cover
Contact Name
Dwiprayogo Wibowo
Contact Email
dwiprayogo@umkendari.ac.id
Phone
+6285340122344
Journal Mail Official
jurnal.instek@umkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Muh. Dahlan No.10, Wowawanggu, Kec. Kadia, Kota Kendari 93127, Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
ISSN : 28550563     EISSN : 27977439     DOI : 10.51454
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) merupakan media informasi bagi para dosen, mahasiswa, dan praktisi yang menaruh minat serta perhatian pada pengembangan inovasi dibidang sains dan teknologi. Bidang Sains: (1) Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Kimia, dan Fisika) (2) Matematika & Statistik (3) Perikanan/Kelautan (4) Kesehatan dan Farmasetika (5) Pertanian (Agribisnis dan Agroteknologi) (6) Sosial-Budaya Bidang Teknologi: (1) Keteknikan (Teknik Sipil, Mesin, Arsitektur, Lingkungan, dan Pertambangan) (2) Sains Materials (3) Pengembangan/Desain Miniatur/rancang bangun
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
Penilaian Praktek Illegal, Unreported and Unregulated Fishing pada Pukat Cincin di Kota Kendari Muhammad Rais; Faisal Abdaud; Parman Parman
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.93

Abstract

Praktek Illegal, Unreported dan Unregulated fishing (IUU Fishing) merupakan salah satu permasalahan sektor perikanan yang berdampak ekonomi, sosial dan ekologi. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut. Hingga saat ini data dan informasi yang terkait dengan permasalahan IUU fishing pada berbagai wilayah pengelolaan perikanan di Indonesia masih sangat kurang, kebanyakan kajian yang ada masih bersifat umum. Pukat cincin Salah satu alat tangkap yang banyak dijumpai di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari. Tercatat ada sekitar 21.235 ton sumberdaya perikanan yang didaratkan oleh berbagai jenis armada penangkapan (PPS Kendari, 2016). Kondisi ini berpotensi menciptakan praktek – praktek IUU fishing, sehingga diperlukan adanya kajian terkait hal tersebut. Tujuan dari penelitan ini adalah mengetahui tingkat kepatuhan armada kapal pukat cincin di PPS Kendari terhadap praktek IUU Fishing serta mengidentifikasi jenis pelanggarannya serta merumuskan rekomendasi strategi penanggulannya. Penelitian dilaksanakan pada Mei sampai dengan September 2018 di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Instrumen utama penelitian adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat kepatuhan armada pukat cincin di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari terhadap praktek IUU Fishing sangat bervariasi tergantung aspeknya. Tingkat kepatuhan pada aspek Illegal lebih tinggi dibandingkan dengan aspek unreported dan unregulated. Jenis - jenis pelanggaran IUU Fishing adalah Pencatatatn loogbook hasil tangkapan tidak sesuai dengan kenyataannya, tidak melaporkan lokasi penangkapan dengan baik dan tidak meregistrasi rumpon yang digunakan. Rekomendasi Strategi penyelesaian yang paling efektif adalah penegakan hukum dan pemberian sanksi administrasi.
Pengaruh Teknologi Faktor Produksi terhadap Peningkatan Usahatani Jagung Asriani Asriani; Sitti Rahma Ma'Mun
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.94

Abstract

Program pemerintah swasembada pangan perlu mendapat dukungan melalui peningkatan produktivitas komoditas pangan. Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang memiliki peranan strategis dan bernilai ekonomis serta mempunyai peluang untuk dikembangkan karena kedudukannya sebagai sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras. Untuk meningkatkan produksi jagung dapat melalui peningkatan luas areal tanam dan peningkatan produktivitas tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor produksi yang dapat mempengaruhi produktivitas jagung di Indonesia. Data yang dipergunakan adalah data time series. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Adjusment Model berupa persamaan tunggal regresi berganda dengan fungsi Natural Logaritma (Ln) dengan menggunakan teknik estimasi Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian produksi jagung dipengaruhi oleh faktor harga jagung, harga pupuk, harga pestisida dan lag produktivitas.
Bioteknologi Pupuk Bokashi Plus dan Sistem Intercropping pada Tanaman Hortikultura Arsy Aysyah Anas; Nini Mila Rahni; Sitti Nur Isnian
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.95

