cover
Contact Name
Ni Putu Yuliana Ria Sawitri
Contact Email
equilibrium.feb@unr.ac.id
Phone
+62895801000213
Journal Mail Official
equilibrium.feb@unr.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Ngurah Rai No. 30, Desa penatih, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EQUILIBRIUM
Published by Universitas Ngurah Rai
ISSN : 24433934     EISSN : 27231704     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE) adalah jurnal ilmiah elektronik yang menerbitkan hasil studi manajemen dan bisnis. MBE diterbitkan secara berkala setiap 6 bulan sekali dengan format online. Editor MBE menerima hasil studi tertulis di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan kewirausahaan, baik studi empiris dan teoritis yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dan belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di media lain. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan diedit untuk keseragaman format, istilah, dan prosedur lainnya sesuai dengan gaya lingkungan yang berlaku untuk Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar. Selanjutnya naskah akan di lakukan review dan analisis kelayakan oleh Dewan Mitra Bestari yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dan terdiri dari 1 orang Professor dan 9 orang Dosen bergelar Doktor dan telah memiliki Scopus ID. Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium (MBE) diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium" : 12 Documents clear
Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Simpanan Sebagai Variabel Intervening Nurmin Arianto; Yulia Krismania Nirwana
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah aktif pada tahun 2019 sebanyak 7.921 nasabah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Proporsional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner tertutup yang diukur dengan skala Likert. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan study kepustakaan. Teknik Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, koefisiensi determinasi R2, uji sobel (sobel test), uji model, uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan Nasabah tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. Kualitas Pelayanan tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah, maka kepuasan tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Online Food Delivery Service Di Bali Putu Laksmita Dewi Rahmayanti; Ni Wayan Ekawati
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.714

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat banyak pengusaha kuliner gulung tikar. Kebijakan pemerintah yang membatasi makan di tempat bahkan melarang makan di tempat membuat penyedia layanan pesan antar makanan online sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, peneliti mengangkat masalah ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi penjualan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Online Food Delivery Service di Bali. Metode penelitian menggunakan model persamaan struktural yang bersumber dari data primer responden. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner dengan Google Form untuk 117 pelanggan Online Food Delivery Service di Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, karena jumlah populasi sampel tidak dapat diketahui secara akurat. Analisis data menggunakan SMART-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Jenis Kelamin, IPK Dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja Ni Komang Ayu Idayanti; Ni Luh Eka Ayu Permoni
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.733

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh jenis kelamin, IPK serta semester terhadap literasi keuangan mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Penentuan sampel didasarkan pada teknik proporationate stratified random sampling dengan jumlah sebanyak 86 sampel. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: (1) Jenis kelamin berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa. (2) IPK berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa. (3) Semester berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa.
Pengaruh Brand Image, Service Excellent, Dan Product Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT.BPR Indra Candra Ni Luh Nurkariani; Luh Sinta Patma Yani
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.747

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Service Excellent danProduct Quality terhadap kepuasan nasabah di PT. BPR INDRA CANDRA. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di salah satu BPR di Singaraja yaitu tepatya di PT. BPR Indra Candra Singaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuisioner dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Probability sampling. Responden yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi berganda sederhana dengan menggunakan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan hasil penelitian pada analisis regresi berganda diperoleh hasil Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPR Indra Candra Singaraja sebesar 0,296. Service Excellent(X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y) pada PT. BPR Indra Candra Singaraja. Service Excellent memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPR Indra Candra Singaraja. Product Quality(X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y) pada PT. BPR Indra Candra Singaraja. Product Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPR Indra Candra Singaraja. Hasil dari analisis Brand Image, Service Excellentdan Product Quality secara parsial berpengaruh signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah di PT BPR Indra Candra Singaraja sebesar 58,4% dengan nilai r atau korelasi secara simultan adalah sebesar 0,764 yang berarti terdapat hubungan berbanding lurus dan kuat secara bersama-sama antara variabel bebas Brand Image (X1), Service Excellent (X2) dan Product Quality (X3) dengan variabel terikat Kepuasan Nasabah (Y) pada PT. BPR Indra Candra Singaraja.
Pengaruh Mental, Kreativitas Dan Media Promosi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Tenun Songket UD Poni’s Weaving Center Jinengdalem Gusti Made Arya Guna; Ni Luh Sri Kasih
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.748

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Mental, Kreativitas Dan Media Promosi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Tenun Songket UD Poni’s Weaving Center Jinengdalem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Variabel Mental Kewirausahaan, Kreativitas dan Media Promosi berpengaruh terhadap Keberhasilan Usaha di UD Poni’s Weaving Center Jinengdalem yang didukung dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test didapatkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga hipotesis diterima.
Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja: Perilaku Inovasi Sebagai Mediasi Ni Nyoman Sudiyani; Ni Putu Yuliana Ria Sawitri; Mahayanti Fitriandari
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.749

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perilaku inovasi dalam memediasi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini untuk meneliti data yang bersifat statistik serta menguji suatu hipotesis. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan kepada calon responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. BPR Desa Sanur yang berjumlah 42orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu model persamaan structural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis variance yang dikenal dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovasi, perilaku inovasi berpengaruh posiif dan signifikan terhadap kinerja. Perilaku inovasi mampu memediasi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja.
Analisis Determinan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Di Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung) Nyoman Andika Triadhi
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.750

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor determinan yang mempengaruhi kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai sebanyak 94 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan Metode Sampling Total atau sensus dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis determinasi, uji signifikasi parsial (t-test), dan uji signifikansi simultan (F-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial komunikasi intern dan kerjasama tim berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara simultan komunikasi intern dan kerjasama tim berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung.
Pengaruh Tingkat Kesejahteraan, Lingkungan Kerja Fisik, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kampung Ubud Hotel Putu Gede Denny Herlambang; Ni Ketut Sukanti; I Kadek Sara Mandiyasa; Bagus Arya Wijaya
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.725

Abstract

Kinerja seorang karyawan bersifat individual, karena setiap karyawan mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam mengerjakan tugasnya. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan, lingkungan kerja fisik, dan tingkat kedisiplinan karyawan dalam perusahaan. Kesejahteraan adalah balas jasa secara material maupun non material untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental karyawan. Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat di tempat kerja. Kedisiplinan seseorang dalam bekerja dapat dilihat dari kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati SOP perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara tingkat kesejahteraan, lingkungan kerja fisik, dan disiplinakerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Kampung Ubud Hotel. Jumlah sampel yang ditentukan dengan metode sampel jenuh adalah 35 responden. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis uji asumsi klasik untuk model regresi dan uji regresi linear berganda sebagai pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tingkat kesejahteraan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, namun lingkungan kerja fisik dan disiplin kerja berpengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan. Secara simultan tingkat kesejahteraan, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kampung Ubud Hotel.
Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Competitive Advantage Pada Usaha Balinese Arak Keras Cocktail Di Kabupaten Badung I Gusti Putu Agung Widyagoca; Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi; I Wayan Sukantra; Octavianus Sumardana Pratama
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.798

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing bisnis cocktail Arak-Keras Kabupaten Badung Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk hard cocktail shop Bali tahun 2020, besar sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin yaitu 75 responden, dan pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. metode, yaitu penyebaran kuesioner menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif secara simultan dan parsial antara kreativitas dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing bisnis cocktail Arak-Keras Kabupaten Baden di Bali
Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Bali Nyoman Dwika Ayu Amrita; Made Mulia Handayani; Luh Erynayati
Jurnal MBE Manajemen Bisnis, Equilibrium Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ngurah Rai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47329/jurnal_mbe.v7i2.824

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat signifikan terhadap semua aspek perekonomian termasuk pariwisata. Khusus untuk Provinsi Bali, dampak ini sangat terasa dan berpengaruh mengingat Bali merupakan destinasi pariwisata utama. Larangan bepergian dan ketakutan akan penyebaran virus membuat jumlah turis domestik dan turis asing menurun drastis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai literatur seperti buku, artikel, laman internet dan materi webinar untuk mengakses data dan informasi terkini terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap pariwisata Bali. Upaya-upaya telah dilakukan untuk memulihkan semua tujuan wisata yang terkena dampak, termasuk program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) dan meminimalkan kontak fisik (contactless) di semua proses bisnis di industri pariwisata, termasuk pembayaran. Dengan menggunakan teknologi finansial, pariwisata dapat menerapkan proses transaksi untuk mengurangi kontak dengan wisatawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12