cover
Contact Name
Ilham Syahrul Jiwandono
Contact Email
ilham_jiwandono@unram.ac.id
Phone
+6285856114498
Journal Mail Official
jurnalpendas@unram.ac.id
Editorial Address
Program Studi PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Mataram, Jalan Brawijaya No. 22, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendas : Primary Education Journal
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : 2776298X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni (Januari-Juni), dan Desember (Juli-Desember). Berisi artikel-artikel hasil penelitian dan atau artikel konseptual hasil kajian analitis kritis dalam lingkup Pendidikan Dasar. Fokus kajian utama Jurnal Pendas yaitu isu-isu utama dalam Belajar dan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Metode-Media-Strategi Pembelajaran, Psikologi dan Bimbingan Konseling, Manajemen Sekolah, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PPkn, dan SBdP di Sekolah dasar.
Articles 72 Documents
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP RETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PESERTA DIDIK SD Etika Lailaturrahmah; Muhammad Tahir; Awal Nur Kholifatur Rosyidah
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.49

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap retensi dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V di SD Gugus 4 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 51, terdiri dari 22 peserta didik pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model PBL, dan 29 peserta didik pada kelas kontrol yang diberikan perlakukan dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, untuk mengukur retensi tes tulis berbentuk pilihan ganda dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis tes tulis berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan yaitu uji t sampel independen berbantuan program analisis statistik SPSS 21.0 for Windows. Rata-rata nilai retensi kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 67.72, begitu juga dengan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 51.63. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap retensi sebesar 0.000, sedangkan nilai signifikansi pengaruh perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0.004. Jadi dapat disimpulkan bahwa; a) Model PBL berpengaruh terhadap retensi IPA peserta didik kelas V, b) model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik kelas V.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN GUGUS I KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mariati Mariati; M. Irawan Zain; Siti Istiningsih
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan metode expost facto. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product Moment berbantuan program SPSS 16.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 178 orang, sampel penelitian berjumlah 92 orang diambil dengan tekhnik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan mengajar guru adalah 24,10 (baik). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 77 (baik). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai pearson correlation sebesar 0,845 ( ) > 0,205 ( ). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar matematika siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH EKSPEKTASI GURU DAN SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SD GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Karmita Zuriatin Asri; A. Hari Witono; L. Hamdian Affandi
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.51

Abstract

This research was aimed to know the influence of teachers’ expectation and student’s self-efficacy through the student’s learning achievement of the fifth grade elementary school students in Gugus V Cakranegara academic year 2019/2020. This research is correlational research with total population 259 students which separated in 6 schools.The technique of taken the sample used proportionate random sampling with total sample 157 students. The method of collecting the data that used in this research was documentation and questionnaire method. The achievement showed that the simple regression equation formula I was Y=29.674+0.742X1, so it was obtained the value of learning achievement was 29.674 (a=29.674) and the value of teacher’s expectation was (bX1=0.742). Therefore, thesimple regression equation formula II was Y=23.373+0.699X2, so it was obtained the value of learning achievement was 23.373 (a=23.373) and the value of student’S self-efficacy was 0.699 (bX2=0.699). Hence, in the hypothesis III, the dual regression equation formula was Y=25.937+0.319X1+0.401X2, so it was obtained the valueof learning achievement was 25.937 (a=25.937), the value of teacher’s expectationwas 0.319 and student’s self-efficacy was 0.401 (bX1=0.319; bX2=0.401). So it can be concluded that there were influence of teacher’s expectation and student’s self-efficacy through the students learning achievement in the fifth grade elementary school students in Gugus V Cakranegara academic year 2019/2020.
KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEKARPURO, KAB. MALANG Supriono Agus Tekege; Heri Setiawan
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.52

Abstract

The purpose of this study to determine (1) the learning achievement of fourth grade students of SD Negeri Sekarpuro; (2) The parent's attention Elementary School fourth grade students Sekarpuro; and (3) the relationship between parents' attention to student achievement Sekarpuro Elementary School fourth grade. The data were collected by distributing questionnaires to 41 levels of parental attention fourth grade students of SDN Sekarpuro and retrieve data class IV student achievement based on the SDN Sekarpuro Middle Semester Exam (UTS). Data analysis was performed with data analysis techniques assisted Pearson Product Moment correlation SPSS 2.1 for windows. The result showed that the level of parent,s attention of fourth grade students of SDN Sekarpuro level of attention from their parents as much as 92.7% at the high category, and 7.3% were in the moderate category. Achievement of fourth grade students of SDN Sekarpuro showed excellent criterion 68.3% and 31.7% better. Based on the results of hypothesis testing, after being tested by using SPSS 21 for windws known that r-count of 0661. The analysis results greater than r table for N = 41 with significant level of 5% ie 0,308. Because the value of r count is greater than r table (0.661> 0.308) it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) is received, or in other words there is a significant relationship between parent's attention to student achievement Sekarpuro fourth grade SDN subdistrict of Pakis, District of Malang.
PENGARUH MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III SDN DI GUGUS IV LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019 Fitria Rahmawati; Ida Bagus Kade Gunayasa; Lalu Hamdian Affandi
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.53

Abstract

This study aims to determine the effect of picture word inductive model on storytelling skill of third grade SDN in Labuapi IV group academic year 2018/2019. This research is a quantitative study with quasi-experimental and nonequivalent control group design. The population is all of class III students in Labuapi IV group. The technique of collecting data using the storytelling skill test directly and observation. The conclusion obtained in this study is the picture word inductive model have high influential toward the storytelling skill of third grade students in SDN Labuapi in academic year 2018/2019.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 10 MATARAM Jumiati Jumiati; Arjudin Arjudin; Awal N. K Rosyidah
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan di kelas III SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan alat peraga blok pecahan, sedangkan kelas III B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji t (t-test polled varians) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 78,75. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan alat peraga blok pecahan adalah 71,29. Sesuai dengan kriteria uji statistik, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 10 Mataram tahun ajaran 2018/2019.
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI BACA-TULIS BERBASIS SEKOLAH DI SDN 02 DAN 04 LOMBOK BARAT I Ketut Widiade
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i1.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan keterlaksanaan kebijakan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat, (2) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasia sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat, (3) mengidentifikasi kebijakan sekolah menemukan solusi permasalahan Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah di SDN 02 dan 04 Lombok Barat. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Lokasi penelitian di SDN Lombok Barat. Dengan sumber informasi Kepala Sekolah, Guru kelas, Penanggung jawab perpustakaan, dan Peseta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil kajian keterlaksanaan Gerakan Literasi Baca-Tulis berbasis Sekolah di SD 02 dan 04 Lombok Barat menunjukan bahwa: (1) program sekolah pendukung Gerakan Literasi Baca-Tulis adalah aktivitas seperti: Membaca 15 menit sebelum dilaksanakan pembelajaran, Perpustakaan Sekolah, Menulis Puisi, Jumat Qurani, dan Mading. (2). Faktor pendukung Gerakan Literasi Baca-Tulis berbasis Sekolah adalah: Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Keliling. Faktor penghambat Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah adalah, ketersediaan jumlah dan jenis buku yang terbatas serta ruang perpustakaan tidak terkelola secara maksimal, tidak memiliki sumber dana khusus dan rendahnya minat peserta didik, (3) Solusi factor penghambat Gerakan Leterasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah bahwa sekolah melalui kepala sekolah melakukan inovasi program dengan memperbanyak buku-buku penunjang, mengembangkan taman bacaan maupun mengelola pojok kelas.
HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELAS V SDN 1 LENEK LAUK TAHUN 2020 Rizqy Fitriana Surya; Siti Rohana Hariana Intiana; Ida Ermiana
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i2.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total, dengan demikian berarti seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat membaca dengan skala gautmen dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisi data menunjukan minat membaca siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 78,57% dan kemampuan berbahasa siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 64,29%. Hasil uji hipotesis menunjukan indeks korelasi nilai rhitung sebesar 0,485 sedangkan nilai rtabel 0,375 pada taraf signifikansi 5% (0,485 ≥ 0,375) dengan koefisien determinasi 23,5225%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN 1 Lenek Lauk dengan kontribusi sebesar 23,5%
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ONLINE DALAM MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 15 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021 Yusuf Imron; Lalu Hamdian Affandi; Muhammad Turmudzi
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i2.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Media Video Online terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas III di SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True- Experimental Design type Non- Equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD dengan jumlah 45 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dengan ukuran sample kelas yang parallel yaitu ; kelas Experimen IIIB 23 siswa dan kelas control IIIA 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa t hitung = 1,65 sedangkan t tabel = 2,016 sehingga nilai t hitung = 1,65 < t tabel = 2,016, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video online terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 15 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021.
ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) DI SDN PRAYITNA PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021 Wahyu Rahmatullah; Safruddin; Baiq Niswatul Khair
JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL Vol 1 No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/pendas.v1i2.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam penerapan e-learning di SDN Prayitna Praya kabupaten Lomok TengahPenelitian ini merupakan penlitian deskriptif kualitatif. Responden dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui hasil angket (kuesioner), wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 aspek kesiapan dalam penerapan e-learning terdapat seluruh aspek dikategorikan siap, tapi masih butuh sedikt peningkatan. Adapun 6aspek yang masuk dalam kategori siap adalah aspek fisik dengan skor ????̅ = 3,56. Aspek mental dengan skor ????̅ = 3,45. Aspek emosional dengan skor ????̅ = 4,15. Aspek kebutuhan memperoleh skor ????̅ = 3,92. Aspek keterampilan memperoleh skor ????̅ = 3.58. Aspek pengelolaan e-learningmemperoleh skor ????̅ = 4.14. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam penerapan e-learning di SDN Prayitna Praya kabupaten Lomok Tengah ini dikategorikan siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan.