cover
Contact Name
Hikmawati
Contact Email
job.pgsd@uho.ac.id
Phone
+6282310491029
Journal Mail Official
job.pgsd@uho.ac.id
Editorial Address
Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Jl. HAE. Mokodompit No1 Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25812998     EISSN : 25812629     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel / Jurnal yang diterbitkan dengan tujuan dan ruang lingkup berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media dan Teknologi Pembelajaran di SD dan SMP; Evaluasi Pembelajaran di SD dan SMP; Psikologi Pendidikan di SD dan SMP; Pengembangan Kurikulum di SD dan SMP; serta Manajemen Sekolah di SD dan SMP.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2023)" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN SATU ATAP 9 KONAWE SELATAN Vina Febriana; Rimba Hamid; Amiruddin B.; Hikmawati
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian semacam ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK), dan terdiri dari dua siklus dengan masing-masing tiga kali pertemuan. Langkah-langkah dalam proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 15 siswa kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai subjeknya pada semester genap 2021-2022. Ujian literasi sains dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dengan persentase skor kinerja literasi sains siswa pada siklus I sebesar 41,4% dan peningkatan pada siklus II sebesar 48,6%, temuan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
ANALISIS SOAL PENILAIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III Inggi Marcelia Syari; Sakka Hasan; Lisnawati Rusmin; Wa Ode Lidya Arisanti
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal penilaian yang dibuat oleh guru dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupalembar soal penilian harian. Hasil analisis penelitian soal penilaian yang dibuatoleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku dikelas III memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan(C3). Persentase jumlah soal pada tingkat kognitif mengingat (C1) dan memahami (C3) untuk subtema 1 sampai dengan subtema 4 hanyaberkisar pada 20%-30% saja. Tidak ada ditemukan soal pada tingkat kognitifmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Tidak adanya soal-soalpada level C4 , C5 dan C6 karena soal penilaian dibuat khusus untuk kelas rendah. Dapat disimpulkan bahwa soal penilaian harian yang dibuat oleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku di kelas III sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2)dan mengaplikasikan (C3).
PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VA Harla; La Rabani; Mansyur M.; Sakka Hasan
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang prosedurnya meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Va SD Negeri 85 Kendari yang terdiri dari 35 orang siswa, laki-laki 14 orang dan perempuan 21 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai ketuntasaan klasikal sebanyak 57,14% dengan nilai rata-rata 69,64. Sedangkan pada siklus II keterampilan berbicara siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 88,57% dengan nilai rata-rata 83,09. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 85 Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV Kasnianti; Muhamad Abas; La Ode Safiun Arihi; I Ketut Suardika
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Team Assisted Iindividual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SDN 33 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian ini disebut sebagai penelitian eksperimen karena penelitian eksperimen digunakan apabila peneliti ingin mengetahui pengaruh sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen dan desain penelitian ini Pre-Experimental Design (Nondesign) dalam bentuk One-Group Pretest-Posstest Design. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team Assisted Individual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis Pekerjaan dengan menggunakan uji-t satu sampel (One Sample Test) pada taraf signifikansi 95% menunjukkan nilai thitung 5,137 > nilai ttabel 2,045 dengan nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0.05.
KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ANALISIS MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 5 PASIKOLAGA Ririn Fitriani; La Ode Kaimuddin; Yoo Eka Yana Kansil; Facharuddin Mustari
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika kelas IV di SD Negeri 5 Pasikolaga. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 17orang siswa di kelas IV SD Negeri 5 Pasikolaga. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes melalui penugasan tertulis berupa tes, observasi, analisis dokumen, dan wawancara subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesulitan siswa dalam belajar matematika yaitu terdiri dari tiga komponen dengan persentase yaitu: (1) kesulitan memahami konsep 53% yang tergolong tinggi, (2) kesulitan dalam operasi/skill 45% yang tergolong tinggi, dan (3) kesulitan pemecahan masalah 51% yang tergolong tinggi.
DESKRIPSI JENIS-JENIS KESALAHAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA KELAS IV Sitti Rahmaniar; Nana Sumarna; Muhammad Yasin; Izlan Sentryo
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6 No. 3 (2023)
Publisher : Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah terdapat siswa yang melakukan kekeliruan terkait penyelesaian soal matematika. Tujuan penelitian.ini adalah mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa.menggunakan metode Newman dalam menyelesaikan soal cerita.matematika materi KPK dan FPB pada kelas IV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 6 siswa perempuan dan.14.siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu Credibility, Transfermability, Dependability, Confirmability. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa jenis kesalahan yang di lakukan siswa kelas IV ketika menyelesaikan soal matematika materi KPK dan FPB berdasarkan analisis kesalahan Newman ada,5,jenis kesalahan, yakni kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

Page 1 of 1 | Total Record : 6