cover
Contact Name
Saipul Al Sukri
Contact Email
saipul.alsukri@gmail.com
Phone
+628972975249
Journal Mail Official
saipul.alsukri@gmail.com
Editorial Address
INSTITUT RISET DAN PUBLIKASI INDONESIA Jl. Tuah Karya Ujung C7. Kel. Tuah Madani Kec. Tampan Kota Pekanbaru - Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management
ISSN : -     EISSN : 29859883     DOI : -
Core Subject : Economy,
Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM) is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and December, each edition containing 5 (five) articles. Articles may be written in Indonesian or English. articles are original research results with maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to IJBEM will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. The submitted article must meet the assessment criteria and be in accordance with the instructions and templates provided by IJBEM. The author should upload the Statement of Intellectual/ Copyright Rights when submitting the manuscript. Papers must be submitted via the Open Journal System (OJS) in .doc or .docx format. The entire process until IJBEM is published will be free of charge. IJBEM is registered in National Library with Number International Standard Serial Number (ISSN) Online: 2985-9883. In general, the focus and scope of the Indonesian Journal of Business Economics and Management can include various topics related to business and economics. These can range from theoretical to empirical research in areas such as finance, accounting, marketing, management, entrepreneurship, international business, and corporate governance. The journal may also cover interdisciplinary topics such as social and environmental responsibility, sustainable development, and business ethics. Research methodologies can include quantitative and qualitative approaches, case studies, and literature reviews. The goal of such a journal is to publish high-quality research that contributes to the understanding of business and economics and its practical applications in the real world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021" : 5 Documents clear
Pengaruh Sistem Pembayaran Upah terhadap Kesejahteraan Pekerja di PT. Sindora Seraya Bantayan Rokan Hilir Riau Perspektif Ekonomi Islam Nuryanti Nuryanti; Fuad Fauzan
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.626 KB)

Abstract

Sistem Upah merupakan sistem perjanjian kerja yang diatur oleh pengusaha dan buruh atau karyawan serta pemerintah. Di dalam kegiatan usaha diperjanjikan adanya pemberian upah yang akan didapat oleh tenaga kerja dari pemilik usaha. Pekerja berhak mendapatkan upah dan jaminan sosial. Dalam Undang-Undang Nomor. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan (pasal 88) ditegaskan bahwa Setiap pekerja atau buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, jumlah penerimaan atau pendapatan pekerja dari hasil pekerjaannya sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya secara wajar yang meliputi makanan, dan jaminan hari tua. Permasalahan dalam penelitian ini yakni, bagaimana pengaruh sistem pembayaran upah terhadap kesejahteraan pekerja studi pada PT Sindora Seraya di Desa Bantayan Kabupaten Rokan Hilir dan bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang pengaruh sistem pembayaran upah terhadap kesejahteraan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Responden yang dijadikan sampel dalam penilitian ini sebanyak 67 responden. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel sistem pengupahan berpengaruh segnifikan terhadap kesejahteraan pekerja. Hal ini berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh korelasi antara sistem pengupahan dengan kesejahteraan pekerja (r) adalah 0.482. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara sistem pengupahan dengan kesejahteraan pekerja. sedangankan arah hubungannya adalah positif karena nilai r positif dan nilai t- hitung lebih besar dari nilait-tabel (4.438>1,997). Berarti semakin tepat sistem pengupahan maka semakin meningkatkan kesejahteraan pekerja. Praktek perjanjian pengupahan yang diterapkan pada PT. Sindora Seraya Desa Bantayan Kabupaten Rokan Hilir sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah yaitu majikan harus menyebutkan terlebih dahulu berapa upah yang akan diterima sebelum pekeraja mulai bekerja, namun dalam pembayaran upah belum memenuhi karakteristik Islam karena selalu menunda-nunda membayarkan upah pekerjanya atau tidak tepat waktu sesuai dengan perjanjian, bahwa perjanjia upah para pekerja akan dibayar setiap tanggal 15, namun hal itu tidak direalisasikan.
Pengaruh Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib pada Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan Gilang Perdana Putra; Dodik Jatmika; TA Hariyono; Muhammad Jahri; Sampurnawati Sampurnawati
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.626 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib pada Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 67 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) SKPD Kamtrantib di Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan. Analisis data menggunakan Software SPSS Versi 19.0 dan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Budaya Organisasi, Pendidikan dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, namun hasil penelitian uji parsial menunjukkan Budaya Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Pendidikan dan Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh Kompensasi Finansial Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru Mery Sandora; Saiful Ramadhan
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.473 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial langsung dan tidak langsung terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian mekanik  yang berjumlah 100 orang yang dijadikan sebagai responden, analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS17. Berdasarkan hasil Uji Regresi Linear Berganda di peroleh persamaan: Y = 14.607+ 0,019 X1 + 1.128 X2 + e, kemudian hasil uji secara parsial kompensasi finansial langsung  (X1) dengan T hitung sebesar 0.220  < 2.00 sehingga terbukti bahwa variabel kompensasi finansial langsung tidak memiliki pengaruh  terhadap kinerja (Y) dan variabel kompensasi finansial tidak langsung (X2) dengan T hitung sebesar 7,311>dari T tabel2.00, sehingga terbukti bahwa variabel kompensasi finansial tidak langsung memiliki pengaruh terhadap kinerja (Y) pegawai bagian mekanik PT.  Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, kemudian hasil analisis secara simultan didapatkan F hitung sebesar 30,787 > F tabel sebesar 3.20 atau dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka variabel kompensasi finansial langsung dan tidak langsung diuji secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa pekanbaru. Nilai Adjusted Rsquare 0,549 yang artinya 54.9% dari kompensasi finansial langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja pegawai bagian mekanik PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru, sedangkan sisanya 45,1% dipengaruhi sebab-sebab lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci :Kompensasi Finansial Langsung, Kompensasi Tidak Langsung, Kinerja
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Zetri Rahmat
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.494 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Dimensi kualitas pelayanan yang dipakai adalah kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Responden pada penelitian ini adalah 96 orang mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 64,4%.
Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Devi Suryani; Ermansyah Ermansyah; Saipul Alsukri
IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management Vol. 1 No. 1 (2021): IJBEM: Desember 2021
Publisher : IRPI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.077 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi layanan Gojek di Kecamatan Binawidya Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Data penelitian dianalisis menggunakan program SPSS V.22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan terhadap transportasi Gojek. Selain itu, variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R Square yang diperoleh adalah 0,470. Artinya variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan sebesar 47%. Sedangkan sisanya sebesar 53,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5