cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2014)" : 10 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR WRITING I MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADAMAHASISWA BAHASA INGGRIS FKIP UNRI Jismulatif '; Marzuki '
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.134 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.128-136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Group Investigation dapatmeningkatkan kemampuan menulis mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Inggris semester IIFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuanuntuk menemukan faktor-faktor apa yang menyebabkan peningkatan tersebut.Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sebagai sample penelitian iniadalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah writingIyang berjumlah 34 orang. Hasil observasipada siklus I berkisar (46.08%) dan skor hasil test siswa berkisar (65.14). Hasil ini belum memenuhikriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 70. Sehingga diadakan tindakan ke dua (II)dengan melanjutkan pengajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.Setelah diadakan tindakan pada siklus ke II berdasarkan observasi dan tes yang dilakukan ternyatakemampuan siswa meningkat menjadi (86.26%) dan skor hasil test menjadi 77.64.Hasil penelitian inimemperlihatkan bahwa hasil yang telah dicapai siswa melebihi kriteria yang ditentukan. Dengan demikianmetode pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi siswa dalam membuat kalimatyang terdapat pada mata kuliah writing.Kata kunci : Rendahnya kemampuan menulis, Group Investigation, CAR
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF DI KAWASAN PERKEBUNAN SAGU (Metroxylon sp) KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI Nahor Murani Hutapea; Sehatta Saragih
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.003 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.88-94

Abstract

Penelitian ini tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melaluiPembelajaran Generatif di Kawasan Perkebunan Sagu (Metroxylon sp) Kabupaten Kepulauan Meranti,T.A 2014/2015 semester ganjil pada topik sistem persamaan linear dua dan tiga variabel.Tujuan penelitianuntuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis (KKM) siswa SMA melalui PG.Penentuan lokasi dan sampel sekolah secara pourposive sampling yaitu di tiga kecamatan: TebingTinggi (produksi sagu rendah) SMAN-1 Selat Panjang; Merbau (produksi sagu sedang) SMAN-1Merbau dan Tebing Tinggi Timur (produksi sagu tinggi) SMAN-4 Sei Tohor. Pada sampel kelas PKVdanPG, dilakukan pretes dan postes. Pengumpulan data digunakan perangkat pembelajaran: RPP,LAS, media dan silabus; instrumen: tes KKM, lembar aktivitas (guru, siswa). Data dianalisis menggunakanuji Mann Whitney, t, anava dua jalur melalui program SPSS 17.Hasil menunjukkan: pencapaian KKMsiswa melalui PG > PKV untuk setiap kawasan penelitian (tinggi: 7,67> 5,82; sedang:8,43> 6,04;rendah: 9,52 > 6,65). Peningkatan KKM siswa melaluiPG >PKV ( tinggi: 0,58 > 0,43; sedang: 0,64> 0,44; rendah: 0,72 > 0,48). Tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran dankawasan perkebunan sagu terhadap peningkatan KKM siswa. PG nyata meningkatkan KKM siswa(Sig.1-tailed= 0,00 < 0,05).Kata Kunci: Peningkatan, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran generatif, kawasansagu,Kabupaten Kepulauan Meranti.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 SEBAUK-BENGKALIS Zawil Irham
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.451 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.137-146

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research adalah untuk mengetahuiapakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 19 Sebauk Bengkalis.Sampel penelitian, siswa kelas empat sekolah dasar yang berjumlah 31 orang. Sebelum pelaksanannpembelajaran siswa diberi tes awal, dan setelah dilakukan tindakan setiap siklus siswa diberi post-test.Hasil observasi pada siklus 1 adalah ( 56.0% ) dan skor hasil test mahasiswa berkisar (60.4). Hasilini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 65. Sehingga diadakantindakan ke dua dengan tetap menggunakan media gambar. Setelah tindakan pada siklus II berdasarkanobservasi meningkat (76.6%) dan tes yang dilakukan ternyata kemampuan siswa meningkat menjadi(84). Hasil penelitian menyimpulkan peningkatan penggunaan media gambar sebesar 8% dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa sebesar 20,6% dan hasil belajar siswa sebesar 16,1%.Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, PKN, PTKIMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT THROUGH P
PENERAPAN SPBM YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PROGRAM eXe LEARNING TERHADAP MOTIVASI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR Jimmi Copriady
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.814 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.95-105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komputer program eXe Learningdengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), sebagai usaha untuk meningkatkan hasilbelajar dan hubungannya terhadap motivasi mahasiswa pada matakuliah Kimia Dasar I. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat pertama Jurusan PMIPA FKIP UR angkatan 2014 yangterdiri dari empat program studi, yaitu program studi pendidikan biologi, fisika, kimia dan matematika.Sampel penelitian diambil secara acak. Uji persyaratan analisis data digunakan uji kolmogorov-smirnovuntuk uji normalitas dan analisis varians untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis data motivasi belajardan hasil belajar menggunakan Independen sampel T-test SPSS-17. Hipotesis motivasi dan hasilbelajar diperoleh Sig. (2-tailed) < á =0,05 maka Ha1 dan Ha2 diterima, jadi terdapat perbedaan yangsignifikan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaranberbasis masalah dibandingkan dengan motivasi dan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakanstrategi pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan media komputer program eXe learning.Pengujian hipotesis hubungan motivasi dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan CorrelationsSPSS 17. Pada kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah diperoleh Sig.(2-tailed) > á =0,05 yang artinya Ha3 ditolak, jadi tidak terdapat hubungan yang signifikan antaramotivasi dan hasil belajar. Sementara pada kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasismasalah yang diintegrasikan dengan media komputer program eXe learning diperoleh Sig. (2-tailed)< á =0,05 maka Ha4 diterima, jadi terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar.Kata Kunci: Hasil belajar, motivasi belajar, media eXe Learning, strategi pembelajaran berbasismasalah
PENERAPAN PENDEKATAN VARIASI BOLA DALAM SHOOTING FREETHROW BOLA BASKET PADA PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-3 SMPN 4 DUMAI Marsiah &#039;
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (38.26 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.147-151

Abstract

Penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan pendekatan variasi bola dalam shootingfreethrow bola basket pada pembelajaran penjas bagi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 4 Dumai.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Ketuntasan belajarklasikal yang harus dicapai pada mata pela-jaran Penjas SMP Negeri 4 Dumai yaitu 85%. Ketuntasanbelajar klasikal siklus pertama mencapai 57,5%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal siklus keduamencapai 87,5% (tercapai). Bagi Guru Penjas kelas VII SMP Negeri 4 Dumai diharap memperhatikanjarak tembak dan tinggi ring basket yang ada di sekolah, karena pada penelitian ini jarak dan ring masihmenggunakan standardisasi lapangan dan ring pada umumnya, sehingga sebagian besar peserta didikmasih mengalami kesulitan untuk memasukan bola.Kata kunci: Hasil belajar, variasi bola, bola basket
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBARAN KERJA MAHASISWA BERBASIS PENEMUAN PADA MATA KULIAH GELOMBANG Irianti, Mitri
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.531 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.61-67

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Lembaran KerjaMahasiswa (LKM) berbasis penemuan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian preeksperimen ini dengan rancangan intact group comparison dilakukan dengan cara membagi mahasiswaatas dua kelompok belajar yang homogen. Kemudian secara acak ditentukan kelas eksperimen denganmenggunakan LKM berbasis penemuan dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumenpengumpul data yang digunakan adalah lembaran pengamatan, angket respon mahasiswa dan tes hasilbelajar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberikan tes hasil belajar kepada mahasiswasetelah pembelajaran. Pengamatan terhadap kerja mahasiswa dilakukan saat proses pembelajarandengan menggunakan LKM berbasis penemuan dan pada akhir pembelajaran diberikan angket responmahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskriftif dengan cara tabulasi dan persentase. Hasil peneltianini menunjukkan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan LKM berbasis penemuan lebih tinggidari hasil belajar mahasiswa dengan tanpa LKM. Hasil penilaian kerja mahasiswa pada kategori baik,dan 95% mahasiswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan LKM berbasis penemuan.Dengan demikian penggunaan LKM berbasis penemuan efektif dalam meningkatkan hasil belajarmahasiswa program studi Pendidikan Fisika pada mata kuliah gelombang.Kata kunci:LKM berbasis penemuan, hasil belajar, Gelombang.
TANGGUNG JAWAB PENGELOLA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN NON FORMAL DI KABUPATEN ROKAN HULU, PROPINSI RIAU D. Ayub &#039;; Murni Baheram; Said Suhil Achmad
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.403 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.106-114

Abstract

Tujuan pendidikan nonformal adalah memberikan pendidikan dalam jangka waktu yangsangat singkat yang berorientasi pada bidang keterampilan khusus yang dikemas dalam bentuk paketpaketberdasarkan kebutuhan masyarakat.Tujuan utama penelitian ini ialah mengetahui seberapa tinggitingkat tanggung jawab pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam melaksanakankegiatan pendidikan nonformal di Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau.PKBM didirikan,diselenggarakan dan dikelola oleh masyarakat dan merupakan mitra pemerintah dalam meningkatkankualitas Sumber Daya Manusia. Penelitian ini tediri dari satu variabel, tergolong dalam penelitian deskriptifkuantitatif yang dilakukan dengan survey.Tanggungjawab sebagai variabel yang dikaji akan diukur denganindikator: (a) tepat waktu; (b) mampu mengambil resiko; (c) dapat mengendalikan diri; dan (d) mandiri.Sampel penelitian ini adalah 41 orang pengelola PKBM. Data dikumpulkan dengan menggunakanangket, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mendapatkan bahwa tingkat tanggungjawabpengelola PKBM dalam melaksanakan kegiatan pendidikan nonformal di Kabupaten Rokan Hulutergolong tinggi, karena memperoleh rata-rata mean 3,22 dan standard deviasi 2,29. Artinya kesanggupanseorang pengelola PKBM untuk tepat waktu, berani mengambil resiko, dapat mengendalikan diri, danmandiri di Kabupaten Rokan Hulu sudah tergolong tinggi.Kata kunci: Tanggungjawab, Pengelola, Pendidikan Nonformal
OPTIMALISASI HASIL BELAJAR EKONOMI KOPERASI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KOTA PEKANBARU Caska &#039;; Henny Indrawati
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.375 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.68-78

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) pola PBL; 2) hasil belajar Ekonomi Koperasi;dan 3) pengaruh pola PBL terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah medode deskriptif.Populasi adalah Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru dengan teknik random samplingproposional. Hasil penelitian: 1) Pola PBL sudah diterapkan dalam Ekonomi Koperasi di Kota Pekanbarudalam katagori cukup; 2) Hasil belajar ekonomi koperasi dalam katagori cukup dan baik; dan 3) PolaPBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi dan Koperasi. Elastisitas pola PBL terhadaphasil belajar Ekonomi dan Koperasi sebesar 0,143. Ini berarti bahwa setiap kenaikan pola PBL sebesarsatu persen maka akan menaikan hasil belajar Ekonomi dan Koperasi sebesar 0,143% dengan asumsiceteris paribus.Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar
PENINGKATAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD STUDENT TEAMS-ACIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-3 DI SMA 8 PEKANBARU Nurhafni &#039;
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.448 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.115-127

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaranStudents Teams-Achievement Divisions dapat miningkatkan motivasi siswa kelas X-3 SMA 8Pekanbaru dalam pelajaran ekonomi. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukanfaktor-faktor apa penyebab peningkatan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD motivasi siswa dalam pelajaran ekonomi mengalamipeningkatan yang signifikan. Rata-rata presentasi keaktifan siswa pada siklus I (57,59%) meningkatmenjadi (86,61% ) pada siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan tindakan siklus I (77.8)meningkat menjadi (85) pada siklus II. Faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan motivasi danhasil belajar siswa adalah pertama, hampir seluruh siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran,kedua siswa berusaha bekerja keras, gembira dan bertanggung jawab terhadap masing-masing kelompokuntuk menguasai pembelajaran yang dipelajari.Kata Kunci: Pelajaran ekonomi, Students Teams-Achievement Divisions, Motivasi, PTK
ANALISIS RELEVANSI MATERI MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK) DENGAN MATERI BIOLOGI SMA BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 Evi Suryawati
Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 (2014)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.065 KB) | DOI: 10.31258/jp.5.2.79-87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat relevansi dari materi MKK denganmateri Mata Pelajaran Biologi SMA berdasarkan standar isi kurikulum 2013. Dari 32 MKK terpilih19 MKK sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik Purposive sampling dan KI 3 dan 4yang terjabarkan pada KD 3 dan 4 Mata Pelajaran Biologi yang berjumlah 70 KD. Analisis data padapenelitian ini dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kategori tingkat relevansipada MKK yakni yang mendapatkan kategori tingkat relevansi sangat tinggi yaitu berjumlah 6 matakuliah, kategori tinggi berjumlah 5 mata kuliah, kategori cukup 6 mata kuliah dan 2 mata kuliah untukkategori rendah. Secara keseluruhan materi MKK sudah relevan dengan materi mata pelajaran BiologiSMA, adapun materi yang tidak relevan yang dapat dilihat berdasarkan hasil pemetaan KD 3 dan 4pada mata pelajaran Biologi SMA dengan MKK. KD 3 dan 4 yang tidak relevan dapat dijadikansebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan materi pada MKK.Kata Kunci: Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Materi, Kompetensi Dasar (KD),Standar Isi Kurikulum 2013

Page 1 of 1 | Total Record : 10