cover
Contact Name
Andriyansyah
Contact Email
andry0654@gmail.com
Phone
+6285781675213
Journal Mail Official
admin@staiaulia.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Hamid Km 03, Situ Ilir, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, 16630 (081383943191- 0856 7265086)
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Didaktika Aulia
ISSN : 2798348X     EISSN : 2798110X     DOI : -
Didaktika Aulia merupakan jurnal ilmiah kajian pendidikan yang khusus mempublikasikan karya-karya ilmiah yang belum pernah diterbitkan. Jurnal ini terbit berkala dua kali dalam setahun yaitu pada periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia Bogor
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam" : 6 Documents clear
TRANSFORMASI MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK): Tinjauan Kebijakan dan Eksistensi Pasca Reformasi Sarwenda; Saepullah
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini menunjukkan bahwa, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) layak untuk di aktifkan kembali, dan Peraturan Menteri Agama (PMA) No.60 Tahun 2015 dapat segera dilaksanakan. Madrasah Aliyah Keagamaan diperlukan untuk mencetak kader ulama yang tafaqquh fiddin. Penelitian Balai Litbang Agama Jakarta pada tahun 2016 tentang “Pengembangan Madrasah Aliyah Akademik dan Keagamaan di Indonesia Bagian Barat” telah membuktikan urgensitas diaktifkan kembali Madrasah Aliyah Keagamaan ini. Hal demikian dilakukan agar perguruan tinggi keagamaan tidak kehilangan kader-kader ulama yang berkualitas sesuai dengan tujuan awal dibentuknya program MAPK ini.
POLA ASUH ORANG TUA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTS AL-IDRUS BOGOR Irawati; Teti Apriyanti
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat Belajar adalah aspek psikologi seseorang yang menampakkan diri dalam beberapa gejala, seperti: gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mengumpulkan data dan studi korelasional untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan pola asuh dengan minat belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi/hubungan antara pola asuh dan minat belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Al-Idrus yang berjumlah 300 siswa, dengan komposisi kelas VII 101 siswa, kelas VIII 106 siswa, dan kelas IX 93 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 90 siswa (30% dari jumlah populasi) dengan sistem random sampling dari setiap kelasnya. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa. Hubungan antara variabel X (pola asuh orang tua) dengan variabel Y (minat belajar siswa) adalah signifikan (sig.) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan minat belajar siswa di MTs Al-Idrus Ciseeng Kabupaten Bogor.
PERAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK PERILAKU SISWA Jaja Sudarjat; Helwi Nurul Ramadhini
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perilaku siswa di SMP Madani 2) Untuk mengetahui temuan mengenai peran orang tua siswa di SMP Madani 3) Untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk perilaku siswa SMP Madani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu melalui studi kasus dengan menggunakan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Madani Bogor. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam membentuk perilaku siswa yaitu memiliki peran penting dalam mendidik dan membentuk perilaku anak, karena baik atau buruknya anak tergantung bagaimana orang tua dalam memberikan pendidikan serta perhatian. Keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk perilaku anak karena dengan keluargalah anak pertama kali bersosialisasi dan melakukan interaksi. Tidak heran keluarga yang baik akan mencetak perilaku yang baik pula karena hakikatnya keluarga adalah madrasah pertama bagi anak yang akan berpengaruh pada perilakunya seiring bertambahnya usia anak, mereka akan merelisasikan apa-apa yang ditanamkan orangtuanya sejak kecil. Membentuk perilaku anak banyak caranya semisal dengan mengajarkan agama, kejujuran, membiasakan anak menaati peraturan, mengajarkan berbuat baik, memberikan arahan, mendengarkan keluh kesah anak, mengawasi tutur kata dan ibadahnya.
MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AULIA Aden Setiawan; Ahmad Fahruroji; Heni Pawwajiah
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif serta menggunakan pendekatan “Field Research” (meghimpun data dan fakta dari objek penelitian) dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 79 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti mengambil 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa, dengan diketahui nilai korelasi ???? ???????? sebesar 0,930 dengan nilai t hitung 13,369 dan pada taraf signifikansi 5% 2,05. Taraf signifikansi t hitung 13,369 > t tabel 2,05. Hal ini menunjukan Ha (hipotesis alternatif) di terima dan terdapat pengaruh yang signifikan serta mempunyai pengaruh kontribusi sebesar 86% antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Aulia Aulia.
KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP HAYATUL ISLAM BOGOR Apid Hapidudin; Andriyansyah; Levia Andarwati
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi bahwa siswa di SMP Hayatul Islam masih ada yang belum mampu membaca Al-Qur’an padahal disekolah tersebut terdapat pelajaran baca tulis Al-Qur’an sehingga mereka bisa lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menerapkan metode korelasi dengan instrument penelitian menggunakan angket untuk membaca Al-Qur’an dan test tertulis untuk hasil belajar siswa. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,94 > r tabel 0,374. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI para siswa. Kontribusi membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar PAI siswa dihasilkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,89% yang dimana dalam hubungan ini kontribusi didapatkan sangat besar terhadap hasil belajar PAI siswa.
PARENTING ISLAMI DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL SISWA KELAS V MIS DARUT TAQWA BOGOR Komarudin; Iin Inayah
DIDAKTIKA AULIA Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islami parenting adalah suatu metode pengasuhan suatu metode pengasuhan orang tua kepada anak sebagai solusi metode pendekatan emosional yang positif, Parenthink (parenting) pada dasarnya adalah pola asuh orang tua dan pendidikan sejak anak lahir sehingga anak telah memenuhi kriteria untuk disebut sebagai pribadi yang dewasa, bukan hanya dewasa secara fisik, namun juga dewasa secara mental atau psikologis. Jadi Islami parenting diterjemahkan sebagai pengasuhan orang tua terhadap anak yang berpusat kepada pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan parenting Islami terhadap emosional siswa kelas V MIS Darut Taqwa Bogor, dan seberapa persen orang tua siswa menerapkan parenting Islami. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Jumlah sampel diambil yaitu sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Pengujian validitas dan reliabilitas. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara parenting Islami terhadap emosional siswa. Hal ini dibuktikan dengan r hitung variabel parenting Islami dan variabel emosional yaitu 2,470. R tabel sebesar 2,100. Terbukti r hitung lebih besar dari r tabel. Parenting Islami memberi sumbangan terhadap kecerdasan emosional sebesar 25%, sedangkan 75% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Agar emosional siswa berkembang secara optimal, sebaiknya orangtua menerapkan parenting Islami.

Page 1 of 1 | Total Record : 6