cover
Contact Name
Ummu Kalsum
Contact Email
ummu.kalsum@unsulbar.ac.id
Phone
+6282197065979
Journal Mail Official
sipakarayajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H, Talumung, Kab. Majene, Provinsi Sulawesi Barat, 91412
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29633885     DOI : https://doi.org/10.31605/sipakaraya
Core Subject : Education,
SIPAKARAYA merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup sains dan pembelajarannya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat. Pada dasarnya, jurnal ini bertujuan sebagai media publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini direncanakan terbit secara berkala dua kali dalam setahun yakni bulan Maaret dan September. Silahkan mengakses dan mengikuti Template SIPAKARAYA sebelum submit tulisan. Sipakaraya berasal dari bahasa mandar yang berarti "saling menghargai". Hal ini merupakan salah satu kearifan lokal budaya mandar, provinsi Sulawesi Barat. Filosofi tersebut bermakna bahwa publikasi ilmiah merupakan wujud apresiasi atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh sivitas akademik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 8 Documents clear
Pelatihan Penggunaan Media Quizziz dan Socrative sebagai Alternatif Asesmen Daring Phika Ainnadya Hasan; Firman Firman; Sari Rahayu Rahman; Gaby Maulida Nurdin; Ariandi Ariandi; Arlinda Puspita Sari; Masyitha Wahid; Mufti Hatur Rahman; Nur Amaliah; M Irfan; Firdaus Firdaus; Nurul Hidayah; Nurhidayah Nurhidayah; Sainab Sainab; Syamsiara Nur; Nursyamsi SY
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2107

Abstract

Pandemi Corona virus (COVID-19) menimbulkan perubahan dalam bidang pendidikan. Tidak hanya dalam proses pembelajaran, namun juga dalam proses penilaian. Semua hal yang tadinya dilakukan secara luring kini harus dilakukan secara daring. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan quzziz dan socrative sebagai media penilaian online. Peserta kegiatan PKM ini adalah guru SMAN 4 Polewali Mandar. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang berlangsung pada 3-6 Desember 2020 menggunakan aplikasi zoom meeting. Kegiatan PKM ini menghasilkan atusiasme yang tinggi dari guru SMAN 4 Polewali Mandar. Luaran dari kegiatan ini adalah guru mampu membuat soal ulangan harian melalui media quizziz dan socrative.
Peningkatan Keahlian Guru dalam Membentuk Siswa untuk Memiliki High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Pembelajaran Berbasis HOTS di SMP Negeri 4 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Herna Herna; Mesra Damayanti; Supardi Supardi
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2183

Abstract

SMP Negeri 4 Tinambung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Namun praktek pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru di sekolah tersebut masih jauh dari pembelajaran berbasis HOTS, sementara kurikulum 2013 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam merancang pembelajaran berbasis HOTS. Metode pelaksanaan PKMS ini berupa ceramah, workshop, dan simulasi. Hasilnya adalah pemantapan konsep guru-guru SMPN 4 Tinambung terkait pembelajaran berbasis HOTS, dan perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang disusun oleh guru-guru tersebut melalui kegiatan workshop dan telah disimulasikan pada kelasnya masing-masing. Kata kunci: Pembelajaran HOTS, Perangkat Pembelajaran
Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire dan Canva Sebagai Solusi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 pada Guru-guru di SDN No.024 Pelitakan Syamsiara Nur; Jirana
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2191

Abstract

Guru merupakan Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia dan pembentukan pribadi manusia yang berkualitas sehingga kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada sumber daya manusia itu sendiri. Sekolah merupakan tempat untuk membentuk sumber daya manusia yang siap menghadapi perubahan zaman. Pandemi Covid 19 membuat perubahan yang besar pada dunia. Hal ini berdampak juga pada proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman dan pengaruh globalisasi yang terus terjadi, seakan- akan menuntut manusia untuk mengenal dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kegiatan program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Pelitakan, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk: a) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru SD dalam peningkatan mutu pendidikan; dan b) menemukan solusi terhadap persoalan yang dihadapi para guru dalam memajukan dunia pendidikan. Permasalahan mitra adalah: a) rendahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan; b) kurangnya pengetahuan guru dalam membuat bahan ajar interaktif. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang sudah dipilih pada saat observasi. Pelatihan ini diberikan kepada para guru dengan jumlah 10 orang guru. Luaran yang diharapkan adalah: 1) Guru yang mampu membuat bahan ajar interaktif; 2) Terbiasa menggunakan aplikasi Lectora Inspire dan aplikasi Canva; publikasi ilmiah
Pengenalan Konsep Urban Farming Melalui Praktik Hidroponik Sederhana sebagai Upaya Pemanfaatan Lahan Terbuka Terbatas bagi Guru di Kabupaten Polewali Mandar Mufti Hatur Rahmah; Masyitha Wahid; Nurhidayah Nurhidayah; Jirana Jirana; Muh. Rizal Kurniawan Yunus
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2438

Abstract

Komoditas hortikultura merupakan salah satu komoditas penting pada sektor pertanian. Di perkotaan, area untuk melakukan kegiatan bercocok tanam menjadi terbatas karena pembangunan gedung, perumahan, restoran dan sebagainya terus berkembang dengan pesat. Hal ini menyebabkan banyak lahan pertanian berubah menjadi non-pertanian, sehingga perlu dilakukan upaya untuk mengenalkan sistem bercocok tanam yang tepat di lingkungan urban. Salah satu metode urban farming yang paling sesuai dengan kondisi lahan terbatas adalah budi daya tanaman sistem hidroponik. Budi daya tanaman sistem hidroponik merupakan salah satu upaya adaptasi dalam keterbatasan lahan, degradasi kualitas lahan, dan adanya dampak negatif perubahan iklim global. Sebagai ibukota kabupaten Polewali Mandar, Polewali menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pembangunan sehingga area untuk bercocok tanam bagi petani maupun warga menjadi berkurang. Untuk itu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan budi daya hidroponik kepada Komunitas Guru Penggerak (KGP) Kabupaten Poelwali Mandar yang akan menjadi agen fasilitator bagi para pendidik pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan atas untuk kemudian diteruskan kepada peserta didiknya dan juga masyarakat luas. Kegiatan dilakukan dengan memberikan materi, demonstrasi, praktik dan pendampingan kepada peserta. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan diperoleh angka rata-rata skor sebesar lebih dari 4 untuk semua kategori indikator penilaian kepuasan dari 42 peserta kegiatan ini yang mengindikasikan bahwa materi pelatihan yang disajikan sesuai dengan kebutuhan mitra dan memberikan pengetahuan tentang konsep urban farming dan juga keterampilan baru mengenai sistem bercocok tanam hidroponik.
Pelatihan Pencegahan Plagiasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Arie Arma Arsyad; Sumiati Side; Irwan Anas
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2442

Abstract

Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan informasi kepada mahasiswa tentang cara mengutip referensi dengan benar yang berkaitan dengan plagiasi sehingga menyebabkan rendahnya mutu dari artikel yang dipublikasikan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada tanggal 2 – 18 September 2020 pada masa pandemic covid-19 dan berada di lokasi Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM. kegiatan dilaksanakan dalam mode luring dengan protokol Kesehatan berupa koordinasi dengan Ketua Prodi terkait temuan plagiat dan jadwal pelaksanaan sosialisasi serta pengadaan klinik anti plagiat yang dilakukan kepada peserta mahasiswa. Kegaiatan yang kedua dalam mode daring yaitu koordinasi dengan staf perpustakaan untuk mehgakses data skripsi mahsiswa yang ditindaklanjuti dalam pembuatan laporan hasil kajian dan melaksanakan sosialisasi cara menghindari plagiat kepada mahasiswa. dengan adanya kegiatan pelatihan pencegahan plagiat ini dapat menjadi informasi bagi mahasiswa untuk menyusun karya imiah yang bebas plagiasi.
Eduwisata Mangrove di Gonda Mangrove Park Masyitha Wahid; Nurhidayah Nurhidayah; Nur Amaliah
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2445

