cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengajaran MIPA
ISSN : 14120917     EISSN : 24433616     DOI : -
Core Subject :
Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA-UPI) in association with Indonesian Society for Science Educators (JPII), twice a year in April and October with 16 articles per number or 32 articles per year.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013" : 15 Documents clear
PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA BERPIKIR KRITIS INCH DAN PROFIL PENCAPAIANNYA DI SMA NEGERI KOTA BANDUNG PADA TEMA PENYAKIT MANUSIA Rusyati, Lilit; Rustaman, Nuryani; Saefudin, Saefudin
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36127

Abstract

ABSTRAKPenelitian berjudul "Pengembangan Multiple Choice Uji Berdasarkan Berpikir Kritis Inch dan Profil nya di SMA Bandung Tema Penyakit Manusia" merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tes pilihan ganda yang didasarkan elemen dan sub elemen pemikiran Inch kritis. tujuan penelitian ini untuk mengembangkan tes pilihan ganda didasarkan pada pemikiran kritis Inch dan menggambarkan profilnya di SMA Bandung pada tema penyakit manusia. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA mahasiswa di Bandung, sedangkan sampel tiga siswa SMA di Bandung, masing-masing mewakili cluster 1, cluster 2 dan cluster 3. sampel diambil dengan teknik multistage sampling. data ditangkap dengan menggunakan tes pilihan ganda didasarkan pada delapan elemen dan 26 sub-elemen pemikiran Inch kritis. instrumen ini digunakan untuk menangkap data dalam bentuk nilai prestasi siswa SMA di Bandung untuk berpikir kritis pada tema penyakit manusia. pencapaian pemikiran Inch kritis pada siswa SMA di Bandung adalah 76,2%. hasil ini menunjukkan bahwa pencapaian pemikiran Inch kritis pada siswa SMA di Bandung adalah baik. pencapaian ini diperoleh dari kontribusi berbagai elemen pemikiran kritis Inch yang berurutan dari terbesar ke nomor terkecil adalah tujuan 90, 4%, asumsi 86,0%, interpretasi dan inferensi 84,3%, 75,1% informasi, implikasi dan concequences 74,9%, sudut pandang 69,1%, pertanyaan pada masalah 65,1%, dan konsep 64 , 4%.ABSTRACTThe study entitled "Development of Multiple Choice Test Based on Inch’s Critical Thinking and Its Profile in Senior High School of Bandung on Themes of Human Disease” is a descriptive study. The study was motivated by the importance of multiple choice test which is based the elements and sub elements of Inch’s critical thinking. The aims of this study to develop of multiple choice test based on Inch’s critical thinking and describe its profile in Senior High School of Bandung on themes of human disease. The population in this study were all senior high school students in Bandung, while the samples were three senior high school students in Bandung, each representing cluster 1, cluster 2 and cluster 3. Samples were taken with a multistage sampling technique. Data captured by using a multiple choice tests based on the eight elements and 26 sub-elements of Inch’s critical thinking. This instrument is used to capture data in the form of the achievement scores of high school students in Bandung to critical thinking on the theme of human disease. Achievement of Inch’s critical thinking on high school students in Bandung is 76,2%. These results indicate that the achievement of Inch’s critical thinking on Senior High School students in Bandung is good. This achievement was obtained from the contribution of the elements of Inch’s critical thinking sequentially from largest to smallest number are purpose 90,4%, assumptions 86,0%, interpretation and inference 84,3%, information 75,1%, implication and concequences 74,9%, point of view 69,1%, question at issue 65,1%, and concepts 64,4%.
KEMAMPUAN PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN BERPIKIR ANALITIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA Rokhmat, Joni
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36121

Abstract

ABSTRAKTelah berhasil dikembangkan model pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk meningkatkan kemampuan problem-solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika dalam pokok bahasan gerak, hukum Newton tentang gerak, kerja energi, gravitasi, momentum linear, kesetimbangan benda tegar, dan termodinamika. Penelitian ini bertujuan mendesain model pembelajaran berbasis PBK-BA dan menentukan pola PBK-BA yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan KPS secara optimal. Penelitian menggunakan metoda mixed method berjenis embedded design one-phase dengan penekanan kualitatif. Dalam taraf kepercayaan 95%, berdasarkan hasil uji-t Wilcoxon secara umum menunjukkan peningkatan signifikan keenam indikator KPS yang meliputi kemampuan understanding, selecting, differentiating, determining, applying, dan identifying pada mahasiswa kelompok bawah maupun atas dan peningkatan ini pada mahasiswa kelas atas lebih baik daripada mahasiswa kelas bawah. Pencapaian akhir persentase KPS secara umum masih berkategori rendah. Untuk mengoptimalkan pencapaian KPS mahasiswa direkomendasikan untuk mengembangkan dua pola umum PBK-BA, yaitu pola PBK-BA standar dan pola PBK-BA ber-scaffolding. ABSTRACTIt has been developed a learning model based on the process of causality and analytic thinking (PCAT) to improve problem-solving skill (PSS) of the pre service students of Physics. The model has been applied to the subject of movement, Newton’s law about movement, work and energy, linear momentum, gravity, equilibrium of rigid body, and thermodynamics. The purpose of this research is to design the learning model based on PCAT and determine the pattern needed for improving PSS optimally. The method used is mixed method of embedded design one-phase emphasing qualitative. By means significance of 5%, the result of Wilcoxon test-t shows significant increase of PSS including the skills of understanding, selecting, differentiating, determining, applying, dan identifying for both classes of the students and the increase of PSS on the top class better than that of low class. However, the final attainment of the percentage of PSS for the two classes generally has a category counted low. To make an optimal attainment of PSS of the students it is recommended to develop two patterns of PCAT, i.e. the standard and scaffolding patterns.
PEMANFAATAN HUTAN MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH Nurmaliahayati, Nurmaliahayati
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36116

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dan sikap ilmiah melalui pemanfaatan hutan dalam pembelajaran biologi terintegrasi tipe connected. Metode penelitian yang digunakan adalah metode weak experiment dengan desain one group pretest-postest dilaksanakan di SMA Negeri di Krayan Kalimantan Timur kelas X tahun ajaran 2011-2012 Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan postest untuk KPS dan sikap ilmiah, lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk menjaring informasi mengenai kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Data dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu paired samples T Test dalam program komputer SPSS 16 for windows. Hasilnya terdapat perbedaan signifikan antara skor tes awal dan skor tes akhir KPS dan sikap ilmiah siswa. Rerata N-gain KPS dan sikap ilmiah berturut-turut adalah 0,46 dan 0,35 (sedang). Tingkat presentase keterlibatan siswa pada tiap pertemuan semakin mendekati 100%, artinya hampir semua siswa terlibat aktif dalam melakukan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan KPS dan sikap ilmiah siswa setelah melalui pemanfaatan hutan dalam pembelajaran biologi terintegrasi tipe connected.ABSTRACTThis study aims to analyze the increase in science process skills (SPK) and the scientific attitude through the use of forests in biology learning integrates connected type. The research method used is a weak method of experiment design with one group pretest-posttest conducted in high schools in East Kalimantan Krayan class X 2011-2012 school year data was collected through pretest and posttest for the SPK and scientific attitude, observation activity sheets for teachers and students capture information about the activities during the learning takes place. Data were analyzed with two different trials on average, the paired samples T test in the computer program SPSS 16 for windows. The results are significant differences between early test scores and post-test scores of PPP and scientific attitude of students. The mean N-gain of SPK and scientific attitudes in a row is 0.46 and 0.35 (moderate). Percentage level of student involvement in every meeting getting closer to 100%, meaning that almost all students are actively involved in doing the learning. It can be concluded that there is an increase in PPP and scientific attitude of students after learning through the use of forests in integrated biology connected type.
PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP ANTARA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Nurafiah, Fifih; Nurlaelah, Elah; Sispiyati, Ririn
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36109

