cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023)" : 12 Documents clear
PENGARUH FASILTAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN 2 BUTON SELATAN Risnawati Risnawati; La Ndia La Ndia; La Ode Ahmad Jazuli
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan. Teknik pengambilan sampel sama dengan populasi sebanyak  65 siswa yang terdiri dari tiga kelas yaitu VIIA, VIIB, dan VIIC. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket fasilitas belajar, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Fasilitasbelajar siswa termasuk dalam kategoti sedang dan motivasi belajar termasuk dalam  kategori sedang; (2) Hasilbelajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Buton Selatan termasuk dalam kategori baik; dan (3) Fasilitas belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 2 Buton Selatan dengan model persamaan regresi linear. 
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RAHA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF Irmayasari Irmayasari; La Misu La Misu; Rahmad Prajono
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.21985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Raha ditinjau dari gaya  kognitif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 yang terdiri dari masing-masing 1 siswa field dependent lemah, field dependent kuat, field independent lemah, field independent kuat. Teknik pengumpulan data menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT), Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa gaya kognitif Field Independent Lemah mampu memenuhi indikator interpretasi, analisis, evaluasi, tidak mampu memenuhi indikator inferensi. Sedangkan siswa gaya kognitif Field Independent Kuat mampu memenuhi indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi; (2) Siswa gaya kognitif Field Dependent Lemah mampu memenuhi indikator interpretasi, kurang mampu memenuhi indikator analisis dan evaluasi, tidak mampu memenuhi indikator inferensi. Sedangkan siswa gaya kognitif Field Dependent Kuat mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis, kurang mampu memenuhi indikator evaluasi, tidak mampu memenuhi indikator inferensi.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP Rekayanti Rekayanti; La Ndia La Ndia; Zamsir Zamsir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31191

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Oheo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan kejadian kejadian yang menjadi pusat perhatian (kemampuan pemecahan masalah) secara kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Oheo pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan subjek penelitian dengan membagi tingkat kemampuan siswa, yaitu kemampuan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap tahap-tahapan pemecahan masalah dengan benar. Peserta didik dengan kategori sedang dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan benar, namun dalam beberapa tahapan lainnya masih kurang sistematis dalam penyelesaiannya. Peserta didik dengan kategori rendah tidak mampu menyelesaikan sesuai tahapan memahami masalah dan belum mampu menyelesaikan tahapan lainnya.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP METAKOGNISI SISWA SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH Umi Kalsum; Kodirun Kodirun; Kadir Kadir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari persepsi terhadap metakognisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 15 Buton Tengah yang terdiri dari satu siswa dengan persepsi terhadap metakognisi tinggi, satu siswa dengan persepsi terhadap  metakognisi sedang, dan satu siswa dengan persepsi terhadap metakognisi rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan persepsi terhadap metakognisi tinggi memiliki hasil yang cukup baik dalam pemahaman konsep matematis dibandingkan siswa yang memiliki persepsi terhadap metakognisi sedang dan rendah. Siswa dengan persepsi terhadap  metakognisi tinggi mampu memenuhi enam indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis. Siswa dengan persepsi terhadap metakognisi sedang mampu memenuhi empat indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis. Siswa dengan persepsi terhadap metakognisi rendah hanya mampu memenuhi dua indikator dari tujuh indikator pemahaman konsep matematis.
PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARANGKA Jumraeni Jumraeni; Awaludin Awaludin; Rahmat Rahmat
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.22084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif self-efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka baik secara bersama-sama maupun terpisah. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Sampel pada penelitian ini sebanyak 89 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka tahun ajaran 2020/2021. Data self-efficacy dan kemandirian belajar diperoleh dari instrumen angket sedangkan data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan cara memberikan tes pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Self-efficacy mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. (2) Kemandirian belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. (3) Self-efficacy dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. 
