cover
Contact Name
Ervita Nindy Oktoriany
Contact Email
rekmedstia@gmail.com
Phone
+6283613722299
Journal Mail Official
rekmedstia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Baiduri Bulan No 1 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
ISSN : 27159817     EISSN : 27229831     DOI : -
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat Nya kamidapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada JRMIK: Jurnal Rekam Medis & Informasi Kesehatan Volume 03 Nomor 02 Edisi Juni, Tahun 2022. Semua artikel yang dimuat pada Jurnal ini telah diseleksi dan ditelaah oleh Dewan Editor . Hanya artikel-artikel berkualitas baik dan sangat baik yang dapat dimuat pada JRMIK: Jurnal Rekam Medis & Informasi Kesehatan. Topik-topik yang disajikan pada edisi ini meliputi: klasifikasi dan kodefikasi rekam medis, komunikasi rekam medis, dan manajemen rekam medis. Kepada penulis yang telah berkontribusi pada penerbitan jurnal edisi ini, kami menyampaikan terima kasih yang mendalam, selanjutnya kami mengundang rekan sejawat peneliti perekam medis dan informasi kesehatan mengirimkan naskah untuk disajikan pada jurnal ini. Saran dan kritik yang membangun, pembaca dan para pihak lainnya sangat kami harapkan. Selamat membaca.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION" : 6 Documents clear
RANCANGAN Rancangan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web dengan PHP Sistim Pendaftaran Online Miftachul Ulum
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.999 KB)

Abstract

The registration system is a process that is carried out before the patient gets service in the treatment room. Hasta Husada Special Surgery Hospital uses a manual registration system. The purpose of this study was to design an online web-based outpatient registration system at the Hasta Husada Kepanjen Special Surgery Hospital. The research method used is SLDC Waterfall. The final product trial questionnaire was analyzed using PIECES analysis (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service). The study population consisted of 8 registration officers and 1 IT officer, and the study sample consisted of 1 registration officer and 1 IT officer. Based on the results of the PIECES analysis on the use of a manual registration system, Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service analysis gets a total value of 0 each from a total of 1 respondent.While on the use of an online registration system, Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service analysis gets a total of 2 each from a total of 1 respondent. It can be concluded that the use of an online registration system is more effective than using a manual registration system. So it is recommended that hospitals can use the online registration system application to simplify the patient registration system in outpatient registration services. Keywords: Design, Registration System, Online, Patient, Outpatient
Keakuratan Kodefikasi Diagnosis Pasien Bpjs Kesehatan Rawat Inap dengan Kasus Pending Klaim (Dispute) di Rumah Sakit Tk. II Dr. Soepraoen Malang Robiatud Daniyah; Aris Susanto
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.333 KB)

Abstract

Latar Belakang : Keakuratan pengkodean suatu diagnosis ditentukan berdasarkan oleh lengkapnya suatu rekam medis. Tenaga medis bertanggung jawab penuh akan kelengkapan dan kebenaran atau keakuratan isi rekam medis, sedangkan petugas rekam medis membantu dokter atau tenaga medis lainnya dalam mempelajari kembali rekam medis yaitu dengan bertanggung jawab untuk mengevaluasi kualitas rekam medis guna menjamin konsistensi dan kelengkapan isinya, sehingga dapat menghasilkan kode yang akurat sesuai dengan aturan pada ICD-10.Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau keakuratan kodefikasi diagnosis pasien BPJS Kesehatan rawat inap dengan kasus pending klaim atau Dispute di Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen Malang.Metode: Penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menggunakan sampel 32 berkas klaim. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan metode Checklist, yang berisikan tentang keakuratan kode diagnosis.Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pengkodean diagnosis telah berpedoman pada aturan yang ada, dan juga dalam verifikasi klaim kasus pending klaim Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen Malang juga berpedoman pada SOP yang berlaku dari BPJS Kesehatan. Pelaksanaan pengkodean diagnosis dimulai dari pasien menerima rekam medis dari ruang perawatan yang kemudian dilakukan penyetoran pada bagian assembling. Setelah dari assembling kemudian dokumen rekam medis dilakukan pengkodean sebelum nantinya di indeksing.Kesimpulan: akuratnya kode diagnosis menghasilkan 120 berkas klaim (40%), dari 120 berkas klaim tersebut peneliti mengambil sampel sebanyak 32 berkas klaim dan didapati hasil kode akurat sebanyak 20 berkas klaim (62,5%) dan kode yang tidak akurat sebanyak 12 berkas klaim (37,5%). Hal ini menunjukkan bahwa keakuratan dalam pengkodean diagnosis, masih ada yang belum sesuai ketentuan Permenkes RI Nomor 76 Tahun 2016, dan Berita Acara Kesepakatan BPJS Kesehatan dan PPJK. Saran peneliti untuk meningktakan keakuratan kodefikasi diagnosis pasien BPJS Kesehatan rawat inap yang pertama adalah perlunya peningkatan fungsi verifikasi klaim administrasi untuk mengurangi pengembalian berkas klaim yang dikarenakan kurangnya berkas-berkas pendukung. Dapat berupa pemerikasaan penunjang maupun berkas persyaratan lainnya.Kata kunci: Pending Klaim, Dispute, Kodefikasi
Pelaksanaan Komunikasi Efektif Perekam Medis dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pragaan Kabupaten Sumenep Tri Marhaeni Widiastuti; Tri Murni
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.155 KB)

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi efektif adalah suatu proses interaksi manusia dengan cara bertukar informasi. Komunikasi perekam medis di Puskesmas Pragaan Kabupaten Sumenep dengan rekan kerjanya masih dikategorikan belum sepenuhnya efektf.Tujuan: Maka dari itu peneliti berinisiatif untuk mengidentifikasi tentang komunikasi efektif yang dilakukan oleh perekam medis kepada rekan kerjanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi efektif antar perekam medis dan perekam medis dengan tenaga kesehatan.Metode: Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap tujuh perekam medis di Puskesmas Pragaan Kabupaten Sumenep. Analisis data yang digunakan kualitatif.Hasil: Kemampuan komunikasi perekam medis dengan rekan kerjanya secara umum sudah baik. Kesimpulan: Namun belum optimal karena masih terjadi hambatan berupa kepentingan, motivasi terpendam, dan ganguan semantik. Saran dari peneliti yaitu diharapkan agar sikap menghargai dan memahami kondisi rekan kerja dapat ditingkatkan agar komunikasi menjadi efektif.Kata kunci: Komunikasi Efektif, Perekam Medis, Rekan Kerja.
Analisis Beban Kerja Petugas Rekam Medis di Bagian Indeksing RSUD dr. Haryoto Lumajang Ali Hanafiah; Soraya aya
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.956 KB)

Abstract

Latar Belakang: RSUD dr. Haryoto Lumajang adalah Rumah Sakit Umum Daerah tipe B yang berada di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur dimana unit rekam medis khususnya di bagian indeksing terdapat 1 orang petugas. Sementara itu, dalam 1 bulan petugas dapat mengindeks 1.130 dokumen rekam medis.Tujuan: Analisis ini dibuat untuk disesuaikan dengan beban kerja dengan total petugas indeksing sehingga dalam penelitian ini dapat diketahui beban kerja petugas rekam medis di bagian indeksing RSUD dr. Haryoto Lumajang.Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneilitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sempel dalam penelitian ini adalah jumlah total petugas rekam medis di bagian indeksing RSUD dr. Haryoto Lumajang yang berjumlah 1 orang, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Analisis beban kerja pada penelitian ini menggunakan metode ABK-Kes berdasarkan permekes nomor 33 tahun 2015.Hasil: Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan perhitungan ABK- Kes pada bagian Indeksing di RSUD dr. Haryoto Lumajang, petugas yang berjumlah 1 orang pada bagian tersebut sudah sesuai berdasarkan dengan Analisis Beban Kerja yang juga berjumlah 1 orang dan tidak diperlukan adanya panambahan petugas rekam medis pada bagian tersebut.Kesimpulan: Berdasarkan pengkajian yang telah dilakukan dengan mengacu pada berdasarkan Permenkes RI Nomor 53 Tahun 2012, penelitian ini membuahkan kesimpulan bahwa ABK-Kes pada bagian Indeksing di RSUD dr. Haryoto Lumajang, dengan petugas yang berjumlah satu orang adalah "sudah sesuai" berdasarkan analisis beban kerja yang juga berjumlah 1 orang. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa kebutuhan petugas rekam medis pada bagian indeksing di RSUD dr. Haryoto Lumajang telah memadai.Kata kunci: Beban Kerja, Rekam Medis, Indeksing, ABK-Kes
Pelaksanaan Alur Petugas Filling Dengan Standar Operasional Prosedur di Puskesmas Pakisaji Hadiwiyono wiyono; Femy Anggriyani
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.06 KB)

Abstract

Pelayanan Dokumen rekam medis, dituntut menyediakan berkas secara cepat dan tepat. Penyimpanan berkas rekam medis di Puskesmas Pakisaji menggunakan penyimpanan Sentralisasi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan studi potong lintang (cross sectional), yaitu penelitian hanya melakukan obserfasi dan menggunakan variabel tertentu saja. Penyimpanan rekam medis di Puskesmas Pakisaji saat ini menggunakan Sentralisasi yaitu penyimpanan dokumen rekam medis seorang pasien dalam satu kesatuan dokumen rekam redis rawat jalan, rawat inap ataupun gawat darurat menjadi satu dalam satu folder (map). Tujuan penyimpanan dokumen Rekam Medis antara lain untuk menjaga kerahasiaan dokumen rekam medis karena mempunyai arti penting sehubungan dengan riwayat penyakit pasien.Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Sumber daya material rekam medis di Puskesmas Pakisaji yang meliputi bahan peralatan dan fasilitas, masih harus dilengkapi seperti kurangnya kuota internet sehingga terjadinya gangguan keterlambatan pada sistem Komputer, kelemahan yang terdapat dibagian penyimpanan rekam medis seperti jarak antara rak tdak sesuai standar yaitu 90cm, ruangan penyimpanan tidak memiliki pemadam api ringan, pengatur suhu ruangan dan fentilasi udara. Perlu dilakukan evaluasi terhadap urutan penyimpanan berkas dan pengecekan pendobelan dokumen rekam medis dalam waktu tertentu misalnya sebulan sekalibahan dan peralatan yang belum ada bisa di lengkapi sesuai standar yang berlaku.Kata Kunci: Alur, dokumen rekam medis, SOP
Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Kualitas Layanan Internal dan Kepuasan Kerja Pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X Zefan Adiputra Golo; Elise Garmelia
JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Publisher : Malang: Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.21 KB)

Abstract

Pemasaran internal menjadi faktor penentu dari kualitas layanan internal, sehingga dapat menciptakan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja di Instalasi Rawat Jalan RSUD X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rancangan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah semua pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X sebanyak 104 orang yang terdiri dari 26 dokter spesialis, 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 66 perawat dan 7 tenaga administrasi. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (pathway analysis) dengan bantuan aplikasi Analysis of Moment Structure (AMOS) untuk melihat pengaruh dimensi-dimensi pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberdayaan terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.75); ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi internal terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.008); tidak ada pengaruh yang signifikan dari kerjasama tim terhadap kualitas layanan internal (p=0.108); ada pengaruh yang signifikan dari penghargaan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); ada pengaruh yang signifikan dari pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); dan ada pengaruh yang signifikan dari persepsi kualitas layanan internal terhadap kepuasan kerja (p=0.000). Kata kunci : Internal Marketing, Internal Service Quality, Kepuasan Kerja

Page 1 of 1 | Total Record : 6