cover
Contact Name
Dede Surya Atmaja
Contact Email
dede.atmaja@kwikkiangie.ac.id
Phone
+622165307062
Journal Mail Official
jurnal.abdimas@kwikkiangie.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso Kav 87, Sunter Jakarta 14350
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan
ISSN : -     EISSN : 30323738     DOI : https://doi.org/10.46806/abdimas.v1i1.1071
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan (E-ISSN 3032-3738) mencerminkan semangat pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi, bisnis, komunikasi, dan informatika. Abdimas (Pengabdian kepada Masyarakat) sebagai pilar utama, jurnal ini merangkum dedikasi untuk memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat melalui penelitian dan pengembangan. Konsep "Sosial" menyoroti pentingnya keterlibatan masyarakat dalam setiap aspek pengabdian, menjadikan partisipasi aktif mereka sebagai fondasi bagi solusi yang relevan. Bagian "Bisnis" fokus pada keberlanjutan ekonomi, mempertimbangkan peran inovasi dalam menciptakan pertumbuhan yang seimbang dan berkelanjutan. Sementara itu, dimensi "Lingkungan" menekankan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dalam konteks bisnis dan ekonomi. Jurnal ini menjadi arena kolaborasi lintas disiplin ilmu, mengundang kontribusi penelitian dari berbagai perspektif untuk menghasilkan solusi konkret terhadap tantangan kompleks yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan pandangan holistik, Jurnal Abdimas bertujuan menjadi agen perubahan positif dengan menggabungkan pengetahuan dan inovasi dalam upaya mencapai kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Jurnal Abdimas terbit setiap bulan April dan Oktober. Harap baca pedoman dengan cermat. Penulis yang ingin mengirimkan naskahnya ke redaksi Jurnal Abdimas harus mematuhi pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Fokus dan Bidang Jurnal Abdimas bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Abdimas secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan ilmu-ilmu bidang pengabdian kepada masyarakat sebagai berikut: Manajemen Sumber Daya Manusia; Manajemen Keuangan; Manajemen Pemasaran; Kewirausahaan; Bisnis Digital; Bisnis Internasional; Sistem Informasi dan Teknologi Informasi; Broadcasting; Komunikasi Pemasaran; Ilmu Komunikasi.
Articles 10 Documents
Partisipasi Berkelanjutan Kader Posyandu Lansia dan Posbindu Penyakit Tidak Menular Terintegrasi di RW 06, Baranangsiang Indah, Kota Bogor Bernadetta Dwi Suatmi
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i1.1069

Abstract

Kegiatan kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) yang dilaksanakan di RW 06, Baranangsiang Indah, Kota Bogor ini bertujuan sebagai sarana pengendalian penyakit tidak menular (PTM), sarana pendataan potensi PTM, sarana sosialiasi PTM, dan sarana sosialisasi budaya hidup sehat. Proses pemecahan masalah dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan cara mengidentifikasi kebutuhan dan kesadaran warga untuk mengontrol kondisi kesehatan, terutama kondisi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit tidak menular. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Posbindu melibatkan juga kehadiran rutin tim perwakilan Puskesmas Bogor Timur untuk menangani tugas-tugas tertentu selama pelaksanaan, antara lain pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat. Secara umum pelaksanaan telah berjalan sesuai dengan panduan teknis pelaksanaan dari Kementrian Kesehatan, baik dilihat dari komponen kegiatannya, maupun dari keterlibatan para pihak.
Pelatihan Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Para Calon Imam Projo di Wisma Puruhita Klender, Keuskupan Agung Jakarta Elisabeth Vita Mutiarawati; Yosef Dema
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i1.1071

Abstract

Efforts to Improve English Skills for Priest Candidates in Jakarta were undertaken to enhance English proficiency and communication skills of Diocesan Priest Candidates. Conducted from September to December 2021 at Wisma Puruhita Klender, East Jakarta, the program employs interactive language learning methodologies led by qualified language instructors from Kwik Kian Gie School of Business Jakarta. The curriculum integrates practical application through real-life scenarios, case studies, and field visits to pastoral settings. Evaluation mechanisms encompass periodic tests, quizzes, and feedback sessions to ensure a comprehensive assessment of language acquisition and practical communicative abilities. Anticipated outcomes include improved English proficiency, enhanced communication skills, increased cultural competence, and a positive impact on pastoral work. Recognizing challenges such as diverse language backgrounds and time constraints, the program proposes tailored language support and flexible scheduling options. The conclusion envisions a cohort of priest candidates equipped with the linguistic and communicative tools necessary for impactful pastoral engagement within their diverse congregations. This initiative aspires to contribute to the growth and connectivity within religious communities in Jakarta, fostering inclusive communication and deepening the bonds between diocesan priest candidates and peoples they serve.
Pelatihan Pemanfaatan Program Microsoft Excel untuk Pembelajaran Akuntansi pada Siswa-Siswi SMA Cindera Mata, Harapan Indah, Kota Bekasi Yustina Triyani; Carmel Meiden; Sugi Suhartono; Andreas Bayu Kristianto; Gavriel Faith Nangoy; Patricia Angeline; Viona Putri
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i1.1072

Abstract

Pelatihan pemanfaatan program Micosoft Excel untuk pembelajaran akuntansi ini diselenggarakan bagi siswa-siswi SMA Cindera Mata Bekasi. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan tambahan pemahaman dan ketrampilan bagi siswa-siswi SMA Cindera Mata dalam memanfaatkan program Micosoft Excel untuk lebih memahami pembelajaran Akuntansi. Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan melakukan survey pendahuluan kepada para guru pada awal Februari 2023. Survey ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemakaian program Micosoft Excel digunakan oleh para siswa dalam belajar akuntansi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Maret 2023 dari pukul 09.30 – 13.30 di SMA Cindera Mata Bekasi. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pertama mengenal siklus akuntansi manual secara umum, sesi kedua, manfaat program Micosoft Excel untuk kegiatan sehari-hari, dan sesi ke tiga praktik penggunaan program Micosoft Excel untuk membuat laporan keuangan. Pelatihan berlangsung lancar diikuti oleh 60 siswa didampingi 3 orang guru kelas. Semua peserta mengikuti pelatihan dengan antusias.
Implementasi Pendampingan Akuntansi untuk UMKM Barokah Amelia Sandra; Rizka Indri Arfianti; Prima Apriwenni
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i1.1075

Abstract

Tujuan dari program ini untuk memberikan pendampingan, diskusi dan sebagai fasilitator dalam penerapan akuntansi sederhana dan pembuatan laporan keuangan yang efektif bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Barokah di Painan, Sumatera Barat dengan beberapa diversifikasi jenis usaha yaitu dagang dan jasa. Kegiatan ini dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini dilaksanakan menggunakan aplikasi google meet. Kehadiran tim instruktur melalui program pengabdian masyarakat dalam pembinaan penerapan akuntansi sederhana mendapat respon positif. Kebutuhan pengetahuan pelaku usaha mengenai pembuatan laporan keuangan untuk dapat menghitung laba rugi usaha, dan juga dapat mengetahui kapan usahanya akan dikenakan pajak. Di samping itu juga dapat memahami bagaimana pengendalian persediaan dengan mudah.
Pelatihan Strategi Merancang Video Iklan Promosi Produk UMKM dalam Media Sosial Imam Nuraryo; Siti Meisyaroh; Bernadetta Dwi Suatmi
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 1 (2023): Edisi Oktober 2023
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i1.1076

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah membuat video iklan promosi produk UMKM dari masing-masing anggota koperasi yang dapat digunakan dalam media online. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi tiga langkah yaitu pelaksanaan program pelatihan, program pendampingan, dan program tindak lanjut. Pelatihan dan pendampingan berkelanjutan dilakukan dan dirancang dalam tiga kali pertemuan untuk seluruh pengurus dan anggota Koperasi Garudayaksa Nusantara DKI Jakarta. Pertemuan dilakukan pada awal September 2020 menggunakan Zoom Meeting Conference. Hasilnya peserta lebih memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan di dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia bisnis yang semakin global dan berkembang pesat salah satunya dapat memiliki kemampuan membuat video produk UMKM yang menarik di dalam media sosial.
Pelatihan Metodologi Penelitian Analisis Data Menggunakan Microsoft Excel dan SPSS di STIE Tribhakti Bekasi Tumpal J R Sitinjak
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi April 2024
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i2.1115

Abstract

Carrying out research is an obligation carried out by lecturers and students at universities. However, a good research implementation must of course be supported by an understanding of research methodology and the use of available and qualified data processing program applications. The results of interviews conducted by the community service team of the Institute of Business and Informatics Kwik Kian Gie indicate that thesis supervisors and students who compose theses at STIE TRIBHAKTI Bekasi really need training related to understanding research methodologies and using data processing programs in this case Excel and SPSS and how interpret the output of the processed results. Based on this background, a training on research methodology and data analysis using Excel and SPSS was held on Saturday, March 31, 2021 at 13.30 – 16.30. This activity is carried out online using Google Meet virtual media. The material presented includes univariate, bivariate, multivariate, and path analysis. One part of multivariate analysis is multiple regression. After the training was given, the thesis supervisors and students who wrote the thesis at STIE TRIBHAKTI benefited from increasing knowledge and understanding of research methodology and becoming more skilled in using Microsoft Excel and SPSS data processing applications, so that this can be a motivation that moves lecturers and students to do research well.
Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM dalam Aktivitas Ekspor ke Singapura Siti Meisyaroh; Martha Ayerza Esra; Elis Sondang Dasawaty
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi April 2024
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i2.1116

Abstract

This paper explores the benefits of export and import activities for Indonesia, emphasizing the role of digital marketing in maximizing export opportunities. Focusing on Netasia and Okeoce Export Team's initiative, the study employs a problem-solving framework to enhance members' understanding and implementation of digital marketing strategies. Through training, mentoring, and follow-up programs, the initiative aims to empower exporters to tap into the Singaporean market effectively. Positive responses to the training sessions indicate the potential for improved export practices and community welfare through professional organizational management and digital marketing proficiency.
Mengembangkan Literasi Keuangan Masyarakat melalui Webinar ‘Kenali Fintech Lending Legal dan Ilegal’ Elisabeth Vita; Yosef Dema; Sigit Birowo; Hendratmoko
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi April 2024
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i2.1125

Abstract

Celebrating the innovation and creativity in the Fintech space, the webinar, 'Understanding Legal and Illegal Fintech,' is a dynamic exploration led by seasoned industry experts. With a focus on the intricate legal and ethical dimensions of financial technology, participants will gain invaluable insights to navigate this rapidly evolving landscape responsibly. From dissecting legal frameworks to delving into compliance requirements and regulatory nuances, the webinar provides a solid foundation. Furthermore, it offers practical strategies for identifying and mitigating risks associated with illegal practices, while also stressing the importance of consumer empowerment and community support in Fintech lending. Through engaging presentations, real-life case studies, and interactive discussions, attendees will not only grasp the importance of legal compliance and ethical practices but also gain a deeper understanding of consumer protection in the realm of Fintech.
Pelatihan Kepemimpinan: From Organization to Become the Best Leader Johan Hendri Prasetyo; Gani Wiharso; Luky Fabrianto; Rizky Ade Safitri
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi April 2024
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i2.1127

Abstract

The community service activity holds a crucial urgency in raising awareness about the significant role of youth in village development, particularly in Ragunan District. By organizing the "Leadership Training: From Organization to Become The Best Leader" event, the primary aim is to provide a profound understanding of effective leadership for the younger generation, especially for the management of Karang Taruna RW 01 Ragunan. Through a series of leadership training and skill development, it is expected that participants can lead more effectively and actively contribute to the advancement of their villages. The targeted outcomes include the enhancement of quality and capacity among youth in leadership, innovation, and contribution to village development, as well as the establishment of strong networking and collaboration among youth in Ragunan District.
Edukasi Strategi Pemasaran Sukses Usaha UMKM di Era Digital Morryessa Brandinie; Prima Apriwenni
Jurnal Abdimas: Sosial, Bisnis, dan Lingkungan Vol. 1 No. 2 (2024): Edisi April 2024
Publisher : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46806/abdimas.v1i2.1138

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a major impact on the government and society. Many business actors experienced a decline in sales turnover. This pandemic requires MSME owners to be able to think strategically and dynamically to maintain the businesses they have built. Many MSMEs today are still experiencing difficulties in advancing their businesses. And now business people, to find ideas, carry out administration, market products or services as well as recording and reporting activities, have to utilize effective marketing strategies and must take advantage of digital technology which is increasingly developing at this time. Several marketing strategies can be used to overcome the problems that occur. One thing that is considered very effective in the field of marketing today is adopting various digital media and technologies.

Page 1 of 1 | Total Record : 10