cover
Contact Name
Elihami
Contact Email
elihamid72@gmail.com
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
elihamid72@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jenderal Sudirman No. 17 Enrekang, Sulawesi Selatan-Indonesia, Post Code 91712
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
ISSN : -     EISSN : 27164446     DOI : DOI Prefix: 10.33487/
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel hasil studi dan penelitian di bidang bimbingan dan konseling, konseling psikologis, bimbingan pribadi, bimbingan akademik, bimbingan sosial, konseling karir, konseling keluarga, konseling spiritual, isu Multikultural dalam Konseling dan Psikologi Pendidikan dan semua aspek yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. Jurnal ini diterbitkan dua (2) kali per tahun.
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling" : 41 Documents clear
Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Agus Purwanto; Rudy Pramono; Masduki Asbari; Choi Chi Hyun; Laksmi Mayesti Wijayanti; Ratna Setyowati Putri; priyono Budi santoso
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.226 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi kendala proses belajar mengajar secara online di rumah akibat dari adanya pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat dari pandemic COVID-19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, responden sebanyak 6 orang guru dan orang tua murid di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5 dan R6. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru dan orang tua murid di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu penguasaan teknologi masih kurang, penambahan biaya kuota internet, adanya pekerjan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar, komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang dan Jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah.
Dampak Sinetron Romantis Terhadap Perilaku Anak Sekolah Dasar Devita Inanda Hernawan
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.836 KB)

Abstract

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui dampak sinetron romantis terhadap perilaku anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa data dari berbagai jurnal dengan judul yang sama, kemudian menganalisis data tersebut shingga menemukan permasalahan yang sama yang akan dikaji. Analisis data dengan menggunakan tiga analisis model interaktif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan data dengan cara menyimak dan mencatat.
Studi Kasus: Pengaruh Pendidikan Karakter dan Tata Nilai terhadap Kecerdasan Emosi dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar di Serpong Pierre Senjaya; Fredson Kotamena; Charter Bing Andika; Agus Purwanto
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.819 KB)

Abstract

Karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan jati diri seorang siswa. Namun, upaya pembentukan karakter siswa melalui sebuah riset pendidikan dengan pendekatan fenomenologi belum banyak dilakukan oleh praktisi pendidikan. Manusia sebagai subyek pendidikan bersifat dinamis, maka dibutuhkan suatu pendekatan yang mendalam, holistik dan humanistik untuk mengkajinya. Pendekatan fenomenologi merupakan alternatif yang tepat untuk riset dalam pendidikan. Fokus pada tulisan ini adalah mengenai Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Tata Nilai Terhadap Kecerdasan Emosi Dan Kemandirian Siswa.­­­ Salah satu poin penting yang menjadi kelebihan studi fenomenologi adalah pengalaman yang tersembunyi di dalam aspek filosofis dan psikologis individu dapat terungkap melalui narasi sehingga peneliti dan pembaca seolah dapat mengerti pengalaman hidup yang dialami oleh subjek penelitian
Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD Unik Kurniawati
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.695 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang dilakukan dengan metode dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran yang dilakukan orang tua yang dapat memengaruhi kemampuan membaca siswa di tingkat sekolah dasar kelas 2. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa. Perkembangan kemampuan membaca siswa tidak lepas dari peran orang tua. Dimana orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan siswa terutama dalam hal ini adalah kemampuan membaca. Siswa memiliki kemampuan membaca yang baik dan memadai jika mendapatkan motivasi dan dorongan dari orang tua. Ketika siswa memiliki peluang untuk berkembang, memiliki antusias yang tinggi dalam belajar, namun karena kurangnya dukungan dari orang tua akan menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan siswa, terutama dalam hal membaca. Karena membaca merupakan jendela dunia, diharapkan orang tua mampu memberikan dukungan untuk mereka berkembang dengan baik.
Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan Keterlibatan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai Mediator Agus Purwanto; Masduki Asbari; Rudy Pramono; Pierre Senjaya; Agus Hari Hadi; Yulia Andriyani
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.224 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru sekolah dasar dengan budaya kerja dan keterlibatan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan Responden penelitian ini sebagai sampel adalah para guru yang berasal dari 10 sekolah dasar di Kabupaten Pati sebanyak 100 guru. Metode pengumpulan data dengan mengedarkan angket secara online kepada guru sekolah. Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model menunjukkan bahwa lima hipotesis penelitian diterima karena nilai-p <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru, semakin tinggi kepemimpinan, semakin tinggi pula kinerja guru.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kapabilitas Inovasi Guru dalam Perspektif Organizational Learning Miyv Fayzhall; Agus Purwanto; Masduki Asbari; Sucipto Basuki; Mustofa Mustofa; Dhaniel Hutagalung; Siti Maesaroh; Winanti Winanti; Gusli Chidir; Fransisca Sestri Goestjahjanti; Yulia Andriyani
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1521.458 KB)

