cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 10 (2017): Desember" : 5 Documents clear
ANALISIS TINGKAT IMPLEMENTASI JAM KERJA DAN JAM ISTIRAHAT DI KAPAL YANG BERBENDERA INDONESIA (Studi Kasus di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Pelabuhan Makassar) Tri Iriani Eka Wahyuni; Rachmat Tjahjanto; Abu Bakar; Agustina Setyaningsih; Hadi Setiawan
JURNAL VENUS Vol 5 No 10 (2017): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.372 KB) | DOI: 10.48192/vns.v5i10.411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jam kerja dan jam istirahat telah diimplementasikan di kapal yang berbendera Indonesia (studi kasus pada Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Pelabuhan Makassar). Jenis penelitian yang dilakukan melaui pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Buah kapal (ABK) pada kapal-kapal berbendera Indonesia yang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Pelabuhan Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif sedangkan perhitungan data menggunakan SPSS versi 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi atas penerapan jam kerja dan jam istirahat di kapal berbendara Indonesia telah berada pada kategori tinggi. Meskipun masih terdapat beberapa indikator yang harus ditingkatkan untuk lebih meningkatkan pengimplemtasian jam kerja dan jam istirahat dalam kapal secara umum.
ANALISIS JUMLAH PENUMPANG DAN KETERSEDIAAN KAPAL PENUMPANG DALAM MENUNJANG KESELAMATAN PELAYARAN DI PELABUHAN PARE-PARE – NUNUKAN Welem Ada'; Prolin Tarigan S; Masrupah Masrupah; Endang Lestari; Irwan Jaya
JURNAL VENUS Vol 5 No 10 (2017): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.004 KB) | DOI: 10.48192/vns.v5i10.415

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa apakah Jumlah Penumpang berpengaruh terhadap ketersediaan kapal dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Keselamatan Pelayaran dipelabuhan Pare-pare – Nunukan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara Ketersediaan Kapal dengan Jumlah Penumpang walau tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan penambahan jumlah penumpang hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu misalnya pada saat hari raya dimana arus mudik dari Pare-pare-nunukan, begitupun sebaliknya meningkat tajam sehingga pada akhirnya PT.Pelni Cabang Parepare menambah jumlah Ketersediaan Kapal. Temuan ini memberikan indikasi bahwa meningkatnya Jumlah Penumpang ditentukan oleh peningkatan Ketersediaan Kapal. Peningkatan Ketersediaan Kapal secara berkelanjutan akan menyebabkan peningkatan Jumlah Penumpang pelabuhan Pare-pare –Nunukan.
KUALITAS PELAYANAN PENYELENGGARAAN SERTIFIKASI KETERAMPILAN KHUSUS PELAUT PADA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) MAKASSAR Muh. Jafar
JURNAL VENUS Vol 5 No 10 (2017): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.646 KB) | DOI: 10.48192/vns.v5i10.422

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini bagaimanakah “Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Sertifikasi Keterampilan Khusus Pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar”. Berdasarkan pokok permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Sertifikasi Keterampilan Khusus Pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survey yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelayanan penyelenggaraan Diklat sertifikasi keterampilan khusus pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada aspek tangible (bukti fisik) sudah berkualitas. berdasarkan rekapitulasi nilai indikator sub variabel Tangible adalah gedung yang digunakan berkualitas sebesar 53,49persen; (2) pelayanan penyelenggaraan Diklat sertifikasi keterampilan khusus pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada aspek relliability (keandalan) sudah berkualitas. berdasarkan rekapitulasi nilai indikator sub variabel Rellyability (keandalan) adalah sebesar 50 persen; (3) pelayanan penyelenggaraan Diklat sertifikasi keterampilan khusus pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar padai aspek responsiveness (daya tanggap) telah berkualitas berdasarkan rekapitulasi nilai indikator sub variabel responsiveness (daya tanggap) dengan persentase sebesar 45,84 persen; (4) pelayanan penyelenggaraan Diklat sertifikasi keterampilan khusus pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada aspek assurance (jaminan) sudah berkualitas berdasarkan . rekapitulasi nilai indikator sub variabel Assurance (Jaminan)dengan persentase sebesar 51,67 persen; dan (5) pelayanan penyelenggaraan Diklat sertifikasi keterampilan khusus pelaut pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada aspek empathy (empati) juga sudah berkualitas berdasarkan rekapitulasi nilai indikator sub VariabelEmpathy (empati) dengan persentase sebesar 42,37
ANALISIS KUALITAS AIR BAKU SISTEM REVERSE OSMOSIS (RO) DI ENGINEERING BUILDING KAMPUS BARU POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Abdul Basir; Henny Pasandang Nari; Syahrisal Syahrisal; Sukur Arsyad
JURNAL VENUS Vol 5 No 10 (2017): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.693 KB) | DOI: 10.48192/vns.v5i10.445

