cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 6 Documents clear
ANALISIS TINJAUAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 (MDP 2017) (Studi Kasus : Jalan Wisata Kendari - Toronipa) La Ode Nanang; Muhamad Thahir Azikin; Siti Nurjanah Ahmad; Fathur Rahman Rustan
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i2.13681

Abstract

ABSTRAK Pemerintah selalu mendorong sektor pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan ini, sehingga sangat diperlukan sarana dan prasarana transportasi yang memadai demikian pula Jalan wisata Kendari-Toronipa merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Kendari dan Kabupaten Konawe. Sebagai wilayah yang sektor pertumbuhan ekonominya dipicu oleh kegiatan eksploitasi tambang maka pada ruas jalan tersebut terjadi pembebanan kendaraan berat berulang terus menerus. Jalan ini direncanakan menggunakan tipe perkerasan kaku dengan umur rencana mencapai 40 tahun.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tebal perkerasan kaku serta membuat perbandingan terkait lapis tebal perkerasan kaku pada jalan wisata Kendari– Toronipa, Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode penelitian ini adalah metode Manual  Desain Perkerasan 2017 (MDP 2017) dengan data pendukung yang berhubungan dengan penentuan tebal perkerasan sebelum dilakukan tinjauan perancangan tebal perkerasan kaku di jalan wisata Kendari-Toronipa.Hasil Penelitian ini menghasilka nilai tebal perkerasan sebesar 28,5 cm dan 26,5 cm untuk kondisi eksisting pada jalan wisata Kendari-Toronipa yang berarti terjadi perbedaan ketebalan sebesar 2 cm. Kata Kunci : MDP 2017, Perkerasan Kaku, Tebal PerkerasanABSTRACT The government always encourages the tourism sector and improves the economy of the people around this area, so it is necessary to have adequate transportation facilities and infrastructure as well as the Kendari-Toronipa tourist road which is a provincial road that connects Kendari City and Konawe Regency. As an area whose economic growth sector is triggered by mining exploitation activities, this road segment is subject to repeated heavy vehicle loading. This road is planned to use a rigid pavement type with a design life of up to 40 years.This study aims to determine the thickness of rigid pavement and to make comparisons related to the thickness of the rigid pavement on the tourist road of Kendari - Toronipa, Southeast Sulawesi Province.This research method is the method of Pavement Design Manual 2017 (MDP 2017) with supporting data related to the determination of pavement thickness before a rigid pavement thickness design review is carried out on the Kendari-Toronipa tourist road.The results of this study resulted in pavement thickness values of 28.5 cm and 26.5 cm for the existing conditions on the Kendari-Toronipa tourist road, which means a thickness difference of 2 cm. Keywords: MDP 2017, Rigid Pavement, Pavement Thickness
PENGARUH PENGGUNAAN FILLER SLAG NIKEL FENI III PADA CAMPURAN HOT ROLLED SHEET WEARING COURSE (HRS-WC) Vieta Oktaviana Arkos Syahputri Ressang; Edward Ngii; Nasrul Nasrul
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i2.13682

