cover
Contact Name
Aceng Ulumudin
Contact Email
Aceng.ulumudin@uniga.ac.id
Phone
+6282119261719
Journal Mail Official
journal.jkp@pasca.uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management (JESM)
Published by Universitas Garut
ISSN : 28296400     EISSN : 28294335     DOI : https://doi.org/10.52434/jesm.v2i02
Core Subject : Economy, Education,
Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management (JESM) merupakan media publikasi hasil penelitian, telaahan kajian pustaka, dan/ atau gagasan dari berbagai kalangan peneliti pada bidang multi disiplin, yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teori maupun implementasinya.
Articles 20 Documents
Analisis Kualitas Pelayanan Di PT Telkom Kandatel Garut Maulana Yusuf; Tatang Mulyana; Alam Avrianto
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 01 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i01.94

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Untuk menganalisis gap antara harapan (expected) dan kinerja pelayanan yang dirasakan (perceived) tiap atribut kualitas yang ada pada PT Telkom Kandatel Garut, (2) Untuk mengetahui gambaran dan mengukur kualitas pelayanan PT Telkom Kandatel Garut dilihat dari persepsi konsumen dan (3) Untuk memetakan atribut-atribut kualitas pelayanan berdasarkan persepsi konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA). Populasi dalam penelitian ini yaitu Pelanggan PT Telkom Kandatel Garut. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini teknik Non Probability Sampling dengan teknik penarikan Sampel menggunakan Slovin adapun sampel yang ditetapkan yaitu sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan terdapat Kesenjangan (Gap) antar nilai Kinerja (Perceived) dengan Harapan Konsumen (Expected) sebesar -0,24, sehingga karena nilai Gap tidak terlalu besar maka dapat diduga bahwa kualitas pelayanan PT Telkom Kandatel Garut menurut persepsi Konsumen cukup baik. Berdasarkan hasil pemetaan atribut dengan menggunakan diagram kartesius diketahui bahwa terdapat 1 atribut pada kuadran A ( Prioritas Utama), 13 atribut pada kuadran B (Pertahankan Prestasi), 12 Atribut pada kuadran C (Prioritas Rendah) dan 4 Atribut terdapat pada Kuadran D (Berlebihan).
Kesadaran Halal Dan Sertifikasi Halal Dalam Menentukan Minat Beli Produk Mie Instan Di Kalangan Konsumen Muslim Di Kabupaten Garut Asep Danurwenda Ismaya; Wati Susilawati; Fitrin Rawati Suganda
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 01 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i01.95

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal dalam menentukan Minat Beli Produk Mie Instan di Kalangan Konsumen Muslim di Kabupaten Garut. Adapun hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal dalam menentukan Minat Beli Produk Mie Instan di Kalangan Konsumen Muslim di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Adapun responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik Proportional Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal dalam menentukan Minat Beli sebesar 0,706 yang berarti bahwa Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal secara bersamaan mampu menjelaskan variabel Minat Beli sebesar 70,6% dan sisanya sebesar 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara simultan maupun parsial Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal dalam menentukan Minat Beli.
Pengaruh Penetapan Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Dahana Berlian Motors Garut Mochammad Adry Ghifary Hermansyah; Tinneke Hermina; Eti Kusmiati
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 01 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i01.96

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan personal selling terhadap keputusan pembelian pada PT. Dahana Berlian Motors Garut. Adapun hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penetapan harga dan personal selling terhadap keputusan pembelian pada PT. Dahana Berlian Motors Garut. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah sebanyak 96 orang responden yang dipilih dengan menggunakan teknik unknown populations. Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adala uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menyatakan secara simultan terdapat pengaruh antara penetapan harga dan personal selling terhadap keputusan pembelian, dan dapat diartikan konsumen mempertimbangkan penetapan harga dan personal selling dalam memutuskan melakukan pembelian dan secara parsial terdapat pengaruh penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Dahana Berlian Motors Garut dan terdapat pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian pada PT. Dahana Berlian Motors Garut. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penetapan harga dinilai masih kurang cukup baik pada PT. Dahana Berlian Motors Garut dan personal selling dinilai baik dan sangat berperan dalam keputusan pembelian konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian.
Produk Unik Dan Bauran Promosi Dalam Menguatkan Nilai Pelanggan Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Makanan Khas Garut Dede Desi
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 01 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i01.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk unik (X1) dan bauran promosi (X2) dalam menguatkan nilai pelanggan (Y) dan implikasinya pada loyalitas pelanggan (Z) Makanan Khas Garut. Dalam penelitian ini menggunakan sebuah metode deskriptif dan asosiatif, dengan teknik probability sampling yaitu simple random sampling sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, wawancara, kepustakaan, dan penyebaran kuesioner yang dianalisis dengan pendekatan statistik yaitu analysis 2 jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk unik (X1) berpengaruh terhadap nilai pelanggan (Y), bauran promosi (X2) berpengaruh terhadap nilai pelanggan (Y), nilai pelanggan (Y) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Z), produk unik (X1) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Z) dan bauran promosi (X2) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Z). Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa apabila produk yang ditawarkan oleh perusahaan sangat unik serta bauran promosi yang dilakukan sudah bagus akan meningkatkan nilai pelanggan yang selanjutnya akan meningkatkan pula terhadap loyalitas pelanggan Makanan Khas Garut.
Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Bank Perkreditan Rakyat Syariah Harum Hikmah Nugraha Deni Darul Qufni; Budiman Budiman; Dodi Yudiardi
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 01 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i01.98

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan bank syariah penelitian ini dilakukan di BPRS Harum Hikmah Nugraha cabang leles, Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang karyawan. Sampel diambil dengan teknik Sampel jenuh (Sensus) yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi dan koefisien jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan Secara simultan variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 <0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan yang paling dominan terhadap Kinerja karyawan dengan nilai β sebesar 0.422 dan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,006 < 0,05).
Strategi Unit Bisnis Ramen Jangar 69 Sarah Nuraeni; Nizar Alam Hamdani; Rohimat Nurhasan
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 02 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i02.119

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal apa yang memiliki penilaian tertinggi berdasarkan matriks pembobotan IFE (Internal Factors Evaluation) dan matriks EFE (External Factors Evaluation). Kemudian menganalisis posisi Ramen Jangar 69 saat ini dan strategi apa yang tepat untuk dilakukan berdasarkan matriks IE (Internal Eksternal) dan matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, dan Threats). Dari hasil yang diperoleh, selanjutnya akan dikembangkan strategi pada blue ocean strategy untuk keluar dari persaingan zona merah sekaligus menciptakan pasar baru. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menganalisis lebih dalam lingkungan internal dan eksternal serta strategi yang diterapkan saat ini. Alat analisis yang digunakan berupa IFE (Internal Factors Evaluation), matriks EFE (External Factors Evaluation), IE (Internal External), matriks SWOT (Strengths, Industry, Opportunities, and Threats), canvas strategy dan framework empat langkah . Dilakukan untuk melihat kondisi Ramen Jangar 69 kemudian dikembangkan dalam strategi samudra biru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat delapan faktor internal dan eksternal yang memiliki penilaian tertinggi, dan stabilitas posisi Ramen Jangar 69 saat ini dengan rating IFE 3.12 dan EFE 2.73 serta terdapat delapan alternatif strategi yang dihasilkan melalui matriks SWOT. Berdasarkan analisis strategi samudra biru Ramen Jangar mampu menjauh dari persaingan sengit dengan rival melalui kanvas strategi yang dibuat.
Beban Kerja Terhadap Adversity Quotient Melalui Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Telkom Kandatel Garut Oktaviani Nur Adzanni; Rohimat Nurhasan; Intan Tenisia Prawita Sari
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 02 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i02.120

Abstract

Penelitian ini membahas tentang beban kerja pada Adversity Quotient melalui Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediasi pada PT. Tanda Telkom Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan sales pada PT. Telkom Kandatel Garut memesan 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan sensus atau sampel jenuh. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik dengan model analisis jalur. Penilaian masing-masing variabel yang menunjukkan beban kerja, kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional pada PT. Telkom Garut Kandatel termasuk kategori baik. Hasil yang dikeluarkan berdasarkan hasil kuisioner yang dibagikan kepada responden dan berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beban kerja positif positif signifikan terhadap adversity quotient (2) Beban kerja positif positif terhadap kecerdasan emosional (3) Kecerdasan emosional berhubungan positif dengan adversity quotient (4) variabel mediasi berpengaruh terhadap adversity quotient.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Pos Indonesia Cabang Garut Rekka Nurrania Putri; Doddy Hermana; Hedi Cupiandi
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 02 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i02.121

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada PT. Pos Indonesia Cabang Garut. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada PT. Pos Indonesia Cabang Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah 96 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Software SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas layanan mempengaruhi citra merek. Dan regresi dengan mediasi adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi.
Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Vivo Indonesia (Studi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Garut) Mutia Dewi Hapsoh; Dody Hermana; Intan Tenisia Prawita Sari
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 02 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i02.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorser terhadap niat beli pada Vivo Indonesia. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari celebrity endorser dan niat beli. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh celebrity endorser terhadap niat beli pada Vivo Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan dengan metode simple random sampling dan digunakan sampel sebanyak 96 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi variabel celebrity endorser dapat menjelaskan variabel niat beli dengan koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut cukup kuat.
Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Purchase Intention Kerudung Deenay Di Kabupaten Garut Mega Silviani Gustari; Rohimat Nurhasan; Rahyuniati Setiawan
Journal Of Entrepreneurship and Strategic Management Vol. 1 No. 02 (2022): Journal Of Entrepeneurship and Strategic Management
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jesm.v1i02.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Awareness dan dampaknya pada Purchase Intention pada Kerudung Deenay di Kabupaten Garut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden pada konsumen kerudung Deenay di Kabupaten , dengan teknik sampling yaitu non probability sampling dan purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Electronic Word of Mouth dan Brand Awareness, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Purchase Intention. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap Brand Awareness pada kerudung Deenay di Kabupaten Garut, selanjutnya Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap Purchase Intention dan Brand Awareness berpengaruh terhadap Purchase Intention pada kerudung Deenay di Kabupaten Garut. Kesimpulan penelitian ini bahwa apabila Electronic Word of Mouth baik maka akan berpengaruh pada Brand Awareness sehingga akan berdampak pada meningkatnya Purchase Intention pada kerudung Deenay.

Page 1 of 2 | Total Record : 20