cover
Contact Name
Novi Puji Lestari
Contact Email
novipujilestari61@gmail.com
Phone
+6282232951386
Journal Mail Official
novipujilestari61@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Studi Kasus Inovasi Ekonomi
ISSN : 25286269     EISSN : 26232103     DOI : https://doi.org/10.22219/skie.v3i2
Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis digital; 4) pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil, mikro dan menengah (UKM); dan 5) pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 02 (2022)" : 10 Documents clear
KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19 Detak Prapanca; Sriyono Sriyono; Sarwenda Biduri
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.20493

Abstract

Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Abdimas ini memberikan solusi permasalahan yang ada melalui penguatan digital marketing dan kelembagaan terhadap UMKM untuk meningkatkan kinerja UMKM. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode riset aksi atau sering dikenal dengan istilah PAR atau Participatory Action Research.. Mitra dalam kegiatan ini adalah pemilik usaha lele yang berada di desa tersebut. Hasil yang diperoleh saat terjun kelapangan adalah ditemukan kelemahan dari UMKM bahwa UMKM tidak mampu mengatasi masalah pemasaran yang ada serta lemahnya legalitas kelembagaan yang dimiliki sehingga UMKM tidak mampu bersaing. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi dan implementasi digital marketing serta pembuatan legalitas kelembagaan.
PENDAMPINGAN DALAM PEMBENTUKAN ORGANISASI FORUM ENTREPRENEUR MUSLIMAH MALANG RAYA Novi Puji Lestari; Rizki Febriani
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.21683

Abstract

Jumlah UMKM wanita Indonesia di era pandemic Covid-19 mengalami peningkatan. Sayangnya, peningkatan ini tidak diiringi dengan peningkatan kemampuan dalam bidang sumber daya manusia (SDM). Forum Entrepreneur Muslimah Malang Raya adalah sebuah forum yang dibentuk untuk bisa memberikan manfaat dan menjadi tempat berbagi informasi dan pengetahuan sesama pengusaha muslimah di Malang Raya. Dalam perjalanannya, forum ini belum mempunyai tata kelola keorganisasian secara formal dan hal ini menjadi penghalang forum pengusaha muslimah untuk berkembang. Oleh karena itu, Tim pengabdian Masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Malang akan melakukan pendampingan terkait pembentukan organisasi terkait struktur organisasi serta visi misi dan program kerja. 
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK ETAP PADA UMKM BINAAN DINAS PERTANIAN, KELAUTAN, DAN PERIKANAN KOTA PAREPARE Yadi Arodhiskara; Fajar Ladung; Jumriani Jumriani; Suherman Suherman
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.21686

Abstract

Lemahnya pemahaman siklus akuntansi, misalnya dalam penyusunan laporan keuangan pada Usaha Menenggah, Kecil Mikro (UMKM) Binaan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare merupakan salah satu indikator kurang baiknya pengelolaan keuangan UMKM di Kota Parepare. Sebagai entitas bisnis lokal, UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan membantu dan meningkatkan kapasistas UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, pelatihan dan pendampingan. Ceramah dilakukan untuk memberikan informasi pentingnya pencatatan dan pelaporan keuangan, diskusi dilakukan untuk menerima permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan, pelatihan dilakukan untuk mengajarkan penyusunan laporan keuangan dan pendampingan dilakukan untuk membimbing UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Hasil kegiatan berupa tersusunnya laporan keuangan UMKM.
PENGEMBANGAN DAYA TARIK OBYEK WISATA DESA BRING RAHARDJO JUNREJO KOTA BATU Ahmad Waluya Jati; Sri Wahjuni Latifah; Wardatul Jannah
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.21720

Abstract

Pasar wisata Bring Rahardjo merupakan pasar tradisional yang berdiri di rumpun bambu yang tumbuh menjulang tinggi. Wisata Bring Rahardjo dekat dengan sumber air yang disakralkan oleh warga. Permasalahan yang dihadapi dalam menghadirkan wisata Bring Rahardjo adalah kurangnya tempat wisata yang ikonik dan media publikasi yang digunakan pengelola wisata kurang optimal. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan wisata Bring Rahardjo yaitu membuat spot foto di lokasi yang menarik dengan tetap menggunakan nuansa tradisional, membuat petunjuk arah menuju lokasi objek wisata, membuat spanduk dan membuat website wisata Bring Rahardjo. Hasil pelaksanaan pembangunan spot foto baru, spanduk di tempat wisata beserta petunjuk arah jalan diserahkan kepada perangkat desa yang ditandai dengan serah terima kegiatan yang telah dilakukan oleh tim pengabdi dan dibantu oleh pengelola dan warga masyarakat sekitar.
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA MINUMAN TRADISIONAL DI DESA JATIKERTO KECAMATAN KROMENGAN KABUPATEN MALANG Dewi Nurjannah; Sri Nastiti Andharini
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.21750

Abstract

Potensi sumber daya di Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang dimana masyarakat yang memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam tanaman sayuran untuk kebutuhan sehari-hari seperti beluntas, sawi, bayam, pepaya dan lain-lain juga menanam jahe, lengkuas, kunyit dan lain-lain untuk bumbu. Banyak orang telah menggunakan jamu ini untuk minuman dan saat ini hanya menggunakan minuman keluarga untuk kebutuhan mereka. Hal ini perlu disikapi dengan pelatihan yang melibatkan perempuan dalam memanfaatkan dan mengelola tanaman bumbu dapur yang tergolong tanaman toga (tanaman obat keluarga) sehingga dapat ditingkatkan manfaatnya menjadi minuman tradisional yang memiliki nilai tambah bagi keluarga. Pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pengetahuan ibu-ibu Desa Jatikerto dalam peluang usaha (2) Memberdayakan ibu- ibu dalam pemanfaatan sumber daya desa berupa tanaman obat keluarga (Toga) menjadi minuman tradisional yang memiliki nilai jual nilai (3) Membuat kemasan yang menarik ke pasar. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah dan metode demonstrasi untuk mempraktekkan tata cara pembuatan jahe instan, minuman kunyit instan dan membuat kemasan yang menarik. Hasil dari kegiatan ini adalah produk minuman tradisional memiliki nilai jual sehingga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga kelompok ibu-ibu di desa Jatikerto. Pada masa pandemi, peserta berjumlah delapan orang dan menghasilkan produk minuman jahe instan dan kunyit instan yang siap dijual.
ASISTENSI SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI OLEH MAHASISWA RELAWAN PAJAK STIE TUAH NEGERI DUMAI Lailani Fitria; Shawila Dwi Shafitri; Ulfa Chania Kinasih; Mutiara; Santi; Ica; Ayu Astuti
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.22329

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar tri darma perguruan tinggi, menyikapi itu, SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Tuah Negeri Dumai turut serta berpartisipasi dalam mewujudkan program pengabdian masyarakat bekerja sama dengan Direktorat Jendral Pajak melalui Kanwil DJP dan KPP PratamaDumai. Kantor PelayananPajak Kota Dumai menciptakan team Relawan Pajak yang menyertakan mahasiswa untuk membantu Wajib Pajak Orang Pribadi dalam menjalankan kewajiban pajaknya. Sasaran pengabdian ini adalah wajib pajak yang memiliki npwp dan berada di kota dumai. Saat ini Direktorat Jendral Pajak telah memperkenalkan cara mudah untuk melaporkan Surat PemberitahuanTahunan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi melalui web djp online denganfitur e-filing di internet. Hasil kegiatan relawan pajak STIE Tuah Negeri dapat dikatakan efektif yang dibuktikan dengan beberapa wawancara dengan wajib pajak yang merasa terbantu melalui program Tax Volunteer. Para relawan pajak sangat konsisten dalam menuntun dalam memberikan petunjuk cara pengisian SPT sehingga wajib pajak dapat memahami tata cara pelaporan SPT secara online.
PEMETAAN PELUANG DAN TANTANGAN BADAN USAHA MILIK DESA MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI DESA KESAMBEN, KABUPATEN MALANG Dewi Ambarwati; Joni Joni; Imam Buhari; Dian Aisya Putri; Dewi Indah Sari
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.22334

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk pengembangan ilmu bagi masyarakat. Salah satu cara untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Raden Rahmat (UNIRA) Malang yang bertempat di desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh desa mitra yang terkait dengan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dinyatakan bahwa desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa. Begitu pula desa Kesamben yang berinisiasi untuk mendorong kemandirian masyarakat desa sekaligus perekonomian desa. Tetapi faktanya, BUM Desa dalam kurun waktu 2015 hingga saat ini masih belum optimal bahkan cenderung mengalami stagnansi usaha. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi dan FGD (Focus Group Discussion) yang melibatkan masyarakat desa setempat, perangkat desa, dan seluruh perangkat BUM Desa. Hasil yang di peroleh dalam kegiatan tersebut adalah (1) ditemukan beberapa permasalahan utama yang harus segera diatasi dalam pengelolaan BUM Desa, seperti aspek legalitas BUM Desa, pengaturan organisasi hingga pemilihan produk unggulan yang akan dikelola melalui BUM Desa, dan (2) muncul permintaan dari desa untuk melakukan pendampingan secara terstruktur dan intensif terkait dengan pendaftaran BUM Desa sebagai badan hukum.
UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PETANI BUNGA KOPENG Silvia Hendrayanti; Fidyah Yuli Ernawati
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.22387

Abstract

Belum adanya standar dalam mengelola Limbah dan standar pembuatan pupuk organik cair (POC)  menjadi permasalahan yang belum terpecahkan bagi para petani bunga di kawasan Wisata Kopeng. Adanya standar tersebut akan berdampak pada efisiensi biaya produksi pupuk. Lokasi pendampingan berada di Kawasan Wisata bunga Kopeng, Kabupaten Semarang. Pendampingan ini dilaksanakan karena pengetahuan yang kurang dalam pemanfaatan limbah rumah tangga dan kurangnya pengetahuan dalam mengatur biaya produksi agar efisiens bagi para petani bunga Kopeng. Hal inilah yang menjadi pertimbangan untuk melakukan kegiatan tersebut. Beberapa Petani bunga di Kawasan ini tidak melakukan upaya penanganan saat membuang limbah rumah tangga. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pendampingan pembuatan pupuk organik (POC) dari limbah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga adalah memberikan informasi pengetahuan serta menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengolahan limbah secara efisien, sehingga para Petani bunga tidak sembarangan menumpuk sampah-sampah organik yang nantinya akan menimbulkan aroma tidak sedap sehingga mengundang penyebaran bibit penyakit. Selain itu adanya pengolahan limbah yang baik dapat menjadikan efisiensi pada biaya produksi yang pada akhirnya akan memberikan laba/ pendapatan yang optimal bagi para petani bunga di Kawasan Kopeng. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah menyajikan materi kemudian melakukan Presentasi pada peserta pelatihan. Pendampingan masyarakat ini berhasil menumbuhkan kesadaran para petani akan pentingnya hidup sehat dan kreatif, memotivasi para petani agar tidak mendekati pestisida dan pupuk kimia dan beralih kepada pupuk organik cair (POC), serta melatih para peserta untuk belajar mengatur biaya produksi agar lebih efisien karena akan berdampak pada pendapatan/ laba yang akan mereka peroleh.
PENGUATAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING PADA EDOTEL SKALA SMK NEGERI 1 LAMONGAN, JAWA TIMUR Chalimatuz Sa'diyah; Luqman Dzul Hilmi; Fika Fitriasari
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.22420

Abstract

SMKN (Sekolah Menegah Kejuruan Negeri) I Lamongan yang terletak di pusat Kota Lamongan merupakan sekolah yang hingga saat ini telah menyediakan 4 bidang keahlian dengan rincian 11 program keahlian didalamnya. Demi mendukung CoE, pihak SMKN I Lamongan telah membangun dan meresmikan hotel setara bintang tiga dengan nama edOTEL SKALA. Terdapat beberapa permasalahan di SMKN 1 Lamongan diantaranya: SDM dan peralatan untuk manajemen pemasaran secara digital untuk penginapan edOTEL SKALA yang belum efisien; Manajemen presensi bagi tata kelola SDM belum optimal, serta monitoring terhadap mereka belum efektif. Untuk menyelesaiakan peramsalahan mitra, tim pengabdian kali ini menggunakan perencanaan program pengabdian masyarakat pada mitra bersifat model bottom-up (keadaan permasalahan lapangan-keputusan penanganan). Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan menghasilkan beberapa hal yang dapat membantu mitra. Pertama adalah dengan membantu melakukan pengadaan alat yakni 1 set peralatan digital marketing dan juga telah melakukan pembinaan untuk menggunakan peralatan pendukung digital marketing terhadap guru, staff, maupun siswa-siswi program keahlian perhotelan. Selanjutnya melaksanakan pembinaan yang menghasilkan peningkatan kemampuan digital marketing pada program keahlian Perhotelan melalui kolaborasi dengan program keahlian Pemasaran dan Desain Komunikasi Visual. Kedua yakni membantu pembuatan dan penerapan dashboard untuk presensi program keahlian perhotelan di SMKN 1 Lamongan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pengembangan dashboard presensi agar presensi tidak dilaksanakan secara manual.
PENGEMBANGAN DESA WISATA PENDEM KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU Marsudi Marsudi; Mursidi Mursidi; Iqbal Robbie
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 6 No. 02 (2022)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v6i02.22859

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini berlokasi di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu yang bertujuan untuk menunjang Kota Wisata Batu, Desa Pendem mempunyai slogan Desa Berdaya Kota Berjaya. Sebagai lanjutan dari program pengabdian masayarakat tahun lalu dan melaksanakan RPJM Desa tahun 2020-2025 maka tim pengabdi melihat kawasan sungai yang bisa dioptimalkan pemanfaatannya. Hasil identifikasi masalah di lapangan ditemukan bahwa pihak desa membutuhkan konsep desa wisata khususnya wisata di sekitar aliran sungai. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pembentukan sungai tematik dan wisata kawasan sungai. Penetapan pengabdian kepada masyarakat Desa Pendem sangat tepat karena masyarakat di daerah tersebut menginginkan adanya perubahan pada lingkungan alam sekitar, khususnya sungai yang ada dan dapat menciptakan manfaat dari alam tersebut. Hasilnya adalah : pelatihan berjalan dengan baik dengan terbentuknya SOP pengembangan desa wisata.

Page 1 of 1 | Total Record : 10