cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI" : 18 Documents clear
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK Danniyati Zuchdi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4202.244 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9226

Abstract

Pembelajaran bahasa secara holistilc memililci ciriiri Ichusus. Demilcian jugaseharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarangdigunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasiIcemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensibahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai saranakomunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasukevaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dankontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukansecara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.
PENERAPAN SISTEM PERTANIAN TERPADU DALAM RANGKA PELESTARIAN PRODUKSI MENUJU SWASEMBADA PANGAN BERKELANJUTAN H. Yulipriyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4323.99 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9237

Abstract

Di penghujung abad xx ini masalah pencemaran bahan kimia pertanian(agrochcnica/s) baik berupa pupuk kimia maupun pestisida mendapatkan perhatiankhusus dan masyarakat seluruh dunia. Kira-kira selama 40 tahun semenjak bahan-bahankimia digunakan unluk meningkatkan produksi pertanian. selain telah dapalmewujudkan swasembada pangan berupa beras, juga telah menimbulkan kerusakanIingkungan yang parah, baik lerhadap lanah. lanaman maupun fauna.Tanah-tanah pertanian banyak yang mengalami kemunduran. struktur lanahrusak oleh pengaruh residu kimia. Beberapa spesies tanaman telah banyak yang hilangalau musnah. demikian pula berbagai fauna penting yang menghuni tanah-tanahpertanian. Produk-produk pertanian seperti sayuran, hortikultura disinyalir juga lelahlercemar alau terkonlaminasi logam beral.Dalam rangka lelap melestankan produksi per1anian, usaha lani tidak lagimengandalkan penggunaan bahan kimia untuk mencapai produksi setinggi-tingginya,tela pi juga harus memperhalikan kclestarian sumberdaya alam sebagai infrastruklurUlama yang menunjang kehidupan tanaman penanian. Oleh "'"Irena itu, dewasa ini adakecenderungan dilerapkannya sislem penanian tanpa mcrusak lingkungan yangmenekankan pada penggunaan bahan organik dan teknologi biologis baik sebagai pupukalau peslisida unluk mengganlikan bahan kimia. Unluk mengantisipasi kecenderunganlersebul. petani kila pun perlu dibekali pengetahuan yang berkailan dengan leknologipertanian ramah Iingkungan, yang membenkan kemungkinan berlangsungnya usahapertanian secara berkelanjutan.
PELATIHAN KESADARAN FONOLOGIS PADA ANAK-ANAKPRASEKOLAHUNTUK MENYAMBUT TUGAS BELAjAR MEMBACA PADA MASA SEKOLAH YuUa Ayriza
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5500.502 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9241

Abstract

Membaca merupakan salah salu lugas perkembangan penting bagi anak-anakpada masa sekolah, oleh karena itu mempersiapkan anak prasekolah unluk menyambutlugas belajar membaca akan besar sekali manCaatnya, karena keterampilan membacayang akan dikuasai, akan melandasi mereka dalam menyambul tugas belajar ilmupengelahuan serta kelerampilan Iainnya. Salah salu benluk persiapan belajar membacayang dapal diberikan kepada anak-anak prasekolah adalah pelalihan kesadaranConologis.Pelatihan kesadaran Conologis adalah sualu benluk pelalihan yangmengembangkan sensilivilas anak lerhadap slruklur bunyi dari kata-kala yangdiucapkan. Kesadaran ilu dapal terjadi terhadap unit bunyi relatiC besar sepeni silabel,dan dapal berkembang sehingga kesadaran lerjadi lerhadap unit bunyi yang paling kedlyailu fonem. Sebagai conloh, kesadaran Conologis lerhadap silabel ialah anak menyadaribahwa silabel akhir dari kala "bukan" dan "makan" mempunyai bunyi yang sama. yailu"kan". sedangkan conloh kesadaran Copnologis lerhadap Conem pada lingkal yang palingsederhana ialah anak menyadari bahwa kala "bola" dan "bumi" mempunyai Conem awalyang berbunyi sama, yailu "beh" atau "be".Psikodinamika dari peranan kesadaran Conologis lerhadap kelerampilan belajarmembaca leljadi melalui: (1) anak menjadi lebih mampu menghubungkan bunyi denganhuruC yang dibaca; (2) anak lebih mampu menganalisis kala-kala baru yang dipelajari kedalam komponen-komponennya berdasarkan bunyinya, serta mensinlesiskan kembalibunyi-bunyi ilu unluk pengucapan sebuah kala; (3) anak lebih mampu melakukangeneralisasi dari segmen-segmen kala yang sudah dikenali sebelumnya pada kala-kalabaru yang dihadapinya.
PERMASALAHAN PENDIDlKAN MENYONGSONG PASAR BEBAS Usman, Husaini
Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5579.015 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9217