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada bidang matematika, dimana kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan pada era globalisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang memperoleh pembelajaran MEA, pembelajaran PBL dan pembelajaran konvensional; 2) mengetahui respon siswa selama proses pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran MEA; dan 3) mengetahui respon siswa selama proses pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (Non Equivalent Control Group Design) dan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 26 Bandung tahun ajaran 2012/2013 dengan sampel sebanyak tiga kelas. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes (berupa angket, lembar observasi dan jurnal harian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA), pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional; 2) respon siswa selama proses pembelajaran matematika terhadap model pembelajaran MEA dan model pembelajaran PBL positif.ABSTRACTThe research was motivated by the lack of critical thinking ability at eighth grade students in mathematics, which critical thinking ability is needed in this era of globalization. The purposes of this research were 1) to know difference improvement critical thinking ability between students who obtained by MEA, PBL and conventional learning models, 2) to know students response during the process of learning mathematics toward MEA, and 3) to know students response during the process of learning mathematics toward PBL. The method of this research was quasi-experimental with non-equivalent control group design and the populations are all the eighth grade students of SMPN 26 Bandung in the academic year of 2012/2013 with three samples. The instruments of this research were test and non-test (such as questionnaires, observation sheets and daily journal). The results showed that 1) there were difference improvement critical thinking ability between students who obtained by Means-Ends Analysis (MEA), Problem Based Learning (PBL) and conventional learning models, 2) students response during the learning process of mathematics toward MEA and PBL was positive.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TEKANAN DI SMP NEGERI 1 MERAPI BARAT Juwanda, Rio; Siahaan, Sardianto M.; Muslim, M.
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36123

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Tekanan di SMP Negeri 1 Merapi Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang diambil secara acak dalam 2 kelas yaitu 36 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual, sedangkan kelas kontrol hanya diajarkan dengan pembelajaran konvensional metode ceramah. Baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen sama-sama diberi tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan analisa data nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen adalah 41, dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 34. Selain itu, nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen yaitu 83 dan nilai rata-rata post-test untuk kelas kontrol yaitu 62. Dari analisa data gain termormalisasi diperoleh = 3,89 dan = 1,996. Ini berarti sehingga hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual terhadap hasil belajar siswa Pokok Bahasan Tekanan di SMP Negeri 1 Merapi Barat, ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual terhadap hasil belajar siswa Pokok Bahasan Tekanan di SMP Negeri 1 Merapi, diterima.ABSTRACTThis research aimed to determine the effect of conceptual change learning model for result of student learning on the subject of pressure in State Junior High School Number 1 in West Merapi. This type of research is a quasi experimental study, the study design was nonequivalent control group design. The sample in this study, 72 students were chosen randomly in the two class, which is 36 students of class VIII-A as the experimental class and 36 students of class VIII-B as the control class. Experimental class were treated by using a conceptual changes learning model, while the control class is only taught by conventional teaching model. Both the control and experimental classes were given an initial test (pre-test) and final test (post-test). Based on the data analysis of the average pre-test for the experimental class is 41, and the average pre-test control class is 34. In addition, the average post-test for the experimental class is 83 and the average post-test for the control class is 62. From the analysis of the data obtained normalized gain = 3,89 and = 1,996. This means so that the null hypothesis (H0) which states no influence conceptual changes learning model for result of student learning on the subject of pressure in State Junior High School Number 1 in West Merapi, rejected, and the alternative hypothesis (Ha) states that there is an influence conceptual changes learning model for result of student learning on the subject of pressure in State Junior High School Number 1 in West Merapi, accepted.
PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI YAYASAN PASUNDAN K0TA ADMINISTRATIF CIMAHI Purwanto, Bambang Heru; Hizqiyah, Ida Yayu Nurul; Halimah, Mimi; Nurdiani, Nia
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36117

