cover
Contact Name
Muhammad Risal
Contact Email
muhammadrisal2012@gmail.com
Phone
+6282158754039
Journal Mail Official
jurnal.adm.reform@unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrative Reform
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23376709     EISSN : 26156709     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jar
Lingkup dan fokus naskah Jurnal Administrative Reform mencakup bidang Administrasi Negara. Tujuan dari penerbitan Jurnal Administrative Reform adalah sebagai media publikasi ilmiah dalam rangka pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di bidang Administrasi Negara. Jurnal Administrative Reform memuat tulisan ilmiah yang berasal dari hasil penelitian yang terkait dengan administrasi negara, serta tulisan ilmiah di bidang pemerintahan, birokrasi, pelayanan publik, manajemen, organisasi, dan politik dari kalangan akademisi, praktisi serta para profesional di bidang Administrasi Negara.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM" : 8 Documents clear
PENGARUH FAKTOR BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Djaitun, Siti; Margono, Anthonius; Irawan, Bambang
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.589 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.487

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor budaya organisasi dan motivasi terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai di lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur. Budaya organisasi dapat membantu meningkatkan prestasi kerja pegawai, karena menciptakan suatu motivasi yang luar biasa bagi pegawai untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh  organisasinya. Dalam rangka mewujudkan  budaya organisasi yang cocok  diterapkan  pada sebuah organisasi, maka diperlukan adanya dukungan  dan partisipasi  dari semua  anggota yang ada  dalam lingkup  organisasi. Dalam upaya  untuk mencapai prestasi kerja pegawai Dinas Perhubungan  Provinsi Kalimantan Timur sangat ditentukan oleh  beberapa faktor yang secara teoritis mempunyai  keterkaitan  yang antara lain meliputi : faktor-faktor budaya organisasi dan motivasi kerja
KORELASI ANTARA REDESAIN ORGANISASI DENGAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI UPTD PENGEMBANGAN PERLINDUNGAN TANAMAN PERKEBUNAN PADA DINAS PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Sopian .; Adam Idris; Heryono Susilo Utomo
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.242 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.483

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan korelasi antara Redesain Organisasi dengan fungsi manajemen Sumber Daya Manusia di UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Adanya Korelasi yang positif artinya Apabila ReDesain Organisasi dibuat dengan profesional dengan memperhatikan asas-asas Organisasi seperti Struktur Organisasi, Pembagian Kerja, Wewenang dan Tanggung Jawab, Kesatuan Perintah, maka Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusaia seperti Pendidikan dan Pelatihan serta Kreativitas Pegawai akan meningkat dan berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila dilakukan ReDesain Organisasi di UPTD P2TP  (Pengembangan Pengendalian Tanaman Perkebunan) Provinsi Kalimantan Timur pada Dinas Perkebunan Propinsi Kalimantan Timur melalui Struktur Organisasi, melalui Pembagian Kerja, melalui Wewenang dan Tanggung Jawab serta kesatuan Perintah, maka Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia seperti pendidikan dan Pelatihan serta Kreativitas Pegawai akan meningkat.
IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA SAMARINDA NOMOR 20 TAHUN 2012 TENTANG JAMINAN KESEHATAN DAERAH Suwarso .; Muhammad Jamal Amin; Achmad Djumlani
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.176 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.484

Abstract

Implementasi Pelayanan Kesehatan Peserta Jamkesda Di Rumah Sakit Abdul Wahab  Syahranie Kota  Samarinda adalah kemampuan untuk membantu pasien dan memberikan pelayanan dengan cepat, kemudian kompetensi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan dan untuk akses atau  keterjangkauan para pasien yang ingin berobat ke rumah serta sikap sopan santun, respek, perhatian dan keramahan para petugas rumah sakit yang langsung berhubungan dengan pasien secara keseluruhan sudah cukup baik dilaksanakan, untuk mencapai hasil yang optimal, maka pelayanan yang diberikan kepada pasien atau peserta kartu jamkesda perlu ditingkatkan lagi.
PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KANTOR CAMAT LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KUTAI KARTANEGARA NO. 7 TAHUN 2012) Ilham .; Dan Buntu Paranoan; Enos Paselle
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.592 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.480

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pelayanan  Administrasi  Terpadu  Kecamatan  (PATEN di  Kantor Camat Loa Janan Kabupaten Kutai Kartenagara. Fokus penelitian yang ditetapkan meliputi mekanisme pelayanan administrasi terpadu, transparansi petugas dalam memberikan pelayanan, ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, kedisiplinan aparatur dalam pelayanan, sarana dan prasarana penunjang pelayanan, kerjasama/koordinasi antar petugas pelaksana, dan keramahtamahan aparatur dalam memberikan layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), sebagaimana yang diatur melalui kebijakan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 7 tahun 2012 secara implementatif telah membawa perubahan yang berarti terhadap kualitas layanan. Meskipun secara aplikatif pelayanan administrasi terpadu  belum mencapai hasil yang optimal, tetapi tindakan-tindakan yang dilakukan Camat Loa Janan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan dan mendapatkan apresiasi masyarakat di wilayah Kecamatan loa Janan. Dengan diterapkan pelayanan administrasi terpadu, semua jenis pelayanan dapat diselesaikan dalam satu pintu (one door service) sehingga para pemakai jasa tidak lagi dihadapkan pada jalur birokrasi yang berbelit-belit dan pengorbanan yang tinggi dan layanan dapat diselesaikan lebih efektif dan efisien. Kurang optimalnya implementasi pelayanan administrasi terpadu,  tidak dibarengi dengan berbagai faktor penunjang diantaranya sumber daya aparatur yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai, sikap dan perilaku aparatur yang baik dan kedisplinan aparatur  yang mampu memegang teguh etika profesi.
EVALUASI PROGRAM REVITALISASI SARANA BANTU NAVIGASI PELAYARAN DAN PRASARANA KESELAMATAN PELAYARAN PADA DISTRIK NAVIGASI TARAKAN-KALIMANTAN TIMUR Wiji Santoso; Aji Ratna Kusuma; Heryono Susilo Utomo
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.127 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengevaluasi program Revitalisasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Prasarana Keselamatan Pelayaran dalam menunjang Transfortasi laut guna menciptakan sistim transfortasi laut yang aman dan dapat menjamin Keselamatan Pelayaran yang handal di wilayah kerja Distrik Navigasi Kota Tarakan provinsi Kalimantan Timur. Hasil Penelitian menegaskan bahwa diperlukan kondisi alur pelayaran yang aman dan nyaman didalam melakukan pelayaran dari dan menuju kepelabuhan dan melalui program Revitalisasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Prasarana Keselamatan Pelayaran MelakukanPenyusunan program terpadu dalam penempatan aset vital di lokasi-lokasi strategis, melakukan inventarisasi dan skala prioritas dalam perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan Anggaran, pengaturan dan peningkatan jadwal frekuensi perawatan dan pemeliharaan terhadap Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Prasarana Keselamatan Pelayaran 
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN KUTAI TIMUR Sri Wahyuni; Adam Idris; Muhammad Noor
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.908 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.481

Abstract

Kinerja merupakan hal yang sangat penting bagi organisasi khususnya organisasi Pemerintah. Dengan pengukuran kinerja  suatu organisasi dapat  memanfaatkan  dan meningkatkan efektivitas  dan efisiensi sumber daya manusianya, sebagai dasar pendistribusian  penghargaan, membantu dalam upaya pertimbangan  dan pengambilan keputusan serta mengidentifikasikan  kebutuhan  pelatihan dan pengembangan sumber  daya pegawai. Berkaitan dengan keberadaan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur salah satu tugas pokoknya menangani masalah sumber daya aparatur dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya aparatur secara baik dan berkesinambungan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta pencapaian hasil kerja Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur. Dalam upaya  untuk mencapai prestasi kerja pegawai Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur meliputi  motivasi kerja, kemampuan, lingkungan kerja, disiplin kerja, kepemimpinan dan kepribadian.
PEMBINAAN SUMBER DAYA APARATUR DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NO. 42 TAHUN 2004) Yuslim .; Djumadi .; Sugandi .
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.206 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i3.486

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembinaan sumber daya aparatur dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara berdasarkan Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2004  tentang Pembinaan Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Fokus penelitian meliputi : Pendidikan dan Pelatihan, Pendisplinan kerja pegawai,  pengembangan karier, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan sumber daya aparatur secara implementatif yang dilakukan Camat Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara melalui pendidikan dan pelatihan, penegakan disiplin kerja, dorongan dalam pengembangan  karier pegawai, dan pemberian penghargaan meskipun belum optimal tetapi pembinaan yang dilakukan melalui beberapa instrument pembinaan tersebut telah menunjukkan hasil cukup baik dan memberikan kontribusi yang berarti untuk menunjang kelancaran layanan pada publik. Pembinaan yang dilakukan tersebut, selain dapat meningkatkan keterampilan dan keahlian aparatur juga dapat memperbaiki sikap dan perilaku aparatur dalam upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat.
ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PERTAMBANGAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN MAKROMAN Samuel Risal; Dan Buntu Paranoan; Suarta Djaja
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52239/jar.v1i3.482

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran kondisi riil sosial ekonomi masyarakat di Makroman untuk menganalisis dampak kebijakan pertambangan batubara dan merekomendasikan sistem pengelolaan sumber daya alam yang berpihak pada masyarakat. Amanat UUD 1945 pasal 33 menegaskan tentang penguasaan negara terhadap bumi, air, dan kekakayaan alam untuk dipergunakan sebesar-besarnya  kemakmuran rakyat. Tetapi UU No. 4 tahun 2009, tentang Minerba sebagai kebijakan pengelolaan sumber daya alam negara tidak berbanding lurus dengan amanat UUD 1945 tersebut. Pemerintah daerah diberikan kewenangan yang sangat luas sehinga rawan terhadap penyalahgunaan wewenang yang berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambangan batubara berdampak positif terhadap perekonomian sebagaian kecil masyarakat di sekitar perusahaan yaitu memberikan peluang kerja dan peluang usaha seperti warung makan, warung sembako dan usaha kontarakan rumah. Tetapi di sisi lain, pertambangan batubara membawa dampak negatif yang besar. Konflik antara masyarakat dan perusahaan yang dipicu oleh banjir lumpur yang mengalir ke areal pertanian warga, mengakibatkan hasil pertanian menyusut. Sebagian besar lahan pertanian dialihfungsikan sebagai areal pertambangan mengakibatkan sebagaian masyarakat kehilangan lahan sebagai sumber kehidupan mereka antar generasi. Pertambangan tidak menjamin kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat sebagaimana yang terjadi Makroman. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2013 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 10, No 1 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 2 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 1 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 4 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 3 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 4 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 3 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 1 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 2 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 4 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 3 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 1 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 4 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 4 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 4 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 3 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 2 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 2 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM More Issue