Abstract

Era pasar bc:bas merupakan peluang dan tantangan bagi lulusan pendidikanyang berkualitas untuk bc:rsaing sekaligus bekerjasama dengan bangsa-bangsa Aseanlainnya dalam merebutkan peluang pasar. Langkah strategis untuk mengembangkankualilas SDM ialah pendidikan. Dalarn melaksanakan langkah strategis tersebut, duniapendidikan dihadapkan pada berbagai masalah seperti: kompelisi, kooperasi, adaptasi:'partisipasi, negosiasi, Icomunikasi, inovasi, dan jati diri.Penyebab timbulnya masalah-masalah tersebut di antaranya adalah: sentralisasibirokrasi, meremehkan kualitas, monopoli, oligopoli, korupsi , pungli, rnengejar targetkuantitas, belurn dapat belcerja secara tim, belum ada peraturan perundang-undangantentang kerjasama pengusaha dengan pengelola selcolah, belenggu aturan-aturanpraktis, rendahnya kualitas SDM. lemahnya daya bayar masyarakat; rendahnyaketerampilan berkomunikasi, tenutupnya budaya dialogis ilmiah, terbiasa menungguperintah dari atas, dan dampak negatif globalisasi.AJternalif pemecahan masalah antara lain: mengadakan Undang-Undang antimonopoli, menggalakkan budaya kualilas. menciptakan pengelola pendidikan danlulusan-Iulusan yang terampil berkooperasi. mengembangkan lebih banyak pendidikanbidang eksakta, meningkalkan kemitraan dengan swasta, meningkatkan penelilianmengembangkan pendidikan profesional, membudayakan akreditasi pendidikan,menggalakkan pendidikan kewiraswastaan, mengadakan deregulasi pendidikan,membekali teori dan pralctek negosiasi. mengikuti kursus bahasa, membudayakan dialogi1miah dan mitra bestari, melibatkan pengelola pendidikan dalam perencanaanpendidikan, meningkalkan dukungan sumber daya pendidikan, melestarikan budaya .banggsa, dan memperkuat iman dan taqwa.
PENGGUNAAN KALKULATOR DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR Dylmoon Hidayat
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3007.636 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9245

Abstract

Kalkulator sebagai hasil dari teknologi belum banyak dimanfaatkan dalamdunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat banlu pengajaran malemalikadi kelas. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontramengenai dampak penggunaan kalkulator lerhadap ketrampilan berhitung siswa.Namun jika dilihat secara cermat maka pihak yang kontra terhadap penggunaankalkulalor di kelas dalam pengajaran matematika lebih dapat diartikan sebagai kurangsiapnya situasi pengajaran, baik guru maupun sekolah unluk mengintegrasikankalkulalor dalam pengajaran. Oi lain pihak penolakan penggunaan kalkulalor dapat jugadipandang sebagai "warning" kepada pendidik khususnya guru yang hendakmenginlegrasikan kalkulator dalam kelas.Tulisan ini bermaksud mengupas Iatar belakang mengapa terjadi dua kelompokpro dan kontra tentang penggunaan kalkulator dalam pengajaran matematika. Secarapedagogi. keuntungan instruksional apa yang diperoleh jika siswa diperkenankanmenggunakan kalkulator dalam situasi belajar yang tepat. Selain itu pula akan dilulissiluasi belajar di mana guru tidak memperkenankan siswa menggunakan kalkulalor.
STRATEGI PEMROSESAN TINGKAT DALAM PADA PENGAjARAN DERETAKTMTAS LOGAM UNTUK Suwardi Suwardi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3582.868 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9228

Abstract

Dalarn rnengajarkan i1rnu kimia di SMU biasanya dilakukan dengan slralegipernrosesan lingkal permukaan dan lingkal dalarn. Dan kedua strategi tersebut, strategipemrosesan lingkat dalam merupakan cara yang lebih baik. Dengan slrategi itu,pernahaman, ketrarnpilan dan kejelasan siswa tentang ilrnu kimia dapat dilingkatkan.Pengajaran deret aktivilas logarn merupakan salah satu conloh penggunaanstrategi tersebut. Dengan strategi ini, pengajaran deret aklivilas logam kepada siswadibenkan melalui topik-topik yang urut. Topik yang dimaksud adalah pengantar,penjabaran, pengingatan dan aplikasi deret aktivitas logarn.Dengan penggunaan strategi pernrosesan lingkat dalam, diharapkan siswameninjau i1rnu kimia dalam perspektif yang lebih luas dan dapal rnengkailkan lopikderet aktivilas logarn dengan topik-topik lain yang beragarn dalam i1mu kirnia. Dengandernikian ketrampilan proses penalaran sains siswa rneningkat
FEROMON DAN METILEUGENOL, PENGENDALI HAMA TANPA MERUSAK LINGKUNGAN Cornelia Budimarwanti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3478.039 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9239

