cover
Contact Name
Abdurahman Muzaqi
Contact Email
jurnal@arkainstitute.co.id
Phone
+6281212088823
Journal Mail Official
jurnal@arkainstitute.co.id
Editorial Address
Komplek Perumahan Janatipark III, Cluster Copernicus Blok D-07, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Published by Arka Institute
ISSN : 28278542     EISSN : 28277988     DOI : 10.32670
Core Subject : Education,
Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 9 Documents clear
Pengembangan materi ajar fisika berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di MAN 2 Makassar Nining Dwi Harti
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk materi ajar berbasis multirepresentasi, mengetahui respon guru terhadap materi ajar berbasis multirepresentasi, mengetahui respon peserta didik terhadap materi ajar berbasis multirepresentasi dan mengetahui efektivitas materi ajar fisika berbasis multirepresentasi. meningkatkan kemampuan berfikir analisis peserta didik di MAN 2 Makassar. Subjek coba penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas X MIPA II MAN 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi ajar fisika berbasis multirepresentasi, lembar kuisioner respon guru dan peserta didik, serta instrumen tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukan bahwa Materi ajar fisika berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di kelas X MIPA II MAN 2 Makassar valid dengan nilai validity content sebesar 0,74, penilaian respon pendidik terhadap materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik/sangat praktis, penilaian respon peserta didik terhadap materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik/praktis, efektivitas penggunaan materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik. Efektivitas materi  ajar Fisika berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran ditunjukkan dari hasil tes belajar Fisika dengan persentase 68% berada diatas nilai KKM.
Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas II SDN Karanganyar I Kabupaten Pasuruan Ruhimatul Lailiyah; Agung Setyawan
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.261

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Karanganyar I Kabupaten Pasuruan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana dalam satu siklus dilaksanakan selama satu hari. Dalam setiap siklus terdapat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data ada tiga aktivitas, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi data (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tahap pre-test, yang mencapai ketuntasan hanya 11 siswa (37,93%) dan yang tidak tuntas ada 18 siswa (62,06%). Pada siklus I tahap post-test, yang mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa (48,27%) dan yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa (51,72%). Pada tahap siklus II, yang mencapai ketuntasan hampir semua siswa, yaitu 28 siswa (96,55%) dan yang tidak tuntas hanya ada 1 siswa saja (3,44%). Berdasarkan hasil penelitian, metode demonstrasi ini dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, serta meningkatkan antusiasme dalam proses pembelajaran.
Student workshet the development based on stem (sciene, technology, engineering and mathematics) based construct 2 assisted lkpd on excretion system materials to improve student's science literature skills in SMA Negeri 1 Kuala T.P. 2021/2022 Novita Ruli Fransiska; Hudson Sidabutar
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.262

Abstract

Abstract The development of STEM-based LKPD (Science, Technology, Engineering and Mathematics) in this study aims to improve students' scientific literacy skills on excretory system material and is distributed through software construct 2 which has the advantage of not using programming languages . (coding) in its design. The research design applied is a research and development type with a 4-D framework model consisting of four stages, namely: 1) Definition, 2) Design, 3) Development (Develop) and 4) Implementation. The subjects in this study included validators of material experts, learning experts, design experts, educators in the field of biology studies and students of class XI MIPA-4 SMA Negeri 1 Kuala. The data collected and analyzed are quantitative data and qualitative data originating from interview observation sheets, validation sheets from the expert team of validators, educators' assessments and student response questionnaires. The results showed that the LKPD which had been validated by material experts obtained results with an average number of 89.58% with the "Very Eligible" category, the validation of learning experts by 84.16% in the "Very Eligible" category, design experts by 83.86 % with the "Very Eligible" category. ". The results of the assessment from educators in the field of biology studies obtained results with an average number of 94.6% in the "Very Eligible" category, and the results of the student questionnaire responses of 91.2% in the "Good" category.
Students’ attitude to virtual teaching of the english language in secondary schools in oyo state: implications for students achievement Sheriff Olamide Olatunji
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.264

