pelajaran, diperoleh nilai 1,00 (validitas sangat tinggi), dan penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 1,00 (validitas sangat tinggi). Dapat disimpulkan bahwa media kamus tematik tiga bahasa layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengingat anak. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dapat dimanfaatkan guru untuk mempermudah proses pembelajaran khususnya dalam kemampuan mengingat. Kamus kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dapat meningkatkan kemampuan mengingat pada anak usia dini.
Media Permainan Kartu Kata Bergambar Berbasis Power Point Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Kadek Yunita Sari; I Made Tegeh
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.40492

Abstract

Lemahnya kemampuan membaca pada anak akan memberika dampak buruk bagi anak, baik dari segi mental ataupun prestasi akademik. Keterampilan membaca anak yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan media permainan kartu kata bergambar berbasis power point untuk meningkatkan keterampilan membaca anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu 4 orang ahli, meliputi 2 ahli materi pembelajaran, dan 2 ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu statistik deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi materi pelajaran diperoleh 1,00 (validitas sangat tinggi), dan ahli media pembelajaran yaitu 1,00 (validitas sangat tinggi). Dapat disimpulkan bahwa media permainan kartu kata bergambar berbasis power point layak diterapkan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media permainan kartu kata bergambar berbasis power point dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan anak usia dini.
Media Video Boneka Tangan untuk Menanamkan Moralitas Anak Usia Dini Luh Anik Dewi Sudimiasih; I Ketut Gading; Nice Maylani Asril
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.40877

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu masih kurangnya perkembangan moral anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari anak masih susah mengucapkan terimakasih, belum bisa meminta maaf, tidak disiplin, dan tidak berkata jujur. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan media video boneka tangan untuk menanamkan moralitas pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 4 orang ahli yang meliputi 2 ahli materi pembelajaran, dan 2 ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian dari ahli isi pelajaran, diperoleh nilai 1,00 (validitas sangat tinggi), dan ahli media pembelajaran yaitu 1,00 (validitas sangat tinggi). Dapat disimpulkan bahwa media video boneka tangan telah layak untuk diimplementasikan pada pembelajaran guna menanamkan moralitaa anak usia dini (5-6 tahun). Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan berupa video boneka tangan dapat digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada anak usia dini.
Dongeng Si Amad Untuk Mempersiapkan Anak Kembali Ke Sekolah Pasca Pandemi Dinda Rizki Tiara; Eriqa Pratiwi
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.41886

Abstract

Beragam cara pembelajaran daring telah dicoba namun sebagian besar menunjukan penurunan hasil belajar, sehingga pembelajaran tatap mukan pun mulai dilakukan. Anak menjadi fokus dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka, selain pihak lembaga itu sendiri. Adanya kemungkinan stres pada anak memerlukan adanya program intervensi untuk mempersiap-kan anak kembali ke sekolah. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah berdongeng dengan menonton video untuk mengetahui dan memberi pemahaman tentang virus Covid 19 sehingga anak siap untuk kembali bersekolah dengan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah dongeng untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah sehingga resiko penularan rendah. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE.. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ahli yang meliputi 1 ahli materi pembelajaran, dan 1 ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan juga observasi.Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif Berdasarkan hasil analisis uji coba dan validitas, pengembangan media dongeng video animasi “Si Amad” dapat dinyatakan layak disajikan dan digunakan sebagai media dongeng untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap Covid 19 dan mempersiapakan anak untuk kembali kesekolah.
Dampak Pola Asuh Demokratif dan Primisif Terhadap Kualitas Motorik Anak 5-6 Tahun Febi Rahmawati
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.42518

Abstract

Kemampuan motorik cenderung diabaikan oleh beberapa pihak stimulan, seperti orangtua dan guru. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh demokratif dan promisif terhadap kualitas motorik anak 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode campuran yang dilakukan dengan desain penelitian eksperimental dengan tipe penelitian pre-eksperimental. Subjek pada penelitian ini merupakan 2 (dua) orang anak laki-laki dengan usia berada pada rentan usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Pengelolaan data menggunakan metode studi pustaka dengan analisis kuantitaf yang dijabarkan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kualitas kemampuan motorik anak, yang ditunjukan dengan adanya perbedaan kualitas motorik anak dengan pola asuh primisif memiliki kemampuan motorik yang baik (normal) sedangkan anak dengan pola asuh demokratif memiliki kemampuan motorik lebih (advanced). Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam menentukan pola asuh yang tepat untuk anak.
Strategi Orang Tua dalam Menangani Gejala Stres pada Anak TK B Saat Pembelajaran Daring Fatimatun Zahroh; Muazar Habibi; Ika Rachmayani; I Nyoman Suarta
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.42564

