cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Gemaedu
Published by PGRI DKI Jakarta
ISSN : 24770620     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELALUI PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS IV SDN LUBANG BUAYA 01 PAGI Sundari, Siti
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.563 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan judulpeningkatan hasil belajar ipa pada materi daur hidup hewan melalui penggunaan pembelajaran kooperatif model examples non examples pada siswa kelas IV di SDN Lubang Buaya 01 Pagi, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif model examples non examples  dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur hidup hewan. Penelitian ini dilakukan dikelas IV Sekolah Dasar Negeri Lubang Buaya 01 Pagi Kecamatan Cipayung  Jakarta Timur pada semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016, pada bulan Agustus sampai September 2015. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 75 %. Sedangkan pada Siklus II hasil belajar siswa diperoleh data sebesar 92,86 %. Berdasarkan data yang diperoleh pada penelitian yang telah dilakukan, didapat beberapa hal yaitu Pembelajaran kooperatif model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA, menciptakan pola interaksi siswa yang lebih baik dalam berdiskusi seperti memberikan pendapat, bertanya dan bekerjasama, serta meningkatkan motivasi belajar siswa.
PENGARUH PENGUASAAN KONSEP IPADAN KEMAMPUAN PENALARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBUAT ALAT PERAGA IPA Prihatini, Effiyati
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.234 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran (1) pengaruh langsung penguasaan konsep IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA. (2) pengaruh langsung kemampuan penalaran IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA. (3) pengaruh langsung penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan penalaran IPA. (4) pengaruh tidak langsung penguasaan konsep IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA melalui kemampuan penalaran IPA. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey korelatif dengan tiga variabel. Penelitian dilaksanakan pada MTs N di Jakarta Pusat pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian menggunakan simple random sampling  sebanyak 120 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan praktikum siswa. Data dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan analisis data, dilakukan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian. Analisis inferensial menggunakan teknik analisis 2 jalur. Dari hasil pengolahan data diperoleh (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan penguasaan konsep IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA. (2) Terdapat pengaruh langsung kemampuan penalaran IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan penalaran IPA. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan penguasaan konsep IPA terhadap keterampilan membuat alat peraga IPA melalui kemampuan penalaran IPA.  
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG MELALUI MEDIA FILM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 48 JAKARTA Susiati, Susiati
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.592 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa di kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta adalah dengan pembelajaran menggunakan media film. Setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media film, keterampilan menulis dongeng siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) penggunaan media film dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai aktivitas siswa dari 50,61 pada siklus I, menjadi 78,37 pada siklus II dan menjadi 87,35 pada siklus III, (2) penggunaan media film dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa kelas VII-6 SMP Negeri 48 Jakarta, yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan menulis dongeng siswa yaitu sebesar 74,43 pada siklus I menjadi 76,91 pada siklus II dan meningkat menjadi 78,69 pada siklus III.  Pada siklus Isebanyak 24 atau 68,57% berhasil mencapai nilai KKM (≥ 75), pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 74,29% dan pada siklus IIIsebanyak 31 siswa atau 88,57% berhasil mencapai nilai KKM (≥ 75).  
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Rusmana, Indra Martha Martha; Agustina, Lasia
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.815 KB)

Abstract

Hasil belajar merupakan cermin capaian seorang dalam mempelajari suatu bidang, jika konsep yang diberikan telah diterima dengan baik, maka hasil belajar yang didapatkan akan baik. Konsep matematika dapat diberikan dengan berbagai metode agar materi yang disampaikan mampu dipahami dengan baik, salah satu metode pembelajaran adalah Hypnoteaching. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas dari penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan  metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di Universitas Indraprasta PGRI pada semester genap tahun pelajaran 2014/ 2015 selama 4 (empat) bulan, dengan jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa. Pengujian hipotesis dilakukan  dengan menggunakan software SPSS 17.0 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan utama, yaitu  pertama, terdapat pengaruh antara penggunaan metode Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika karena didapatkan nilai thitung sebesar 2,259 lebih dari ttabel yaitu 2,000 ; kedua, metode Hypnoteaching efektif terhadap hasil belajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika karena didapatkan nilai effect size sebesar 0,583.
PENERAPAN PROSESI PILIH ACAK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA KELAS XII SMAN 1 CITEUREUP Kurniawan, Asep
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.022 KB)

Abstract

Model Belajar kooperatif yang sering diterjemahkan sebagai belajar kelompok dilaksanakan untuk mengalihkan gaya mengajar yang teacher center menjadi student center. Peserta didik yang aktif dan guru hanya fasilitator. Antara siswa  akan terjadi aktivitas saling mendengarkan, saling bertannya, saling berbagi, saling memahami yang dapat berimplikasi kepada peningkatan pemahaman konsep. Bagi pelajar, belajar kelompok juga menambah motivasi belajar, menghilangkan kebosanan serta dapat meningkatkan komitmen belajar. Namun sayangnya hal-hal positif tersebut seringkali tidak terwujud. Seringkali anggota kelompok berbagi  dalam menyelesaikan tugas kelompok, maka mereka bekerja tanpa interaksi. Bahkan hal yang lebih buruk lagi, tugas kelompok hanya dikerjakan oleh anggota yang rajin dan dianggap pandai di antara mereka, sementara anggota lain hanya menjadi ‘macan kertas’. Harus dibuat suatu suasana  yang dapat membuat siswa memaksa dirinya sendiri dan memaksa anggota kelompoknya untuk terdorong berinteraksi dalam menyelesaikan tugas kelompok. Prosesi Pilih Acak dalam pembelajaran metode kooperatif dapat menciptakan suasana tersebut.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIMBANGAN BILANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN Puspitasari, Sri Nendah
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.481 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penggunaan alat peraga timbangan bilangan terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan diMI Miftahul Umam Cilandak Jakarta Selatan dari tanggal 11Juli 2011 sampai dengan tanggal 30 Juli 2011 pada siswa kelas tiga. Sampel yang digunakan adalah 34 siswa kelas 3A sebagai kelas eksperimendan 35 siswa kelas 3B sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 15 butir soal berbentuk essay.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan bilangan sebesar 71,71 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan yang diajarkan tanpamenggunakan alat peraga timbangan bilangan sebesar 62,06.Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh  thitung sebesar 2,63 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dan derajat kebebasan 67 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,67.  Karena thitung> ttabel(2,63>1,67) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan bilangan dengan kelas yang tidak diajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan bilangan. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan bilanganlebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga timbangan bilangan. Secara parsial kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan meliputi translation, interpretation, dan extrapolation, kelompok yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga timbangan bilangan lebih baik daripada kelompok yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga timbangan bilangan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh  penggunaan alat peraga timbangan bilangan terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan.
PENGGUNAAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR INTEGRAL TAK TENTU DI KELAS XII 1IPASMA NEGERI 1 MEGAMENDUNG Damanik, Rusmawati
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.697 KB)

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Megamendung yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 13 pria dan 22 wanita.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Proses penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan untuk proses pembelajaran dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes hasil belajar. Setiap siklus terdiri  empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi.Hasil belajar matematika meliputi  kognitif,  psikomotor dan afektif. Instrument hasil belajar ranah kognitif adalah perangkat tes hasil belajar berbentuk essay yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus.Instrumen hasil belajar psikomotor adalah observasi pada saat pembelajaran berlangsung dan instrument hasil belajar aspek afektif berupa angket dengan model skala Likert.        Dengan KKM 75, hasil belajar kognitif siklus I mencapai nilai rata-rata 79.67, dan ketuntasan klasikal 80%.Sedangkan hasil belajar aspek kognitif siklus II mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata 86.54 dan ketuntasan klasikal 88.57%.Dengan KKM 75, hasil belajar aspek afektif siklus I mencapai rata-rata 79.93 dan hasil belajar afektif siklus II naik menjadi 85.82. Hasil observasi  antusias belajar siklus I menunjukkan kenaikan on task dari 91.43 menjadi 93.97 dan penurunan off task dari 8.02 menjadi 3.49. sedangkan hasil observasi antusias belajar siklus II juga mengalami kenaikan dari on task 95.56 menjadi 97.78   dan hasil off task mengalami penurunan dari 4.44 menjadi 2.22. Hasil belajar psikomotor siklus I mencapai kenaikan dari  80.1 dan ketuntasan  88.57% menjadi  82 dan ketuntasan klasikal 97.14 siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA N Megamendung.Selain itu model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan antusias belajar siswa.  
HASIL BELAJAR DITINJAU DARI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ( EKSPERIMEN PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN CIBINONG) Ekawening, Ekawening
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.005 KB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis secara empiris tentang hasil belajar matematika ditinjau dari strategi pembelajaran dan motivasi belajar matematika siswa SMAN di kecamatan Cibinong , Kabupaten Bogor Tahun 2015/2016. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah 72 siswa. Diperoleh melalui multi stage random sampling, yaitu pemilihan kelompok  secara random untuk menjadi kelas eksperimen (kelompok strategi pembelajaran peta konsep) dan kelas kontrol (kelompok strategi pembelajaran ekspositori), dilanjutkan dengan pengelompokan siswa masing-masing ke dalam dua kelompok motivasi belajar yang berbeda (motivasi belajar tinggi dan motivasi  belajar rendah). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x2 dengan tiga variabel yang terdiri atas dua variabel bebas, yaitu strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa, serta satu variabel terikat, yaitu hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner (variable motivasi belajar) dan teknik dokumentasi (variabel strategi pembelajaran). Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik ANAVA dua arah. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil  belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan F hitung 9,702. (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,026 < 0,05  dan F hitung  5,184. (3) terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Tidak adanya interaksi ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,957 > 0,05 dan F hitung 0,003. Karena tidak adanya pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika maka tidak dilanjutkan uji t.  
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA Fitriyani, Fitriyani
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.569 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahmenelaah perbedaan peningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan  pendekatan CTL dan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain randomized pre test-post test control group design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bogor yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan rombongan belajar. Sampel yang diperoleh secara acak dan melalui undian adalah kelas X-1 dan X-8. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwapeningkatan hasil belajar matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan  pendekatan CTL lebih baik dari peningkatan hasil belajar matematik siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (P-value = 0.025 dan Sig. (2-tailed) = 0.000).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN BOGOR (Eksperimen pada siswa klas X SMA Negeri di Kabupaten Bogor) Hadawiyah, Kustina Umi
Jurnal Gemaedu Vol 1 No 4 (2016): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.998 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hipotesis pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel penelitian diambil dari populasi terjangkau dengan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 52 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Matematika yang diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitasnya = 0,959, analisis data menggunkan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah.Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis data dapat   disimpulkan bahwa variabel model pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Variabel kemandirian belajar siswa berpengaruh secara signifikan    terhadap hasil belajar Matematika  siswa. 3) Tidak ada interaksi variabel model pembelajaran  dan  kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan  dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional. Model pembelajaran berbasis masalah membe.rikan kontribusi  yang sangat signifikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10