Abstract

Ekosistem mangrove merupakan ekosistem kompleks yang terdiri interaksi anatara vegetasi mangrove, biota dan lingkungan mangrove itu sendiri. Salah satu kawasan hutan mangrove di Kabupaten Polewali Mandar adalah Gonda Mangrove Park yang terletak di Kecamatan Campalagian. Tujuan kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran warga lokal mengenai pentingnya pengelolaan dan pengembangan kawasan mangrove berkelanjutan. Pelaksanaan kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan konsep eduswisata yaitu dengan memberikan wisata dan edukasi kepada masyarakat dan mahasiswa mengenai ekosistem mangrove. Kegiatan eduwisata ini juga dirangkaikan dengan kegiatan seperti penanaman mangrove dan pembersihan pantai. Masyarakat local diharapkan bersinergi dalam mengelola kawasan ini sehingga mendukung pemeliharaan kawasan mangrove.
Pelatihan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar di Majene Dewi Sartika; Arie Arma Arsyad; St. Mutia Alfiyanti Muhiddin; Nurfitra Yanto; Rifda Nur Hikmahwati Arif
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2475

Abstract

Indonesia adalah Negara pemilik bahasa daerah terbanyak, namun ada banyak faktor yang mempengaruhi punahnya bahasa-bahasa daerah tersebut. Diantaranya adanya pengaruh globalisasi, etnis mayoritas dan minioritas, serta kurangnya minat generasi muda terhadap budaya. Permasalahan yang terjadi pada lingkup jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yaitu minimnya pengetahuan peserta didik tentang budaya lokal khususnya pada bahasa daerah sehingga diperlukan sebuah pelatihan yang berkegiatan pelatihan kurikulum muatan lokal. Pelatihan adalah kegiatan melatih atau mengembangkan suatu keterampilan dan pengetahuan kepada diri sendiri atau orang lain, yang terkait dengan kompetensi tertentu yang dianggap berguna sedangkan kurikulum adalah sejumlah pengetahuan atau mata pelajaran yang harus ditempuh atau diselesaikan pebelajar guna mencapai suatu tingkatan atau ijazah. Pelatihan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar guna memenuhi program yang terdapat pada Peraturan Daerah No. 02 Tahun 2014 tentang pendidikan. maka dalam hal ini Disdikpora tepatnya di kota Majene mengadakan kegiatan sosialisasi dan melaksanakan sebuah kegiatan dalam bentuk bimbingan teknik pada materi alur tujuan pembelajaran dan modul pembelajaran guna untuk melahirkan kurikulum muatan lokal bahasa daerah dan melahirkan pendidik yang lebih berkualitas lagi.
Penyuluhan Tentang Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru-Guru di SMPN 1 Majene Fadhil Zil Ikram; Muh. Hijrah; Reski Wahyu Yanti
SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2023): SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2478

Abstract

Competency development is something that should be done by all professionals, including teachers. There are many competencies that must be mastered by teachers and one of them is pedagogic competence that helps smooth the teaching and learning process. The development of a teacher's competence can be done in a way, either with the help of professionals from other institutions or external parties or by cooperation between teachers within the agency. One form of competency development that teachers can do is lesson study. Counseling on lesson study was carried out at SMPN 1 Majene. The number of participants in this activity were 33 teachers. The purpose of the series of activities carried out is to broaden and increase teachers' insight on one way to develop teacher pedagogic competence, namely by lesson study and assisting teachers in carrying out the initial stages of lesson study preparation. Counseling is also based on observations, interviews, and surveys conducted with the school. The output of the series of activities carried out is that the teacher knows and understands the concept of lesson study and is able to identify problems that occur in class as the first step in preparing for learning in lesson study. The result of the activities that have been carried out is that the teacher understands the concept of lesson study and has been able to carry out the steps of identifying problems in class.

Page 1 of 1 | Total Record : 8