Abstract

This study aims to measure the influence of transformational and transactional leadershipon the teacher innovation capability in one of private school in Tangearng mediated by organizational learning. Data collection was carried out by simple random sampling via electronic to a population of the teachers. The returned and valid questionnaire results were 199 samples. Data processing using SEM method with SmartPLS 3.0 software. The results of this study are transformational leadership have positive and significant effect on teacher innovation capability, both directly and through mediating organizational learning. While tansactional leadership has positive and significant effect on teacher innovation capability only through mediating organizational learning. Because, transactional leadership has not significant effect on the teacher innovation capability directly. This novel research is proposing a model to build innovation capability amongteachers through transformational and transactional leadeship with organizational learning as mediation. This research can pave the way to improve teacher readiness in facing the education4.0 era
Studi Eksplorasi Dampak Work From Home ( WFH ) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19 Agus Purwanto
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.776 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mendapatkan informasi keuntungan dan kekurangan dari kerja di rumah ( Work From Home) selama masa pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi keuntungan dan kekurangan dari kerja di rumah ( Work From Home) selama masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini, responden sebanyak 6 orang di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5 dan R6. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Responden untuk penelitian ini adalah para guru dan di sebuah sekolah dasar di Tangerang. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa keuntungan dan kerugian pada progam WFH, keuntungannya yaitu Kegiatan WFH lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan, tidak mengikuti jam masuk kantor, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar ongkos transportasi atau biaya bensin, bisa meminimalisir tingkat stres yang dialami Selain kemacetan lalu lintas dari rumah menuju kantor, memiliki lebih banyak waktu luang. Kerugian dari WFH adalah adalah bisa kehilangan motivasi kerja menanggung biaya listrik dan internet,dapat menimbulkan masalah keamanan data.
Impact of Hard Skills, Soft Skills and Organizational Culture: Lecturer Innovation Competencies as Mediating Masduki Asbari; Agus Purwanto; Freddy Ong; Anggaripeni Mustikasiwi; Siti Maesaroh; Mustofa Mustofa; Dhaniel Hutagalung; Yulia Andriyani
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.14 KB)

Abstract

This study aims to measure the effect of hard skills and soft skills on the innovation ability of private university lecturers in Jabodetabek mediated by organizational culture. Data collection is done by simple random sampling via electronic to the population of private university lecturers in Jabodetabek. The returned and valid questionnaire results are 513 samples. Data processing using SEM method with SmartPLS 3.0 software. The results of this study concluded that hard skills and soft skills have a positive and significant effect on the ability of lecturers' innovation, both directly and indirectly through organizational culture mediation This new research proposes a model to build the ability of lecturer innovation among the lecturers of private tertiary institutions in Jabodetabek through enhancing hard skills and soft skills with organizational culture as a mediator. This research can pave the way to improve the readiness of lecturers in facing the 4.0 education era.
Peran Kepemimpinan Transformasional dan Organisasi Pembelajaran terhadap Kapasitas Inovasi Sekolah Masduki Asbari; Agus Purwanto; Miyv Fayzhall; Fransisca Sestri Goestjahjanti; Winanti Winanti; Teguh Yuwono; Dhaniel Dhaniel Hutagalung; Sucipto Basuki; Siti Maesaroh; Mustofa Mustofa; Gusli Chidir; Ahmad Yani
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1081.434 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi terhadap kapasitas inovasi sekolah. Pengumpulan data dilakukan secara simple random sampling melalui elektronik pada populasi guru sekolah swasta di Indonesia. Hasil kuesioner yang kembali dan yang valid adalah 429 responden sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan metode SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapastas inovasi sekolah. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah. Novelty penelitian ini adalah mengajukan model membangun kapasitas inovasi sekolah melalui kepemimpinan transformasional dalam perspektif organisasi pembelajaran. Penelitian ini bisa membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya sekolah swasta untuk menghadapi revolusi industri 4.0.
Dampak Covid – 19 terhadap Prekonomian Indonesia Silpa Hanoatubun
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.302 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia saat ini dan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan analisis data ,reduksi data,display data dan verifikasi/kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan dampak Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia saat ini dengan berbagai dampak yang terjadi pada perekonomian karena pandemic Covid-19 yang terjadi pada sat ini maka itu perlu mengetahui dampak-dampak yang terjadi yaitu terjadi kesusahan dalam mencari lapangan pekerjaan,susah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga tidak mempunyai penghasilan dalam memenuhi kebutuhan untuk sehari-hari dn juga banyak kesusahan yang di terima dari semua sector perekonomian dalam semua bidang juga merasakan dampak dari Covid-19.