cover
Contact Name
Heppy Atmapratiwi
Contact Email
jurnalpbi.unindra@gmail.com
Phone
+628568009794
Journal Mail Official
jurnalpbi.unindra@gmail.com
Editorial Address
https://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 27988937     EISSN : 28082273     DOI : https://doi.org/10.30998/.v2i02.8261
Core Subject : Education,
Alegori: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a scientific journal that contains articles compiled by Indonesian Language Education students and reviewed by reviewers. Presented using a balanced qualitative and quantitative approach. This journal focuses on various important issues in Indonesian Language Education, namely Learning Indonesian Language and Literature.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia" : 15 Documents clear
PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS OPINI DI KELAS XI PONDOK PESANTREN MA AL-HAMID JAKARTA TIMUR Muhammad Fikri Ramadhan; Yayan Sudrajat; Bambang Sumadyo
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.715 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8309

Abstract

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN PUISI RAKYAT PADA SISWA KELAS VII DI SMP AL-JIHAD BOGOR Cecep Haerudin; Adi Permana; Heppy Atmapratiwi
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.79 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8292

Abstract

GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PELESIR MIMPI KARYA ADIMAS IMMANUEL: KAJIAN STILISTIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Jihan Aulia; Bambang Sumadyo; Ahmad Khoiril Anam
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.911 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8261

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam kumpulan puisi Pelesir Mimpi karya Adimas Immanuel. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan puisi Pelesir Mimpi karya Adimas Immanuel berjumlah 101 judul puisi dengan berbagai tema yang di bagi menjadi 4 Bab, yaitu; “Setelah Mereka Mengajariku Menulis”, “Cinta yang Lugu Itu Pulang Juga”, “Yang Terpotret dari Matakata”, dan “Penyair di Atas Segala Penyair”. Data penelitian ini adalah penulis hanya menggunakan 82 judul puisi dengan menganalisis delapan gaya bahasa, yaitu gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, hiperbola, paradoks, asonansi, epizeukis, dan anafora yang terdapat dalam kumpulan puisi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa paling dominan dalam kumpulan puisi Pelesir Mimpi adalah gaya bahasa personifikasi dengan jumlah 22 temuan data dengan persentase 27% dan gaya bahasa yang paling sedikit ditemukan dalam kumpulan puisi Pelesir Mimpi adalah gaya bahasa paradoks dengan jumlah 2 temuan data dengan persentase 2%. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan puisi Pelesir Mimpi karya Adimas Immanuel adalah gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, hiperbola, paradoks, asonansi, epizeukis, dan anafora. Kata Kunci: Gaya Bahasa, Puisi, Kajian Stilistika, Pembelajaran Bahasa Indonesia
PERSEPSI PEMBACA PADA NOVEL BUYA HAMKA: SETANGKAI PENA DI TAMAN PUJANGGA KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Risqi Aulia; Nur Irwansyah; Eko Yulianto
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.439 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8310

Abstract

LATAR PADA NOVEL KKN DI DESA PENARI KARYA SIMPLEMAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Andika Dwi Hidayat; Ahmad Muzaki; Friza Youlinda
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.692 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8305

Abstract

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Nur Ayu Widya Saraswati; Maman Paturahman; Sri Mulyani
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.886 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8311

Abstract

DESKRIPSI TOKOH PADA NOVEL DI TANAH LADA KARYA ZIGGY ZEZSYAZEOVIENNAZABRIZKIE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Diniasih Habibah; Endang Sulistijani; Chadis Chadis
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.675 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8306

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Deskripsi Tokoh pada novel di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ditemukan penggunaan teknik ekspositori dan dramatik pada novel di Tanah Lada karya Ziggy Zezsuyazeoviennazabrizkie. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa deskripsi tokoh pada novel di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie terdapat teori pelukisan tokoh ekspositori dan dramatik yang digunakan Burhan Nurgiyantoro. Tokoh yang diambil untuk dilakukanpenelitian berjumlah 6 yaitu, Ava, Papa Ava, Mama Ava, P/Pepper, Mal Alri, danKak Suri. Teknik ekspositori digunakan sebanyak 37,80% dan teknik dramatik digunakan sebanyak 62,20%. Teknik ekspositori yang digunakan sebanyak 31, sedangkan teknik dramatik yang digunakan sebanyak 51 yang meliputi 13 cakapan, 7 tingkah laku, 8 pikiran dan perasaan, 4 arus kesadaran, 6 reaksi tokoh, 8 reaksi tokoh lain, 3 pelukisan latar dan 2 pelukisan fisik. Simpulannya pada novel ini, penulis lebih banyak menggunakan teknik dramatik dibandingkan ekspositori. Kata Kunci: Novel, Deskripsi tokoh, Teknik pelukisan tokoh, Teknik ekspositori, Teknik dramatik
PESAN MORAL DALAM NOVEL KISAH UNTUK GERI KARYA ERISCA FEBRIANI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Anggi Apriliana; Erna Megawati; Tio Zulfan Amri
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.862 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8262

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang bertumpu pada konsep jenis moral. Hasil penelitian pada novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani adalah pesan moral. Jenis-jenis pesan moral tersebut yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan Tuhan dengan total sebanyak 166 temuan data. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa jenis pesan moral dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani adalah hubungan manusia dengan manusia lain saling memiliki hubungan ataupun segala hal pasti melibatkan antara manusia yang satu dengan manusia lainnya sebagai manusia yang mengetahui norma-norma yang berlaku di masyarakat. Serta hasil dan pembahasan ini terdapat implikasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyangkut aspek peserta didik dalam mewujudukan jenis pesan moral di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.Kata Kunci: Pesan Moral, Novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia
GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X Ananda Putra Pramudya; Memmy Dwi Jayanti; Mirza Ghulam Ahmad
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.485 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8312

Abstract

KESALAHAN AFIKSASI DALAM KARANGAN TEKS EKSPOSISI KELAS X MAN 15 JAKARTA TIMUR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Ibnu Ryan Mahadi; Irwan Siagian; Yolanda Yolanda
Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Alegori : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.168 KB) | DOI: 10.30998/.v2i02.8307

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 15