cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017" : 8 Documents clear
STUDI TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS TAMU DI HOTEL NOVOTEL SEMARANG Wijoyo, Tuwuh Adhistyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hotel yang berdiri di Semarang beberapa tahun terakhir yang membuat semakin ketat persaingan dalammembuat tamu datang kembali ke hotel atau dengan kata lain tamu tersebut loyal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel brand terhadapvariabel loyalitas, pengaruh variabel fasilitas terhadap variabel loyalitas danvariabel yang paling mempengaruhi loyalitas tamu. Populasi penelitian ini adalahseluruh tamu Novotel Semarang dan dengan teknik non random sampling diambil 100 orang sebagai responden untuk mengisi kuesioner dalam mengambil data untuk diteliti dengan menggunakan skala likert sebgai penilaian.Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda, menunjukkan bahwa pengaruh terhadap loyalitas lebih besar variabel brand daripada variabel fasililitas. Kemudian dengan hasil R square peneliti menyimpulkan bahwa fasilitas merupakan bagian daribrand sehingga tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas dan brand sendirimerupakan bagian kecil dari Novotel Semarang sehingga tidak cukup kuat untuk mempengaruhi loyalitas. Novotel Semarang sebaiknya meningkatkan fasilitas dan terus mengajak tamu untuk menjadi member Accor agar tamu semakin mengenal Kata Kunci : Brand, Fasilitas, Loyalitas
PENGARUH PERBEDAAN MASSA KULIT MANGGIS TERHADAP KUALITAS PERMEN JELLY KULIT MANGGIS (Garcinia Mangostana L.) Mansur, Ahmad
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Permen jelly adalah produk yang berbahan dasar sari buah, gula dan asam sitrat. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui pengaruh penggunaan massa kulit manggis yang berbeda yaitu 150 gram, 200 gram, 250 gram terhadap kualitas permen jelly kulit manggis. 2). Mengetahui kandungan Antioksidan yang terdapat dalam permen jelly kulit manggis dengan penggunaan massa kulit manggisyang berbeda. 3).Mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap permen jelly kulit manggis dengan penggunaan massa kulit manggis yang berbeda.       Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian subyektif dengan uji inderawi dan uji kesukaan. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan uji normalisasi, uji homogenitas, analisis varian (ANAVA) dan uji tukey untuk menguji hipotesis dan analisis deskriptif persentase untuk mengetahui kesukaan masyarakat terhadap permen jelly kulit manggis serta dan metode spektro Photo meter (DppH) dalam analisis kandungan antioksidan pada permen jelly kulit manggis.       Hasil dari penelitian ini adalah 1). Sampel A (massa kulit manggis 150 gram) rata-ratanya3,3 dan kandungan antioksidannya 19,451%. 2). Sampel B (massa kulit manggis 200 gram) rata-ratanya2,7 dan kandungan antioksidannya 20,537% 3). Sampel C (massa kulit manggis 250 gram) rata-ratanya 2,1 dan kandungan antioksidannya 24,689% 4). Pada uji kesukaan masing masing (sampel A, B dan C) presentasenya 84,33 %, 83,9% dan 83,4% maka semakin banyak penggunaan massa kulit manggis memiliki kandungan antioksidan semakin banyak.       Saran pada penelitian ini yaitu permen jelly dengan menggunakan 150 gram kulit manggis bisa disosialkan ke masyarakat. Penambahan flavour pada permen jelly supaya mengurangi aroma langu serta diperlukannya penelitian lanjut agar bisa menghasilkan produk yang maksimal.Kata Kunci : permen jelly, kulit manggis
PENGARUH VARIASI MENU DAN CITA RASA MAKANAN BUFFET DINNER TERHADAP KEPUASAN TAMU RESTORAN GRIS DI CROWNE PLAZA SEMARANG Ismoyo, Dimas Dipo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Crowne Plaza Semarang merupakan salah satu jaringan IHG (InterContinental Hotel Grup) di kota Semarang, ini berarti kota Semarang telah dipandang oleh para investor asing atau para pengusaha sebagai kota yang mempunyai potensi kunjungan yang cukup banyak karena kota Semarang  merupakan salah satu kota bisnis di Indonesia. Crowne Plaza Semarang hadir dengan fasilitas-fasilitas  yang telah dimiliki oleh hotel crowne lain yang tersebar di seluruh dunia, dengan begitu Crowne Plaza Semarang mempunyai standart fasilitas dan pelayanan yang merupakan internasional karena kebanyakan tamu yang menginap di hotel ini adalah tamu – tamu asing yang sedang perjalanan bisnis maupun sedang berlibur. Salah satu upaya meningkatkan kepuasan tamu adalah dengan menyajikan menu buffet. Variasi menu adalah susunan golongan bahan makanan yang terdapat dalam satu hidangan berbeda pada tiap kali penyajian. Sedangkan cita rasa makanan adalah suatu cara pemilihan makanan yang harus dibedakan dari rasa (taste) makanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Menganalisis masalah – masalah  yang ada di Crowne Plaza Semarang terutama di kitchen departement dan menarik kesimpulan dari penelitian untuk menjadi masukan  bagi staf kitchen departement agar menjadi lebih baik kedepannya. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa cita rasa makanan lebih berpengaruh terhadap kepuasan tamu dari pada variasi menu. Kata Kunci : Variasi menu, cita rasa dan kepuasan
