cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
rawarah@gmail.com
Phone
+6281217191289
Journal Mail Official
jurnal.jaicb@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Citra Bakti, Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB)
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 27219178     DOI : https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i1
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB) adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian dalam bentuk pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya. JAICB terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu April dan November. JAICB diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JAICB mempunyai ISSN 2721-9178 dengan SK No. 0005.27219178/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2023)" : 22 Documents clear
PENDAMPINGAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI UPTD SDN RIOMINSI KABUPATEN NGADA Wilibaldus Bhoke; Maria Efriliana Diru; Yohana Rasdiyanti; Maria Editha Bela; Melkior Wewe; Pelipus Wungo Kaka; Marsianus Meka; Bernabas Wani; Maria Carmelita Tali Wangge
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.993

Abstract

Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas luar kelas. Kegiatan ini dilakukan seiring dengan pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UPTD SDN Riominsi yang juga bertujuan untuk menambah empati atau kepekaan sosial terhadap permasalahan yang ada, mengasah keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan bekerja sama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini berbentuk observasi lapangan. Sedangkan metode pendampingan dilakukan secara luring. Lokasi kegiatan ini di UPTD SDN Riominsi di Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Bentuk kegiatan pendampingan ini berfokus pada kegiatan literasi. Hasil dari kegiatan ini pada akhirnya memberikan dampak positif baik bagi siswa, guru dan juga sekolah. Dan juga guru menjadi lebih kreatif dan menemukan solusi pembelajaran yang menarik terkait pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran.
PEMANFAATAN SOCIAL COMMERCE DALAM MEMBANTU AKTIVITAS BISNIS BAGI IBU RUMAH TANGGA Lathif Hanafir Rifqi; Ana Zahrotun Nihayah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1569

Abstract

Ibu rumah tangga memiliki potensi lebih untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga. Ibu rumah tangga dapat melakukan aktivitas bisnis dari rumah disamping masih tetap menjalankan aktivitas kerumahtanggaan. Kecanggihan teknologi sangat membantu untuk memanfaatkan potensi tersebut. Aplikasi social media tidak hanya terbatas pada fungsi interaksi sosial semata. Media sosial juga dapat digunakan untuk aktivitas bisnis sehingga familiar disebut dengan social commerce. Secara metodologis ilmiah, kegiatan dilakukan dengan pendekatan service learning. Kegiatan dilaksanakan melalui webinar. Tahapan kegiatan secara garis besar dibagi menjadi tiga yaitu pra kegiatan, kegiatan utama dan evaluasi. Pra kegiatan terdiri dari pembuatan materi, penentuan jadwal, dan publikasi peserta. Sementara kegiatan utama meliputi pembukaan, pemaparan materi, diskusi dan praktik pemanfaatan social commerce. Evaluasi dilakukan dengan mengukur (mengoreksi) tingkat keberhasilan peserta dalam membuat contoh pemanfaatan social commerce. Substansi materi secara garis besar memaparkan strategi memanfaatkan media sosial untuk kegiatan bisnis (komersil). Ada tiga strategi yang dapat dilaksanakan yaitu pengenalan terhadap target audiens, pembuatan konten yang menarik, keaktifan interaksi dengan audiens. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 100% peserta dapat mempraktikkan dalam membuat contoh memanfaatkan social commerce melalui akun social media masing-masing. Hasil yang diperoleh menunjukkan kontribusi pelatihan (pengabdian) dalam meningkatkan kompetensi peserta dalam mengoptimalkan social commerce dalam bianis yang telah atau akan dijalani.
EDUKASI PENJAMINAN MUTU PEMBUATAN MEDIA MIKROBIOLOGI PADA PEMERIKSAAN SEDIAAN KOSMETIK DI PT. TRISZIE LAB INDONESIA Lisa Savitri; Nur Fahma Laili; Datin An Nisa Sukmawati; Syntia Tanu Juwita; Ester Lianawati Antoro; Ida Septika Wulansari; Juan Vega Mahardhika; Yosep Mosse
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1610

Abstract

Penjaminan mutu dalam pembuatan media mikrobiologi pada pemeriksaan sediaan kosmetik sangat penting dilakukan untuk memastikan hasil yang akurat dan berkualitas. Pemilihan bahan baku yang berkualitas, pengendalian proses produksi, dan pengujian kualitas produk jadi merupakan aspek-aspek penting dari penjaminan mutu dalam pembuatan media mikrobiologi. Secara deskriptif, hasil perhitungan instrumen menunjukkan bahwa 8 responden (40%) mengalami peningkatan tingkat pengetahuan mengenai penjaminan mutu pembuatan media pemeriksaan mikrobiologi pada sediaan kosmetik setelah diberikan edukasi, sedangkan 12 responden (60%) tidak mengalami perubahan tingkat pengetahuan. Tingkat pengetahuan responden sebelum dan sesudah edukasi dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23 untuk mengetahui signifikansi edukasi. Data diuji menggunakan uji Shapiro-Wilk dan hasilnya menunjukkan nilai sig. sebelum dan sesudah edukasi ? 0,05, menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan nilai p sebesar 0,038 ? 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi. Pada tahap simulasi, mitra diberikan kesempatan untuk melakukan pembuatan media pemeriksaan mikrobiologi pada sediaan kosmetik. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar responden berhasil melakukan proses simulasi dengan benar. Hal ini diharapkan dapat menjadi gambaran dan dapat diaplikasikan langsung dalam proses produksi oleh mitra.
WORKSHOP PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN MANGGARAI Meryani Lakapu; Gabariela Purnama Ningsi; Dominikus Arif Budi Prasetyo; Maximus Tamur; Aloysius Joakim Fernandez; Bryan Marthinus Waruru
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1693

Abstract

Kesulitan dalam mengajarkan konsep matematika merupakan salah satu masalah mendasar bagi guru. Kegiatan workshop pengembangan perangkat berbasis etnomatematika ini bertujuan untuk membekali para guru agar menghadirkan budaya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan ini terlaksana secara daring melalui zoom dan kegiatan synchronous dan asynchronous menggunakan Learning Manajemen System. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas pada akhir pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah 80% guru termotivasi untuk menghadirkan budaya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga dapat menambah wawasan siswa tentang materi matematika yang diajarkan dan objek budaya yang digunakan dalam mengajar.
SOSIALISASI PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA BERBASIS LOKALITAS ADAT KABUPATEN BULUKUMBA Risfaisal; Muhammad Nawir; Fatimah Azis; Kaharuddin; Nurindah Sari; Abdusalam
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1698

Abstract

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) memberikan suatu pengaruh besar terhadap pola pikir dan perilaku terhadap masyarakat untuk berbuat dan bertingkah laku positif untuk kemajuan kesejahteraan dan semangat gotong royong di masyarakat pada suatu desa. Namun demikian LPM kelurahan Tanah Jaya kecamatan Kajang belum menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mediator, fasilitator dan motivator dengan maksimal, yang disebabkan oleh kader LPM yang kurang aktif serta keterbatasan sumber dana LPM. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai peran lembaga pemberdayaan masyarakat terhadap pembangunan desa berbasis lokalitas adat di kabupaten Bulukumba khususnya LPM di kelurahan Tanah Jaya kecamatan Kajang. Pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi, pendampingan, dan pembinaan. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa pentingnya melakukan sosialisasi peran LPM Kelurahan Tanah Jaya Kecamatan Kajang sebagai media komunikasi, informasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat setempat mengenai pentingnya LPM untuk terus diberdayakan dan dikembangkan. Selain itu juga terjadi peningkatan strategi dan metode dalam pelaksanaan pengembangan budaya lokalitas adat.
PELATIHAN MENGGAMBAR KOMIK DENGAN PENDEKATAN NARASI VISUAL BAGI KOMIKUS PEMULA DI MAKASSAR Niken Savitri Anggraeni; Bilyan Putra Sari; Andra Rizky Yuwono; Rahmat Zulfikar; Ahmad Ade Nugraha
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1699

Abstract

Profesi sebagai komikus digital saat ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena dapat mendulang pendapatan ataupun followers di media sosial yang tidak sedikit. Di Makassar, pegiat komik tergabung dalam sanggar atau wadah untuk mengeksplorasi kemampuannya jumlahnya masih terbatas. Salah satu permasalahan mendasar bagi komikus pemula adalah dalam penggambaran alur cerita dan memvisualisasikan pesan. Hal tersebut dapat dikembangkan dengan pendekatan narasi visual. Melihat kondisi tersebut program studi Desain Komunikasi Visual STIE Ciputra Makassar dan Alliance Francaise Makassar sebagai mitra mendatangkan seniman komik dari Prancis untuk memberikan pelatihan kepada komikus pemula yang ada di Makassar. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 35 orang peserta komikus pemula yang mayoritas merupakan mahasiswa dan pelajar SMA di Makassar. Pelatihan ini mendapatkan respon positif dari para peserta melihat hasil angket yang disebarkan setelah acara selesai. Peserta memperoleh ilmu membuat narasi visual dalam komik tidak hanya dari tim dosen STIE Ciputra Makassar namun juga dari komikus Perancis yang langsung membimbing secara langsung. Diharapkan pelatihan ini menjadi langkah awal dalam membantu menumbuhkan ekosistem kreatif di Makassar khususnya profesi sebagai komikus.
PELATIHAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BAGI GURU TK/PAUD BERBASIS ONLINE PADA TK/PAUD BEATO TOMASSO MARIO FUSCO Emiliana Metan Meolbatak; Patrisius Batarius; Sisilia Daeng Bakka Mau; Frengky Tedy; Ignatius Pricher A. N. Samane; Emerensiana Ngaga; Alfry Aristo Jansen Sinlae
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1758

Abstract

Pada abad ke-21, dunia pendidikan di Indonesia telah berkembang pesat. Media pembelajaran online merupakan salah satu cara bagi guru maupun dosen dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam menghadapi masa pandemi covid-19 yang melanda saat ini. Namun dalam pelaksanaannya hal ini menjadi kendala bagi guru maupun dosen yang belum mahir dalam menggunakan teknologi seperti yang terjadi pada TK Beato Tomasso Mario Fusco. Proses pembelajaran pada TK ini sudah menggunakan alat peraga namun jumlah alat peraga yang berbentuk digital hanya satu sehingga dalam proses pembelajaran secara online tidak dapat dilaksanakan secara efektif dikarenakan keterbatasan alat peraga tersebut. Selain keterbatasan alat peraga, pengetahuan SDM masih minim dalam melaksanakan pembelajaran secara online baik dalam pemahaman penggunaan aplikasi pembelajaran online maupun pembuatan alat peraga digital yang akan digunakan dalam pembelajaran online. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilaksanakan suatu kegiatan Pelatihan Pembelajaran Multimedia Berbasis Online dengan tujuan memberikan pemahaman lebih dalam penggunaan aplikasi pembelajaran online dan pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran guru-guru yang terdapat pada TK tersebut menjadi lebih paham dan dekat dalam melaksanakan proses pembelajaran online.
PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DI KABUPATEN SAMOSIR Toman Sony Tambunan; Jusmer Sihotang
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1783

Abstract

Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi menyimpan potensi dan harapan bagi kehidupan masyarakat melalui optimalisasi potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, di sisi lain Badan Usaha Milik Desa juga memiliki permasalahan yang pelik. Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Samosir memang belum secara maksimal dikelola secara profesional. Untuk itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tentang Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Samosir. Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keberadaan Badan Usaha Milik Desa. (2) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelola Badan Usaha Milik Desa terhadap tertib administrasi dan pembukuan. (3) Meningkatkan keterampilan pengelola terkait peningkatan dan pengembangan usaha Badan Usaha Milik Desa. (4) Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia atau pengelola Badan Usaha Milik Desa dalam memanfaatkan peluang usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Focus Group Discussion (FGD); Penyuluhan (pemberian materi dan diskusi); Pelatihan; Pendampingan kepada Pengelola BUMDes di Kabupaten Samosir. Kegiatan PkM ini berjalan dengan baik, sehingga dapat mencapai tujuan 1) Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Samosir, 2) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelola BUMDes terhadap pengelolaan yang baik, efektif dan efisien, serta tertib administrasi, 3) Meningkatkan keterampilan pengelola terkait pengelolaan atau kemampuan manajerial BUMDes secara sederhana agar dapat mengetahui kinerja organisasi BUMDes secara keseluruhan, 4) Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (pengelola) BUMDes dalam memanfaatkan peluang usaha.
EDUKASI TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN TB PADA ANAK DENGAN SI “COMEL” Nadia Rahmawati; Nita Arisanti Yulanda; Titan Ligita; Heriye; M. Ikhsan Ghifari; Annisa Mega Puspita; Aliviah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1786

Abstract

TB paru merupakan salah satu penyebab kesakitan dan kematian yang sering terjadi pada anak. Salah satu penyebab TB anak adalah status gizi. Status gizi yang buruk membuat imunitas anak rentan sehingga dapat terserang TB paru. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada anak-anak untuk memutus mata rantai penularan penyakit menular, agar anak-anak Indonesia menjadi anak-anak yang sehat dan berkualitas di masa depan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023. Partisipan dalam kegiatan ini berjumlah 46 siswa/i kelas 6 di SDN 72 Pontianak Barat dalam Wilayah kerja Puskesmas Perumnas II. Adapun teknik yang digunakan dalam kegiatan ini dengan metode ceramah, menampilkan video yang telah dibuat, diskusi dan demonstrasi. Materi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi perilaku dalam mencegah penularan TB seperti cuci tangan pakai sabun, olahraga yang teratur, makan-makanan yang bergizi, etika bersin dan batuk, serta lindungi diri dengan menggunakan masker. Sebelum diberikan materi, partisipan diharuskan mengisi kuesioner yang terdiri dari identitas berupa nama, jenis kelamin, usia serta kuesioner terkait perilaku dalam mencegah penularan TB. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner perilaku pencegahan penularan TB ada 5 indikator yaitu mencuci tangan pakai sabun sebesar 69,50% menjawab kadang-kadang, olahraga yang teratur 78,26% menjawab selalu, makan makanan yang bergizi 69,50% menjawab kadang-kadang, etika bersin dan batuk 60,86% menjawab selalu, serta lindungi diri dengan menggunakan masker 80,43% menjawab selalu. Sehingga dengan adanya edukasi tentang pencegahan penularan TB Paru ini dapat terjadi perubahan sikap atau perilaku siswa/i dalam mencegah dan meminimalisir kejadian TB Paru pada anak.
PENDAMPINGAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH SMKS CIGEMBOR KABUPATEN LEBAK BANTEN Ende; Sigit Auliana; Naufal Affandi; Mamay Komarudin; Nugrahini Kusumawati; Jaka Wijaya Kusuma; Siti Fatonah; Surti Zahra; Hamidah
Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti Vol. 4 No. 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jailcb.v4i3.1804

Abstract

SMKS Cigembor menghasilkan lulusan yang belum memuaskan dilihat dari hasil penilaian akhir tahun (PAT) siswa tahun 2022/2023. Beberapa penyebabnya yaitu kurangnya akses teknologi, kurangnya fasilitas sekolah yang menunjang proses pembelajaran, metode mengajar guru yang kurang menarik dan kurang variatif, serta belum ada pelatihan rutin yang dapat mengasah dan memperluas mutu para guru. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan peningkatan mutu SMKS Cigembor kabupaten Lebak Banten, yaitu terkait manajemen sekolah dan mutu guru. Kegiatan berlangsung selama dua hari secara berturut-turut pada hari kerja. Metode yang digunakan meliputi telaah dokumen, observasi, dan wawancara. Sasaran dalam kegiatan yaitu kepala sekolah dan guru. Pendampingan dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi atau umpan balik. Pendampingan berupa: 1) pendampingan manajerial, 2) pendampingan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Hasil kegiatan pengabdian ini adalah kepala sekolah mampu menyusun rencana kerja sekolah (RKS) sesuai kriteria serta para guru mampu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai tahapan pembelajaran PAKEM.

Page 1 of 3 | Total Record : 22