cover
Contact Name
Sucipto
Contact Email
jurnal.cmh@ciptamediaharmoni.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.kontribusi@ciptamediaharmoni.id
Editorial Address
Jl Anggrek B15, Kediri, Jawa Timur
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Cipta Media Harmoni
ISSN : 27472027     EISSN : 27472035     DOI : -
Jurnal Kontribusi merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal Dedikasi dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
Peningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X TPT 1 SMK Negeri 1 Gempol Neneng Sofiyah
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.232 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.6

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas siswa ditanamkan kepada siswa melalui beberapa metode dikelas kita menyadari bahwa pada dasarnya manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, Agar dengan pendidikan potensi dirinya dapat berkembang melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan dilakukan oleh masyarakat. Pengamatan awal yang dilakukan terhadap 36 siswa tingkat hasil belajar dan aktifitas siswa rendah, hal ini diduga penyebabnya adalah pembelajaran disekolah masih menggunakan metode ceramah (membosankan ) dan kurang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar yang belajar yang diperoleh masih kurang atau dibawah kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus 1 setelah kegiatan pelaksanaan pembelajaran selesai dilaksanakan, maka peneliti melakukan refleksi dari kegiatan yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat beberapa kendala yang terjadi pada siklus 1, diantaranya siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena jumlah anggota kelompok yang terlalau banyak yaitu 6 siswa, dan hanya melihat tayangan video tentang materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan jadi, dalam siklus 2 akan lebih diperbaiki lagi agar hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih meningkat lagi. Hasil belajar dan aktivitas siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan 75% maka penelitian ini sudah di nyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menun jukkan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar dan akivitas siswa.
Ketajaman Feminisme dalam Pembentukan Jati Diri Remaja Putri melalui Kegiatan Ketarunaan di SMK Negeri 13 Malang Berbasis Taruna Yeni Wijayanti
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.911 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.7

Abstract

Feminisme memandang wantina menjadi lebih kuat bermartabat dan sejajar dengan kaum pria. Khususnya feminisme liberal akan membuka pintu bagi para wanita untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria. Begitu juga dengan peserta didik putri di SMK Negeri 13 Malang berbasis taruna yang di sebut dengan taruni. Besekolah di sekolah berbasis taruna mengharuskannya untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran yang menerapkan disiplin taruna. Baik kegiatan akademik dan non akademik akan menerapkan peraturan dengan semi militer. Khususnya kegiatan ketarunaan yang memerlukan fisik ekstra, para taruni tetap melaksanakan kewajibannya dengan berbagai kendala yang ia hadapi. Tugasnya sebagai remaja menjadi tantangan tambahan dalam menjalani hari-harinya sebagai taruni. Ia akan berjuang saat di tempa dengan didikan semi militer hingga terbentuk suatu kepribadian utuh hingga ia menemukan jati diri yang handal dan mantap sehingga ia bisa berdiri dengan anggun dan sejajar dengan para taruna atau pria.
Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro Muasih Muasih
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reduksi perilaku mencontek siswa kelas XI jurusan IPA menggunakan teknik self-management. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro yang berjumlah 7 siswa. Setiap siklusnya mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan skala perilaku mencontek. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling behavioral dengan teknik self-management dapat mereduksi perilaku mencontek siswa. Teknik self-management sendiri terdiri dari pemahaman mengenai perilaku mencontek, dampak dari perilaku mencontek, perilaku mencontek yang pernah dilakukan siswa, konseling kelompok, strategi mengendalikan perilaku mencontek, memilih salah satu strategi yang tepat dan mengemukakan strategi tersebut dalam kelompok. Keberhasilan reduksi perilaku mencontek ini dapat dilihat dari hasil skala perilaku mencontek siswa dimana pada pasca nilai rata-rata siswa 79,86 yang termasuk dalam kategori sedang, setelah dilaksanakannya siklus 1 nilai rata-rata siswa masih sedang, akan tetapi mengalami reduksi yaitu 68,29 dengan rata-rata persentase 14,25%, siklus 2 rata-rata sebesar 50,71 yang termasuk kedalam kategori rendah namun masih ada 3 siswa yang masih yang belum mengalami reduksi, dengan persentase reduksi sebesar 10,59%, dan siklus 3 rata-rata sebesar 49,57 dengan rata-rata sebesar 2,94% yang termasuk kedalam kategori rendah. Penelitian dihentikan sampai siklus 3 karena sudah mencapai batas indikator, dimana sudah 75% siswa yang mengalami reduksi kedalam kategori rendah, dimana skor berada dibawah 60 dan semua siswa sudah mengalami reduksi. Dengan demikian upaya mereduksi perilaku mencontek melalui layanan konseling behavioral dengan teknik self-management pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro tahun ajaran 2020/2021telah berhasil dilaksanakan.
Upaya Mereduksi Perilaku Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA Fitri Susanti
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.036 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.9

Abstract

Bullying sudah menjadi kecerendungan pada jaman sekarang yang mulai ditiru oleh peserta didik dari SMP, SMA bahkan juga terjadi pada peserta didik SD. Perilaku bullying yang terjadi di lapangan pun beragam dari mulai bullying fisik, verbal, sosial bahkan cyber bullying. Hal ini merupakan suatu tantangan yang harus segera mendapatkan tindakan nyata. Tindakan awal dilakukan terhadap 6 anak yang memiliki kecenderungan perilaku bullying tinggi dibanding dengan peserta didik yang lain. Peserta didik tersebut mendapatkan tindakan bimbingan kelompok dengan metode role-playing. Hasil refleksi siklus I menunjukkan bahwa perilaku bullying sudah terjadi penurunan dalam hal bullying secara fisik namun belum pada bullying sosial maupun verbal. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, hasil refleksi menunjukkan penurunan pada bullying sosial seperti mengintimidasi namun belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Pada siklus III setelah pemberian tindakan bimbingan kelompok dengan metode role playing kemudian dilakukan refleksi dan mendapatkan hasil penurunan perilaku bullying secara signifikan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan penurunan sebesar 30%. Maka penelitian ini dinyatakan tuntas karena dapat mereduksi perilaku bullying melalui bimbingan kelompok dengan metode role playing.
The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance Cantika Sari Dewi M; Rezki Suci Qamaria
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.419 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.10

Abstract

Google classroom is one of online learning medias which is developed by Google. It is an online class that facilitates teacher and students to interact and connected although they are in distinct area. English is one of courses that uses google classroom as an assistance media in learning process. It is caused English learning has a lot of material and needs a lot of practice. Therefore, assistance media is needed as to assist lecturers in transmitting material and organizing student assignments. This study aims to know the effectiveness of google classroom as English learning assistants. This study uses a descriptive quantitative method that would elaborate the effectiveness of google classroom as English learning assistant in student’s perspective through techniques of questionnaires to collect data. The subject of this research is students who actively use google classroom in learning English. Finding revealed that the effectiveness of Google classroom as an English learning assistance is in the medium category. It indicates that the use of google classroom is still not significantly effective in learning English.
Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Adimas Nalendra; M. Nur Fuad; M. Mujiono; Dona Wahyudi; Elok Hastari Candra Puspa
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1081.609 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i2.15

Abstract

Pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi mengumumkan bahwa Virus Corona sebagai pandemi karena telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Menurut Data WHO pertanggal 2 April 2020, sebanyak 827.419 orang telah terinfeksi Covid-19 yang menyebar di 206 negara dan menyebabkan kematian 40.777 orang. Data tersebut masih dapat terus bertambah mengingat belum ada obat yang dapat menyembuhkan Covid-19 dan mengandalkan daya tahan tubuh yang baik untuk dapat sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2. Pandemi global Covid-19 telah mendorong terjadinya perubahan pada berbagai sektor kehidupan termasuk dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pada tahap awal terjadinya penyebaran Covid-19, para guru dinilai tidak siap dalam menentukan instrumen pembelajaran secara cepat dan tepat sebagai pengganti dari pertemuan tatap muka. Materi webinar adalah pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom untuk menunjang kegiatan belajar mengajar bagi guru dan dosen. Tujuan seminar ini adalah memberikan ilmu dan wawasan serta pengalaman kepada peserta tentang penggunaan e-learning.    Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Google Class Room dapat dilihat dengan keseriusan peserta dalam melaksanakan pelatihan dan mengikuti tahapan pendampingan pelatihan.
Deseminasi Praktik Terbaik Hasil Penelitian Bidang Eksplorasi Biodiversitas dan Pembelajaran Abad ke 21 untuk Penguatan Wawasan Guru IPA Kabupaten Kediri tentang Penelitian dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Agus Muji Santoso; Sulistiono Sulistiono; Dwi Ari Budiretnani; Budhi Utami; Mumun Nurmilawati; Poppy Rahmatika Primandiri; Tutut Indah Sulistiyowati; Ida Rahmawati
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.957 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i1.16