Abstract

mensejahterakan umat manusia di masa yang akan datang. Untuk tujuan tersebutmaka penggunaan bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari harusdipertimbangkan dampaknya pada lingkungan hidup, khususnya pada manusia.Pestisida memegang peranan penting dalam penyediaan bahan pangan bagiumat manusia, tetapi di sisi lain penggunaan pestisida menimbulkan masalah yang cukupserius. Penggunaan pestisida cenderung merusak kesetimbangan alam, sepertipenggunaan pest~~ida klorohidrokarbon sebagai pembunuh serangga perusak tanamansayur-sayuran, pestisida ini dalam jangka beberapa tahun akan tertinggal di dalamlingkungan (air dan tanah). karena pestisida ini tidak dapat terdegradasi secara biologis.Di samping itu penggunaan pestisida secara langsung atau tidak langsung dapatmengakibatkan bahan pangan terkontaminasi oIeh residu pestisida yang ditinggalkan.Apabila bahan pangan tersebut dikonsumsi oleh manusia maka pestisida akan masuk kedalam jaringan tubuh. Diperkirakan di dalam jaringan tubuh manusia terdapal residupestisida 5 ppm sampai 10 ppm. bahkan lebih fatal lagi pestisida dapat mencemari airsusu ibu.Feromon dan metileugenol merupakan zat kimia yang menarik untuk dipelajarikarena dapat mengendalikan hama tanaman tanpa mengganggu kesetimbanganlingkungan.
PERAN LEMBAGA PENDIDlKAN DALAM PEMBINAAN BUDAYA BANGSA MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS Aw., Suranto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3788.722 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9222

Abstract

Datangnya era pasar bebas, baik dalam kerangka Kawasan Perdagangan BebasASEAN (AFfA tahun 2(03), maupun Asia Pasifik (APEC tahun 2020), di sampingdisambut dengan sikap optimis, ada pula kekhawatiran. Sikap optimis itu muncul karenaera pasar bebas akan mempermudah peredaran barang, jasa dan informasi. Namunberbagai kemudahan yang tercipta, dikhawatirkan berdampak pada masyarakat,khususnya berkaitan dengan persoalan ketahanan budaya bangsa.Vntuk menghadapi pengaruh nilai-nilai budaya asing, lembaga pendidikanmemiliki posisi peranan yang strategis, yakni sebagai wahana membina ketahananbudaya sehingga bangsa kita lebih siap memasuki era pasar bebas dimana interaksibudaya berlangsung pesat. Lembaga pendidikan membina sikap budaya yang positifbersamaan upaya membentuk manusia yang cerdas dan terampil. Vpaya ini sesuaistrategi pembangunan pendidikan yang bertujuan membentuk dan menciptakan sosokmanusia Indonesia yang utuh. Jadi, orientasi keilmuan dan pembinaan budayadilaksanakan seimbang. Pembinaan budaya dapat ditempuh dengan dua pendekatan,yami monolitik dan integratif.
REALISASI PENDIDIKAN UMUM TERCERMIN DAIAM MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) Sigit Dwi Kusrahmadi; L. Hendro Wibowo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4141.75 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9233

Abstract

Pendidikan umum muncul sebagai reaksi adanya pendidikan yang mengarahpada bidang spesialisasi, yang mengakibalkan masing- masing bidang ilmu menonjolkandiri. Di lain pihak membina manusia unluk mempersiapkan dan membina manusiauntuk menghadapi masa depan yang lebih baik, bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, tidak individualis, loleran lernadap orang lain, dan cinla lanah air.Beberapa pandangan aliran filsafat lerhadap pendidikan umum anlara lainrasionalisme, humanisme dan pragmalisme.Pendidikan umum di Indonesia, lebih banyak direalisasikan dalam Mala KuliahDasar Umum (MKDU) yang dilujukan kepada pembinaan "kepribadian manusiaIndonesia seutuhnya".
MENERAWANG PERGURUAN TINGGI DI ERA GLOBALISASI Sarbiran Sarbiran
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3871.202 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9215

Abstract

Era globalisasi telah dapat kita identifikasi, bercirikan ekonomi behas.berakibal persaingan mulu pada barang, jasa, dan lenaga kerja. Maka perlu dipikirkanakan kebutuhan-kebuluhannya. selanjulnya mengadakan penyesuaian terulama olehperguruan tinggi. Hal ini disebabkan mulu perguruan tinggi menyangkut persoalanmartabal bangsa.Era globalisasi sangal dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK, bersifalkomprehensif dan terpadu saling lerganlung, jarak ilmu pengelahuan dan teknologiakan semakin dekal, begilu juga penemuan-penemuan sesualu yang baru akan semakindekat dan cepat diujudkan ke dalam sesualu untuk dikomersialisasikan. Sebagaiakibatnya perguruan tinggi menghadapi tantangan paradigma baru, tantangankondisional siluasional. operasional. mUlu, moral agama. iman dan laqwa. serta falsafahPancasila. Perguruan linggi tidak lagi memimpin di bidang keilmuan. dipengaruhi olchbanyak pihak. birokrasi. bahkan lelah terjebak dalam kegiatan-kegialan komersial.Tiba saalnya perguruan linggi menyusun slrategi baru menuju perguruan tinggiyang bennutu dengan memperhalikan lima faktor yaitu dengan peningkalanakunlabililas. akredilas. olonomi. evaluasi, proses manajemen, dan huhungan kepadamasyarakal. apahila perguruan linggi menghendaki dapal dilerima dan bcrhasil di eraglobalisasi

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

1997 1997


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue