cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 9 Documents clear
PERILAKU PONDASI TIANG PANCANG DENGAN MEMPERTIMBANGKAN INTERAKSI TANAH-TIANG-STRUKTUR PADA GEDUNG BERTINGKAT MENGGUNAKAN SAP2000 Minson Simatupang; Masykur Kimsan; Nur Adriyani Filzah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1928.994 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6282

Abstract

Interaksi antara struktur atas dan struktur bawah pada sebuah bangunan bertingkat akan sangat mempengaruhi perilaku struktur secara keseluruhan. Interaksi tanah-tiang-struktur tidak dapat diabaikan karena akan mengakibatkan disain struktur yang kurang tepat, Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku tiang pancang dengan mempertimbangkan interaksi tanah-tiang-struktur. Pada penelitian ini, digunakan program SAP2000  untuk memodelkan struktur yang diteliti. Perhitungan analisis dinamik tanah, tiang, dan struktur menggunakan metode elemen hingga (FEM) pada SAP2000. Kekakuan tanah, spektrum respon desain situs, serta analisis time history menggunakan rekaman data gempa El-Centro N-S (Amerika Serikat), Koyna (India) dan Loma Prieta (Amerika Serikat). Simpangan antar lantai, base shear dan joint displacement diperlukan untuk mengetahui besaran interaksi yang terjadi pada tiang pancang dan tanah.Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan pada tiang pancang bangunan yang ditinjau nilai lateral displacement maksimum untuk gempa El-Centro, Koyna, dan Loma adalah 2,0608 cm, 1,4174 cm, dan 1,7028 cm. dan untuk bending momennya sebesar 55,8629 kN.m untuk El-Centro, -37,6745 kN.m untuk Koyna dan 87,6565 kN.m untuk Loma Prieta. Untuk bending moment yang terjadi pada struktur akibat gempa tidak melampaui nilai batasan moment lentur berdasarkan perhitungan dan analisa momen lentur pada tiang. Kata Kunci : Interaksi Tanah-Tiang-Struktur, Perpindahan Lateral, Momen Lentur
ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG PANCANG TUNGGAL BERDASARKAN DATA N-SPT, CPT DAN KALENDERING Sulha Sulha; Umran Sarita; Fitriah Fitriah; Muhammad Sukri
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2572.118 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6289

Abstract

Pondasi merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam pembangunan konstruksi teknik sipil, karena pondasi berfungsi untuk meneruskan beban yang bekerja dari konstruksi atas (upper structure) ke tanah dasar. Analisis kapasitas tiang pancang tunggal merupakan pendekatan untuk mengestimasi kapasitas dukung tanah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalisis daya dukung tiang pancang tunggal pada proyek pembangunan gedung  tower Bank Sultra Kendari. Dalam penelitian ini, pondasi bangunan gedung menggunakan tiang pancang sistem hidrolik. Analisis kapasitas dukung tiang berdasarkan data lapangan, yaitu data N-SPT, CPT dan Kalendering.Hasil perhitungan daya dukung pondasi terdapat perbedaan nilai, baik dilihat dari penggunaan perhitungan berdasarkan data N-SPT, Qu = 86 ton, berdasarkan data CPT, Qu = 60 ton dan berdasarkan data kalendering, Qu = 93 ton. Berdasarkan hasil analisis kapasitas dukung tiang pancang, disarankan menggunakan hasil analisis berdasarkan data N-SPT. Kata Kunci : Pondasi, Tiang Pancang Tunggal, Kapasitas Dukung
EVALUASI PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN PUUWATU DENGAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) Abdul Rahman; Romy Talanipa; Rini Sriyani
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.49 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6283

