cover
Contact Name
Laila Puspita
Contact Email
lailapuspita@radenintan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbiosfer@radenintan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
ISSN : 20865945     EISSN : 25804960     DOI : -
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi is a Scientific Journal managed by Biology Education UIN Raden Intan Lampung with registered numbers p-ISSN: 2086-5945 (print) and e-ISSN: 2580-4960 (online). The Purpose of the Journal of the Biosphere is a vehicle or vessel for pouring the latest theories, disseminating information on recent findings related to Biology and Biological Sciences, research results and development of educational materials, educational evaluation, media and learning models achieved in the field of Biology education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi" : 10 Documents clear
Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Terhadap Literasi Sains Berbantuan Personal Computer Nukhbatul Bidayati Haka; Abdul Hamid; Nurhidayah Nurhidayah; Aryani Dwi Kesumawardhani; Mahmud Rudhini; Ranti Anda Riski
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.616 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument evaluasi two-tier multiple choice untuk mengukur literasi sains peserta didik menggunakan personal computer pada materi perubahan lingkungan yang layak dan menarik. Jenis penelitian ini yakni penelitian Research and Development (RD) yang menggunakan prosedur Borg and Gall sampai dengan 7 langkah. Dalam penelitian ini memakai data ahli media, ahli evaluasi, ahli bahasa, respon pendidik, respon peserta didik dan hasil literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian bahwa instrument evaluasi two-tier multiple choice untuk mengukur literasi sains peserta didik X menggunakan personal computer pada materi perubahan lingkungan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen evaluasi Two-tier multiple choice terhadap literasi sains berbantuan personal computer dengan metode pengembangan menurut Borg and Gall sampai langkah ketujuh diantaranya yakni Research and information collecting, planning, Develop prelimiery form of product, Prelimiery field testing, Main product revision, Main field testing dan Operational product revision. Setelah melakukan uji terhadap instrument evaluasi Two-tier multiple choice untuk mengukur literasi sains menggunakan personal computer pada mata pelajaran biologi telah diperoleh penilaian dengan kriteria sangat layak dan sangat menarik.
Efektivitas Pemberian Pupuk Organik Cair dari Tiga Jenis Rebung Bambu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Mill.) Alfian Bagus Setiawan; Yulianty Yulianty; Endang Nurcahyani; Martha Lulus Lande
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.4 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.4591

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari pemberian pupuk organik cair rebung bambu terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum Mill.) dan mengetahui konsentrasi yang paling baik untuk pertumbuhannya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2018 sampai bulan Februari 2018. Penelitian dilakukan di laboratorium lapang terpadu, Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan laboratorium botani Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 16 perlakuan. Rebung Bambu Betung (Dendrocalamus asper (Schult) Backer e.x Heyne), rebung Bambu Tali (Gigantochloa apus (Schulft.f.) Kurz.), dan rebung Bambu Kuning (Bambusa Vulgaris) dengan konsentrasi pupuk organik cair masing-masing jenis bambu terdiri dari 6 konsentrasi yaitu : kontrol (0%), 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%, dilakukan ulangan sebanyak 2 kali. Analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu uji homogenitas menggunakan uji levene dengan taraf 5% dan uji ragam (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan pupuk organik cair rebung bambu betung dengan konsentrasi 10% (A1B2) perlakuan yang terbaik terhadap tinggi tanaman, panjang akar, berat kering, kandungan klorofil a dan kandungan klorofil b, namun tidak berpengaruh terhadap kandungan klorofil total tanaman tomat.
Keanekaragaman Coccinellidae Predator Pada Beberapa Ekosistem Perkebunan di Kabupaten Dharmasraya Siska Chiko Efendi; Yaherwandi Yaherwandi; Ade Noferta; Aditya Muhammad
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.323 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5558

Abstract

The objectives of this research were to study the species diversity and to determine the dominant species of lady bird beetle predators in high land plantation ecosystem in West Sumatera. The samples were taken by hand collection and sweep net. The data of species diversity were analyzed using Shannon-Wiener index, evenness of species were analyzed by Simpson index, and  dominant species using important value index. The results showed that there were 91 individuals predator found which consisted of 7 species. The highest  species diversity (1.74) and evenness (0.89) were found in Pulau Punjung. The lowest diversity and evennes (1,40) and (0,75) was found in Koto Besar. The highest  species importance value index was 1,00, that was Menochillus sexmaculatus.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis: Dampak Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Roundhouse Laila Puspita; Rijal Firdaos; Cahaya Istiqomah
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.939 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse. Studi ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam studi adalah peserta didik kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D sebagi kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CPS dan roundhouse dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI). Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian uji  tentang kemampuan berpikir kritis diketahui bahwa  karena  maka  ditolak dan  diterima, artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis menggunakan pembelajaran creative problem solving dan roundhouse.
Analisis Vegetasi Pada Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi Arifah Nuha Imtiyaz; Dhiya Khairunnisa Islami Hana; Dyah Ayu Sekarini; Haris Ristomo; Putri Anjani Nawang Bulan; Sidiq Fajri; Thengku Indriyenni Maretha
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.994 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis vegetasi di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dengan memperhatikan indeks nilai penting dan indeks shannon yang didapat. Metode Quadrant sampling digunakan untuk analisis vegetasi. Didapatkan hasil bahwa dari semua stasiun yang dianalisis, walaupun sudah berjalan proses suksesi sejak lama dan sudah banyak perubahan yang signifikan, kestabilan dari keanekaragaman di wilayah TNGM masih rendah.
Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Program IPS: Dampak Model Pembelajaran Problem Posing Siti Aisyah; Eka Lokaria; Harmoko Harmoko
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.801 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.4927

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo. Metode penelitian yang digunakan eksperimen murni X IPS SMA Negeri Tugumulyo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 135 orang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil analisis data post-test dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai  sebesar 4,59. Hasil ini dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa nilai  (4,59)  (1,67), maka ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo.
Perbandingan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Fajar Nur’aini; Ihrom Rosyadi; Maretania Arafah; Mega Safrina; Nuri Isnaini; Rahmat Evendi; Bowo Sugiharto
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.343 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5663

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh jenjang semester terhadap kemampuan berargumentasi Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian expost facto. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling.Sampel yang digunakan yaitu 30 mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah soal isian yang dikembangkan berdasarkan TAP (Toulmin’s Argumentation Pattern). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis independence t test. Hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7 berturut-turut mendapatkan rata-rata 25,67%, 32,11%, 37,7%, 49,06%, sehingga mahasiswa dengan jenjang semester lebhi tinggi memiliki keterampilan berargumentasi yang lebih unggul. Dapat disimpulkan bahwa jenjang semestermempengaruhi tingkat kemampuan argumentasi.
Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Kenikir (Cosmos caudatus Kunth) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit (Mus musculus L.) Laila Novita Sari; Mohammad Kanedi; Yulianty Yulianty; Eti Ernawiati
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.026 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.4511

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui ekstak etanol daun kenikir (Cosmos caudatus Kunth) terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit (Mus musculus L.) dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 10%, 15%, 20%, 25%. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 6 perlakuan dan 4 kali pengulangan. Terdiri dari K+ dengan povidone iodine, K- dengan Aquades, P1 dengan ekstrak etanol daun kenikir 10%, P2 15%, P3 20% dan P4 25%. Pemberian perlakuan dilakukan pada pagi dan sore hari selama 14 hari. Hasil analisis yang digunakan yaitu uji homogenitas, ANOVA dan uji lanjut BNT pada taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun kenikir dapat mempercepat penyembuhan pada luka sayat yang dapat dilihat dari gambaran hasil pengamatan histopatologi kulit mencit.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Akbar Handoko; Nanang Supriadi; Septia Ningrum
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.563 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan berpikir Kritis dan Kemampuan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih berfokus pada guru (teacher centered) dan penyajian materi masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dan kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar lampung. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada indikator berpikir kritis dengan nilai yang paling tinggi yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana.
Kajian Instrumen Tes Biologi Kelas X Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Terintegrasi Nilai-Nilai Islam W Wulandari; Sulton Nawawi; Tutik Fitri Wijayanti; Suyud Abadi
Biosfer: Jurnal Tadris Biologi Vol 10, No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Publisher : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.058 KB) | DOI: 10.24042/biosfer.v10i2.5327

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui jumlah persentase dan kajian perindikator keterampilan berpikir kritis terintegrasi nilai Islam pada instrumen tes biologi kelas X di SMA berbasis Islam. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan soal ulangan akhir semester (UAS) ganjil di SMA Berbasis Islam di Wilayah Seberang Ulu Kota Palembang. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari analisis soal ulangan akhir semester (UAS) biologi semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 adalah terdapat 5 indikator keterampilan berpikir kritis yang diterapkan pada instrumen soal dengan kategori kurang yang terdiri dari interpretasi (7,02%), analisis (1,89%), evaluasi (0%), inferensi (5,52%), penjelasan (11,37%), dan pengaturan diri (1,75%), serta Integrasi nilai Islam (0%), dan indikator keterampilan berpikir kritis ini dikategorikan kurang karena terdapat 2 sekolah menggunakan soal yang mengambil dari buku paket dan LKPD yang biasa digunakan pada proses pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 10