cover
Contact Name
Rohmad Wahid
Contact Email
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.gammath@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 25034723     EISSN : 25412612     DOI : -
Core Subject :
Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
PENERAPAN PBL BERBANTUAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Dyah Syafitri, Fury Styo Siskawati, Tri Novita Irawati
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII Mts Ma’arif Ambulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan rata rata keaktifan belajar pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dimana siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 75 % dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 78,125%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 87,5% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 93,75%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 65,625 % dari 21 siswa atau meningkat sebesar 31,25% dari persentase rata – rata pra siklus, pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5 % dari 28 siswa atau meningkat sebesar 53, 125 % dari nilai awal pra siklus.Kata Kunci: Problem Based Learnig (PBL), Prezi, Aktivitas, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN: MACROMEDIA FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEAMATIKA SISWA Dimas Anditha Cahyo Sujiwo, Qurrota A’yun
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6721

Abstract

Media adalah indera atau alat untuk memberikan materi pelajaran dari pemberi informasi terhadap penerima informasi. Media merupakan perantara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Media Macromedia flash merupakan salah satu media yang baik digunakan dalam aktivitas pemeelajaran. Hal ini dikarenakan Macromedia Flash merupakan software yang memiliki fitur-fitur untuk pembuatan media pembelajaran menarik. Dalam penelitian ini macromedia flash memiliki pengaruh yang baik dalam kegiatan pembelajaran, diantaranya: (1) Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. (2) Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. (3) waktu yang dihabiskan dalam belajar menjadi efisien. (4) kualitas hasil belajar siswa meningkat. (5) aktivitas belajar siswa meningkat.Kata Kunci : Pengaruh Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Aktivitas Belajar Matematika Siswa, Hasil Belajar Matematika Siswa
PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PEMUSATAN DATA KELOMPOK STATISTIK Anadia Muli Mareiela, Febriandini Muhtasya, Jesika Dwi Putriani, Salsabiil Rihhadatul
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII menggunakan LKPD pada materi pokok pemusatan data statistika. Latar belakang dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah peserta didik dapat memahami dan memecahkan permasalahan matematika tanpa mengalami kesulitan melalui LKPD yang diberikan. Penelitian ini akan di lakukan kepada siswa SMA yang belum mempelajari materi statistika. dimana pada saat pembelajaran pendidik hanya memberikan pengantar materi secara singkat sebelum siswa mengerjakan LKPD yang telah di sediakan. Oleh sebab itu peserta didik diberikan permasalahanmatematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan memecahkan permasalahan tersebut. Pertama-tama penelitian ini akan dilakukan secara one-to-one, kemudian setelahnya dilakukan secara small grup untuk melihatpemahaman peserta didik terhadap materi pemusatan data kelompok melalui LKPD. Penelitian ini menggunakan metode development research yang tahapannya menggunakan formative evaluation meliputi self evaluation dan prototyping (expert review, one-to-one dan small group). Pada penelitian ini telah dilakukan validasi oleh beberapa teman sejawat dan beberapa dosen pengampu mata kuliah statistika. Sehingga LKPD ini dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: Statistika, LKPD, memahami, mengalami kesulitan.
Pengaruh Model Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Dan Percaya Diri Siswa Mas Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam Muhammad Abdi, Marah Doly Nasution, Zulfi Amri
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap pemahaman matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model kooperatif STAD dan Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa, (3) terdapat interaksi antara siswa keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk pemahaman matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara keterampilan matematika awal dan model pembelajaran untuk kesadaran diri siswa. Alat bantu yang digunakan terdiri dari: (1) keterampilan matematika awal siswa, (2) tes keterampilan komunikasi, (3) angket kepercayaan diri. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensi. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037 lebih kecil dari dengan 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap percaya diri siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari dengan 0,05 (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap percaya diri siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari dengan 0,05Kata Kunci: KAM, Model STAD, Jigsaw, Kemampuan Pemahaman, Percaya Diri
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Moh. Khoirul Anam, Riska Nur Yunita Sari
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6684

Abstract

enelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Sekolah Dasarnegeri Triwung Lor 2. Pengambilan data dilakukan secara face to face (tatap muka) sesuai protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Aspek pertanyaan yang ditanyakan meliputi: 1) sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa; 2) Efektifitas pembelajaran daring; 3) Pembelajaran daring memutus penyebaran Covid-19. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan model analisis yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran daring di lakukan dengan memanfaatkan media aplikasi Whatsapp Group. Pelaksanaan pembelajaran daring memungkinan siswa dan guru melaksanakan pembelajaran dari rumah masing-masing. Siswa dapat mengakses materi pelajaran dan mengirim tugas yang diberikan guru tanpa harus bertemu secara langsung di sekolah. Pembelajaran daring dapat membuat siswa belajar mandiri dan dapat meningkatkan motivasinya. Dengan penerapan pembelajaran secara daring di SDN Triwung Lor 2 bisa mengurangi timbulnya kerumunan di sekolah seperti yang terjadi pada proses pembelajaran sebelum-sebelumnya sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 di SDN Triwung Lor 2 Kota Probolingg.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19
PENGARUH MODEL POBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG Dewi Ristyaningsih, Nurhayati Abbas, Franky Alfrits Oroh
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6685

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan belah ketupat dan layang-layang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran genap tahun pelajaran 2018/2019. Post Test Only Control Grup merupakan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo merupakan populasi yang digunakan. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk essay yang dipakai dan telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrument. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas yang menggunakan model PBL X1) = 81,08, lebih tinggi dibandingkan dengannilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung (X2) = 71,86. Hal ini menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran pada materi belah ketupat dan layang-layang memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa; Problem Based Learning; Belah Ketupat; Layang-layang.
ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DITINJAU DARI SEGI GENDER Erlin Nugraini, Chusnul Khotimah Galatea, Hana Puspita Eka Firdaus
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6668

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki kecenderungan yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk mendeskripsikan litera si matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun datar ditinjau dari segi gender.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneltian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu soal tes literasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberpinang 01. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa siswa laki-laki dan perempuan kriteria tinggi memenuhi 3 komponen literasi matematis. Selanjutnya untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria sedang memenuhi 2 komponen literasi matematis. dan untuk siswa laki-laki dan perempuan kriteria rendah memenuhi 1 komponen literasi matematis. Kata Kunci: Literasi Matematis, Masalah Matematika, Gender
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN TIPOLOGI HIPPOCRATES-GALENUS Indah Kurnia Awaliyah, Lukman Jakfar Shodiq, Puji Savvy Dian Faizati
Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/gammath.v6i2.6686

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian tipologi Hippocrates-Galenus. Pene­litian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 02 Lumajang yang berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 4 subjek yang diteliti secara rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, soal tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tipe kepribadian, soal tes, serta pedoman wawancara. Analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling baik yaitu tipe kepribadian Melankolis. Siswa bertipe kepribadian Melankolis memiliki skor tertinggi serta dapat melalui 4 tahapan Polya yaitu, memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban. Siswa bertipe kepribadian Sanguinis merupakan siswa yang sulit memahami, kurang teliti dan membutuhkan arahan. Siswa bertipe kepribadian Koleris cenderung fokus satu soal saja. Sedangkan siswa bertipe kepribadian Phlegmatis sulit memahami, dan mengerjakan soal dengan terburu-buru.Kata kunci: Pemecahan Masalah, Tipe Kepribadian, Hippocrates-Galenus

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2021): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2020): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2019): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2018): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2017): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2016): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika More Issue