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru IPA Kabupaten Kediri tentang penelitian dan karya tulisi ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang dilanjutkan dengan FGD kelompok. Tahap seminar berupa paparan materi yang memuat praktik terbaik hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UNP Kediri. Materi seminar berupa praktik terbaik tentang teknik penentuan topik, judul, penentuan metode penelitian, penyusunan instumen dan analisis data, pengenalan kode etik ilmiah, plagiasi dan upaya menghindari plagiasi. FGD berujuan untuk memfasilitasi peserta seminar yang memiliki kendala baik dalam meneliti maupun dalam menyusun karya tulis ilmiah . Data berupa ragam kendala guru IPA dalam meneliti dan menyusun karya tulis ilmiah diinvetaris oleh peneliti. Peneliti bertindak sebagai observer partisipan yang terlibat langsung selama dua tahap kegiatan. Data yang terkumpul ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Kendala guru IPA dalam melaksanakan penelitian antara lain belum adanya mitra yang berperan sebagai pendamping, terbatasnya wawasan tentang ruang lingkup penelitian, dan terbatasnya wawasan tentang analisis data. Kendala guru IPA dalam menyusun karya tulis ilmiah antara lain: guru IPA belum mengetahui plagiasi, keterampilan mendeskripsikan masih kurang, dan banyaknya tawaran dari pihak eksternal tentang layanan jasa pembuatan karya tulis ilmiah. Program ini digunakan oleh guru untuk menyampaikan kendala dalam meneliti dan menulis karya tulis ilmiah sekaligus mendapatkan umpan balik alternatif solusi yang dapat dilakukan oleh guru IPA dan UNP Kediri dalam bentuk penelitian dan publikasi bersama-sama.
Penerapan Latihan Relaksasi Otogenik untuk Regulasi Emosi Atlet Anggar Miftakhul Jannah; Damajanti Kusuma Dewi
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.444 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i2.22

Abstract

Masa pandemic Covid-19, pemerintah menghimbau berbagai instansi olahraga temasuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mengganti sistem latihan bagi atletnya. KONI jawa Timur memberlakukan latihan dari rumah termasuk bagi atlet anggar. Perubahan situasi latihan membuat atlet rentan mengalami tekanan psikis dan emosi negatif sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi oleh para atlet. Salah satu intervensi untuk regulasi emosi adalah latihan relaksasi otogenik. Maka dari itu, tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu atlet dalam mengelola emosinya di tengah masa pandemic ini, khususnya bagi atlet anggar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui kelas virtual selama 5 hari berturut-turut. Partisipan adalah 8 orang atlet anggar (4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan). Alat ukur untuk regulasi emosi berupa skala regulasi emosi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan regulasi emosi sebesar 39,82 % pada diri atlet. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi relaksasi otogenik mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi bagi atlet anggar. Relaksasi otogenik dapat dijadikan salah satu alternatif yang dilakukan atlet secara mandiri untuk meningkatkan kemamuan regulasi emosinya.
Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah Sucipto Sucipto
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.288 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i2.23

Abstract

Mendeley merupakan salah satu alat yang familiar di kalangan penulis sebagai alat bantu pengutipan referensi naskah ilmiah. Penggunaan mendelay masih dianggap sebagai alat yang serba otomatis, sehingga masih banyak pengguna kurang teliti mengenai metadata artikel yang masuk pada kutipan maupun daftar referensi. Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai penggunaan Mendeley sebagai penunjang penulisan naskah ilmiah dengan memperhatikan faktor kelengkapan metadata sehingga setiap metadata dapat sinkron dengan naskah ilmiah yang dikutip. Pelatihan ini dilakukan secara offline sesuai dengan aturan protokol Covid-19. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta mendapatkan pemahaman mengenai metadata naskah ilmiah dengan bantuan perangkat lunak Mendeley. 
Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sulia Ningsih; Yamanto Isa; Arief Qosim; Joko Kuswanto
Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.582 KB) | DOI: 10.53624/kontribusi.v1i2.25

Abstract

Seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seorang guru dituntut untuk dapat merancang sistem pembelajaran, termasuk komponen media. Kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif merancang pembelajaran dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kegiatan pembelajaran yang salah satunya media internet. Guru diharapkan mampu variatif, kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran tidak hanya secara tatap muka saja tetapi juga dapat divariasikan secara online. Salah satu jenis media berbasis internet yang dapat digunakan adalah Edmodo. Pelatihan blended learning berbasis edmodo dilakukan di SMA Sentosa Bhakti Baturaja dengan dasar guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja belum mengenal edmodo untuk pelaksanaan blended learning. Hasil dari kegiatan pengabdian ini guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja telah memiliki kemampuan pembuatan dan pengelolaan edmodo. Kemampuan atau skill ini dapat digunakan untuk pelaksanaan blended learning.