cover
Contact Name
-
Contact Email
jcoscis@unilak.ac.id
Phone
+6282383351136
Journal Mail Official
jcoscis@unilak.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso No.KM. 8, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau 28266
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
ISSN : -     EISSN : 27747581     DOI : https://doi.org/10.31849
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning sebagai media publikasi jurnal pengabdian untuk menyalurkan pemahaman tentang aspekaspek ilmu komputer dan teknologi informasi dan komunikasi berupa hasil pengabdian dilapangan yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun dan satu kali terbit 11 (sebelas) artikel.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service" : 11 Documents clear
PELATIHAN APLIKASI GOOGLE FORM© SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 CERENTI Walhidayat; Susi Handayani; Mariza Devega
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.634 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.7266

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah merupakan suatu rutinitas penting dalam beberapa poin kehidupan. Pendidikan adalah hak bagi seluruh warga negara, sebagaimana tertuang dalam Undang Undang Republik Indonesia Tahun 1945 sesuai dengan pasal 31 yang berbunyi “(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”. Merujuk pada poin penting tersebut proses pendidikan disekolah dapat dilakukan dalam beberapa alur: siswa mendaftar kemudian belajar dan lulus dari sekolah yang tempat menimba ilmu. Tidak hanya meluluskan siswa yang berkualitas dengan tenaga pendidik yang mumpuni dan proses pembelajaran yang terstruktur dan terukur. Input atau pun calon siswa yang akan menempuh pendidikan pada sekolah sedapat mungkin merupakan bibit unggul yang memiliki potensi.
PENGEMBANGAN KONTEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KOTA PEKANBARU Syahtriatna Djusar; Fajrizal; Elvira Asril
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.018 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.7742

Abstract

Aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas dan pekerjaan. Layanan Aplikasi berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan user dan perkembangan perangkat Teknologi Informasi. Salah satu kemampuan yang diberikan oleh Aplikasi adalah dalam layanan di bidang pendidikan. Berbagai layanan yang terkait dengan dunia pendidikan dapat dipermudah dengan keberadaan sebuah aplikasi. Penggunaan aplikasi untuk pendidikan akan membantu proses pembelajaran di MAN 4 Kota Pekanbaru. Dengan memanfaatkan aplikasi untuk membuat konten pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan secara daring akan menjadi mudah dan menarik, sehingga apabila ada kendala atau hambatan pada proses pembelajaran tatap muka seperti dalam kondisi wabah Covid-19 pada saat ini, maka proses pembelajaran tetap dapat dilakukan, dimana guru dan siswa tidak harus berada di satu ruang belajar tertentu. Pelaksanaan kegiatan workshop dan pelatihan kepada 21 orang guru MAN 4 Kota Pekanbaru menggunakan aplikasi Powerpoint, Camtasia, Video Scribe dan Youtube, telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan aplikasi untuk mengembangkan konten bagi pembelajaran daring, khususnya pada aplikasi camtasia yang pada awalnya hanya 3 orang guru yang pernah mengenal aplikasi tersebut, pada akhir kegiatan, semua peserta dapat mengenal aplikasi camtasia.
PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI PAMDEMI COVID -19 Devia Kartika; Hezy Kurnia
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.748 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.7773