Abstract

PDAM adalah salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum, yang sangat mengutamakan kualitas pelayanan agar dapat terus bertahan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta globalisasi informasi menyebabkan harapan akan kualitas pelayanan terus berkembang. Kesesuaian antara harapan dan kenyataan yang didapatkan sangat menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan penyediaan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan penyediaan air bersih di Kecamatan Puuwatu selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat mengenai pelayanan dari penyedia air bersih di Kecmatan Puuwatu. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini berdasarkan tingkat kepuasan pelayanan air bersih di Kecamatan Puuwatu dilihat dari enam dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, pelayanan  dimana masing-masing dimensi terdapat tiga atribut kecuali dimensi pelayanan terdapat enam atribut yang dinilai berdasarkan harapan dan kenyataan.Berdasarkan hasil analisis tingkat pelayanan air bersih di Kecamatan Puuwatu diperoleh 61,90% menyatakan pelayanan sudah memuaskan dan 38,10% menyatakan pelayanannya belum memuaskan. Sedangkan hasil ekspetasi yang didapatkan oleh masyarakat menyatakan 66,67% menyatakan sudah sesuai ekspetasi dan 33,33% menyatakan belum sesuai ekspetasi. Diharapkan kepada pihak PDAM untuk melakukan penilaian berkala terhadap tingkat kepuasan masyarakat dan memberikan tindak lanjut yang relevan demi perbaikan di masa mendatang. Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, PDAM, Importance Performance Analysis (IPA)
ANALISIS KEBUTUHAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) DI DEPAN LIPPO PLAZA Muh. Thahir Azikin; Rudi Balaka; Al Amin Andi Rifai Mala
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.811 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6290

Abstract

Pejalan kaki adalah salah satu bagian dari sistem transportasi yang memainkan peranan penting, karena jika pejalan kaki mengalami gangguan maka akan mempengaruhi bagian lain dari sistem transportasi. Permasalahan yang terjadi adalah konflik antara pejalan kaki yang menggunakan prasarana jalan untuk menyeberang dengan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Pada kasus ini, mengambil jalan M. T. Haryono (depan Lippo Plaza). Ruas jalan tersebut di tinjau langsung untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas dan menganalisis kebutuhan jembatan penyeberangan.Penelitian di lakukan dengan cara menghitung volume kendaraan dan volume penyeberang serta menggunakan kuesioner untuk mengetahui permintaan pejalan kaki serta kenyamanan menggunakan fasilitas yang ada. Berdasarkan hasil survey kemudian dilakukan analisis kebutuhan fasilitas penyeberangan orang menggunakan P.V2 untuk menentukan fasilitas yang cocok dengan kondisi di ruas jalan tersebut.Hasil dari analisis didapatkan rekomendasi fasilitas penyeberangan berupa Zebra Cross. Karena jembatan penyeberangan orang belum di rekomendasikan maka dilakukan analisa perkiraan kebutuhan jembatan penyeberangan orang di masa mendatang, hasil proyeksi tersebut di dapatkan 6 tahun kedepan tepatnya tahun 2024 rekomendasi jembatan penyeberangan orang untuk jalan M. T. Haryono. Kata Kunci : Transportasi, Pejalan Kaki, Penyeberang, Jembatan Penyeberangan Orang 
PENGUJIAN MATERIAL LOKAL BATU KAWITE-WITE SEBAGAI LAPIS PONDASI AGREGAT KELAS B Welendo, La; Nasrul, Nasrul; Raharjo, Joko
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.292 KB)

Abstract

Untuk menunjang pembangunan infrastruktur khususnya jalan raya harus ditunjang dengan ketersediaan material khususnya ketersediaan batu sebagai lapis pondasi. Namun hal ini dalam penggunaan batu sebagai lapis pondasi harus dilakukan pengujian atau pemeriksaan dari karasteritik batu melalui pengujian laboratorium, agar pembangunan jalan tersebut dapat memenuhi syarat sesuai spesifikasi Bina Marga. Desa Kawite-Wite adalah salah satu desa yang ada di Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara yang mempunyai deposit batu gunung yang cukup dan sering digunakan oleh masyarakat untuk pembangunan jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan spesifikasi dari material gunung Desa Kawite-Wite Kabupaten Muna sebagai lapis pondasi agregat kelas B yang mengacu pada Spesifikasi Umum Bina Marga 2010, Revisi 3 (Divisi 5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian yang ada, karakteristik dari material gunung Desa Kawite-Wite Kabupaten Muna memenuhi spesifikasi sesuai Standar Spesifikasi Umum Bina Marga 2010, Revisi 3 (Divisi 5) yang mana dengan data pengujian : CBR 84,50%, Abrasi rata-rata 37,30 %, Batas Cair (LL) 24,67 %, dan Indeks Plastis (PI) 5,75 %.?Kata Kunci : Agregat, Gradasi, CBR Batu Kawite-Wite
UJI DAN ANALISA KADAR MODIFIER OPTIMUM PADA CAMPURAN LASBUTAG Mustika, Wayan; Aswad, Nini Hasriyani; Masdiana, Masdiana
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.96 KB)

Abstract

Lasbutag merupakan salah satu lapisan permukaan pada konstruksi jalan yang terdiri dari campuran asbuton, agregat kasar, agregat halus serta bahan peremaja, yang diaduk, dihampar dan dipadatkan secara dingin. Asbuton merupakan aspal batu Buton yang diperoleh dari pulau Buton yang berupa aspal alam. Asbuton yang ditemukan berupa kapur yang mengandung bitumen antara 10 ? 30 % yang berasal dari minyak bumi melalui periode waktu yang cukup lama dan berlangsung secara alamiah. Bahan peremaja (modifier) adalah bahan yang harus di ikut sertakan dalam proses pencampuran Lasbutag, mengingat modifier adalah bahan yang digunakan untuk meremajakan dan melunakkan bitumen dalam Asbuton. Selama ini penggunaan Asbuton untuk konstruksi pekerjaan jalan, mengalami beberapa kendala di lapangan, baik dari segi mutu Asbuton yang diproduksi, penggunaan jenis modifier yang tidak tepat, maupun dari teknik yang digunakan dalam pembuatan campuran beraspal dengan Asbuton. Oleh karena itu, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang uji laboratorium terhadap kadar bahan peremaja (modifier) yang optimum pada perencanaan campuran lasbutag.Berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap penentuan kadar modifier optimum dengan menggunakan bahan batu pecah Pudonggala dan pasir Konawe untuk campuran lasbutag, dapat disimpulkan sebagai berikut : kadar modifier optimum yang diperoleh dari uji laboratorium pada percobaan Marshall test adalah sebesar 3,25%, nilai stabilitas akan semakin meningkat seiiring dengan meningkatnya kadar modifier hingga mencapai titik optimum, selanjutnya kenaikan kadar modifier yang melewati batas optimum akan menyebabkan penurunan nilai stabilitas, pada umumnya campuran aspal dengan kadar modifier yang tidak mencukupi akan sangat sulit untuk dipadatkan karena campuran pada umumnya akan terlihat kering dan antara butir agregat akan sulit untuk saling mengikat satu dengan lainnya, sebaliknya kadar modifier yang tinggi akan mengakibatkan ikatan antara butir agregat cepat terpisah antara satu dengan lainnya jika dilakukan pembebanan sehingga akan menghasilkan nilai stabilitas yang kecil dan angka kelelehan (flow) yang semakin besar.?Kata Kunci : Lasbutag, Modifier, Kadar Modifier Optimum, Stabilitas, Flow
ANALISIS ANGKUTAN SEDIMEN DASAR DI HILIR SUNGAI KAMBU (STUDI LABORATORIUM) Eko Prasetyo; Ahmad Syarif Sukri; Tryantini Sundi Putri
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.268 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6286

Abstract

Sungai adalah saluran alami di permukaan bumi yang menampung dan menyalurkan air hujan dari daerah tinggi ke daerah yang lebih rendah dan akhirnya bermuara di danau atau dilaut. Sedimen yang dihasilkan oleh proses erosi dan terbawa oleh aliran air akan diendapkan pada suatu tempat yang kecepatannya melambat atau terhenti. Sungai Kambu menjadi salah satu penyumbang sedimentasi yang masuk ke teluk Kendari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya debit aliran pada sungai Kambu. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui besarnya angkutan sedimen material dasar pada sungai Kambu. Penelitian ini merupakan penelitian laboratorium dengan menggunakan alat Advanced Hydrologi System mengetahui besarnya angkutan sedimen yang terjadi dan alat Current Meter untuk menghitung kecepatan aliran sungai dilapangan sehingga didapatkan besarnya debit.Berdasarkan hasil analisa data, debit sungai Kambu adalah sebesar 4,745 m3/s dan angkutan sedimen dasar (bed load) pada kawasan hilir sungai Kambu adalah sebesar 106.366.667 gram/menit atau 153.168.000 kg/hari.Kata Kunci : Sungai, Bed Load, Debit 
ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN PADA KAWASAN INDUSTRI PT.VDNI KEC. MOROSI KAB. KONAWE Andhy Ilga Nur Aisyah; Adris Ade Putra; Try Sugiyarto Soeparyanto
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.198 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6292

Abstract

Keterpaparan terhadap kebisingan yang melebihi nilai ambang batas pada kurun waktu yang cukup lama akan berakibat pada gangguan pendengaran ringan, menimbulkan gangguan emosional yang memicu meningkatnya tekanan darah. Energi kebisingan yang tinggi juga mampu menimbulkan efek viseral, seperti perubahan frekuensi jantung, perubahan tekanan darah dan tingkat pengeluaran keringat, dapat juga terjadi efek psikososial dan psikomotor ringan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan volume lalu lintas yang terjadi pada kawasan pabrik PT. Virtue Dragon Nikel Indonedia (VDNI) Kec. Morosi Kab. Konawe, terutama di daerah pemukiman desa Tani Indah, membandingkan  hasil analisa tingkat kebisingan pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu, dan prediksi tingkat kebisingan yang  terjadi pada tahun 2023. Perhitungan analisa tingkat kebisingan ini dilakukan dengan menggunakan data hasil survey volume lalu lintas, data hasil survey kecepatan lalu lintas di lokasi penelitian dan data survey gradient jalan serta sudut pantul bangunan dengan menggunakan metode Transport Road and Research Laboratory (TRRL).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan maksimum lalu lintas yang ada pada kawasan penelitian berada pada segmen I pada hari Senin berkisar pada nilai 74,16 dB(A), pada hari Rabu sebesar 73,88 dB(A), dan pada hari Sabtu sebesar 73,67 dB(A). Ini karena tingginya volume lalu lintas dan tidak adanya bangunan peredam kebisingan dan pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang pada hari Senin berkisar pada nilai 75,73 dB(A), pada hari Rabu sebesar 75,37 dB(A), dan pada hari Sabtu sebesar75,19 dB(A). Kata Kunci : Volume Lalu Lintas, Kecepatan Lalu Lintas, Tingkat Kebisingan, TRRL
PEMANFAATAN LIMBAH GERGAJI SEBAGAI BAHAN SUBTITUSI PASIR SABULAKOA TERHADAP CAMPURAN MORTAR La Ode Muhammad Irsan Boni; Nasrul Nasrul; Romy Talanipa
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.726 KB) | DOI: 10.55679/jts.v7i1.6287

Abstract

Di Indonesia banyak terdapat pabrik industri pengolahan kayu yang memiliki banyak limbah (serbuk kayu) yang belum optimal pemanfaatannya. Salah satu solusi pemanfaatan limbah serbuk kayu adalah memanfaatkannya sebagai bahan bangunan konstruksi. Pada penelitian ini, limbah industri kayu (serbuk kayu) dimanfaatkan sebagai bahan subtitusi pasir dalam campuran mortar.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui pengaruh penambahan serbuk kayu pada mortar terhadap kuat tekan yang dihasilkan dan berat jenis mortar. Perbandingan komposisi campuran antara semen dan pasir yang digunakan adalah 1 : 2,75 dengan faktor air semen (FAS) 0,484 sesuai SNI 03-6825-2002. Sedangkan variasi serbuk kayu yang digunakan dalam campuran sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25% dari berat semen dan berat pasir.Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian kuat tekan dan berat jenis mortar pada sampel mortar untuk komposisi 5% dan 10% berturut-turut sebesar 50,2 kg /cm3 dan 25 kg/cm3, sedangkan untuk komposisi 15%, 20% dan 25% mengalami kegagalan. Dan penambahan serbuk kayu dalam campuran mortar cukup berpengaruh terhadap berat jenis mortar misalkan komposisi 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25% terjadi penurunan berturut-turut 5,2%, 13,1%, 16,5% 23,7%, 27,0%. Ini berarti berat jenis serbuk kayu lebih ringan dari pada berat jenis pasir. Kata Kunci : Serbuk Kayu, Kuat Tekan Mortar, Berat Jenis Mortar

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue