cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Phone
+6285278594970
Journal Mail Official
firdaus@stieanindyaguna.ac.id
Editorial Address
jl.tentara pelajar no 49 semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
ISSN : 2085773X     EISSN : 27461173     DOI : 10.0593
Core Subject : Economy,
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna dengan E-ISSN: 2746-1173 dan P-ISSN: 2085-773X merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara enam bulan sekali. Anindyaguna Ekonobisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pemerhati ilmu di bidang manajemen. Anindyaguna Ekonobisnis diterbitkan oleh LPPM STIE ANINDYAGUNA, Anindyaguna Ekonobisnis menerima tulisan hasil kajian di bidang manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen kewirausahaan. Focus and Scope: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategis, Perilaku Organisasi, Manajemen operasi, Manajemen Pengetahuan Kewiraswastaan, Bisnis elektronik,
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna" : 8 Documents clear
ANALISIS PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN MURABAHAH TERHADAP LABA BANK SUMUT SYARIAH Muhammad Rifky Pratama; Nurul Inayah
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembiayaan bank syariah terdapat berbagai jenis diantaranya Mudharabah dan Murabahah. Penelitian ini mengambil fokus penelitian terhadap pembiayaan Mudharabah dan Murabahah terhadap laba bank. Diantara kedua pembiayaan ini mana yang lebih banyak menghasilkan laba dan mana yang tidak mendapat laba. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Teknik analisis menggunakan regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah Pada pembiayaan mudharabah modal 100% disediakan oleh mudharib (dalam hal ini bank) sehingga jika terjadi kerugian maka akan ditanggung oleh pemilik modal selama bukan karena kesalahan pengelola. Sementara pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli dengan tambahan margin keuntungan sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Pengujian hipotesis menemukan bahwa mudhararabah dan murabahah berpengaruh signifikan terhadap laba. Hal ini menyatakan bahwa peningkatan atas pembiayaan mudharabah dan murabahah dapat meningkatkan laba bank syariah.
THE IMPACT OF PRICE PERCEPTION, PRODUCT QUALITY ON POSITIVE WORD OF MOUTH Firdaus Firdaus; Any Setyarini; Pradipta Risma Rukma Ardi
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan keterkaitan variabel persepsi harga dan kualitas produk terhadap positive word of mouth pada apotek sehat di Kendal. dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dengan skala 1-10 serta pengambilan sampel dengan menggunakan sensus dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan program SPSS versi 23. Hasil pengujian statistik diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat keterkaitan yang positif dan signifikan antara persepsi harga terhadap positive word of mouth, (2) terdapat keterkaitan yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap positive word of mouth, yang artinya semakin baik persepsi harga obat di apotek sehat kendal yang dilakukan oleh konsumen maka akan semakin tinggi positive word of mouth, begitupula dengan hubungan kualitas produk terhadap positive word of mouth, semakin baik kualitas produk maka semakin tinggi positive word of mouth yang dilakukan oleh konsumen apotek sehat kendal. Sebaliknya, semakin buruk persepsi harga dan kualitas produk dari konsumen maka akan semakin rendah positive word of mouth yang dilakukan oleh konsumen
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRICING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG TRAVEL KENCANA CABANG KELET KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA Ari Dwi Astono; Evie Yunita F.S
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan dan Strategi Pricing yang diberikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Kencana cabang kelet. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh Kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Data yang dihasilkan dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 80 pengguna jasa Travel Kencana Cabang Kelet sebagai responden. Berdasarkan perhitungan regresi berganda antara Kualitas pelayanan, Strategi Harga , terhadap kepuasan pelanggan dengan dibantu program SPSS dalam proses penghitungannya dapat diperoleh hasil sebagai berikut Y = 3.316 + 0.675 X1 + 0.438 X2 Kepuasan pelanggan mampu dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel indpenden harga dan kulitas pelayanan 60,9% sedangkan sisanya (100% - 60,9% = 39,91%) dijelaskan sebab-sebab lain diluar model. Berdasarkan pada hasil penelitian telah menjawab masalah penelitian tersebut yang secara signifikan mengahasilkan dua hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu : Kualitas Pelayanan dan Strategi Pricing. Artinya dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dari kualitas pelayanan dan Strategi Pricing pada Travel Kencana cabang kelet dapat diharpakan akan meningkat sesuai dengan targetnya.
