cover
Contact Name
Herman Wijaya
Contact Email
alinea.jurnal@gmail.com
Phone
+6281937075937
Journal Mail Official
alinea.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Basuki Rahmat-Praya Lombok Tengah
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Published by Bale Literasi
ISSN : -     EISSN : 28094204     DOI : https://doi.org/10.58218/alinea/
Core Subject : Religion, Education,
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), serta pembelajaran bahasa dan sastra. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, konsep teori dan pemikiran yang menawarkan nilai kebaharuan. ALENIA terbit tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus, dan Desember
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran" : 21 Documents clear
Analisis Bunyi Fonem Pada Anak Penyandang Down Syndrom (Studi Kasus) Ranti Emulsi Ranti; Indriani Nisaj; Rina Sartika
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.663 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.250

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan bunyi fonem pada anak penyandang down syndrom. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif bertujuan untuk mencapai tujuan penelitian sesuai masalah yang diteliti. Informan dalam penelitian ini adalah Dayat anak penyandang down syndrom yang berumur empat belas tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik cakap, rekam dan catat. Analisis data dalam penelitian ini ialah dengan mentranskripsikan data ujaran anak untuk melihat bunyi fonem yang diujarkan anak down syndrom berupa penggantian fonem, penambahan fonem, penghilangan fonem, maupun ketidakberaturan fonem. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan ada empat puluh data analisis bunyi fonem pada subjek Dayat di antaranya, lima belas kasus penggantian fonem, anak kerap menggantikan fonem yang berbebda dengan fonem asli atau tujuan yang disebabkan karena adanya proses retrofleksi. Dua kasus penambahan fonem, anak tersebut kerap menambahkan sebuah fonem di dalam ujarannya yang disebabkan karena pengaruh anftiksis. Tujuh belas kasus penghilangan fonem, Penghilangan fonem terjadi sebagai bentuk penyederhanaan fonem. Enam kasus ketidakberaturan fonem, hal ini dikarenakan adanya perubahan pelafalan secara halus yang diujarkan oleh Dayat dan tidak terdengar seperti pada kata yang diucapkan.
Efektivitas Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lunang Dewi Restiani; Indriani Nisja; Suci Dwinitia
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.599 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design dalam bentuk posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 dan XI MIA 2 yang masing-masing berjumlah 29 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas XI SMAN 1 Lunang dalam menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang tanpa menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata 57,66 dengan kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-67% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang dengan menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata 61,68 dengan kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-67% pada skala 10. Ketiga, terdapat efektivitas penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang karena thitung>ttabel yaitu 2,59>1,67. Hal ini menunjukan bahwa model Team Assisted Individualization (TAI) dapat mempengaruhi siswa dalam menulis teks eksplanasi.
Efektivitas Penggunaan Metode Examlple Non Example terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo Ega Widia Putri; Trisna Helda; Samsiarni
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.459 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.259

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menulis cerita fantasi, karena kurangnya referensi yang diberikan kepada siswa. Kedua, kurangnya minat siswa dalam menulis, karena tidak berbaurnya siswa dengan metode yang diterapkan. Ketiga, siswa cenderung tidak memiliki ide dan kurang imajinatif dalam menulis serta hanya beberapa siswa yang terampil dalam menulis saat diberi tugas menulis cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode example non example terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-postest. Sampel dalam Penelitian ini adalah siswa kelas VII3 SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan metode example non example siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo sebelum menggunakan metode example non example memperoleh nilai rata-rata 66,22 dengan kualifikasi yaitu lebih dari cukup (C). Kedua, kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo sesudah menggunakan metode example non example memperoleh nilai rata-rata 81,47 dengan kualifikasi yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat efektivitas metode example non example terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan duo karena thitung > ttabel (5,57>1,70). Dengan demikian penggunaan metode example non example berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo.
Keefektifan Model Pembelajaran Sharing Reading Literacy Terhadap Kemampuan Membaca Teks Hikayat Siswa Kelas X SMA N 15 Padang Erinda Julyeta Mahgriby Erinda; Silvia Marni; Rina Sartika
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.141 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.280

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran membaca di sekolah belum membantu siswa dalam kegiatan literasi membaca, khususnya dalam membaca teks hikayat sehingga siswa kesulitan dalam mencerna dan memahami informasi penting yang terdapat dalam bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran sharing reading literacy terhadap kemampuan membaca teks hikayat siswa kelas X SMAN 15 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 15 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA N 15 Padang yang berjumlah 31 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan membaca teks hikayat sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sharing reading literacy siswa kelas X SMA N 15 Padang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, tingkat kemampuan membaca teks hikayat sebelum menggunakan model pembelajaran sharing reading literacy siswa kelas X SMA N 15 Padang memperoleh nilai rata-rata 41,61 dengan klasifikasi 36-45% yaitu kurang (K). Kedua, kemampuan membaca teks hikayat sesudah menggunakan model sharing reading literacy siswa kelas X SMA N 15 Padang memperoleh nilai rata-rata 80,21 dengan klasifikasi 76-85% yaitu baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t di dapat hasil uji hipotesis yaitu t hitung > t tabel (16,96 > 1,70). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran sharing reading literacy efektif terhadap kemampuan membaca teks hikayat siswa kelas X SMA N 15 Padang. Kata kunci: Sharing reading literacy, Kemampuan Membaca, Teks Hikayat
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasisiswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Ummi Kalsum; Ria Satini; Refa Lina Tiawati R
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.835 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray Iterhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pra-ekperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sebelum menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh nilai 56,08 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi sedang. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya sesudah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh nilai 66,47 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi cukup. Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya karena thitung= 1,88 dan ttabel= 1,71 (1,88>1,71) kriteria pengujian t diterima jika thitung>ttabel dengan kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.
Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 13 Pesisir Selatan: Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK N 2 Padang Mutika Anggun; Rahayu Fitri; Afrini Rahmi
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.005 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.285

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini di ambil 60% dari total populasi maka sampel penelitian berjumlah 53 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk mengumpulkan skor kebiasaan membaca siswa sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan skor kemampuan menulis teks persuasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, kebiasaan membaca siswa kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan diperoleh nilai rata-rata hitung 59,42 berada pada rentangan 56-65% pada skala 10, dengan kualifikasi sedang (S). Kedua, ketrampilan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan diperoleh nilai rata-rata hitung 71,06 berada pada rentangan 66-75% pada skala 10, dengan kualifikasi cukup (C). Ketiga, uji-t, H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung>ttabel (2,93 1,70). Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung> dari ttabel yaitu 2,93 1,70. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan.
Hubungan Minat Baca Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Solok Selatan Delvia Miranda; Ria Satini; Febrina Riska Putri
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.831 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.292

Abstract

Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan kelas yang memiliki standar deviasi terendah. Sampel penelitian ini satu kelas, peserta didik kelas XI SMA N 2 Solok Selatan dengan jumlah sampel 28 orang. Instrumen penelitian adalah angket dan tes unjuk kerja. Angket digunakan untuk minat baca cerpen dan tes unjuk kerja digunakan untuk keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA N 2 Solok Selatan.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan. Pertama, minat baca cerpen siswa kelas XI SMA N 2 Solok Selatan dengan rata-rata hitung 74,62 berada pada kriteria Cukup dengan rentang nilai 66-75% pada skala 10 .Kedua keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA N 2 Solok Selatan dengan rata-rata hitung 77,38 berada pada kriteria Baik 76-85% pada skala 10. Ketiga hubungan minat baca cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA N 2 Solok Selatan, terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini terlihat dari hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa rhitung >rtabel yaitu 2,34 >1,70.
Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok Viki Verlina; Rina Sartika; Ria Satini
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.088 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.293

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Kota Solok yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teksl aporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning) siswakelas X SMA Negeri 3 Kota Solok. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikutini. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok sebelum menggunakan metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning) memperoleh nilai rata-rata 68,06 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi yaitu Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok dengan menggunakan metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning) memperoleh nilai rata-rata 79,44 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Solok karena thitung>ttabel (5,65>1,70).
Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang Rika Wulandari; Asri Wahyuni Sari; Trisna Helda
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.696 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.295

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.A SMP Negeri 31 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) terhadap Kemampuan menulis teks teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 56,54 dengan kualifikasi yaitu Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri31 Padang sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) memperoleh nilai rata-rata 80,94 dengan kualifikasi yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat efektivitas pendekata terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang karena thitung= 10,89 dan ttabel = 1,70 kriteria pengujian t diterima jika thitung> ttabel sesudah kata lain H1 diterima dan H0 ditolak.
A Rhetorical Strategy Of Ethical Appeals In Tgb Muhammad Zainul Majdi’s Moderate Discourse Of Da’wah Nusantara In Bali: - M. Rifqi Subakti Bahtiar; Hishammudin Salim; Nursyafawati Ahmad Sani; Hamzani Wathoni
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.924 KB) | DOI: 10.58218/alinea.v2i3.302

Abstract

The goal of this qualitative descriptive study is to understand how TGB Muhammad Zainul Majdi employed the rhetorical device of ethos (ethical appeals) to establish power/credibility and moderate speech. As a result, the researcher chose to focus on one of TGB Muhammad Zainul Majdi's most fascinating talks, specifically one that was given in Bali and attended by people from various socioeconomic classes, educational backgrounds, and even religious backgrounds. This is also a da'wah from the Archipelago TGB Muhammad Zainul Majdi in relation to the opening of the Wikondo pavilion. Discourse analysis is the data analysis technique that is being employed. It consists of three parts: transcription of speech from video sources, coding of language elements, and classification and inference. Based on the results of the document analysis of the transcription of speech using discourse analysis, it was found that TGB Muhammad Zainul Majdi used the similitude approach to conduct ethical appeal and attract listeners. In that case, similitude is widely used by employing the subject pronoun we, both inclusive and also inferential subject pronoun we. Then moderate speech to convey the message wisely and well is born from the delivery of TGB Muhammad Zainul Majdi.

Page 1 of 3 | Total Record : 21