Abstract

Tanaman hortikultura merupakan bahan pangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena menjadi sumber vitamin, mineral, protein dan karbohidrat. Komoditas hortikultura memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, dengan tingkat permintaan yang terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Hal ini menjadikan komoditas hortikultura memiliki potensi pasar yang sangat besar, namun tidak didukung oleh peningkatan produksi. Hal tersebut diakibatkan sebagian besar budidaya hortikultura dilakukan pada lahan marginal dengan teknik budidaya yang tidak memadai. Kabupaten Muna, khususnya Kecamatan Watopute memiliki potensi luas lahan untuk pengembangan hortikultura, khususnya sayuran. Namun, lahan-lahan tersebut didominasi oleh lahan kering marginal yang perlu segera ditangani agar produktivitasnya meningkat. Solusi untuk permasalahan tersebut diantaranya adalah teknologi inovatif hasil penelitian dari perguruan tinggi berupa bioteknologi pemupukan yang memanfaatkan sumber-sumber daya lokal dan penerapan sistem intercropping. Bioteknologi pemupukkan berbasis organik seperti pupuk bokasi plus merupakan teknologi inovatif yang dapat meningkatkan ketersediaan produk pertanian khususnya hortikultura, sedangkan sistem intercropping, selain mampu meningkatkan efesiensi penggunaan lahan dan meningkatkan produksi tanaman per satuan luas lahan, juga mampu memperbaiki kesuburan tanah, dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan program yang sangat tepat untuk mendiseminasikan solusi dari permasalahan tersebut sehingga dapat diadopsi oleh masyarakat secara luas.
Pemantauan Kualitas Udara pada Sekolah Dasar Pinggir Jalan Perkotaan menggunakan Epiphytic Lichen Sumarlin Sumarlin; Mochammad Assiddieq
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.96

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh tingkat kepadatan lalu lintas pada dengan karakteristik makroskopis epiphytic lichen kaitannya dengan kualitas udara di sekolah yang terletak dipinggir jalan. Dalam penelitian didapatkan volume lalulintas harian tertinggi di SDN Poasia sebanyak 8.065 kend/hari, di SDN 2 Baruga sebanyak 7.948 kend/hari dan di SDN 18 Baruga sebanyak 366 kend/hari sedangkan kehadiran ephypitic lichen persentase kehadiran ephypitic lichen tertinggi di SDN 18 Baruga sebanyak 90% dengan warna talus cerah dan tebal, sedangkan pada SDN 2 Baruga 67% dan SDN 1 Poasia 66% dengan warna talus kusam dan tipis. Uji Spearman’s rank correlation didapatkan rs = -1,00 dan Pvalue (0,0); Pvalue (0,0) <  (0,01) maka H0 : s = 0 ditolak, artinya semakin tinggi volume lalulintas maka persentase kehadiran lichen semakin rendah. Gas buang kendaraan bermotor yang intens dan periodik memungkinkan menurunnya prosentase kehadiran dan warna epiphytic lichen, hal ini berkaitan erat dengan penurunan kualitas udara di sekolah-sekolah pinggir jalan. Berdasarkan karakteristik tampakan epiphytic lichen di lokasi pemantauan menunjukkan lingkungan SDN 1 Poasia dan SDN 2 Baruga telah telah tercemar sedang sedang dan berpotensi tercemar berat sedangkan pada lingkungan SDN 18 Baruga masih pada taraf lingkungan bersih dan berpotensi tercemar ringan.
Membangun Sumber Daya Manusia Berkelanjutan pada Komunitas Adat Terpencil (Studi Kasus Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi) Rina Astarika; Partini Endang; Endang Sulastri
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.97

Abstract

Moderenisasi dan Globalisasi mengancam keberlanjutan kehidupan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Indonesia, khususnya Suku Anak Dalam (SAD) yang mendiami hutan belantara Sumatera. Karakter SAD yang terpencar dan belum terlibat dalam berbagai jaringan dan pelayanan sosial,ekonomi, politik, membuat komunitas ini semakin termarginalkan. Pendidikan merupakan salah satu solusi untuk mengubah keadaan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan seperti apa yang dibutuhkan SAD dan mengetahui pemberdayaan apa saja yang sudah dilakukan untuk mereka. Penelitian dilakukan di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan model studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembedayaan pendidikan alternatif yang berdasarkan pada aspek Kultural budaya setempat , yang mudah diterima oleh SAD. Pemerintah, Swasta dan LSM terlibat aktif dalam pemberdayaan pendidikan bagi SAD. Swasta dan LSM bergerak di pendidikan alternatif yang bersifat non formal, sedangkan Pemerintah memberikan pelayanan pendidikan formal dan juga non formal. Pendidikan membawa perubahan cara pandang, pendidikan bagi SAD merupakan simbol perlawanan dari penindasan.
Karakteristik Kimia Tulang Ikan Gabus (Channa Striata) dari Bobot Badan Berbeda Rosmawati Rosmawati; Abu Bakar Tawali; Metusalach Metusalach; Amran Laga
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.98

Abstract

Tulang ikan termasuk bahan baku yang terdiri dari komponen organik dan non-organik (mineral) yang penting, dan termasuk produk sampingan utama dari industri perikanan dan budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi komponen organik dan anorganik yang terkandung dalam tulang ikan gabus . Sampel ikan gabus pada bobot yang berbeda diperoleh dari Bili Bili Dam, Gowa. Penelitian ini bersifat eksperimental di laboratorium menggunakan metode Experimental Design. Contoh tulang ikan untuk analisis proksimat, kadar kolagen, tingkat protein, kadar mineral dan fitur mikroskopis menggunakan tulang ikan segar dan liopilisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kadar air dan kolagen ikan gabus cenderung menurun dengan bertambahnya bobot badan, sedangkan kadar lemak dan abu cenderung meningkat, tetapi protein relatif tidak berbeda. Gambar mikroskopis dari Scanning Electron Microscopy dan kandungan mineral berbasis tulang dapat menjadi informasi penting untuk penggunaan tulang ikan gabus yang lebih luas.
Potensi Antijamur terhadap Aspergillus Flavus Senyawa Metabolit Sekunder Organisme Lichen Teloschistes Flavicans Maulidiyah Maulidiyah; Asriani Hasan; Wa Ode Irna; Ishmah Farah Adiba Nurdin; Akhmad Darmawan
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 1 (2019): Edisi Februari Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i1.99

Abstract

Lichen adalah organisme simbiosis unik yang terbentuk dari hubungan mutualisme antara alga dan jamur. Lichen sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan obat modern, terutama di Indonesia yang belum banyak meneliti tentang lumut. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan uji aktivitas antijamur senyawa metabolit sekunder dari lichen Teloschistes flavicans. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi serbuk kering lichen dengan menggunakan pelarut aseton selama 3×24 jam. Ekstrak aseton diisolasi dengan kromatografi kolom (KK) dan kromatografi lapis tipis (KLT) dengan fase diam silika gel G.60 yang dielusi dengan pelarut n-heksan dan etil asetat secara bertahap. Isolat kristalin dimurnikan dengan proses rekristalisasi. Senyawa murni ditentukan oleh strukturnya menggunakan UV-VIS, FTIR, LC-MS, dan 1H-NMR. Senyawa yang diisolasi diperoleh jarum oranye "3-[1'- (2", 3"-dihydroxy-phenyl)-propyl]-7hydroxy-chroman-4-one" dengan rumus C18H18O5. Uji aktivitas antijamur terhadap Aspergillus flavus menggunakan metode difusi cakram menunjukkan bahwa zona hambat adalah 11 mm pada konsentrasi 1000 mg/mL.
Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran IPA Kelas VII Darman Darman
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 2 (2019): Edisi Agustus Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ipa terpadu kelas VII di SMPN 10 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Defelopment yang terdiri dari 3 Tahap yaitu: Tahap Studi Pendahuluan, Tahap Studi Pengembangan, dan Tahap Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah diuji kelayakannya. Dari hasil uji kelayakan konten mendapat nilai sebesar 94,32 %, hasil penilaian validasi materi sebesar 94,44 %, hasil penilaian uji kelayakan kelompok kecil/terbatas sebesar 87,92 %, dan hasil penilaian uji kelayakan kelompok besar/kelompok lebih luas sebesar 86,03%, Secara keseluruhan Media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ipa terpadu di SMPN 10 Kendari sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Aktivitas dan Teritori Ruang Publik Kost sebagai Interaksi Sosial La Pande Jurumai
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 2 (2019): Edisi Agustus Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i2.102

Abstract

Penghuni kost selalu membutuhkan ruang dalam memenuhi aktivitas kesehariannya. Meskipun secara fungsi rumah kost didesain untuk memenuhi kebutuhan penghuninya yang bersifat sementara, namun bukan berarti fasilitas pada area kost tidak terpenuhimisalnya ruang televisi, ruang masak dan fasilitas lainnya. Dalam arsitektur, fasilitas kost bukan hanya berbicara kenyamanan dalam unit ruang saja melainkan unit ruang dalam skala meso juga harus diperhatikan oleh pemilik kost. Namun dalam kenyataannya masih banyak kost khususnya kost keluarga tidak terlalu memperhatikan fasilitas tersebut, sehingga penghuni kost lebih berinisiatif dalam menciptakan ruang sendiri secara tidak langsung membangun teritori dalam lingkup ruang mereka sendiri.Tanpa disadari penghuni kost telah memutus jalur interaksi antara sesama penghuni kost, yang harusnya dapat dikendalikan oleh pemilik kost.
Rekayasa Nilai pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor BPS Provinsi Sulawesi Tenggara Surya Baskara
Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK) Vol. 2 No. 2 (2019): Edisi Agustus Tahun 2019 Jurnal Inovasi Sains dan Teknologi (INSTEK)
Publisher : LP3M Universitas Muhammadiyah Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/instek.v2i2.103

Abstract

Dalam perencanaan pembangunan suatu proyek umumnya tidak dipertimbangkan alternatif yang dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan. Pekerjaan pembesian secara manual pada pekerjaan balok dan kolom serta pekerjaan pelat konvensional pada Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara akan dicoba alternatif lain dengan melakukan analisa rekayasa nilai. Dengan analisa tersebut diharapkan dapat menguragi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga dapat mengoptimalkan biaya dan waktu tanpa mengurangi mutu yang diinginkan. Analisa rekayasa nilai ini menggunakan tahap-tahap rencana kerja rekayasa nilai yaitu : tahap informasi, tahap spekulasi, tahap analisa dan tahap penyajian. Untuk menilai alternatif-alternatif pekerjaan dengan analisa rekayasa nilai ini, digunakan kriteria-kriteria penilaian beserta bobot penilaiannya. Kriteria-kriteria yang digunakan terdiri dari biaya, waktu, hasil akhir dan pelaksanaan. Alternatif usulan yang memungkinkan untuk diterapkan dalam proyek tersebut diatas adalah pekerjaan pembesian manual dengan mesin dan pekerjaan pelat halfslab tulangan polos dan pelat halfslab tulangan wiremesh. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh alternatif yang dapat memenuhi fungsi dengan penghematan biaya yang paling besar dibandingkan dengan alternatif-alternatif lainnya, yaitu pelaksanaan pekerjaan pembesian manual dengan mesin dan pelaksanaan pekerjaan pelat halfslab tulangan wiremesh. Dengan penghematan potensial sebesar Rp. 479.328.386 atau serta untuk waktu pelaksanaan dapat dihemat selama 11 hari.

Page 1 of 4 | Total Record : 38