DESKRIPSI KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NGEERI 2 KULISUSU DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN Sulfi Yanti; Suhar Suhar; Busnawir Busnawir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika sub pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas VII SMP Negeri 2 Kulisusu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika sub pokok bahasan operasi hitung pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) kesalahan konsep yaitu siswa salah dalam memahami maksud soal, kurangnya ketelitian dalam menjawab soal serta siswa masih terpaku pada soal yang ada di buku catatan; (2) kesalahan prinsip yaitu siswa tidak mampu menentukan langkah yang benar dan kurangnya pemahanan dalam menentukan langkah dalam menyelesaikan soal dengan benar serta kurang teliti dalam menyelesaikan soal; (3) kesalahan algoritma yaitu siswa melakukan kecerobohan dan kurangnya ketelitian dalam perhitungan serta siswa merasa kesulitan dalam menjawab soal. Persentase keseluruhan kesalahan dilakukan siswa adalah 16,67% kesalahan konsep, 44,33% kesalahan prinsip dan 38,89% kesalahan algoritma.
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 1 BARANGKA Fitriani Fitriani; Mustamin Anggo; Anwar Bey
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah baik secara parsial maupun secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Barangka. Metode penelitian yaitu ex post facto. Sampel yang diambil sebanyak  96 dari 126 siswa dengan cara Random sampling. Data kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah dikumpulkan dengan cara memberikan angket sedangkan data hasil belajar matematika siswa berupa nilai Ujian Tengah Semester Metematika Semester Genap Kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan kemandirian belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, fasilitas belajar di rumah mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, dan  kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BARANGKA DITINJAU DARI LANGKAH POLYA Wa Ode Husriawati; Kodirun Kodirun; Rahmat Rahmat
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.30009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP  Negeri 1 Barangka ditinjau dari Langkah Polya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Barangka tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII₁ sebanyak 23 orang siswa, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri atas 3 siswa. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan Triangulasi data. Pedoman yang digunakan untuk melakukan analisis kemampuan pemecahan masalah matematis adalah pemecahan masalah matematis ditinjau dari langkah Polya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Siswa dalam menyelesaikan masalah memiliki pemecahan masalah yang sangat baik, karena mampu memahami masalah secara lengkap, merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana dengan melakukan substitusi dan perhitungan secara tepat, dan mampu menyimpulkan serta melakukan pengecekan pada proses dan penyelesaian masalah secara tepat.
PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP Wa Ode Musniati; Jafar Jafar; Fahinu Fahinu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari, tahun ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling.  penelitian ini meliputi kelas VIIIa, kelas VIIIb, kelas VIIIC, kelas VIIId, VIIIe, dan VIIIf, yang diambil secara acak dan jumlah sampel secara keseluruhan adalah sebanyak 48 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang berupa angket Self-Regulated Learning dan dokumen hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Regulated Learning siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT KELAS VII SMPS KARTIKA KENDARI Nur Rahmawinda; Lambertus Lambertus; Hafiludin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i1.31189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah segiempat yaitu untuk mengetahui kesalahan siswa dalam memahami masalah, mengetahui kesalahan siswa dalam merencanakan penyelesaian, mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan perencanaan, dan mengetahui kesalahan siswa dalam memeriksa kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII-C yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah segiempat. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesalahan memahami masalah yakni (a) siswa tidak menuliskan apa yang diketahui, (b) siswa tidak menuliskan apa yang ditanyakan. (2) Kesalahan merencanakan penyelesaian yakni (a) siswa salah menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan masalah, (b) siswa tidak menuliskan rumus yang digunakan dalam soal. (3) Kesalahan menyelesaikan perencanaan yakni (a) siswa melakukan kesalahan saat memasukan hal-hal yang diketahui dalam rumus (b) siswa melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan atau komputas, (4) Kesalahan memeriksa kembali yakni siswa tidak menuliskan kembali hasil penyelesaian yang diperoleh.

Page 1 of 2 | Total Record : 12