Abstract

Saat pandemi covid-19 seperti ini, mengakibatkan proses pembelajaran tatap muka langsung di kelas tidak mungkin dilakukan. Maka sangat perlu dibuatkan sistem pembelajaran jarak jauh atau sistem daring. Namun pelaksanaan pembelajaran pada pendidikan di SD Yayasan Dar El Iman – Padang ini masih mengalami berbagai kendala dengan sistem pendidikan yang konvesional yaitu tersedianya ruang komunikasi yang sangat terbatas dalam menjalankan proses belajar-mengajar dan melaksanakan PBM daring hanya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, sehingga diperlukan pemanfaatan teknologi secara optimal dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah dengan penerapan pembelajaran secara online yaitu dengan konsep e-learning. Konsep yang dikenal dengan sebutan e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvesional ke bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Dalam kegiatan ini penulis melakukan metode pelatihan, demonstrasi, praktik dan pendampingan dalam penerapan e-learning yaitu menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran. Dengan adanya e-learning ini diharapkan dapat meningkatkan keefektifan, pemahaman serta pengetahuan dan ketarampilan guru dalam menggunakan sistem pembelajaran online pada sekolah SD Yayasan Dar El Iman – Padang.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIK PAUD DI KEC BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU Roki Hardianto; Sean Marta Efastri; Eddissyah Putra Pane
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1579.144 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8026

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan kepada Pendidik PAUD di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Materi pelatihan yang diberikan pengetahuan teknologi dibidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apalagi dibanyak temuan dilapangan banyak guru / tenaga pendidik PAUD yang masih belum pendidikan sarjana, jika sudah pendidikan sarjana tetapi bukan dari lulusan sarjana PAUD. Teknologi disini bisa dimanfaatkan pada saat proses pembelajaran kepada peserta didik seperti dalam membuat media pembelajaran menggunakan media digital yang ditampilkan menggunakan projector, membuat video animasi pembelajaran atau video pembelajaran kreatif dan inovatif. Pendidik dikenalkan cara membuat slide presentasi yang dapat meningkatkan kemauan belajar anak. Luaran dari kegiatan ini adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi, berita kegiatan yang dimuat / publikasi pada media massa online, modul ajar sebagai pegangan bagi tenaga pendidik. Dimasa pandemic, kegiatan dilaksanakan secara daring atau luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.
PELATIHAN AFTER EFECTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA JURUSAN MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU yoyonefendi; lusiana; rometdo muzawi; karpen; wirta agustin
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.681 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8387

Abstract

Abstrak: After Effects salah satu software efek digital visual, grafis gerak, dan aplikasi compositing yang dikembangkan oleh Adobe Systems dan digunakan dalam proses pasca produksi pembuatan film dan produksi televisi. After Effects dapat digunakan untuk memasukkan, melacak, rotoscoping, compositing dan animasi. Kegiatan pelatihan ini ditujukan pada siswa –siswi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru jurusan Multimedia. Siswa diberikan materi dari konsep pengembangan multimedia, pengenalan after effects, pengenalan tool, project opening, animasi teks dan mini kompetisi multimedia. Dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan kreatifitas multimedia untuk menjadi bekal siswa dalam menghadapi magang dan Ujian Keahlian Kompetensi (UKK). Kata Kunci: After Effects, Multimedia, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru Abstract: After Effects is a digital visual effects software, motion graphics, and compositing application developed by Adobe Systems and used in the post-production process of filmmaking and television production. After Effects can be used for inserting, tracing, rotoscoping, compositing and animation. This training activity is aimed at students of SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru majoring in Multimedia. Students are given material from the concept of multimedia development, introduction to after effects, introduction to tools, project opening, text animation and multimedia mini competition. With this training, it will increase multimedia creativity to equip students to face internships and the Competency Skills Exam (UKK). Keywords: After Effects, Multimedia, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru
PKM PELATIHAN ONLINE-BASED LEARNING ASSESSMENT PADA GURU MADRASAH ISLAM SWASTA AL JAMIATUL IKHLAS KECAMATAN DATUK BANDAR KOTA TANJUNGBALAI Aprilza Aswani; Gabriel Ardi Hutagalung; Winda Syafitri
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.29 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8531

Abstract

Wabah Covid-19 yang melanda dunia telah memaksa pembelajaran di Indonesia dialihkan ke metode daring atau online. Dalam pembelajaran, evaluasi menjadi salah satu langkah untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu guru dalam membuat kuis dan survei online adalah Google Form dan Quizizz. Mitra yang terlibat dalam program ini adalah guru-guru di Madrasah Islam Swasta Al Jamiatul Ikhlas Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai dimana persoalan utama yang dialami mitra adalah kurangnya pengetahuan dalam penggunaan IT dalam memberikan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan online-based learning assessment untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan, penggunaan serta optimaliasi pengunaan google forms dan quizizz sebagai media eveluasi pembelajaran. Program ini terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pengabdian ini, tim menerapkan metode in-house training. Evaluasi kegiatan ini dilakukan setelah program selesai dilaksanakan. Target utama pasca kegiatan pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan guru-guru di sekolah mitra tentang pemanfaatan E-Learning dan online-based learning assessment melalui penggunaan google form dan quizizz dalam mendukung program Merdeka Belajar.
PKM PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DESA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG PRIMA KEPADA MASYARAKAT PADA DESA. PERBULAN, KEC. LAU BALANG, KAB. KARO, SUMUT Ajulio Padly Sembiring; Sharfina Faza; Andam Lukcyhasnita; Gunawan
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.291 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8569

Abstract

Desa Perbulan, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara membutuhkan kehadiran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan perangkat desa terhadap masyarakatnya. Dimana dewasa ini seluruh aktifitas pekerjaan sudah menggunakan komputer yang tentunya memudahkan dan menghemat biaya dan waktu dalam setiap pekerjaan, namu di Desa Perbulan Kab. Karo masih minim penggunaan kumputer dan sistem komputer dalam melayani masyarakat yang berakibat labatnya setiap proses administrasi yang dilakukan oleh masyarakat kepada pemerintahan desa. Tentutnya kondisi ini sangat merugikan masyarakat dimana masyarakat harus meniggalakan pekerjaan berhari-hari hanya demi mengurus selembar surat di kantor desa. Dari msalah ini kami menawarkan pembangunan Sistem Informasi Manajeman Desa untuk memudahkan seluruh pekerjaan perangkat desa untuk melayanin masyarakan desa, dimana sistem yang akan dibangun berbasis web yang akan di online-kan dan dapat di akses oleh seluruh masyarakat yang akan menghasilkan transparansi pemerintah desa terhadap mesyarakat dan akan menghasilkan kepercayaan masyarakat terhapat pemerintahan desa
PKM SCALE UP DAN PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HADYCRAFT DESA BERINGIN KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA Andi Supriadi Chan; Nofriadi; Annalisa Sonaria Hasibuan
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.378 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8644

Abstract

Desa beringin merupakan Mayoritas penduduknya adalah dominan ditempati oleh masyarakat transmigran dan pendatang. Rata-rata mereka yang berasal dari suku jawa dan melayu. dilihat dari letak geografisnya maka mata pencarian utama masyarakat desa beringn adalah pertanian ,peternakan Nelayan dan UMKM. Dilihat dari letak desa beringin yang berada pada dataran rendah maka jenis tanah disini adalah tanah kering sehingga tanaman yang ada didominasi oleh pertanian seperti padi , perikanan dan usaha mikro lainnya yang memiliki Potensi untuk di kembangkan.salah satunya adalah usaha handycraft Suka Maju berupa kerajinan berbahan dasar kayu seperti pembuatan kandang, sangkar burung dan tusuk sate. Usaha ini dikelola oleh beberapa orang dan memanfaatkan masyarakat sekitar sebagai karyawan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok produktif ini seperti kekurangan teknologi alat mesin dalam setiap proses poduksi yang dilakukan , baik dari kegiatan pengolahan bahan baku, pengemasan hingga pemasaran dan manajemen SDM. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra UMKM Handycraft Suka Maju dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara penggunaan mesin kerja, Pelatihan dalam penggunaan alat kerja , Pelatihan Keahlian kerja, Desain Kemasan dan Pelatihan Kreatifitas, serta pemanfaatan teknologi dan social media dalam promosi dan penjualan. desain kemasan penjualan diberikan kepada mitra untuk mendukung Nilai jual produk yang telah dihasilkan.setelah itu akan diberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada kelompok produktif tersebut terhadap penggunaan dan perawatan alat yang diberikan serta pelatihan manajemen SDM yang dimiliki agar dapat berkembang menjadi lebih baik dan mandiri serta pengenalan pentingnya merek dagang pada produk.
PENINGKATAN PRODUKSI RUMAH BATIK SITI KHADIJAH, KECAMATAN MEDAN TIMUR, PROVINSI SUMATERA UTARA Harris Pinagaran Nasution; Djames; Nursiah
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.416 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8657

Abstract

Berkembangnya batik Sumatera Utara menjadi suatu hal yang menarik untuk diperhatikan, karena industri ini sangat berpotensi dalam mengangkat budaya lokal dan menjadi alternatif pilihan di tengah-tengah tren batik yang kini sedang pesat dan maju bagi tren fashion. Rumah Batik Siti Khadijah di Jalan Gunung Mahameru Glugur Darat Medan, yang mengangkat batik dengan khazanah budaya lokal. Rumah Batik Siti Khadijah didirikan sekitar April 2018 dan produk yang dihasilkan berupa batik cap dan batik tulis dengan motif ornamen Sumatera Utara. Proses produksi pembuatan batik khas Medan yang dilakukan dirumah produksinya, namun saat ini kesulitan saat produksi dalam melakukan desain motif cetak karena komputer dan printer hanya 1 unit yang juga digunakan untuk kegiatan administrasi/pembukuan. Faktor keterbatasan dana yang membuat rumah produksi masih menggunakan 1 unit komputer PC saja. Kendala keterbatasan proses produksi terutama desain motif-motif dari Rumah Batik dapat diatasi dengan penerimaan alat produksi berupa Laptop yang diberikan Tim PKM. Selain itu melalui pemberian pelatihan pemasaran dengan mempergunakan media online dan offline dengan strategi yang tepat, akan membuat produk Rumah Batik ini lebih dikenal khalayak.
PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEUR DI MASA PANDEMI COVID-19 zulafwan; Gusrio Tendra
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No. 1 (2022): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.02 KB) | DOI: 10.31849/jcoscis.v2i1.8762

Abstract

Digital Enterpreneur adalah istilah yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah, karena bisnis dan masyarakat terus ditransformasikan oleh teknologi digital. Kewirausahaan digital menyoroti perubahan dalam praktik wirausaha, teori, dan pendidikan. Kewirausahaan digital mencakup segala sesuatu yang baru dalam hal tentang kewirausahaan di dunia digital. Hal-hal yang menjadi perhatian dalam berwirausaha dalam dunia digital antara lain ialah bagaimana cara baru mendapatkan ketertarikan pelanggan terhadap usaha yang dibangun, bagaimana cara baru dalam merancang, menawarkan produk, dan memberikan layanan yang terbaik, bagaimana cara baru menghasilkan pendapatan, dan mengurangi biaya, peluang baru untuk berkolaborasi dengan platform dan mitra dan sumber peluang, resiko, serta keunggulan kompetitif baru. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMIK “Tri Dharma” Pekanbaru, hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai, jenis usaha, peluang usaha, dan cara yang digunakan untuk memulai digital entrepreneur pada masa pandemi COVID-19. Adapun materi yang diberikan terkait pengertian digital entrepreneur, jenisnya dan bagaimana cara memulainya. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform video conference zoom cloud meeting, waktu pelatihan satu hari dengan peserta terdiri dari mahasiswa, siswa SMK dan SMA serta masyarakat umum dilingkungan kota Pekanbaru. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dimana hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh perserta kepada nara sumber berdasarkan materi yang di sampaikan. Hasil ahir dari pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengetahui apa itu digital entrepreneur, bagaimana memulainya, dan nantinya dapat memulai untuk dapat membuka usaha sendiri dibidang teknologi informasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11