Abstract

Air sangat penting dan vital di kampus 2 PIP Makassar untuk kebutuhan mandi dan cuci serta ibadah dan menyiram tanaman setiap hari bila masuk musim kemarau, namun dikelilingi air laut bahkan dibor dengan kedalaman 187 m airnya asin, kondisi inilah PIP mengadakan mesin reverse osmosis (RO) yang dapat mengubah air laut menjadi air tawar yang sehat untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kampus 2 PIP Makassar. Penelitian ini bertujuan menganalisa kebuntuan membran pada instalasi RO yang menyebabkan lamanya waktu produksi dari 1,5-2 jam/tangki menjadi 5-6 jam/tangki, ini disebabkan kandungan air baku yang diisap pompa dengan kedalaman 187 m terdapat total dissolve solid (TDS) yaitu benda padat yang terlarut dalam air seperti meneral,garam, logam dan melekul air (H2O)termasuk air sangat keru. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, lalu mengoperasikan RO dan mengamati proses kerjanya kemudian mengambil sampel pada tangki penampungan, tangki proses, tabung mempran dan tangki air baku serta tangki hasil produksi yang siap digunakan untuk mengetahui lama proses produksi. Hasil penelitian dan perhitungan menunjukkan bahwa TDS sebelum diolah 49850mg/liter setelah diolah RO sebesar 1080 mg/liternilai TDS air baku tidak boleh lebih dari 35.000 ppm karena akan menurunkan kecepatan produksi, RO di PIP Makassar dengan TDS air baku di atas 35.000 ppm sehingga membutuhkan biaya tinggi untuk perawatan membran.
ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN KAPAL OLEH PELAUT INDONESIA BERDASARKAN PSIKOGRAPHI BERBASIS SEGMENTASI DEMOGRAPHI Yudi Satria; Sugiyono Sugiyono; Adnan Adnan; Andi Asnita Novyanti
JURNAL VENUS Vol 5 No 10 (2017): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.674 KB) | DOI: 10.48192/vns.v5i10.450

Abstract

Hasil penelitian Forret dan Dougherty (2004) mengatakan bahwa salah satu faktor yang berpengaruh terhadap percepatan mendapatkan pekerjaan pada hampir semua profesi adalah modal sosial. Sementara penelitian Lowe dan Worsley (2002) mengatakan bahwa selain modalsosial, faktor skill non kognitif juga berperan penting dalam menentukan pilihan keputusan seseorang seperti keputusan karir. Salah satu elemenskill non kognitif ialah faktor psikographi. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini akan menelaah faktor modal sosial dan skill non kognitif psikographi dari susunan nilai, dari individual pada profesi pelaut, terkait dengan faktor kesuksesan karir yaitu percepatan mendapatkan pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan ialah melalui pengumpulan kuisioner tertutup. Subjek penelitian ialah sampel yang menerima kuisioner yang disebarkan, setelah kuisioner tersebar berhasil dikumpulkan kembali maka dilakukan proses seleksi dengan mengeluarkan kuisioner dengan jawaban yang kosong dan dengan jawaban yang meragukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorfaktor perilaku membangun jaringan yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan metode pencarian kerja jaringan sosial pada pelaut Indonesia adalah perilaku mempertahankan kontak dan aktivitas bersosialisasi, sedangkan aktivitas professional tidak berdampak terhadap intensitas penggunaan metode jaringan sosial dalam mencari kerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 5