Abstract

ABSTRAKPenelitian mengenai upaya peningkatan dan pembinaan keprofesionalan guru bersertifikat pendidik melalui implementasi Lesson Study pada satuan pendidikan menengah pertama, Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan, Kota Administratif Cimahi, telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan sertifikasi guru terhadap peningkatan kompetensi guru, serta untuk mengetahui secara mendalam faktor-faktor penyebab belum efektifnya implementasi kebijakan sertifikasi guru. Metode yang digunakan adalah Metode Reseseach and Development (R D) yang mencakup kegiatan pemetaan SMP Pasundan di wilayah Kotip Cimahi yang memiliki guru-guru bersertifikat pendidik; pengukuran kompetensi guru bersertifikat pendidik melalui tes tertulis; identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru melalui pengamatan, pemantauan dan evaluasi diri; analisis data, serta pelaporan. Instrumen penelitian divalidasi melalui pemeriksaan dan pertimbangan pakar (judgement expert) serta uji coba implementasi kepada guru-guru bersertifikat pendidik. Penelitian dilaksanakan di SMP Pasundan I, II dan III Cimahi dengan subjek 28 orang guru bersertifikat pendidik, pada tahun 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi guru bersertifikat pendidik di SMP Pasundan wilayah Kotip Cimahi relatif baik, dengan skor rata-rata IPA 56,78; Matematika 78,33; PKn 50,50; IPS 60,00; Bahasa Indonesia 50,00;dan Bahasa Inggris 46,87. Temuan didapatkan bahwa kompetensi guru sebagai tolok ukur keprofesionalan guru harus senantiasa dibina dan ditingkatkan. ABSTRACTResearch and development efforts to increase the professionalism of teacher educators certified through the implementation of Lesson Study in units of secondary education, Elementary and Secondary Education Foundation (ESEF) Pasundan, City Administrative Cimahi, have been conducted. The purpose of this study were to determine the effect of teacher certification policy implementation to increase teachers' competence, and to investigate in depth the factors that cause the ineffectiveness of teacher certification policy implementation. The method used is the method Reseseach and Development (R D) which includes mapping SMP Pasundan in the Kotip Cimahi who have teachers certified educators; measuring teacher competence certified educator through a written test; identifying the factors that influence teachers' competence through observation, monitoring and self-evaluation; analyzing data, and reporting. Validated research instrument through examination and consideration of expert (expert judgment) as well as the implementation of the pilot teachers certified educators. The experiment was conducted in junior Pasundan I, II and III Cimahi with 28 subjects certified teacher educator, in 2012. Results of this study demonstrate competence certified teacher in junior high school educator Pasundan Cimahi Kotip region is relatively good, with an average score of 56.78 IPA; Mathematics 78.33; Civics 50.50; IPS 60.00; Indonesian 50.00, and Language UK 46.87. The findings showed that the teachers' competence as a measure of teacher professionalism must always be fostered and enhanced.
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI LESSON STUDY BERBASIS MGMP JALANCAGAK Nurjanah, Nurjanah; Fitriani, Fitriani; Nani, Nani
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36111

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan studi eksperimen untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan pendekatan Open-ended melalui kegiatan Lesson Study. Penelitian ini melibatkan guru-guru MGMP Bandung Barat dengan Gugus MGMP Jalancagak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) melakukan pembelajaran melalui pendekatan Open-ended bukan merupakan hal yang mudah baik bagi guru maupun bagi siswa. Oleh karena itu, agar pelaksanaan pembelajaran menggunakan Open-ended berhasil dengan baik, perlu pendampingan dan pengkajian bersama, sehingga setiap guru bisa menerapkannya sesuai dengan situasi, kondisi, dan potensi yang dimiliki setiap sekolah. Untuk menyebarluaskan suatu perubahan atau inovasi dalam pembelajaran, tidak cukup hanya dengan menyampaikan prosedur untuk melakukan pembaharuan itu saja, namun perlu pemahaman dan wawasan guru yang memadai, keyakinan (belief) guru tentang perubahan itu, dan kemampuan guru untuk melakukan perubahan ke arah yang lebi baik, 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa setelah mendapatkan pendekatan Open-ended. Berdasarkan hasil perhitungan, rata-rata skor gain ternormalisasi kelas eksperimen adalah 0,49 hal ini menunjukkan bahwa gain kelas eksperimen tergolong dalam kategori sedang, 3) kemampuan komunikasi matematik siswa yang diberikan pendekatan Open-ended lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional, dan (4) sikap siswa yang menggunakan pembelajaran matematika dengan pendekatan Open-ended positif.ABSTRACTThis research is an experimental study to improve the communication skills of students with mathematical Open-ended approach through Lesson Study. The study involved teachers MGMPs West Bandung , MGMPs Jalancagak Force. The results showed that 1) do learning through open-ended approach is not an easy thing for both teachers and students. The implementation of using open-ended need mentoring, so that each teacher can implement it in accordance with the circumstances, conditions, and potential of each school. To propagate a change or innovation in learning, is not enough to convey the renewal procedure for doing that, but need understanding and insight adequate teachers , 2) there is an increase in students' mathematical communication skills after getting open-ended approach. Based on calculations, the average score gain normalized experimental class is 0.49 suggesting that the gain of the experimental class were classified in middle categories, 3) mathematical communication skills of students who are given open-ended approach is better than conventional learning, and 4) the attitude of students using mathematics learning with open-ended approach is positive.
PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PEMBIASAN CAHAYA PADA SISWA KELAS 8 Susianna, Nancy; Hutani, Emilia
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36124

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). nilai rata-rata normalisasi gain (N-Gain) penguasaan konsep pembiasan cahaya yang menggunakan media alat peraga, multimedia interaktif, dan media papan tulis, dan (2). ada tidaknya perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas yang menggunakan media alat peraga, multimedia interaktif dan media papan tulis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SMP Swasta di Tangerang kelas 8. Hasil penelitian adalah: (1). nilai rata-rata N-Gain pada kelas yang menggunakan media alat peraga mempunyai kriteria tinggi yaitu sebesar 0,900; pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif mempunyai kriteria tinggi yaitu sebesar 0,902; pada kelas yang yang menggunakan media papan tulis mempunyai kriteria tinggi yaitu sebesar 0,767, dan (2). tidak ada perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas pembelajaran yang menggunakan media alat peraga, multimedia interaktif dan media papan tulis.ABSTRACTThe purpose of this study was to determine (1). average normalized gain (N-Gain) control concept that uses light refraction media props, interactive multimedia, and media board, and (2). presence or absence of the average difference between the N-Gain media class that uses props, interactive multimedia and whiteboard media. This study used an experimental method is implemented in one of the private junior high school in the 8th grade Tangerang. The results are as follows eh: (1). the average value of N-Gain on class that uses media props have high criteria that is equal to 0,900; upon the class using an interactive multimedia has a high at 0.902 criteria: in a class that uses media board has high criterion is equal to 0.767, and (2). there was no difference in the average N-Gain between classroom learning using props media, interactive multimedia and whiteboard media.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DENGAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KESEHATAN Nurkanti, Mia
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36118

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan berkaitan dengan sikap terhadap kesehatan seperti pengetahuan tentang mikrobiologi yang membahas tentang kehidupan mikroorganisme. Dalam pokok bahasan virus, bakteri, jamur, alga dan protozoa mahasiswa diperkenalkan tentang berbagai bentuk, sifat, klasifikasi, dan peranannya dalam kehidupan manusia. Aspek kognitif ini mempunyai hubungan yang erat dengan kesehatan, karena mikroorganisme yang merupakan penyebab timbulnya penyakit, baik pada manusia, hewan maupun tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasional, dengan mengumpulkan data mengenai sikap terhadap kesehatan melalui tes sikap atau skala sikap. Pengetahuan tentang mikrobiologi diperoleh melalui pre tes. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Nopember 2011, dan dilakukan di kampus Unpas Bandung. Populasi yang diambil dari sejumlah mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan mikrobiologi angkatan 2009 sebanyak 150 orang. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang. Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (X) yaitu pengetahuan tentang mikrobiologi, dan satu variabel terikat (Y) sikap mahasiswa terhadap kesehatan. Hasil yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi kognisi, afektif dan psikomotor sebesar 0,6.ABSTRACTThe research was conducted on health-related attitudes such as knowledge of microbiology which deals with the life of microorganisms. In the subject of viruses, bacteria, fungi, algae and protozoa introduced students about various forms, properties, classification, and its role in human life. The cognitive aspect has close links with health, because microorganisms are the cause of disease, both in humans, animals and plants. The method used in this study is a survey method with correlation analysis, by collecting data on attitudes towards health through posture or attitude scale tests. Knowledge of microbiology obtained through pre-test. This study was conducted in September through November 2011, and performed on campus Unpas Bandung. Population drawn from a number of students who have attended lectures microbiology class of 2009 as many as 150 people. Samples taken as many as 40 people. The variables of this study consists of one independent variable (X) is the knowledge of microbiology, and the dependent variable (Y) student attitudes towards health. The results obtained are significant relationships between the dimensions of cognition, affective and psychomotor of 0.6.
KEMAMPUAN DEDUKSI MATEMATIKA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNPAS (STUDI KASUS UNTUK TAHAP BERPIKIR DEDUKSI GEOMETRI DARI VAN HIELE) Darta, Darta
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v18i1.36112

Abstract

ABSTRAKTujuan pelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memecahkan masalah, melakukan penalaran, dan berkomunikasi matematika, serta bersikap positif terhadap matematika. Tujuan studi kasus ini adalah untuk mengetahui berapa persenkah mahasiswa tingkat pertama Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNPAS yang telah memahami tahap berpikir deduktif geometri Van Hiele. Selain itu untuk mengetahui apakah tahap deduktif geometri Van Hiele telah dipahami oleh mahasiswa tingkat pertama Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNPAS. Metode studi kasus ini adalah deskriptif. Subjek studi adalah mahasiswa semester pertama Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNPAS Bandung, tahun akademik 2012/2013, berjumah 40 orang, yang diambil secara acak dari 105 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat pertama semester awal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNPAS belum memahami tahap berpikir deduktif geometri Van Hiele. Hal ini ditunjukkan dari jawaban terhadap instrumen yang harus dibuktikan secara deduktif, yang belum dijawab dengan benar oleh kebanyakan mahasiswa. Terdapat konsistensi yang sama antara penelitian Driscoll dengan studi kasus yang dilakukan di mahasiswa tingkat pertama semester awal, yaitu untuk tahap keakuratan dari tahap berpikir geometri Van Hiele tidak dipahami oleh mahasiswa.ABSTRACTThe goal of mathematic in school is helping students to be able to solve problems, to do reasoning, and to communicate mathematics, as well as to behave a positive attitude towards mathematics. The purpose of this case study is to determine what percentage of first year students of Mathematics Faculty of Teacher Education Program that have already understood deductive reasoning to understand the stages of the Van Hiele geometry. In addition to knowing whether the deductive phase of the Van Hiele geometry has been understood by first year students of Mathematics Faculty of Teacher Education Program UNPAS. The case study method was descriptive. Subject of study was the first semester students of Mathematics Education Study Program Guidance and Counseling of UNPAS Bandung, academic year 2012/2013. There were 40 students who involoved in this research. The results showed that the freshman first semester in Mathematics Education Study Program Guidance and Counseling Unpas not understand the stages of deductive reasoning geometry Van Hiele. It is shown from the answer to the instrument that must be proven deductively, which has not been answered correctly by most students. There is a similar consistency between studies Driscoll with a case study conducted at the beginning of the semester freshman, namely from stage to stage the accuracy of the Van Hiele geometry thinking is not understood by the students.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 2 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 2, 2022 Vol 27, No 1 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 1, 2022 Vol 26, No 2 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 2, 2021 Vol 26, No 1 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 1, 2021 Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012 Vol 25, No 2 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 2, 2020 Vol 25, No 1 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 1, 2020 Vol 25, No 2 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2020 Vol 25, No 1 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2020 Vol 24, No 2 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 2, 2019 Vol 24, No 1 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 1, 2019 Vol 24, No 1 (2019): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2019 Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018 Vol 23, No 1 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 1, 2018 Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018 Vol 23, No 1 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2018 Vol 22, No 2 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 2, 2017 Vol 22, No 1 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 1, 2017 Vol 22, No 2 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2017 Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017 Vol 21, No 2 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 2, 2016 Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016 Vol 20, No 2 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 2, 2015 Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015 Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014 Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014 Vol 18, No 2 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 2, 2013 Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013 Vol 17, No 1 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 1, 2012 Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011 Vol 16, No 1 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 1, 2011 Vol 15, No 2 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 2, 2010 Vol 15, No 1 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 1, 2010 Vol 14, No 2 (2009): JPMIPA: Volume 14, Issue 2, 2009 Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009 Vol 12, No 2 (2008): JPMIPA: Volume 12, Issue 2, 2008 Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008 Vol 9, No 2 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 2, 2007 Vol 9, No 1 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 1, 2007 Vol 8, No 2 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 2, 2006 Vol 8, No 1 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 1, 2006 Vol 6, No 2 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 2, 2005 Vol 6, No 1 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 1, 2005 Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004 Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004 Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003 Vol 4, No 1 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 1, 2003 Vol 3, No 1 (2002): JPMIPA: Volume 3, Issue 1, 2002 Vol 2, No 2 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 2, 2001 Vol 2, No 1 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 1, 2001 Vol 1, No 1 (1993): JPMIPA: Volume 1, 1993 More Issue