Abstract

ABSTRAK Slag nikel adalah limbah B3 yang berasal dari pengolahan biji nikel, proses peleburan biji nikel tersebut menghasilkan limbah-limbah yang berupa slag nikel yang jumlahnya sangat besar, sehingga harus ditangani dan dimanfaatkan dengan baik karena berpotensi menimbulkan masalah lingkungan serta fenomena sosial di masyarakat. Penelitian ini mencoba memanfaatkan slag nikel feni III sebagai filler dalam campuran HRS-WC, untuk mengurangi penggunaan agregat alam, sehingga mendapatkan campuran yang lebih ekonomis dan diharapkan dapat menambah kualitas dari lapis perkerasan HRS-WC.Untuk mengetahui kinerja campuran perkerasan HRS-WC dengan menggunakan filler slag nikel feni III dan dibandingkan dengan filler abu batu, serta mengetahui kadar aspal optimum pada penggunaan filler slag nikel feni III. Penelitian ini menggunakan 4 variasi kadar filler slag nikel feni III yaitu 0%, 6,7%, 9%, dan 11,2% dengan menggunakan 5 variasi kadar aspal dengan benda uji masing masing variasi 2 buah.Karakteristik marshall dalam campuran HRS-WC pada variasi 0% filler slag nikel feni III didapatkan kadar aspal optimum di 6,263%. Pada variasi 6,7% filler slag nikel feni III tidak didapatkan kadar aspal optimum. Pada variasi 9% filler slag nikel feni III didapatkan kadar aspal optimum di 6,544%. Pada variasi 11,2% filler slag nikel feni III didapatkan kadar aspal optimum di 7,023%. Kata Kunci : HRS-WC, slag nikel feni III, kadar aspal optimum (KAO).ABSTRACT The nickel slag is the B3 waste product derived from the processing of nickel seed, the process of smelting the nickel seed is producing a huge amount of slag nickel waste. Therefore, it must be put to good use because it can potentially cause environmental problems and social phenomena in the community. This research tries to utilize nickel feni III as a filler in the HRS-WC mixture, to reduce the use of natural aggregates, so as to obtain a more economical mixture and is expected to increase the quality of the HRS-WC pavement layer.To find out the performance of the HRS-WC pavement mixture by using the Nickel Feni III slag filler and compared to the rock ash filler, as well as knowing the optimum asphalt content in the use of the Nickel Feni III slag filler. This study uses 4 variations of nickel filler content of Feni III namely 0%, 6.7%, 9%, and 11.2% by using 5 variations of asphalt content with two specimens of each specimen.Marshall characteristics in HRS-WC mixture at 0% variation of Nickel Feni III slag filler obtained optimum asphalt content at 6.263%. In the variation of 6.7% nickel feni III filler slag , no optimum asphalt content was obtained. In the variation of 9% nickel feni III filler slag the optimum asphalt content was obtained at 6.544%. In the variation of 11.2% nickel feni III filler slag, optimum asphalt content was found at 7.023%.Keywords : HRS-WC, Nickel Slag Feni III, The Optimum Asphalt Content (OAC).
ANALISIS FAKTOR–FAKTOR PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KE KAMPUS OLEH MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS HALU OLEO Ilham, Ilmarianti; Ahmad, Siti Nurjanah; Nuhun, Ridwansyah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSalah satu hal yang berpengaruh cukup penting dalam perencanaan transportasi adalah aspek pemilihan moda. Pada dasarnya saat kita akan atau sebelum melakukan perjalanan, kita akan mempertimbangkan apakah kita akan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum untuk melakukan perjalanan dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan moda tersebut.Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Moda Transportasi ke Kampus oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Halu Oleo bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi prioritas dalam pemilihan moda transportasi yang paling diminati oleh mahasiswa pada saat ke kampus. Studi ini menggunakan metode Proportional Random Sampling dan analisis data menggunakan Analitycal Hierarchi Process (AHP) untuk mencari faktor-faktor dan moda transportasi yang menjadi skala prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi prioritas dalam pemilihan moda berdasarkan hasil perankingan jawaban responden yaitu, Keamanan (37%), kemudian Waktu (23%), Biaya (21%) dan Kenyamanan (18%). Untuk moda transportasi yang menjadi prioritas pilihan mahasiswa yaitu, Kendaraan Pribadi (51%), kemudian di susul Gojek (18%), Grab (16%) dan Angkutan Umum (15%). Penelitian ini memperlihatkan dominasi pilihan moda dari sebagian mahasiswa dalam melakukan perjalanan kekampus. Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process, Pemilihan Moda, MahasiswaABSTRACTOne of the things which is quite important in transportation planning is the modal choice aspect. Basically when we will or before traveling, we will consider whether we will use private vehicles or public transportation to travel by considering several factors that can influence the choice of mode.Analysis of  Factors  for  Choosing Mode  of  Transportation  to  Campus  by Students of  the Department of Civil Engineering at Halu Oleo University aims to find out the factors that are a priority in choosing the mode of transportation that is most sought after by students when they go to campus. This study uses the Proportional Random Sampling method and data analysis using the Analytical Hierarchical Process (AHP) to look for factors and modes of transportation that are the priority scale. The results showed that the priority factors in the choice of mode were based on the results of the respondents' answers namely Safety (37%), then Time (23%), Cost (21%) and Convenience (18%). For modes of transportation that are the priority choices of students namely, Private Vehicles (51%), then followed by Gojek (18%), Grab (16%) and Public Transport (15%). This study shows the dominance of the choice of modes of some students in traveling to campus. Keywords: Analytical Hierarchy Process, Mode Selection, Students
PEMANFAATAN MATERIAL SUNGAI ANESE KECAMATAN ANDOOLO BARAT KABUPATEN KONAWE SELATAN SEBAGAI BAHAN CAMPURAN BETON STRUKTURAL Wayan Mustika; Fitriah Fitriah; Sulha Sulha; Romy Talanipa
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i2.13679