Abstract

This study investigated students’ attitude to virtual teaching of English Language: Implications for students’ achievement. The study adopted the survey research design. Three private secondary schools were randomly selected from private secondary schools in Ibadan North Local Government Area, Oyo State. From each school, 50 SSII students were randomly selected making a total of 150 students. One research instrument was used for data collection: Questionnaire on Students’ Attitude to Virtual Teaching (r=0.82). Data collected were analysed using descriptive statistics of percentage, mean, standard deviation and inferential statistics of t-test. Findings of the study revealed the weighted mean of 2.499 out of the 4.00 maximum obtainable scores, which is higher than the standard mean of 2.50. This means that students had a good attitude to virtual teaching. There was no significant difference between male and female students’ attitude to virtual teaching (t = -.414; df=148; p>0.05). Based on the findings of this study, it was recommended that students should be encouraged to have positive attitude to virtual teaching of English Language.  Teachers and students should be trained on how to use different virtual platforms for teaching and learning of English Language.
Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Kairagi Gebriani Kuamba; Fabyana I. Tamboto; Patricia H. Supit
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memingkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar dengan penerapan model picture and picture pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian model Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek dalam penelitian sebanyak 36 siswa. Teknik penggumpulan data yaitu melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis hasil belajar dan keterlaksanaan model picture and picture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar metematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest 58 dengan ketuntasan 3 %. Pada siklus I nilai rata-rata 87 dengan ketuntasan 81 %,. Siklus II nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan 89 %. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado.
The utilization of the "shake and take" learning media in introducing one to one corespondence in group B Paud Al Bunyamur Kemayoran Jakarta Pusat Silvia Ningsih
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.299

Abstract

In introducing one-to-one correspondence using media in group B at PAUD Al Bunyamur Kemayoran, Central Jakarta, the aim is to understand the concept of numbers and children feel learning while playing. The time of observational research was carried out in December 2020 to May 2021. This type of research was classroom action research which was carried out in two cycles. The subjects in the study were students in group B at PAUD Al Bunyamur Kemayoran, Central Jakarta, totaling 15 children. The data obtained were taken from observation sheets and documentation. Analysis of research data used qualitative and quantitative approaches which were analyzed descriptively. The results showed that the use of "shake and take" media in explaining one-to-one correspondence could understand the concept of numbers. After taking action shows a change for the better. In the first cycle, it increased to 33.33% with the category developing as expected. And in the second cycle there was a significant increase to 83.33% with a very well developed category. It can be concluded that through the use of "shake and take" media in explaining one-to-one correspondence, one can understand the concept of numbers.
Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa sekolah dasar negeri Yohanah Yohanah
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.384

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi akademik siswa, pengaruh kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja  guru secara bersama terhadap prestasi akademik siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Populasi adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukasari dengan jumlah guru 120 orang, dan ukuran sampel ditentukan 30% dari populasi yaitu 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan SPSS Windows Version 26. Secara deskriptif hasil penelitian menujukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri di Kecamatan Sukasari  termasuk dalam kategori baik dengan skor 2.247, Kinerja  guru dalam kategori sangat baik dengan skor 2.269 prestasi Akademik siswa  masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 1.995. Dengan analisis regresi sederhana diketahui : terdapat pengaruh postif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi akademik siswa SD Negeri Kecamatan Sukasari  sebesar 58,0%, kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa dengan koefisien determinasi sebesar 48,9%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya pengaruh bersama-sama secara positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa  SD Negeri Kecamatan Sukasari  dengan koefisien determinasi sebesar 61,8%.
Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa MIN 2 Sarolangun Heri Puryanto
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.900

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MIN 2 Sarolangun, dengan rata-rata kelas 67. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun, yang berjumlah 25 orang yang heterogen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menyajikan hasil belajar yang diperoleh dari nilai semester ganjil. Adapun hasil belajar yang terjadi dari sebelum diadakan PTK dengan rata-rata sebesar 67 dengan kategori kurang, sedangkan setelah penelitian tindakan kelas pada siklus I dengan rata-rata sebesar 69 dengan kategori cukup dan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 73 dengan kategori baik serta pada siklus III dengan rata-rata sebesar 75 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun.
Relasi ilmu sejarah dengan ilmu sosial dan relevansinya di Lembaga Madrasah Susilaweti Susilaweti
Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/educenter.v1i7.901

Abstract

Berbagai macam masalah sosial pada saat zaman penjajahan yang timbul menjadi tantangan bagi madrasah untuk terus mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis relasi ilmu sejarah dengan ilmu sosial dan relevansinya di Lembaga Madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan literatur. Pendekatan literatur mencakup penggunaan sumber-sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dokumen, dan referensi lainnya sebagai landasan penelitian ini. Penelitian ini akan mengarah pada eksplorasi dan analisis terhadap sumber-sumber kepustakaan yang berkaitan dengan hubungan antara Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial, serta relevansinya dalam konteks lembaga madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmu sejarah dan sosial memiliki keterkaitan dalam perkembangan manusia dari tiap zaman. Dengan bersosial manusia akan mampu mencetak sejarahnya masing-masing. Kemudian madrasah syarat akan nilai historis atau sejarah yang mampu terbentuk dan tercipta karena rasa empati dan simpati para ulama nusantara terhadap pendidikan Islam dalam bentuk madrasah yang memiliki kedekatan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9