cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi" : 9 Documents clear
NILAI BUDAYA PUISI CANG-INCANG DALAM SASTRALISAN KAYUAGUNG Sri Suharti
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.149

Abstract

Salahsatu pemantapan nilai-nilai budaya yang terdapat dalamkarya sastra dapat dilakukan dengan menganalisis puisi cang-incang yang merupakan bagian dari sastra lisan Kayuagung.Hal ini bermanfaat bagiperkembangan sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan objektif(struktural). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, studi pustaka dan perekaman.Analisis data dilakukan dengan mentranskripsikan, menyeleksi, menganalisis,menginterpretasikan, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa di dalam puisi cang-incang Kayuagung terdapat nilai budaya yang berguna bagi hidup dan kehidupan. Nilai-nilai budaya yang ditemukan dalampuisi cang-incang Kayuagung dikelompokkan berdasarkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lain,dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Dari analisis puisi cang-incang Kayuagung tidak ditemukan cang-incang yang menggambarkan hubungan manusia dengan alam. Pengajaran yang bersifat analisis terhadap nilai-nilai budaya dalam puisi lama khususnya puisi rakyat hendaknya diperkenalkan kepada siswa sebagai muatan lokal dalam pelajaran kesusastraan Indonesia.
PENGARUH METODE THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN2 SIRAH PULAU PADANG Alia; Nafsiah Mania Fitri
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.150

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan apakah ada pengaruh metode the learning cell dalam kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelasVIII SMPN 2 Sirah Pulau Padang. Tujuannya untuk mengetahui ada pengaruh atau tidaknya penerapan metode the learning cell terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 73 orang siswa dengan rincian 37 orang siswa kelas VIII 3 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan model konvensional dan36 orang siswa lainnya kelasVIII 4 (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode the learning cell. Teknik yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes dengan memahami teks bacaan, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar dengan model konvensional. Jadi dapat disimpulkan adanya pengaruh metode the learning cell yang diterapkan daripada model konvensional dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelasVIII SMPNegeri 2 Sirah PulauPadang.
UPAYAMENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS PUISIDENGANMEDIA BENDAKONGKRETDI KELAS V SDN 02 INDRALAYAOGAN ILIR Yanti Sumarni
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.158

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media benda kongkret. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian ini adalah melalui siklus (daur ulang) direncanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dan 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mendapatkan data berupa skor atau nilai tentang kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media benda konkret. Observasi dilakukan secara langsung terhadap siswa yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-rata 58,69 nilai terendah 40 nilai tertinggi 79. Terdapat 10 orang yang mencapai nilai KKM 65 yang berarti ketuntasannya 38,46%. Dan siklus II terdapat 26 anak mendapat nilai 65 ke atas, dengan nilai rata-rata 85,04 dengan rata-rata ketuntasan belajarmencapai100%.Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberi pembelajaran dengan media benda kongkret meningkat.
KLASIFIKASI EMOSI DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY KAJIANPSIKOLOGI SASTRA Novi Santi
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi emosi dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data yang digunakanialah Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis berdasarkan analisis.Hasil penelitian sebagai berikut: Berdasarkan hasi lanalisis dari pembahasan, dapat disimpulkan bahwa jenis emosi yang paling dominan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra adalah rasa kebenciaan. Kebencian atau perasaan benci (hate) berhubungan erat dengan perasaan marah, cemburu dan iri hati. Ciri khas yang menandai perasaan benci adalah timbulnya nafsu atau keinginan untuk menghancurkan objek yang menjadi sasaran kebencian. Kebencianyang dimiliki tokoh Aku adalah kebencian dikarenakan perjodohan.
KEEFEKTIFAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DALAM MEMAHAMI UNSUR BATIN PADA PUISI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI PINANG KABUPATEN OGANILIR Iin Parlina; Fitri Ulansari
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model reciprocal teaching dalam memahami unsur batin puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan model Reciprocal Teaching. Sampel ini menggunakan sampling purposive. penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.1 dan VII.4.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Dari hasil analisis data pada kelompok eksperimen diperoleh nilai tes awal terendah 45 dan nilai tertinggi 70 Skor rata-rata tes awal kelompok eksperimen 59.08. Pada tes akhir nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95 skor rata-rata postes kelompok eksperimen 82.76. Untuk siswa kelompok kontrol pada tes awal nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 60 Skor rata-rata tes awal kelompok kontrol 51.58. pada tes akhir nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 85 skor rata-rata akhir tes kelompok kontrol 74.34. yakni 5,627 > 1,993. Berdasarkan dari hasil analisis terdapat perbedaan rata-rata kedua kelompok penelitian, perbedaan yang signifikan ini diketahui dari perhitungan t tabel yang menunjukkan t hitung (thit) lebih besar dari t tabel (ttab) atau 5,627 > 1,993 (df=74) pada tingkat kepercayaan 95%..Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) Model reciprocal teaching efektif digunakan dalam pembelajaran membaca khususnya memahami unsur batin puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir. Hal itu terbukti kebenarannya terdapat hasil yang berbeda antara kelompok eksperimen yang menerima perlakuan dengan model reciprocal teaching dan kelompok kontrol dengan pengajaran metode konvensional.
INTERFERENSI BAHASA PERTAMA DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IX MTs PIDUA MERANJAT Yeyen Yusniar
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.161

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interferensi bahasa pertama dalam karangan deskripsi siswa kelas IX MTs Pidua Meranjat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs PIDUA Meranjat yang berjumlah 23 orang, terdiridari 11 orang laki-lakidan 12 orang perempuan. Subjek dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, maka diambil semua hasil dari karangan siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes. Analisis data yang dia lakukan yaitu dengan cara membaca dan mengoreksi hasil karangan siswa. Kemudian karangan siswa dianalisis interferensi bahasa pertama yang digunakan di dalam karangan tersebut. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat interferensi bahasa pertama dalam karangan deskripsi siswa kelas IX MTs PIDUA Meranjat.
KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL YANG MISKIN DILARANG MALING KARYA SALMAN RUSYDIE ANWAR Tuti Alawiyah
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.162

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bidang kajian sosiologi sastra dalam novel Yang Miskin Dilarang Maling karya Salman RusydieAnwar.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan soiologi sastra. Bidang kajian dalam penelitian ini adalah kajian sosiologi sastra, yaitu (1) sastra sebagai dokumen sosial, sebagai potret kenyataan sosial, (2) dokumen sosial sastra dipakai untuk mennguraikan ikhtisar sejarah sosial. Berdasarkan hasil kajian sosiologi sastra diketahui bahwa novel Yang Miskin Dilarang Maling karya Salman Rusydie Anwar merupakan cerminan kenyataan sosial masyarakat Indonesia. Mendeskripsikan tentang hubungan yang tidak seimbang antara orang kaya dan orang miskin. Orang yang berada dalam garis kemiskinan selalu mendapat perlakuan yang tidak adil dari lingkungan sekitar maupun hukum negara tempat dia tinggal. Sementara itu, hubungan antara pejabat danrakyat yang kaku tidak terjalin dengan baik disebabkan pejabat menganggap bahwa tidak pantas untuk menjalin hubungan yang baik dengan rakyat kecil. Selain itu, perlakuan hukum terhadap rakyat kecil pun berbanding terbalik dengan perlakuan hukum terhadap penguasa. Oleh karena itu, melalui novel Yang Miskin Dilarang Maling dapat menjadi dokumen sosial dan sejarah sosial terhadap apa yang terjadi di Indonesia melalui karya sastra.
PEMIMPIN KARISMATIK DALAM NOVEL THE SWORLESS SAMURAI, PEMIMPIN LEGENDARIS JEPANG ABAD XVI KARYA KITAMIMASAO (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA) Triska Purnamalia
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.163

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter pemimpin karismatik dalam novel The Swordless Samurai, Pemimpin Legendaris Jepang Abad XVI Karya Kitami Masao. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menguraikan tentang pemimpin karismatik kemudian menganalisisnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yaitu dengan meneliti tentang karakter pemimpin karismatik, meliputi ciri-ciri pemimpin karismatik, tipe pemimpin karismatik dan unsur-unsur pemimpin dalam novel The Swordless Samurai, Pemimpin Legendaris Jepang Abad XVI Karya Kitami Masao. Tokoh Hideyosi digolongkan dalam pemimpin karismatik. Hideyosi memiliki karakteristik pemimpin karismatik, yaitu memiliki rasa percaya diri, memiliki visi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan visi, memiliki kayakinan yang kuat, memiliki kepekaan lingkungan, pemimpin dengan penuh respek dan memberikan teladan. Hideyosi lahir sebagai pemimpin karismatik karena adanya krisis diJepang sehingga dia muncul sebagai pahlawan yang mampu mennyatukan Jepang. Unsur-unsur situasi yang membuat Hideyosi menjadi pemimpin karismatik adalah adanya krisis, membutuhkan situasi perubahan, adanya peluang untuk menyampaikan tujuan ideologis, adanya simbol-simbol ideologis dan mampu membangun peran pengikut untuk membantu terwujudnya Jepang yang bersatu.
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA INSANI KAYUAGUNG Abdul Gofar
Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52237/dialektologi.v1i1.164

Abstract

Penelitian ini bertujuan(1) untuk mendapatkan gambaran kepemimpinan dan efektivitas kepala Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung, (2) untuk mendapatkan hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung, (3) untuk mendapatkan langkah-langkah strategis apa saja yang dilakukan kepal Sekolah Menengah Pertama IslamTerpadu Bina Insani Kayuagung, dan (4) untuk mendapatkan kelemahandan faktor-faktor penghambat dalam mewujudkan efektivitas sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung. Penelitian ini adalah gabungan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket yang diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan tenaga administrasi yang berjumlah 24 orang. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu: reduksi data, paparan data, desain data, dan penyimpulan hasil analisis. Analisis data menggunakan dua teknik, yaitu skoring dan rumus. Untuk menentukan skoring pertanyaan angket ditabulasikan dengan diberi bobot nilai setiap itemnya dengan cara jawaban diberi nilai angka, yaitu Sangat Baik nilai 4, Baik nilai 3, Cukup nilai 2, Kurang nilai 1, Sangat Kurang nilai 0. Rumus korelasi menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil pengolahan data dari skor dapat dinyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah termasuk pada kategori sangat baik.Nilai kepemimpinan kepala sekolah adalah 0,96. Ini menunjukkan bahwa nilai kepemimpinan adalah 96% dari yang ideal. Hasil variabel efektivitas sekolah dapat dinyatakan bahwa efektifitas sekolah termasuk pada kategori sangat baik menunjukkan bahwa nilai efektifitas sekolah adalah 72% dari skor ideal. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh dari penelitian mengena ihubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas sekolah adalah 0,96. Angka tersebut yang menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat kuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9