Abstract

ABSTRAKKabupaten Konawe Selatan sebagai salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan wilayah kabupaten yang memiliki beberapa sumber material yang dapat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan khususnya sebagai material campuran beton seperti kerikil dan pasir. Diantara sumber material tersebut adalah pasir dan kerikil sungai Anese yang terletak di Desa Anese Kecamatan Andoolo Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui karakteristik material kerikil dan pasir yang berasal dari Sungai tersebut untuk campuran beton struktural, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk dapat memperoleh komposisi campuran yang tepat dan kelayakannya  terhadap material kerikil dan pasir yang berasal dari Sungai Anese Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan untuk digunakan sebagai bahan campuran beton struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, material kerikil dan pasir tersebut memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai material pada campuran beton, Komposisi campuran material yang tepat untuk menghasilkan beton struktural dengan mutu di atas K.225 adalah dengan perbandingan volume antara semen : pasir : kerikil adalah 1 : 0,96 : 2,0. Dapat disimpulkan bahwa material asal Sungai Anese Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan dapat dan layak untuk digunakan sebagai bahan campuran beton struktural. Kata Kunci : kerikil, pasir, beton struktural , komposisi campuranABSTRACTKonawe Selatan Regency as one of the regencies located in Southeast Sulawesi Province is a regency area that has several sources of material that can be used as construction material, especially as a mixture of concrete materials such as gravel and sand. Among the material sources are the sand and gravel of the Anese river located in Anese Village, Andoolo Barat District. The purpose of this study was to determine the characteristics of gravel and sand material from the river for structural concrete mixtures, besides this study also aimed to be able to obtain the right mixture composition and its feasibility of gravel and sand material originating from Anese River Andoolo District West Konawe Selatan Regency to be used as structural concrete mix material. The results showed that in general, the gravel and sand material met the requirements to be used as the material in concrete mixtures. The composition of the material mixture was appropriate to produce structural concrete with a quality above K.225 is by volume ratio between cement: sand: gravel is 1 : 0.96: 2.0. It can be concluded that material from Anese River, Andoolo Barat District, South Konawe District can and is suitable for use as a structural concrete mixture. Keywords : gravel, sand, structural concrete, mixed composition
BESARAN LAJU DAN MUATAN SEDIMEN DASAR SUNGAI WANGGU Fathur Rahman Rustan; Retno Puspaningtyas; Rini Sriyani; Retno Julianti
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i2.13685

