cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021" : 15 Documents clear
PEMODELAN PROSES BISNIS DENGAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT NOTATION PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO Meike Aneke Supit; Stralen Pratasik; Quido Conferti Kainde; Sondy Kumajas
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.626 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.2833

Abstract

Proses bisnis merupakan gambaran aktifitas yang terjadi dalam suatu organisasi. BPMN merupakan salah satu bahasa pemodelan grafis yang digunakan dalam pemodelan proses bisnis yang terjadi pada sebuah organisasi secara detail dengan aliran informasi berupa pesan yang disampaikan antar pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan proses bisnis pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado dengan menggunakan BPMN pada aplikasi Bizagi untuk mendapatkan model bisnis yang mudah dimengerti oleh semua pihak. Metode yang digunakan adalah pemodelan proses bisnis menggunakan konsep BPMN melalui studi literatur dan obeservasi langsung di lokasi studi kasus. Data yang telah diperoleh dilakukan analisis prosedur dan digambarkan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian diperoleh pemodelan sistem manajeman informasi berupa bisnis proses pada beberapa kegiatan pendidikan dan akademik pada Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA SMK Savio Kojongian; Alfrina Mewengkang; Agustinus Takaredase
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.369 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning yang dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalet Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 23 untuk kelas eksperimen dan 23 untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang akan diberikan perlakuan model Problem Based learning, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang tidak diberikan perlakuan khusus. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini dilihat dari uji analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t perbedaan dua rata-rata diperoleh t-hitung= 5,72 > t-tabel=2,02 dengan demikian HO ditolak pada taraf nyata 5% dan menerima Ha. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut, sehingga kesimpulannya adalah penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar simulasi digital siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinonsayang.
ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BUMDES Gladly Caren Rorimpandey; Alfrina Mewengkang; Stevyoman Oktavianus Mumpel
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.791 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat website e-commerce untuk BUMDes Rumior Makmur Teep Trans, agar dapat membantu dalam proses transaksi barang dan pengolahan data. Penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) implementation, (4) testing, (5) maintenance. Metode pengujian yang digunakan black box testing untuk menguji fungsi sistem yang telah dibuat. Hasil penelitian ini adalah dapat membantu pihak BUMDes Rumior Makmur Teep Trans dalam transaksi barang dan pengolahan data.
GAME PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE DI SMK Hayono Posumah; Daniel Riano Kaparang; Trudi Komansilan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.083 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3209

Abstract

Bahasa adalah alat yang digunakan untuk komunikasi, bahasa inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Saat ini pembelajaran disekolah menggunakan metode pengajaran menggunakan buku panduan. Permasalahan muncul karena belajar menggunakan buku dirasa kurang tertarik, seharusnya guru mampu menggunakan media pembelajaran lain yang lebih menarik untuk siswa sehingga pelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan mudah. Game pembelajaran Bahasa Inggris ini dapat membuat siswa tertarik dan mudah mengingat materi yang di sampaikan guru karena di sajikan dalam bentuk game dengan warna cerah dan tampilan animasi yang menarik.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INDIKATOR KINERJA UTAMA PADA UNIVERSITAS NEGERI MANADO Axel Putra Monintja; Peggy Veronica Togas; Alfrina Mewengkang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.711 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang Indikator Kinerja Utama pada Universitas Negeri Manado Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah proses pengolahan data dan penyusunan laporan Indikator Kinerja Utama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Prototype dan Black Box Testing dipakai sebagai input dan pengetesan pada spesifikasi program.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMUNIKASI DATA SISWA SMK Kevin Fransisco Karangan; Olivia Kembuan; Peggy Veronica Togas
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.548 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 5 Manado pada mata pelajaran Komunikasi Data, setiap siklus dilakukan berapa tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain dua siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Instrument penelitian ini menggunakan ujian/tes praktek berdasarkan materi pembelajaran Komunikasi Data Sampel terdiri dari kelas XI TKJ sebanyak 13 siswa. Proses penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus dan 8 tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak .60,38%. Setelah dilakukan siklus 2, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,53%. Karena hasil belajar meningkat pada siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar Komunikasi Data siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 5 Manado.
APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB DI SD SMP ADVENT TONDANO Julio Rayen Solang; Cindy Pamela Cornelia Munaiseche; Audy Aldrin Kenap
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (680.237 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat merancang dan membangun aplikasi pembayaran SPP berbasis web di SD SMP Advent Tondano agar dapat mempercepat pelayanan transaksi pembayaran dan pembuatan bukti pembayaran SPP, mempercepat pembuatan laporan pembayaran dan tunggakan SPP dan menyimpan data pembayaran dengan aman sehingga pembuatan laporan menjadi akurat. Penelitian ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) yang terdiri dari 3 tahap yaitu : (1) Requirement Planning , (2) Design Workshop, (3) implementation. Metode pengujian yang digunakan black box testing untuk menguji fungsi aplikasi yang telah dibuat. Hasil penelitian ini dapat membantu transaksi pembayaran SPP.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR JARINGAN DASAR SISWA SMK Brayen Peters Kaawoan; Marthinus Maxi Mintjelungan; Parabelem Tinno Dolf Rompas
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.254 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Yadika Langowan. Metode dan Rancangan penelitian ini adalah Metode Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental Research). Dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk nonequivalent control group design. Populasi adalah semua siswa kelas X TKJ yang berjumalah 40 siswa dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrad, ternyata kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas data dengan menggunakan uji F, ternyata diperoleh Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Dimana harga Fhitung = 1,043 dan Ftabel = 2,19. Jadi varians (ragam) dari kedua kelas dapat dianggap sama atau kedua kelas tersebut homogen. Kemudian pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh hasil perhitungan adalah: thitung = 2,3356 > ttabel = 2,024 dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima Ha. Hal ini artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bantuan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SISWA SMK Afriane Debora Tumembow; Mario Tulenan Parinsi; Verry Ronny Palilingan
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.885 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tondano sebanyak 231 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang, didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa. Besar sumbangan pembelajaran daring terhadap prestasi sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Hasil uji t ditemukan bahwa > (13,942 > 1,295) maka Ho ditolak sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap pretasi belajar.
PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MOBILE ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR Alfrina Mewengkang; Johan Reimon Batmetan; Harke Mosey
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1 No. 6 (2021): EduTIK : Desember 2021
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.305 KB) | DOI: 10.53682/edutik.v1i6.3293

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu aplikasi pembelajaran mobile untuk anak sekolah dasar agar dapat membantu dan memudahkan guru dalam memberikan materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diambil kesimpulan bahwa telah dilakukan pembuatan aplikasi pembelajaran mobile Anatomi Tubuh Manusia untuk Anak Sekolah Dasar dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode MDLC terdiri dari 6 tahapan yaitu pertama Konsep tahap menentukan tujuan pembuatan media pembelajaran serta menentukan siapa penggunannya. Kedua Perancangan tahap menggambar rangkaian (rancangan UI). Ketiga Pengumpulan Bahan, pengumpulan kebutuhan atau bahan yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi. Keempat Pembuatan tahap pembuatan keseluruhan bahan multimedia. Kelima Pengujian tahap dimana menjalankan media pembelajaran dan melihat apakah ada kesalahan atau tidak. Keenam Distribusi tahap dimana media pembelajaran bisa digunakan dan didistribusikan ke sekolah. setelah dikembangkan Aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang lebih informatif bagi guru dan dapat membantu siswa dalam belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15