PENGARUH PELAYANAN BANDAR UDARA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BANDAR UDARA ISKANDAR PANGKALAN BUN KOTAWARINGIN BARAT KALIMANTAN TENGAH Al Hamdani, Riad; Aprilliyani, Renny
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara Iskandar yang terletak di kota Pangakalan Bun adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa kebandarudaraan yang senantiasa memperhatikan kualitas pelayanan kepada stakeholders. Hal ini semakin penting mengingat konsumen pengguna pelayanan jasa Bandar Udara tidak hanya konsumen domestik namun juga konsumen asing yang memiliki ekspektasi tinggi dalam hal pelayanan.       Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pelayanan Bandar Udara terhadap kepuasan konsumen di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Teknik pengambilan sampael dalam penelitian ini adalah mengunakan accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang tersebut cocok dijadikan sebagai sumber data. Sedangkan sampel data yang diambil dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu dengan hasil 91 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, uji t dan uji F dan koefisien determinasi. Perhitungan menggunakan program komputer SPSS for windows versi 16.       Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Pelayanan Bandar Udara Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Dari hasil pengujian dalam penelitian ini diketahui bahwa kepuasan konsumen di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun di pengaruhi oleh 3 pelayanan Bandar Udara yaitu pelayanan fasilitas, pelayanan ground handling, dan pelayanan penerbangan. Dari beberapa pelayanan Bandar Udara yang disimpulkan bahwa dimensi pelayanan penerbangan paling besar berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan dimensi yang paling rendah pengaruhnya adalah dimensi pelayanan ground handling. Kata Kunci : pelayanan dan kepuasan
PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA DESA WISATA KAMPUNG KEJI SEBAGAI ATRAKSI WISATA GUNA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN SEMARANG S, Suwarti; Yuliamir, Hendry
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Daya Tarik Wisata  Desa Wisata Kampung Keji  Sebagai Atraksi Wisata  Guna Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten  Semarang. Hasil penelitian menemukan baha terdapat kritik dan saran dari kunjungan wisatawan cukub baik dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan  yang di lakukan meliputi pengembangan komponen produk wisata meliputi  atraksi, aktivitas, aksesbilitas, amenitas adalah sebagai berikut Berdasarkan Hasil dari analisis yang saya peroleh di Desa Wisata Kampung Keji  menjadi pandangan untuk pengembangan Daya Tarik Wisata, dalam hal ini sangat dibutuhkan mengingat Desa Wisata Kampung Keji Kabupaten Semarang merupakan salah satu tempat objek yang  memiliki daya tarik wisata tersendiri yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawa nusantara,  dengan adanya pengembangan ini di harapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kampung Keji di Kabupaten Semarang Kata Kunci : Pengembangan Daya Tarik Wisata Desa Wisata  Kampung Keji, Kunjungan wisatawan
PERANAN KESENIAN JATHILAN TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN KENDAL Mulyani, Sri; Pramusinto, Edipeni
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Kendal tempat  berkembangnya berbagai  kesenian yang merupakan budaya Jawa. Salah satu dari kesenian tersebut adalah Jathilan (kuda Kepang). Seni pertujukan ini semula lebih bersifat sakral dan digunakan untuk menunjang upacara ritual. Sejalan dengan perkembangan masyarakat yang rasional dan globalisasi, maka seni telah berubah sesuai dengan kebutuhan, seni untuk seni, seni untuk hiburan, seni untuk pariwisata. Pemerintah, pemerintah Daerah menggalakkan industri pariwisata dengan mengenalkan budaya daerah, salah satunya menampilkan kesenian Jathilan (kuda kepang). Kesenian Jathilan adalah seni tari yang berupa gerakan maju mundur dan berlari sebagaimana gerakan kuda yang sedang “njathil” yaitu menari-nari dan berlari. Hal ini sangat relevan karena penari menggunakan salah satu peralatan kuda yang dibuat dari bambu yang dianyam (kepang). Pengembangan pariwisata dengan jalan mengembangkan kesenian tradisional Jathilan dikemas dengan baik agar dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kendal dan masyarakat tetap melestarikan dan menyayangi kesenian Jathilan.Kata kunci : Jathilan, kesenian daerah, pariwisata.
PENGARUH JOB INSECURITY, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH KERJA KARYAWAN HOTEL GRAND CANDI SEMARANG Koestanto, Djoko; Ardi, Rudi Prasetyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keinginan berpindah merupakan sinyal awal terjadinya turnover di dalam organisasi. Karyawan berpikir untuk pindah kerja, maka mereka akan sibuk untuk mencari kesempatan kerja di luar dan secara aktif akan mencarinya, apabila mereka memperoleh kesempatan yang lebih baik mereka akan pindah kerja. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh job insecurity, lingkungan kerja dan kepuasan kerja  terhadap keinginan berpindah kerja karyawan Hotel Grand Candi Semarang. Sampel diambil dalam penelitian ini sebesar 69 karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job insecurity, lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan terhadap keinginan berpindah kerja, dapat diartikan bahwa dengan meningkatknya job insecurity, lingkungan kerja dan kepuasan kerja maka akan semakin meningkatkan keinginan berpindah kerja di Hotel Grand Candi Semarang Kata Kunci : job insecurity, lingkungan kerja, kepuasan kerja dan keinginan berpindah kerja
ANALISIS POTENSI WISATA DESA WISATA LORAM KULON SEBAGAI KAWASAN WISATA DI KABUPATEN KUDUS Mistriani, Nina
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 1 (2017): GEMAWISATA JANUARI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Desa Loram terletak di kecamatan Jati Kabupaten Kudus yang mempunyai potensi objek wisata yang cukup besar, yang meliputi objek wisata budaya/sejarah, pendidikan dan sentra industri kerajinan. Desa ini terdapat peninggalan sejarah dari penyebaran agama islam Sutan Hadirin dan Ratu Kalinyamatan, bentuk peninggalannya gapura wali songo, dan ampyang maulid. Potensi-potensi yang terdapat di desa wisata Loram Kulon belum terlihat didukung oleh fasilitas-fasilitas agar berkembang lebih optimal menjadi kawasan wisata. Berbagai aktifitas yang telah berlangsung belum pula dikelola secara baik, menyikapi  kondisi  tersebut  diperlukan  identifikasi  kajian  potensi  wisata  di  Desa Wisata Loram Kulon yang  dapat  mengoptimalkan  potensi-potensi  wisata  tersebut.       Hasil  analisis  mengenai  kondisi  eksisting,  baik  kondisi  fisik  maupun  pengunjung yang  datang  ke  Desa Wisata Loram Kulon,  dapat  di  simpulkan  bahwa  Desa Wisata Loram Kulon  dapat  dikembangkan  untuk  menjadi  suatu  kawasan  wisata yang memiliki potensi wisata yang khas dan menarik untuk dikunjungi. Pemeliharaan  dan  peningkatan  infrastruktur  di  desa wisata Loram Kulon perlu ditingkatkan,  sedangkan wisata  budaya  yang  akan dijadikan wisata utama (main tourism), dan wisata yang lainnya menjadi pendukung dari wisata utama. Untuk mendukung rencana tersebut diperlukan koordinasi yang baik antar pihak-pihak yang terkait  dalam  pengembangan  dan  pemantauan  kawasan  wisata  dan  juga  upaya pembuatan peraturan daerah tentang kawasan wisata serta tindak lanjut dari peraturan daerah tersebut. Kajian potensi wisata di kawasan Desa wisata Loram Kulon ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh semua pihak dalam melakukan perencanaan pengembangan potensi wisata. Kata Kunci : potensi wisata, kawasan wisata

Page 1 of 1 | Total Record : 8