Abstract

ABSTRAKSungai Wanggu merupakan salah satu sungai yang mempunyai peran yang sangat penting bagi masyarakat di sekitarnya yaitu sebagai tempat mata pencaharian masyarakat untuk penambangan pasir.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti besarnya laju dan muatan sedimen yang terjadi di sungai Wanggu yang dilakukan pada tiga titik observasi yaitu bagian hulu, tengah dan hilir sungai Wanggu. Metode yang digunakan untuk menghitung sedimen dasar dengan menggunakan rumus Qs = 0,0864 x Cs x Q.Hasil dari analisis besaran laju dan muatan sedimen yang terjadi di sungai Wanggu diperoleh pada sungai Wanggu hulu sebesar 239.962 ton/hari dengan muatan sedimen 630 mg/l, sungai Wanggu tengah sebesar 323.065 ton/hari dengan muatan sedimen 700 mg/l dan sungai Wanggu hilir 118.514 ton/hari dengan muatan sedimen 780 mg/l. Kata Kunci : Sedimen Dasar, Debit Aliran, dan Sungai WangguABSTRACTWanggu River is one of the rivers that have a very important role for the community around it as a place of community livelihood for sand mining.This study aims to measure the rate and load of sediment that occurs in the Wanggu river at three observation points, namely the upstream, middle, and downstream parts of the Wanggu river. The method used to calculate basic sediment using the formula Qs = 0.0864 x Cs x Q.The results of the analysis of the rate and load of sediment that occurred in the Wanggu river were found in the upstream Wanggu river of 239,962 tons/day with a sediment load of 630 mg/l, the Wanggu river at 323,065 tons/day with a sediment load of 700 mg/l and the downstream Wanggu river 118,514 tons/day with a sediment load of 780 mg/l. Keywords  : Bed Load, Discharge and Wanggu River.
PERAMALAN TINGGI DAN PERIODE GELOMBANG PADA PANTAI TINOBU LASOLO KONAWE UTARA Yusran Latimba; Ahmad Syarif Sukri; Tryantini Sundi Putri; Muriadin Muriadin
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i2.13680

Abstract

ABSTRAKPantai Tinobu telah terjadi permasalahan seperti erosi pantai, erosi tersebut dapat terjadi secara alami atau karena adanya aktifitas manusia. Pantai Tinobu mengalami  endapan yang dapat mengakibatkan majunya garis pantai, pendangkalan muara sungai yang menyebabkan aliran sungai dapat memimbulkan banjir.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tinggi gelombang pada peramalan gelombang pantai Tinobu dengan mengkonversi data angin dan mengetahui bentuk penjalaran gelombang di pantai Tinobu dengan model simulasi CG WAVE pada SMS 10.0.10 di pantai Tinobu. Metode penelitian menggunakan analisis dan survey pasang surut,, topografi dan bathimetri.Hasil dari penelitian ini adalah tinggi gelombang dan periode gelombang signifikan maksimum di laut dalam dari arah timur adalah 0,81 meter dan 3,26 detik. Pada penelitian ini penjalaran gelombang yang disimulasikan adalah penjalaran pada arah Timur dengan sudut datang pada model isian 90 derajat. Kemudian dari arah datang angin ini saya mengambil periode 3,26 detik dengan menyamakannya pada kondisi peramalan gelombang pada hasil analisa perhitungan kala ulang periode dengan 25 tahun.   Kata Kunci : Gelombang, Water Modeling, Pantai.ABSTRACTTinobu Beach problems have occurred such as coastal erosion, erosion can occur naturally or due to human activities. Tinobu beach has deposited which can cause coastline advancement, silting of river mouths which causes river flow can cause flooding. The purpose of this study was to determine the wave height in the forecasting of Tinobu beach waves by converting wind data. and bathymetry. The results of this study are the wave height and the maximum significant wave period in the deep sea from the east is 0.81 meters and 3.26 seconds. In this study the wave propagation that I simulate is propagation in the East direction with the angle of incidence in the 90-degree field model . Then from the direction of this angina I took a period of 3.26 seconds by equating it to the wave forecasting conditions on the results of the analysis of the recalculation period with a period of 25 years. Keywords  : Waves, Water Modeling, Beaches

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue