cover
Contact Name
Ixsir Eliya
Contact Email
ixsir@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
disastra@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26553031     EISSN : 26557851     DOI : -
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): JULI" : 12 Documents clear
The Problems in Indonesian Language Teaching During the Covid-19 Pandemic Hani Subakti; Eka Selvi Handayani
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.5060

Abstract

The rationale behind this study was the occurring problems in online teaching and learning of Indonesian during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study was to investigate the problems in Indonesian teaching and learning during the Covid-19 pandemic at SD Negeri 02, North Samarinda in the 2020/2021 academic year. This study applied a qualitative approach. The instruments used were interviews and documentation. The results of the study showed that there were existing problems in Indonesian language teaching and learning during the Covid-19 pandemic at SD Negeri 023, North Samarinda in the 2020/2021 school year. The problems identified were mostly related to the students. First, they were reluctant to read Indonesian textbooks. Additionally, they spent more time playing at home. It was unfortunate since to understand Indonesian, students should read Indonesian language textbooks more frequently. Besides, parents share the responsibility to supervise and control their children to learn how to read textbooks on Indonesian. Therefore, well-organized cooperation among the classroom teachers, parents, and students is needed to minimalize the problems. Hence, Indonesian language teaching and learning will create better outcomes
Ideologi JPNN.com dan Merdeka.com dalam Wacana Putusan Mahkamah Konstitusi tentang UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 Yusep Ahmadi F; Muhammad Hafiz Kurniawan; Paramita Kusumawardhani
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.6395

Abstract

Penelitian in dilatarbelakangi oleh polemik  UU Cipta kerja. Banyak pihak yang pro dan kontra terhadap UU Cipta kerja ini. Berkaitan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ideologi dan keberpihkan media JPNN.com dan Merdeka.com berkaitan dengan wacana putusan Mahkamah Konstitusi atas hasil uji formil Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis AWK model van Dijk terutama yang menyoal analisis ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JPNN.com secara ideologis memihak kepada putusan MK dan MK, sedangkan Merdeka.com sebaliknya cenderung memihak kepada  UU Cipta kerja dan  Pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan bukti-bukti kebahasaan seperti  kata Couterfactual,   Leksikalisasi,  Hiperbola,  Evidenthiality-authority,   Negative Other-representation - Number game, Presuposisi,  dan Kategorisasi yang digunakan JPNN.com dan Merdeka.com dalam merepresentasikan putusan MK, MK, UU Cipta Kerja, dan Pemerintah secara berbeda-beda.
Makna Alam dalam Sajak Kue Lumpur, Garwa, dan Hujan Pagi Karya Abdul Wachid B.S.: Apresiasi Secara Semiotika Atik Widyaningrum; Riswanda Himawan
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.5583

Abstract

Dalam menulis sajak pengarang tidak hanya sebatas fokus terhadap gaya atau cara seorang penulis menuangkan isi dan ciri khas sajaknya. Namun, ada pula pembahasan lain yang lebih menarik dan difokuskan pada aspek yang berkaitan erat dengan makna. Selaras dengan pernyataan tersebut dalam penelitian akan dibahas mengenai makna alam dalam sajak yang berjudul Kue Lumpur, Garwa, dan Hujan Pagi dari buku Biyanglala karya Abdul Wachid B.S. Penelitian ini bertujuan untuk mengapresiasi karya sastra dalam hal ini berupa sajak, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna alam yang terkandung di dalam sajak Kue Lumpur, Garwa, dan Hujan Pagi Karya Abdul Wachid B.S. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitain ini yaitu membaca sajak, mencatat hasil temuan, mengklasifikasi data dan mengidentifikasi data dengan memerhatikan teroi serta peneloitian yang relevan dan lebih dahulu dilakukan. Teori yang digunakan dalam artikel ini yaitu teori struktural semiotika Michael Riffaterre. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa makna alam yang terkandung dalam sajak Kue Lumpur, Garwa, dan Hujan Pagi adalah sebagai berikut; (1) sajak Kue Lumpur memiliki hubungan intertekstualitas dengan ayat-ayat Al-Quran dan hadis yang terdapat pada HR Muslim dan surat Ali Imran ayat 185; (2) sajak Garwa memiliki hubungan intertekstualitas dengan firman Allah yang terdapat dalam surat An-Nahl ayat 72 dan Ar-Rum ayat 21; (3) sajak Hujan Pagi memiliki hubungan intertekstualitas dengan firman Allah yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 22.
Pengembangan Media Audio Visual untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Yuyun Setiawan Putra; Mulyadi Eko Purnomo; Suhardi Mukmin
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.6416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang sesuai dengan media pengembangan; 2) mendeskripsikan hasil validasi media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam; 3) mendeskripsikan hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah penelitian pengembangan atau research and development. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam yang telah direkomendasikan oleh para ahli adalah layak untuk di uji cobakan. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli kebahasaan pada produk pengembangan media audio visual untuk pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil menulis teks deskripsi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagar Alam setelah diterapkan media audio visual mengalami peningkatan dengan kriteria sangat efektif.
Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Teks Ulasan Emah Khuzaemah; Ita Ristanti; Retno Puji Astuti
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.5698

Abstract

Kemerosotan moral pada remaja mencerminkan karakter yang buruk, seperti narkoba, tawuran antarsekolah, pergaulan bebas antarremaja, video porno dan juga gambar porno yang beredar secara mudah pada remaja mengikuti perkembangan teknologi pada era milenial saat ini sehingga memerlukan penanggulangan yang serius. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter pada novel Bulan Terbelah di Langit Amerika. Hasil analisis nilai karakter terhadap novel tersebut dikembangkan  berupa produk media pembelajaran yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan teori Miles dan Huberman dengan analisis Hermeneutika Paul Ricoeur. Berdasarkan hasil analisis nilai karakter Kemendikbud melalui pendekatan Hermeneutika Paul Ricoeur terhadap novel Bulan Terbelah di Langit Amerika dapat disimpulkan bahwa novel ini sarat dengan nilai-nilai karakter. Hasil analisis ini kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran berupa video pembelajaran yang sesuai dengan KD 4.11 menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
Semiotik dalam Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku 1990 Karya Pidi Baiq Henny Nopriani; Khoirunnisa Khoirunnisa
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.6418

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu semiotik yang terdapat dalam novel Dilan: Dia adalah Dilanku 1990 karya Pidi Baiq. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan semiotik dalam novel Dilan: Dia adalah Dilanku 1990 karya Pidi Baiq. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan pada penelitian yaitu pendekatan semiotik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Sumber data yaitu Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku 1990 Karya Pidi Baiq.  Hasil penelitian yang terdapat dalam novel Dilan: Dia adalah Dilanku 1990 karya Pidi Baiq  yaitu Ikon terdapat 9 ikon yang merupakan ikon dari gambar dan foto, 19 indeks yang merupakan tingkah laku manusia juga merupakan indeks sifat-sifatnya, dan 21 simbol yang merupakan tingkah laku manusia juga merupakan indeks sifat-sifatnya.
Childhood Character Building in Drama Script Mencari Taman by Noorca M. Massardi : A Literary Psychology Approach Najma Murdhia; Wika Soviana Devi
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.4716

Abstract

Character building in children is important to help them have good characteristics and personalities. The characteristics of each child are also important and must be understood by parents to educate their children well. The purpose of this study was to describe the character building in children in the drama script "Mencari Taman." The study of the drama script entitled "Mencari Taman" applied a Literary Psychology approach, namely through understanding the psychological theory used to analyze a literary work and examining the formation of characters in the play. This research employed the content analysis method. This research is literary research through the analysis of data collected by document review and analysis. Based on the results of the analysis, several values shaping the characteristics of children were found in the drama script "Mencari Taman" by Noorca M. Massardi, and they were the values of discipline, humanity, concern for the environment, compassion, religion, and noble character..
Interferensi Bahasa Bidang Morfologi dalam Aplikasi Grab: Kritik Penggunaan Bahasa Ranah Digital Miftah Asyrofi Muhtar; Yeyen Syafitri; Wahyuni Wahyuni; Sekar Chandra Sulistyowati; Laili Etika Rahmawati
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.5920

Abstract

Aplikasi grab merupakan aplikasi layanan transportasi seperti jasa antar makanan, jasa kirim barang, dan jasa antar jemput atau ojek online. Dalam aplikasi ini ditemukan bentuk interferensi bahasa bidang morfologi. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kata yang mengandung interferensi bidang morfologi dalam aplikasi grab. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik dokumentasi yang bersumber dari aplikasi grab. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aplikasi Grab. gejala interferensi bahasa dapat muncul sesuai dengan situasi dan kondisi penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu alasan terjadinya interferensi bahasa adalah sebagai alat untuk strategi komunikasi. Dari penelitian tersebut gejala interferensi bahasa muncul karena maksud dan tujuan penutur untuk menarik perhatian konsumen. Penggunaan bahasa asing terlihat lebih gaul dan keren saat penutur memasarkan sebuah produk atau jasa.  Dari lima belas data yang telah ditemukan selain mengandung gejala interferensi bahasa, dalam penelitian ini pun ditemukan beberapa gejala bahasa lain yakni gejala alih kode serta campur kode yang terletak dalam aplikasi grab sebagai kritik penggunaan bahasa di media sosial.
Kepribadian Tokoh dalam Naskah Drama Bulan Bujur Sangkar Karya Iwan Simatupang Mahira Mujahida Ani Mufti; Anita Anita
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.6472

Abstract

Bulan Bujur Sangkar merupakan naskah drama karya Iwan Simatupang. Naskah drama tersebut secara garis besar memberikan gambaran mengenai perlawanan terhadap sistem sosial masyarakat. Terdapat empat tokoh dalam naskah drama Bulan Bujur Sangkar yaitu Orang Tua, Anak Muda, Perempuan, dan Gembala. Karakter-karakter para tokoh yang rumit menimbulkan pemahaman yang luas terhadap sudut pandang penulis dalam menuangkan cerita. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan kepribadian tokoh-tokoh dalam drama Bulan Bujur Sangkar. Tiga aspek yang menjadi fokus penelitian ialah Id, Ego, dan Super Ego berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara pustaka, dilihat dari proses penelitian yang menjelaskan beberapa aspek penting di dalam setiap dialog masing-masing tokoh. Proses analisis menerapkan teknik membaca dan memahami secara rinci isi di dalam naskah drama serta menganalisis kepribadian setiap tokoh menggunakan Psikoanalisis Sigmund Freud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orang Tua merupakan tokoh utama antagonis, hal tersebut dibuktikan dengan dialog Orang Tua yang paling banyak dan unsur Id yang mendominasi. Adapun tokoh Pemuda yang merupakan figurin antagonis sedangkan tokoh Perempuan dan Gembala merupakan tokoh protagonist karena hanya memiliki unsur Ego. 
Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati Putri Ayu Tarwiyati; Atiqa Sabardila
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 4, No 2 (2022): JULI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v4i2.4765

Abstract

Masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan tata bahasa pada karangan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati, seperti ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, serta semantik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan tata bahasa dalam karangan siswa SMP kelas VIII F dalam hal ejaan, fonologi, morfologi, sintaksis, serta semantik untuk meminimalkan sekaligus mengatasi terjadinya kesalahan di waktu mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Sumber data dari penelitian ini berupa karangan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat dalam karangan karya siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kayen Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes, teknik simak, dan teknik catat. Selanjutnya data-data yang diperoleh divalidasi menggunakan teknik triangulasi melalui analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam karangan siswa ditemukan kesalahan berbahasa dalam lima bidang, yaitu meliputi bidang ejaan yang mencapai 40 (57,14%) kesalahan, bidang fonologi mencapai 8 (11,42%) kesalahan, bidang morfologi mencapai 10 (14,28%) kesalahan, bidang sintaksis mencapai 9 (12,85%) kesalahan, dan bidang semantik mencapai 3 (4,28%) kesalahan. Jenis kesalahan berbahasa yang paling banyak ditemukan yaitu dalam bidang ejaan yang mencapai 40 (57,14%) kesalahan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12