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT GENERIK DENGAN METODE ABC DAN EOQ Febe Chris Aprilliana; Tri Bodroastuti; Retno Ginanjar
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian persediaan obat generik. Data yangdibutuhkan dalam penelitian ini adalah stok obat generik, jumlah penjualan obat generik, dan harga obatgenerik dari bulan Mei sampai Oktober 2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode ABC dan Economic Order Quantity (EOQ). Hasil analisis menunjukkan terdapat obat yang masukke dalam golongan A sebanyak 21 jenis obat atau 35,0% dari seluruh obat generik, menyerap investasi69,9%, golongan B sebanyak 17 jenis obat atau 28,3% dari seluruh obat generik, menyerap investasi19,6%, sedangkan kelompok C sebanyak 22 jenis obat atau 36,7% dari seluruh obat generik hanyamenyerap investasi 10,4%. Hasil perhitungan EOQ dan ROP menunjukkan jumlah pemesanan obatgenerik yang optimum bervariasi antara 3-98 item dan untuk waktu pemesanan didapatkan reorder pointantara 0-90 item. Adanya perhitungan tersebut berguna untuk membantu Perusahaan dalam pengadaanobat generik sehingga terjadi keseimbangan antara tingkat pelayanan dan biaya.
Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Kebijakan Deviden Terhadap Harga Saham Sebelum Pandemi ( Studi Kasus Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020 ) Tjandra Tirtono; Iin Indarti; Nurdhiana Nurdhiana
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas,profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap hargasaham perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2018-2020. Populasiadalah 145 perusahaan LQ45 tahun 2018-2020 dan sampel yang digunakanadalah 45 perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI selama 3 tahun (2018-2020).Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel non-probabilitasdengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisisregresi linier berganda yang meliputi pengujian deskriptif, Uji asumsi klasik,pengujian hipotesis meliputi Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham,profitabilitas tidak berpengaruh terhadap harga saham. harga saham,pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap harga saham dan kebijakandividen berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Likuiditas,profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen secara simultanmempengaruhi harga saham perusahaan LQ45 di BEI 2018-2020. Hasilkoefisien determinasi (R2) sebesar 0,736. Artinya pengaruh likuiditas,profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap hargasaham sebesar 73,6%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain dalampenelitian dengan variabel penjualan bersih dan pendapatan di luar operasi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI TERHADAP MINAT BELI HIJAB SEGI EMPAT DI ATHINA HIJAB SCHOOL Dila Aprilliani Savitri; Fiderius Ismanto; Nuruddin Mahmud
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap minat beli hijab di Athina Hijab School., untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas produk terhadap minat beli, untuk mengetahui harga dan lokasi terhadapminat beli. dan untuk mengetahui kualitas produk, harga, lokasi secara bersama-sama, mengetahui variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen Athina Hijab School yang berjumlah 70 orang, menggunakan purposive sampling salah satu teknik sampling non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap minat beli dinyatakan bahwa t hitung > t tabel sehingga (H1) di terima, terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap minat beli dinyatakan bahwa t hitung > t tabel sehingga (H2) di terima, dan lokasi terdapat pengaruh positif terhadap minat beli dinyatakan bahwa t hitung < t tabel sehingga (H3) di terima, terdapat pengaruh secara bersama-sama dan signifikan kualitas produk, harga dan lokasi terhadap minat beli ditunjukkan oleh F hitung > F tabel sehingga (H4) di terima.
WORK DISCIPLINE AFFECTED BY THE WORK ENVIRONMENT, ORGANIZATIONAL CULTURE AND LEADERSHIP IMPACT ON EMPLOYEE PERFORMANCE Akhmad Nurrofi; Sri Sulistyaningsih; Martini Martini
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is to analyze the influence of the work environment, organizational culture and leadership on work discipline that has an impact on employee performance in the organization In this study, researchers took as many as 35 respondents. Implementation of sampling using a census sampling technique as a whole sampling to respondents / employees Data analysis techniques using multiple regression. The results of the study have a positive and significant influence on work discipline, meaning that the better the work environment, the better the employee's work discipline. On the other hand, there is a positive and significant influence on organizational culture on work discipline, meaning that the better the organizational culture will increase work discipline, there is a positive and significant influence on work discipline, meaning that the better the leadership will increase work discipline. With the increased work discipline, it is expected that employee performance will increase in this study, work discipline has an effect on employee performance.
ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE CASH DAN ACCRUAL BASIS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PT INTAN SEGARA SEMARANG Bayu Teguh Wibowo
Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna
Publisher : LPPM STIE Anindyaguna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan metode Cash Basis atau Accrual Basis adalah kebijakan metode akuntansi perusahaan dalam memaksimalkan sistem pencatatan keuangan perusahaan. Untuk mengukur kinerja keuangan maka kedua metode di atas diperbandingkan dalam analisis laporan keuangan PT Intan Segara Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk membandingkan kinerja keuangan PT Intan Segara Semarang baik dengan metode Cash Basis maupun metode Accrual Basis dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktifitas dan rasio profilabiiitas. Data yang digunakan adalah data primer yaitu Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi 1 periode. Dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif didapat hasil bahwa PT Intan Segara bisa menggunakan metode Cash Basis tersebut dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8