Abstract

Sistem pembelajaran secara daring yang berlangsung selama pandemi covid-19 menimbulkan berbagai gejala stres bagi anak terutama anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi orang tua dalam menangani gejala stres anak saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian survei. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan yaitu orang tua yang memiliki anak TK B yang sudah terlibat dalam pembelajaran secara daring selama pandemi covid-19. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 27 orang tua siswa TK B. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode menggunakan metode angket, dengan instrument berupa lembar pertanyaan tertulis yang perlu diisi oleh orang tua berupa data pribadi orang tua dan anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat gejala stres yang dialami anak disesuaikan dengan kemampuan orang tua dalam menangani gejala stres anak yang muncul yakni 15% anak berada pada tingkat gejala stres rendah, 81% berada pada tingkat gejala stres sedang, dan 4% pada tingkat gejala stres tinggi. Dengan gejala stres yang dialami anak peneliti menemukan bahwa para orang tua menggunakan berbagai upaya dalam menangani gejala stres belajar anak seperti 67% orang tua memberikan hadiah/ reward, 22% orang tua mengajak anaknya bermain dan rekreasi, dan 11% yang memahami dan menyesuaikan gaya belajar anak. Orang tua harus selalu peka terhadap kondisi anak sehingga tidak mengalami gejala stres saat pembelajaran daring.
Instrumen Karakter Peduli Lingkungan pada Pendidikan Anak Usia Dini Dinah Maisarah Azis; Putu Aditya Antara; Dewa Ayu Puteri Handayani
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.42592

Abstract

Guru kesulitan menilai karakter yang ditampilkan siswa saat proses pembelajaran. Instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini belum banyak dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli di bidangnya, dan menggunakan 30 anak usia 4-5 tahun sebagai subjek uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yakni berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh koefisien validitas isi instrumen penilaian karakter peduli lingkungan pada anak usia dini sebesar 1,00 dan berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji reliabilitas di atas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,85. Sehingga, instrumen karakter peduli lingkungan pada anak usia dini dalam penelitian ini dapat dikatakan reliabel karena nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh lebih besar dari 0,60. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen karakter peduli lingkungan ini dapat digunakan untuk mengevaluasi sikap peduli lingkungan anak, dan sebagai tolak ukur perilaku yang hendaknya diajarkan disekolah. Implikasi penggunaan instrumen karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran diyakini dapat membantu pendidik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kegiatan peduli lingkungan.
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Ni Putu Widyasanti; I Nengah Suastika; I Komang Sesara Ariyana
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.42677

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan banyak permasalahan pada pihak-pihak yang terkait, seperti permasalahan guru dengan orang tua serta dengan siswa. Berdasakan aturan yang diamanatkan oleh pemerintah serta mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Desain penelitian yang digunakan dengan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada lima belas guru Pendidikan anak usia dini. Terdapat tiga tahapan analisis data yang dilakukan dalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu tahap reduksi data (data reduction), tahap paparan data (data display), dan tahap penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas satuan PAUD menyangkut kesesuaian pelaksanaan pembelajaran terhadap aturan yang dikeluarkan pemerintah, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru memanfaatkan media pembelajaran berupa alat permainan edukatif yang digunakan siswa di tempat duduk masing-masing, siswa belum diijinkan mengggunakan media pembelajaran outdoor. Penilaian dilakukan guru dengan metode observasi, catatan anekdot, unjuk kerja, dan portofolio, berkaitan dengan keenam aspek penilaian perkembangan anak usia dini. Seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.
Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Masa Covid-19 Salamiyah Nur Hakim Harahap; Mitha Nur Amalina; Khadijah
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 10 No. 1 (2022): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v10i1.42680

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak secara langsung memengaruhi dalam proses pembelajaran dan diperlukan dukungan lebih banyak bagi anak dari berbagai pihak. Sosial dan emosional pembangunan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. sosial yang positif dan Perkembangan emosi membuat anak lebih mudah bergaul orang lain dan belajar lebih baik, serta dalam kegiatan lain di masyarakat lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan emosional dan sosial pada anal usia dini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisis data interaktif melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yang baik antar anak dan orang tua, khususnya ibu akan sangat mempermudah untuk memahamkan kondisi kegiatan yang berubah diakibatkan pandemi saat ini. Perkembangan sosial dan emosional sejatinya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dengan kata lain, membahas perkembangan emosi harus bersinggungan dengan perkembangan sosial anak. Demikian juga sebaliknya, membahas perkembangan sosial harus melibatkan aspek emosional sebab keduanya terintegrasi dalam bingkai kejiwaan yang utuh.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 2 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020) Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA Vol 1, No 1 (2013): Juli More Issue